kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Marina Glow Ready Two Way Cake untuk Wajah Berikilau

Review Marina Glow Ready Two Way Cake untuk Wajah Berikilau

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 Desember 2020

Dewasa ini, sudah bertebaran berbagai jenis produk kompleksi yang bertujuan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah. Saya sendiri tidak menyangkal bahwa saya tidak dapat lepas dari produk-produk ini karena akan dengan cepat membuat tampilan wajah tampak sempurna.

Salah satu produk yang tak pernah saya tinggalkan adalah bedak. Saya adalah orang yang hanya sesekali menggunakan base seperti foundation ataupun BB cream, namun tidak untuk meninggalkan bedak. Walau tidak semua bedak dapat diandalkan dari sisi coverage, tapi bagi saya bedak adalah penyelamat untuk membuat tampilan wajah menjadi segar seketika.

Jenis bedak yang saya gemari adalah compact powder, pressed powder, dan two-way cake. Meski saya sudah cukup lama meninggalkan bedak two way cake karena beralih pada penggunaan cushion, saya tetap memasukan bedak two way cake dalam list produk bedak favorit.

Bukan hanya praktis, two way cake juga memiliki kemampuan coverage yang lebih baik dari bedak biasa. Ini karena bedak two way cake merupakan produk yang memadukan fungsi bedak dan foundation sekaligus. Karena kepraktisan inilah saya belum bisa sepenuhnya move on dari two way cake.

Kebetulan, pada tahun 2020 ini saya mendengar brand Marina mengeluarkan seri Glow Ready dengan bedak two way cake masuk dalam deretan. Jadi penasaran, kira-kira bagaimana ya kemampuan produk ini? Apakah akan membuat saya menaruh hati kembali pada bedak two way cake? Atau malah sebaliknya? Yuk, cari tahu!

Tentang Produk

Glow Ready merupakan seri terbaru yang diperkenalkan Marina pada tahun 2020. Dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan kulit cantik yang sehat, seri ini hadir dalam 3 line produk yaitu berupa face, lip dan eye makeup.

Pada line produk face makeup, Marina memproduksi foundation, BB cream, concealer, bedak two way cake, loose powder, highlighter serta blush on powder. Sementara untuk line lip makeup adalah Velvet Matte Lip Cream dan Luscious Lipstick. Sedangkan Smooth Eyeliner, Brow Definer Matic dan Brow Definer Pencil juga melengkapi seri ini pada line eye makeup. Semua produk dalam seri ini hampir melengkapi makeup essential yang penting untuk wajah.

Seri Glow Ready sendiri diklaim Marina sebagai rangkaian healthy makeup yang memiliki kandungan bahan alami dalam formulasinya dan bebas dari paraben. Khususnya untuk line face makeup, Marina juga tidak lupa untuk menghadirkan shade yang cocok untuk semua skin tone.

Klaim dan Benefit

Marina Glow Ready Two Way Cake merupakan produk yang memadukan fungsi bedak dan foundation dengan formula yang ringan dan akan menempel sempurna serta merata pada kulit. Produk ini dapat menutupi noda pada wajah dengan hasil akhir tampak lebih cerah, bersinar natural serta tahan lama.

Sama seperti produk pada seri Glow Ready lainnya, bedak two way cake ini juga sudah diformulasikan dengan Skin Loving Ingredients dengan bahan-bahan natural dan zero paraben alias tidak mengandung paraben dalam formulasinya. Bahan-bahan yang dimaksud mencakup Vitamin E serta kandungan Double Whitening Extract dari Mulberry dan Lemon yang dapat membuat kulit halus dan cerah bercahaya.

Bukan itu saja, selain dapat menyamarkan noda hitam, bedak ini diandalkan oleh Marina untuk mengurangi tampilan garis halus dengan Soft Focus Formula. Kesan glowing juga akan muncul setelah penggunaan produk ini karena terdapat Glowing Effect Formula di dalamnya. Tak lupa, Glow Ready Two Way Cake juga memiliki kandungan SPF 20 dan PA+++ yang sudah teruji klinis dapat memberikan perlindungan optimal terhadap sinar UVA maupun UVB.

Cara Penggunaan

Sebenarnya karena merupakan salah satu jenis bedak, penggunaan two way cake tak berbeda jauh dengan penggunaan bedak pada umumnya. Namun ada sedikit beauty hacks yang dibagikan Marina dalam penggunaan Glow Ready Two Way Cake ini.

  1. Gunakan spons untuk mengambil bedak dengan cara menekan pelan permukaan bedak
  2. Usapkan secara menyeluruh dan merata pada seluruh bagian wajah dan leher
  3. Bila ingin riasan dengan coverage tinggi, gunakan spons basah. Namun bila untuk riasan sehari-hari cukup gunakan puff aplikator yang telah disediakan dalam keadaan kering.

Ingin hasil coverage yang lebih optimal lagi? Marina menyarankan untuk menggunakan pelembab atau BB cream terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan Glow Ready Two Way Cake. Usahakan pula untuk menghindari paparan sinar matahari langsung meskipun kamu sudah menggunakan sunscreen.

Fun Fact!

Marina pernah melakukan sebuah survey berupa polling instagram mengenai produktivitas fungsi makeup di tengah pandemi covid-19 sebelum memperkenalkan seri Glow Ready.

Seperti dilansir dari Daily Investor, hasil polling tersebut ternyata mengungkap bahwa mayoritas perempuan Indonesia lebih bahagia dan bersemangat jika menggunakan makeup terutama untuk bekerja di saat pandemi ini. Karena itulah Marina memperkenalkan Glow Ready yang tak hanya membangkitkan semangat, namun juga menawarkan makeup untuk tampilan cantik yang sehat.

Kemasan

Review Marina Glow Ready Two Way Cake kemasan

Bila Marina biasanya menggunakan warna-warna vibrant dan ceria pada kemasan produknya, kali ini Marina menggunakan color theme yang cenderung anggun namun tetap berkilau. Sepertinya brand yang populer dengan produk-produk khusus remaja ini ingin memunculkan kesan ‘glow’ yang dimaksud.

Kemasan box luar Marina glow Ready Two Way Cake didesain dengan warna ungu muda bergradasi dengan kesan holografik yang cantik. Pada seluruh bagian sisi box juga terdapat berbagai informasi mengenai produk dimulai klaim, ingredients, cara pemakaian, shade hingga nama pabrik tempat produk ini diproduksi.

Bedak two way cake pada seri ini dikemas dalam compact powder container bulat berwarna old rose dengan sentuhan micro-shimmery pada bagian wadah sementara bagian cap dibuat lebih doff.

Ketika container dibuka, terdapat dua lantai yang memisahkan antara tempat dimana puff bedak diletakkan dan bagian bedak ditampung. Tak lupa, pada bagian dalam cap juga sudah tertempel cermin yang cukup fleksibel.

Awalnya saya mengira Marina menyuguhkan puff bedak biasa, namun ternyata puff bedak two way cake ini merupakan cosmetic sponge dengan permukaan yang cenderung lembut dan halus.

Ingredients

Review Marina Glow Ready Two Way Cake Ingredients

Full Ingredients

Mica, Titanium Dioxide, Silica, Talc, Zinc Myristate, Dimethicone, Phenyl Trimethicone, Boron Nitride, Nylon-12, Polyethylene, Diisostearyl Malate, Alumina, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Bismuth Oxychloride, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Ascorbic Acid (Vitamin C), Arctostaphylos Uva-Ursi (Bearberry) Leaf Extract, Citrus Medica Limonum (Lemon) Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Extract, Morus Alba (Mulberry) Leaf Extract, Phenoxyethanol, Sorbitan Caprylate, Caprylic/Capric Triglyceride, Caprylyl Methicone, Sodium Dehydroacetate, Triethoxycaprylylsilane, Methicone Chlorphenesin, Dimethiconol, Aluminium Hydroxide, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, PCA Dimethicone, Perfume, Disodium EDTA, BHT, Sorbitan Sesquioleate.

May Contain: Cl 77492, Cl 77499

Key Ingredients

  • Titanium Dioxide

Bahan yang satu ini seringnya ditemui pada produk sunscreen karena sangat baik dalam melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB dengan resiko sensitif yang kecil. Makanya bahan ini sering digunakan oleh sunscreen yang dapat digunakan pemilik kulit sensitif atau rentan kemerahan. Saking gentle-nya, bahkan titanium oksida aman digunakan di seluruh area mata. Selain sebagai bahan tabir surya, titanium dioksida juga berfungsi sebagai pengental, whitening dan agen yang melembutkan pada produk kosmetik.

  • Tocopheryl Acetate (Vitamin E)

Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang dapat mengurangi tampilan flaky sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas. Bahkan bila dalam formulasi kosmetik terdapat pula kandungan vitamin C, keduanya akan sangat baik dalam mengurangi tampilan kulit yang tidak merata, mencerahkan kulit kusam dan menguatkan proteksi kulit terhadap lingkungan luar.

  • Ascorbic Acid (Vitamin C)

Selain bekerja sama dengan vitamin E dalam mengurangi ketidaksempurnaan kulit, vitamin C juga dapat berfungsi sebagai agen penenang kulit yang dapat mengurangi tampilan penuaan kulit.

  • Arctostaphylos Uva-Ursi (Bearberry) Leaf Extract

Ingredients yang berfungsi dalam mencerahkan kulit karena kandungan arbutin di dalamnya. Ekstrak daun bearberry juga dapat menyamarkan flek hitam pada kulit, menjadi agen antioksidan serta anti bakteri.

  • Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Extract

Licorice memang sudah dikenal sebagai tumbuhan yang ekstraknya sering digunakan dalam kosmetik karena berfungsi sebagai agen pencerah. Salah satu komponen dari licorice yaitu glabridin juga memiliki potensi antioksidan dan agen penenang kulit.

  • Morus Alba (Mulberry) Leaf Extract

Mengaplikasikan ekstrak mulberry secara topikal dapat membantu menenangkan kulit yang stres, mencerahkan dan membuat warna kulit menjadi berseri.

Impresi

Review Marina Glow Ready Two Way Cake Swatch

Akhirnya saya mencoba bedak two way cake kembali setelah sekian lama memercayakan pressed powder dan cushion. Apakah Marina Glow Ready Two Way Cake ini akan memberikan kesan bagi saya? Cek terus ya!

Tekstur

Saya sebenarnya agak buram bila ditanya bagaimana ‘seharusnya’ tekstur bedak two way cake. Tapi ketika menguji tekstur Marina Glow Ready Two Way Cake yang cukup powdery seolah tidak ada bedanya dengan compact powder, saya menjadi bingung. Haha.

Bedak ini cukup powdery dan lembut, benar-benar seperti bedak pada umumnya. Meski begitu, produk ini sangat baik menempel pada kulit tanpa ada bubuk yang berjatuhan. Tak seperti pressed ataupun loose powder.

Swatch

Shade yang saya pilih dari Marina Glow Ready Two Way Cake ini adalah Natural Beige (14), karena ketika mengunjungi website Marina untuk memilih shade, saya mendapati Natural Beige merupakan shade tergelap dengan yellow undertones yang tampaknya mendekati karakteristik warna kulit saya.

Padahal awalnya saya sudah percaya diri dengan shade ini, namun nyatanya ketika diaplikasikan pada kulit, shade Natural Beige (14) malah membuat wajah saya tampak ashy. Sayang sekali. Tapi tentu saya tidak pantang menyerah, saya tetap tegar menguji ketahanan produk ini.

Untuk finishing result, produk ini cenderung matte pada kulit saya yang normal-berminyak. Tidak ada efek glowing sama sekali seperti klaim Marina. Akan tetapi, tampilan wajah memang tampak halus seketika. Selain itu, level coverage produk ini pun cenderung sheer.

Performa dan Daya Tahan

Review Marina Glow Ready Two Way Cake performa

Saya menggunakan Marina Glow Ready Two Way cake ini selama kurang lebih 4 jam. Pada jam ke-4 sudah banyak produk yang menghilang dari wajah saya. Tampilan wajah yang semulanya matte juga menjadi berminyak kembali. Artinya, produk ini tidak menawarkan kemampuan oil-control.

Meski begitu, ajaibnya produk tidak creasing pada kulit saya. Mungkin karena produk sudah luntur juga, jadi tidak menimbulkan efek creasing, flaky, ataupun patchy. Maka dari itu, sebaiknya kamu touch up kembali bila produk mulai menghilang dari wajah bila ingin tampilan selalu on-fleek.

Sepanjang pemakaian, saya juga merasa produk tetap ringan pada kulit dan tidak terasa berat sama sekali. Menurut saya, produk ini dapat digunakan oleh siapapun baik remaja maupun dewasa dan juga lebih tepat digunakan sehari-hari.

Tips dan Trik

Cara mendapatkan coverage lebih baik dari bedak two way cake adalah dengan menggunakannya dalam keadaan basah. Hal ini memang benar adanya. Akan tetapi, menggunakan spons yang basah untuk mengaplikasikan two way cake juga memiliki peluang membuat tampilan kompleksi menjadi cakey, lho.

Dilema banget, bukan? Tapi jangan khawatir, cara terbaik untuk memperbaiki tampilan cakey tersebut adalah dengan menepukkan spons yang lembab pada area yang cakey tersebut. Cara ini juga dapat memperbaiki tampilan crease yang muncul.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Marina Glow Ready Two Way Cake 1 (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meski menyuguhkan konsumen dengan tampilan kemasan yang mewah, Marina tetap tidak melunturkan ciri khasnya yang ramah bagi orang Indonesia dari segi harga. Glow Ready Two Way Cake ini dibanderol seharga Rp30.000-Rp35.000. Kamu juga akan dengan mudah menemukan produk ini baik offline maupun online

Kesimpulan

Review Marina Glow Ready Two Way Cake

Saya cukup kagum dengan konsep yang Marina tawarkan lewat series Glow Ready. Bedak two way cake ini saja memberikan kesan mewah dibandingkan dengan produk lain yang serupa dari Marina. Meski memang performanya masih so-so sih bagi saya. Tapi dengan harga yang super affordable, akan ada salahnya untuk mencoba produk ini. Terutama untuk para pemula.

Pros

  • Zero paraben
  • Kemasan mewah namun tetap menggemaskan
  • Matte finish
  • Tampilan kompleksi tampak lembut
  • Tekstur ringan sepanjang pemakaian
  • Ketahanan 3-4 jam tanpa touch up
  • Super affordable

Cons

  • Shade kurang representatif untuk sawo matang
  • Coverage cenderung sheer dalam keadaan kering, namun bisa lebih baik bila digunakan dalam keadaan basah
  • Tidak ada oil-control
  • Perlu touch-up

Nah itulah review Marina two way cake series Glow Ready. Tertarik untuk mencoba produk ini? Jangan lupa share pengalamanmu pada kolom komentar bila pernah menggunakan produk ini, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram