kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Mata / Review L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara, Sebagus Apa?

Review L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara, Sebagus Apa?

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Maret 2021

L'Oréal tidak banyak mengeluarkan produk maskara, but when they do, it slaps! Saya nggak nyangka bakal secinta itu sama maskara dari L'Oréal, karena biasanya produk best seller dari mereka kan berupa skincare dan haircare.

Dengan visual dan klaim yang menarik, sebagus apa sebenarnya L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara? Yuk, telisik lebih dalam tentang produknya bareng saya Syuri dari Kamini.

Tentang L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara

L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara merupakan maskara waterproof yang tahan lama, sehingga riasan matamu tetap memukau sepanjang hari, tanpa perlu touch up!

Fun Fact!

Ini adalah maskara paling laris manis dengan harga menengah ke bawah sepanjang tahun 2019-2020 di Indonesia. Menurut L'Oréal, maskara ini terjual 1 buah tiap 5 detik!

Klaim & Benefit

L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara akan memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Dia juga memiliki daya tahan yang lama + tahan terhadap air sehingga, kamu bisa tampil on fire terus-terusan seharian penuh! Beberapa klaim lainnya adalah:

  • Volume drastis, untuk bulu mata nampak penuh
  • Kelentikan yang intens
  • 200+ bulu sikat yang lembut
  • Formulanya halus seperti sutra, meluncur dengan mudah dan merata di bulu mata
  • Mudah dibersihkan dengan sabun dan air
  • No flaking. No smudging. No clumping

Kemasan

Maskara ini mirip dengan salah satu brand maskara lainnya, namun produk L'Oréal punya beberapa perbedaan. Bedanya, bentuk maskara L'Oréal lebih tinggi dan tulisan-tulisannya itu nggak sewarna dengan body maskaranya, melainkan warna hitam jadi lebih mudah terbaca.

Yang saya ini sebenarnya sudah nggak kinclong warna kemasannya, soalnya dia 'nginep' di makeup pouch saya. Dia sering tergesek benda lain jadinya sudah pudar.

Brush-nya L'Oréal less curvy yang agak mirip dengan brand maskara lainnya. Maksudnya dia nggak hourglass banget lekukannya, masih lebih ke kotak biasa. Tapi karena bristle (bulu-bulu)-nya banyak, jadinya dia bakal volumizing banget ke bulu mata.

Ingredient List

Ada dua pembahasan di dalam ingredients list, karena bahan yang tercantum di produk ini cukup banyak. Kedua pembahasan tersebut kami bagi menjadi full ingredients serta key ingredients. Berikut penjelasannya:

  • Full Ingredients

Aqua / Water / Eau, Paraffin, Potassium Cetyl Phosphate, Copernicia Cerifera Cera / Carnauba Wax / Cire De Carnauba, Ethylene / Acrylic Acid Copolymer, Styrene / Acrylates / Ammonium Methacrylate Copolymer, Cera Alba / Beeswax / Cire Dabeille, Synthetic Beeswax, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Polybutene, Cetyl Alcohol, Steareth-20, Glyceryl Dibehenate, Steareth-2, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Acacia Senegal Gum, Tribehenin, Caprylyl Glycol, Glyceryl Behenate, Sodium Dehydroacetate, Hydrogenated Jojoba Oil, Hydrogenated Palm Oil, Disodium EDTA, Butylene Glycol, Sodium Laureth Sulfate, Silica, Tetrasodium EDTA, Potassium Sorbate, BHT. May Contain: CI 77491, CI 77492, CI 77499 / Iron Oxides, CI 77007 / Ultramarines.

  • Key ingredients

Paraffin

Parafin adalah lilin padat bertekstur lembut berwarna putih. Dia terbuat dari minyak bumi. Biasanya, Parafin digunakan di banyak hal seperti makanan dan lilin. Tapi, Parafin juga digunakan dalam produk kosmetik seperti maskara atau lipstik, dan beberapa produk skincare. Jadi, memang bahan dasar maskara itu Parafin, ya.

Potassium Cetyl Phosphate

Ini adalah bubuk putih/krem pengemulsi campuran minyak dan air yang biasanya sulit distabilkan. Kandungan ini sangat populer digunakan untuk tabir surya, karena dia dapat meningkatkan perlindungan SPF dan meningkatkan ketahanan air dari formula produk.

Carnauba Wax

Kandungan ini hampir sepenuhnya eksklusif didatangkan dari Brasil. Minyaknya diekstrak dari daun Carnauba Palm lalu dikeringkan menjadi lilin. Dia merupakan pengental alami yang tidak menyumbat pori-pori, memastikan aplikasi yang mulus untuk tampilan bulu mata yang halus.

Biasanya kandungan ini digunakan oleh Honey Garden dalam produknya, Truly Natural Mascara, tapi ternyata ada di maskara L'Oréal juga!

Acacia Senegal Gum

Disebut juga Gum Arabic, kandungan ini diperoleh dari batang dan daun berbagai spesies Akasia Afrika. Dalam kosmetik, dia sering digunakan berkat sifat pembentuk filmnya.

Dengan mencampurkannya dengan air, akan membentuk semacam gel yang memperbaiki tekstur produk. Yup, dia banyak digunakan dalam maskara dan eyeliner. Kandungan ini diperbolehkan secara organik, loh.

Impresi

Sekarang mari kita beralih ke impresi. Pada bagian ini, Saya mau memaparkan soal tekstur, swatch, hingga wanginya. Yang penasaran, bisa langsung baca artikelnya, ya!

Tekstur & Swatch

L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara milik saya ini yang shade 201 Black. Karena itu satu-satunya shade yang masuk ke Indonesia untuk saat ini, padahal ada dua shade lagi dari L'Oréal USA. Yaitu ada 200 Blackest Black dan 202 Black Brown.

Saya penasaran sama shade Blackest Black karena yang Black saya sudah hitam. Anyway, ini saya swatch ke punggung tangan. Note, di sini bukan skintone-nya yang berubah tapi yang foto kiri saya ambil di luar ruangan, kalau foto kanan saya ambil di dalam kamar, jadi pencahayaannya beda.

Tekstur maskaranya lengket gitu kalau di pegang. Terus udah saya gosok-gosok dan pakai air pun nggak goyah, cuma ke-smudge sedikit saja. Berarti benar klaimnya, dia anti smudging dan anti air.

Wangi

Jarang banget maskara punya wewangian yang aneh, jadi ya maskara ini juga tidak ada aroma apa-apanya. Aman buat yang matanya sensitif.

Daya Tahan dan Performa

Selanjutnya, kali ini akan dibahas mengenai daya tahan dan performanya. Selain kedua hal tadi, Saya juga akan menjelaskan bagaimana cara memakai maskara ini.

Cara Pemakaian

  • Jepit bulu mata terlebih dulu menggunakan eyelash curler/pini (opsional)
  • Gunakan eyelash serum/primer jika punya (opsional)
  • Buka tutup maskara dengan cara diputar
  • Aplikasikan maskara mulai dari akar bulu mata ke ujung, ulangi beberapa kali hingga ketebalan dan kelentikan yang diinginkan tercapai
  • Jika ingin mengambil isi maskara lagi, jangan di'pump' melainkan diputar wand-nya, ya. Ini untuk mencegah udara masuk ke dalam botol, sehingga maskara tidak cepat kering

Hasil

Waktunya test wear. Supaya ada perbandingannya, saya pakai setengah-setengah dulu. Kali ini saya nggak pakai pini, ya, langsung pakai maskara. Kenapa? Karena memang nggak perlu. L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara bisa langsung mengangkat bulu mata saya jadi lentik banget tanpa bantuan eyelash curler.

See, cantik banget, kan bulu mata saya? Lentik, terpisah-pisah dengan 'cukup'. Perpisahan antara bulu mata tidak berlebihan dan bulu matanya juga tidak menyatu, pas.

Dia juga nggak clumpy, kalau kecoret sedikit kena kulit kita bisa langsung dilap pakai jari (asalkan maskaranya belum kering), terus lumayan mudah juga dipakai buat bulu mata bawah, mungkin hal ini juga berpengaruh pada panjangnya bulu mata.

Buat yang bulu matanya turun, lurus, dan pendek mungkin akan kesulitan karena bentuk bulu brush-nya tebal, besar, dan padat. Terus, kalau yang memiliki bulu mata seperti itu tentu membutuhkan eyelash curler terlebih dahulu sebelum menggunakan maskara ini, ya.

Kesimpulan

Yang saya takjub, maskara ini nggak luntur sama sekali. Memang setelah penggunaan tujuh jam lebih, maskara ini nampak 'menipis', dan itu wajar. Asalkan tidak smudge ke mana-mana sudah oke menurut saya. Bahkan kelentikan bulu mata saya masih on. Memang, maskara ini bagus banget.

Pros (+)

  • Harga terjangkau (under 100k)
  • Kemasan menarik, cantik, kelihatan mevvah
  • Produk mudah ditemukan di e-commerce, mini market, ataupun mall
  • Jumbo brush-nya memberikan volume & ketebalan, serta meringkas waktu untuk mengaplikasikan maskara
  • Anti air, keringat, maupun air mata!

Cons (-)

  • Tidak sesuai klaimnya yang 'bisa gampang dihapus dengan sabun dan air'. Tidak mudah hilang kalau cuci muka saja.
  • Ketika lupa membersihkan maskara dan langsung dibawa tidur, maskaranya akan luntur dan mata akan menghitam seperti panda. Pastikan kamu mengangkat maskara ini menggunakan eye makeup remover

Harga & Tempat Membeli

Menurut saya, L'Oréal Voluminous Lash Paradise Mascara ini bagus banget untuk ukuran dupe dari maskara high-end. Saya bahkan sudah tiga kali repeat order. Dan, ya, saya pasti repurchase lagi saat yang ini sudah habis atau keburu expired. Bagaimana menurutmu tentang maskara L'Oréal yang satu ini?


Sekarang L'Oreal lagi ada diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop L'Oreal Paris Indonesia biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi L'Oreal Official Shop


linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram