Review Maybelline Super Stay Matte Ink, Super Tahan Lama

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 27 Mei 2021

Lip cream masih jadi andalan banget buat saya terutama untuk pemakaian sehari-hari. Warnanya yang cantik-cantik dan tahan lama jadi kriteria saya dalam memilih lip cream. Tapi seringnya, lip cream ini justru cuma tahan beberapa jam saja apalagi kalau dipakai makan. Jadinya harus sering touch up.

Tapi berbeda sama produk yang satu ini. Maybelline Super Stay Matte Ink. Dirilis tahun lalu, Maybelline Super Stay Matte Ink ini langsung jadi holy grail banyak orang karena ketahanannya. Saya sendiri termasuk yang penasaran banget sama klaim yang katanya bisa tahan 16 jam.

Iya, 16 jam! Benar-benar bisa dipakai sehari semalam. Tapi beneran gak ya? Makanya, kali ini Kamini akan membuktikan sendiri kemampuan Maybelline Super Stay Matte Ink dalam ulasan berikut ini. Keep reading, girls!

Tentang Produk

Maybelline superstay matte ink 4

Kalau kamu salah satu Beauty Junkies, kamu pasti tahu banget kalau Maybelline adalah salah satu brand kosmetik paling 'senior' yang ada di Indonesia. Meskipun asalnya dari Amerika, Maybelline tetap sukses berkembang di Indonesia.

Perkembangannya juga gak main-main, dari mulai lipstik dengan shade gelap sampai yang lebih happening sekarang yaitu Lip Cream, Maybelline gak berhenti berinovasi.

Maybelline Super Stay Matte Ink ini bisa dibilang menjadi salah satu produk Maybelline yang sukses banget di pasaran. Terutama berkat bantuan ulasan dari para beauty influencer Indonesia juga. Tapi para penggunanya juga setuju dengan klaim yang dibagikan sama mereka.

Klaim dan Benefit

Sejak awal peluncurannya, Maybelline Super Stay Matte Ink sudah mencuri perhatian lewat campaign 16 hours lasting atau ketahanan sampai 16 jam. Wah kalau dengan ketahanan selama ini, saya gak perlu touch up terus kalau lagi ada acara di luar.

Selain itu, shade yang dikeluarkan juga gak tanggung-tanggung yaitu ada 40 shades! Wow! Tapi tentu saja gak semua warna tersedia di Indonesia ya. Untuk Indonesia sendiri, Maybelline hanya menyediakan 37 warna.

Dengan shade yang super banyak ini, tentu kita jadi puas memilih warna yang sesuai dengan keinginan ya. Warna-warni shade ini juga gak sekedar intense tapi juga pigmented dengan hasil flawless matte finish.

Cara Pemakaian

Untuk cara pemakaian, Maybelline Super Stay Matte Ink gak punya cara pemakaian yang khusus. Tapi perlu diingat, ada beberapa step yang mungkin ingin kamu ikuti biar tampilan liquid lipstiknya lebih kece di bibir kamu.

  1. Aplikasikan di bagian tengah bibir bagian atas lalu ikuti kontur bibir.
  2. Pulas Super Stay Matte Ink di seluruh bagian bibir bawah.

Kemasan

Maybelline superstay matte ink 1

Kali ini, Maybelline punya packaging yang jauh berbeda dengan kebanyakan lip cream lainnya. Kalau biasanya lip cream punya kemasan yang berbentuk tabung, Maybelline Super Stay Matte Ink ini lebih ekstra karena berbentuk kotak dan lebih panjang. Kemasannya ini memberi kesan kalau isi produknya lebih banyak.

Bahan plastik yang digunakan pada kemasannya ini juga bukan material plastic biasa melainkan material yang jauh lebih kokoh sehingga gak gampang pecah meskipun gak sengaja terjatuh. Semua shade pada produk ini memiliki warna tutup yang sama yaitu putih. Tapi yang membedakan adalah warna pada body kemasan. Warna pada body merepresentasikan shade di dalamnya.

Gak cuma bagian kemasannya saja yang ekstra, aplikatornya pun sedikit dibuat berbeda. Ada lubang di tengah aplikatornya sehingga meskipun hanya sekali dip, produk yang terambil bisa cukup banyak. Keuntungan lain dari aplikator seperti ini adalah, produk jadi gak banyak terbuang.

Ingredient

Maybelline superstay matte ink 2

Banyak bahan yang terkandung dalam satu produk ini. Saking banyaknya, maka kami membaginya ke dalam dua kategori, yaitu full ingredients serta key ingredients. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, bisa simak ulasan berikut ini.

Full Ingredients:

Dimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Isododecane, Nylon-611 / Dimethicone Copolymer, Dimethicone Crosspolymer, C30-45 Alkyldimethylsilyl Polypropylsilsesquioxane, Lauroyl Lysine, Alumina, Silica Silylate, Disodium Stearoyl Glutamate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Limonene, Aluminum Hydroxide, Paraffin, Benzyl Benzoate, Benzyl Alcohol, Citronellol, Parfum / Fragrance. May Contain: CI 45410 / Red 28 Lake, CI 77891 / Titanium Dioxide, CI 15850 / Red 7, CI 77491, CI 77492, CI 77499 / Iron Oxides, CI 45380 / Red 22 Lake, CI 15985 / Yellow 6 Lake, CI 19140 / Yellow 5 Lake, CI 42090 / Blue 1 Lake, CI 15850 / Red 6, CI 17200 / Red 33 Lake, Mica.

Key Ingredients:

Setelah mengetahui semua bahannya, di sini ada key ingredients yang menjadi poin utama dan menarik dalam satu produk ini, namanya dimethicone. Apa sih dimethicone itu?

Kandungan ini sangat umum ada di dalam sebuah produk bibir. Dimethicone merupakan salah satu jenis silikon yang berfungsi untuk melembabkan. Gak heran ya, produk ini memang terasa melembabkan walaupun termasuk dalam jenis Matte lip cream.

Impresi

Dengan berbagai klaim dan benefit yang terasa sangat menjanjikan, tentu ekspektasi saya cukup tinggi dengan liquid lip ini. Saat dikeluarkan, warna produk terasa sangat bold.

Jadi, sudah bisa diprediksi kalau produk ini sudah bisa menutup seluruh bibir walau hanya pakai sedikit. Begitu dipulas ke bibir, produknya gak langsung kering dan gak langsung nge-set jadi harus ditunggu beberapa menit.

Tekstur

aplikator Maybelline

Selain warnanya yang intens banget, tekstur liquid lip ini terasa sangat basah. Bukan basah cair, tapi lebih kental dan sedikit lengket. Kalau pakainya tidak hati-hati, bisa jadi beleber di bibir. Jadi, ada baiknya gunakan aplikator dan ambil produk sedikit saja agar tampilan lebih rapi.

Wangi

Saat produk digunakan, memang terasa ada sedikit aroma. Tapi menurut saya, wanginya tidak menonjol sehingga tidak terlalu mengganggu. Ketika digunakan pun wangi tersebut hilang. Jadi buat kamu yang sensitif dengan wewangian, kamu mungkin nggak akan ngerasa bermasalah dengan produk ini.

Shade dan Swatch

swatch maybelline

Untuk ulasan kali ini, saya memilih shade ‘Assertive’ karena menurut saya shade ini yang punya tone warna yang paling aman dan bisa dipakai di acara apapun. Jika dilihat dari warna kemasan, shade ini tampak bernuansa coral. Tapi setelah coba dipulas di bibir, warna yang muncul lebih ke coral-coklat hampir mirip dengan warna batu bata. Warna yang unik ini masih sangat aman jika dipakai agak tebal di bibir.

Daya Tahan dan Performa

before maybelline
after maybelline

Ini dia bagian yang saya tunggu-tunggu banget. Saya coba menguji ketahanan penggunaan Maybelline Superstay Matte Ink ini seharian dari pagi sampai malam. Untuk pulasannya sendiri saya hanya mengoleskan 1 kali di bibir atas dan bawah.

Untuk pengujian awal, saya coba blot liquid lip ini dengan tisu setelah nge-set. As I expected, nggak ada produk yang menempel di tisu, artinya, lip cream ini transferproof. Tampilan bibir masih sama persis seperti saat pertama dipakai. Okay, transferproof checked! 

Lalu selanjutnya, saya menguji penggunaan Maybelline Superstay Matte Ink ini untuk beraktivitas di kantor seharian. Selama wear-test ini, saya juga nggak diem aja ya. Saya coba gunakan untuk makan berat, ngemil, dan minum. Setelah 10 jam pemakaian, hasilnya, liquid lip ini tetap stay dan gak geser.

Yang membuat saya sangat terkesan, warnanya bahkan gak pudar. Bibir saya yang kehitaman masih tampak berwarna dan gak pucat. Saya bahkan gak re-touch sama sekali. Ini benar-benar liquid lip yang saya pakai paginya. Satu-satunya bagian yang sudah mulai pudar adalah bagian dalam bibir. Terlihat dari warnanya dan teksturnya yang sudah berubah.

Tips dan Trik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Maybelline Super Stay Ink Matte ini punya warna yang sangat pigmented. Buat kamu yang gak terlalu suka tampilan make up bold, ambil sedikit saja produk lalu bubuhkan di bagian tengah bibir. Spread atau ratakan dengan jari dengan perlahan ke seluruh bibir sehingga tampilan bibir terlihat lebih natural.

Harga dan Tempat Pembelian

tampak depan maybelline

Untuk ukuran 1 lip cream, bisa dibilang harganya memang cukup pricey yaitu Rp 119.000. Tapi, mengingat ukurannya yang cukup besar dan ketahanan produknya yang super awet, rasanya harga segitu masih wajar ya girls! Produk ini bisa kamu beli di drugstore atau beauty corner di mall terdekat di kota mu atau di e-commerce yang link yang sudah kita sediakan berikut ini ya!

Kesimpulan

Maybelline superstay matte ink 3

Jujur awalnya saya agak sangsi dengan banyaknya orang yang memuji banget produk ini, terutama soal ketahanannya. Tapi setelah mencoba sendiri dan saya gunakan berkali-kali, saya bisa bilang kalau semua pendapat yang bilang Maybelline Super Stay Matte Ink ini memang benar-benar punya ketahanan yang juara banget! Lewat pengujian yang sudah saya lakukan, saya sangat puas dengan hasilnya.

Liquid lip ini seolah jadi harapan saya yang malas re-touch lipstick karena kadang kelupaan dan nggak suka ribet. Walaupun untuk bagian tekstur saya ngerasa agak kurang cocok karena sedikit lengket di awal, tapi semua itu masih bisa tertutupi dengan ketahanan yang super duper istimewa.

Pros

  • Banyak shade yang tersedia dan beragam
  • Tidak menggumpal
  • Nggak terasa kering dan nggak bikin bibir keriput
  • Transferproof
  • Ketahanan sangat baik hingga 10 jam lebih

Cons

  • Tekstur agak lengket
  • Nge-setnya agak lama

Dengan ketahanan super kayak gini, kamu tertarik untuk menggunakan Maybelline Super Stay Matte Ink ini juga nggak? Atau kamu sudah pernah menggunakannya? Share dengan pembaca lain di kolom komentar yuk!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram