Kamini.id / Review / Review Natur Hair Conditioner yang Melembutkan Rambut

Review Natur Hair Conditioner yang Melembutkan Rambut

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat kecil saya selalu percaya kalau cara menumbuhkan rambut agar panjang dengan cepat adalah dengan mengepang dan membawanya tidur. Keesokan harinya, bim salabim—rambut nampak bervolume, bergelombang, mengembang, dan terlihat lebih panjang seketika. Sungguh ajaib.

Akan tetapi, semakin lama saya semakin menyadari kebiasaan tersebut bukanlah kebiasaan baik. Sayangnya, walau saya sudah tidak memercayai mitos tadi, karena saya seorang pengguna jilbab, saya masih harus selalu mengikat rambut dikala panjang. Inilah yang mengantarkan saya pada rambut bergelombang.

Bergelombang disini bukanlah artian positif, ya. Saya baru mengetahui bahwa gelombang yang disebabkan karena terlalu sering mengikat rambut terjadi karena adanya kerusakan pada protein-protein rambut. Terutama pada bagian yang sering diikat. Pantas saja susah sekali dikembalikan keadaannya seperti semula. Ditambah lagi, kebiasaan ini juga terkadang mengantarkan saya pada kerontokan.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, saya sadar bahwa sudah banyak produk-produk perawatan rambut yang dapat mengatasi masalah ini. Terutama pada produk yang memiliki kandungan bahan alami seperti ginseng, aloe vera, ataupun moringa. Nah, salah satu produk yang bisa dicoba adalah Natur Hair Conditioner.

Tentang Produk

Review Natur Hair Conditioner_2 (Copy)

Bila kamu mendengar brand Natur, yang akan muncul pertama kali dipikiranmu mungkin adalah produk perawatan rambut. Memang brand lokal yang satu ini sudah cukup melegenda dalam urusan menangani permasalahan rambut di Indonesia.

Dimulai dari shampoo, hair tonic hingga kondisioner. Bahkan sekarang, Natur semakin percaya diri dengan merilis produk-produk perawatan rambut lainnya seperti hair mask, hair vitamin dan hair serum.

Mengusung kombinasi antara bahan-bahan alami dengan inovasi modern, produk-produk Natur tentu aman digunakan oleh konsumen. Not to mention eksistensi Natur di dunia perawatan rambut Indonesia. Bahkan mungkin, ayah dan ibumu juga sudah mengenal brand ini.

Nah, salah satu produk yang menjadi andalan Natur adalah line kondisionernya. Produk-produk ini have been through a long journey sebelum akhirnya memiliki kemasan dan wangi baru pada ketiga variannya.

Tiga varian yang dimaksud adalah Ginseng (untuk melembabkan dan mengontrol rambut rontok), ada juga varian Aloe Vera (untuk melembabkan serta memberikan nutrisi pada tiap helai rambut), dan terakhir varian Moringa (melembabkan dan memperbaiki rambut rusak). Sementara yang saya akan ulas kali ini adalah varian Ginseng. Tepat sekali untuk menangani permasalahan rambut saya yang bergelombang dan rontok.

  • Klaim dan Benefit

Klaim produk ini secara detail memang cukup menarik perhatian orang-orang yang memiliki masalah rambut seperti saya, lho. Berikut adalah klaim-klaim yang dimaksud.

  1. Merawat kekuatan helai rambut
  2. Melembutkan rambut
  3. Melembabkan rambut
  4. Menjadikan rambut terasa halus, lembut, lembab serta

Cocok sekali bukan dengan permasalahan rambut saya? Klaim no 2, 3, dan 4 merupakan jawaban atas masalah rambut saya yang bergelombang. Sementara klaim no 1 menjawab permasalahan rambut saya yang terkadang rontok karena sering diikat ini.

Jadi, bila kamu memiliki permasalahan rambut yang serupa dengan saya, varian Ginseng adalah pilihan yang tepat. Sementara bila kamu memiliki masalah rambut lain, kamu bisa melirik dua varian lainnya dari line Natur Hair Conditioner.

  • Cara Pemakaian

Ingat, kondisioner ini berjenis rinse-off conditioner (kondisioner bilas) bukanlah leave-in conditioner yang kamu biarkan hingga mengering. Cara pemakaian produk ini juga sangat mudah dengan step-by-step ini.

  1. Gunakan setelah keramas
  2. Usapkan Natur Conditioner hingga merapa pada helaian rambut
  3. Bilas hingga bersih
  4. Untuk hasil lebih baik, gunakan secara teratur

Perlu dicatat juga kala mengusapkan kondisioner pada rambut, hindari mengenai kulit kepala. Cukup diusapkan dari batang hingga ujung rambut saja. Also keep in mind, cara penggunaan yang tepat akan memberikan hasil yang optimal. Jadi jangan remehkan cara pemakaian produk, ya.

Kemasan

Review Natur Hair Conditioner_1

Salah satu ciri khas yang tidak luntur dari produk-produk Natur adalah base color yang digunakan, yaitu hitam. Pada kondisiioner ini, tentu saja ciri khas tersebut dipertahankan. Walau mulanya Natur Hair Conditioner hadir dengan base color putih, tetapi pada tahun 2015, relaunching dilakukan oleh Natur dengan menggunakan black base color pada semua produknya. Termasuk pada line kondisioner.

Natur Hair Conditioner hadir dalam tube flip-flop yang praktis dan mess-free. Badan tube berwarna dasar hitam doff sementara bagian cap berwarna emas dengan sentuhan micro shimmer yang kalem dan reflektif.

Semua bagian tube terbuat dari plastik yang spill-proof sehingga menjaga higienitas kondisioner di dalamnya. Sementara jumlah kondisioner yang dimasukkan ke dalam tube bervolume 165 mL. Sangat generous tetapi juga tidak travel friendly untuk ukuran kondisioner.

Pada bagian badan produk sudah tertempel nama brand, varian, klaim, komposisi, cara pemakaian, dan informasi penting lainnya yang membuat produk ini dijamin memenuhi syarat untuk dipasarkan.

Ingredients

Full Ingredients

Water, Cetearyl Alcohol, Lauryl glucoside, Behentrimoinum Chloride, Vitex trifolia fruit extract, Propylene Glycol, Cyclotetrasiloxane, Moringa oleifera leaf extract, Fragrance, Cetrimonium Chloride, Morus alba extract, Swertia japonica extract, Panax ginseng extract, Lanolin, Phenoxyethanol Panthenol, Imidazolidinyl Urea, Phenyl Trimethicone, Thuja orientalis extract, Eclipta prostrata extract, Cyclopentasiloxane, Methylparaben, Olive (Olea Europaea) Oil, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Glyceryl Stearate, Angelica dahurica extract, Glutamic Acid, Lysine HCl, Propylparaben, Crataegus oxyacantha, Ceteareth-12, Cetyl Palmitate.

Key Ingredients

  • Panax Ginseng Extractatau Ekstrak Ginseng Asia

Sudah cukup banyak penelitian yang membutktikan bahwa ekstrak ginseng Asia sangat berguna dalam mendorong pertumbuhan rambut. Bahkan, bahan ini sudah lama digunakan untuk mengobati alopecia, yaitu sejenis penyakit kebotakan pada rambut. Ekstrak ini juga yang sangat berguna untuk mengurangi rambut rontok.

  • Olive (Olea Europaea) Oil

Ekstrak yang satu ini sangat berguna dalam melembabkan rambut. Selain itu, kandungan asam oleat yang menjadi komposisi utama dalam olive oil memiliki kualitas antioksidan sangat baik. Antioksidan ini dapat membantu dalam memperlambat kerontokan pada rambut. Sifat protektif dan kaya nutrisi dari olive oil merupakan pilihan tepat untuk digunakan dalam produk-produk perawatan rambut.

  • Bahan-bahan lain

Dalam formulasi yang digunakan Natur, masih banyak bahan penunjang lain yang cukup penting dalam memberikan perlindungan, melembabkan, mengurangi kekusutan, dan membuat rambut memiliki tekstur yang lembut. Bahan-bahan yang dimaksud diantaranya Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Cetrimonium Chloride, Lanolin, Phenyl Trimethicone, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Glyceryl Stearate.

Selain itu, dalam mencegah kerontokan pun Natur menambahkan bahan-bahan penting lainnya dalam formulasi. Disamping ekstrak ginseng dan olive oil tadi, ada Vitex trifolia fruit extract, Moringa oleifera leaf extract, Moris alba extract, Swertia japonica extract,Thuja orientalis extract, Thuja orientalis extract, Angelica dahurica extract, Lysine HCl, dan Crataegus oxyacantha.

Impresi

Review Natur Hair Conditioner_Tekstur(Copy)

Natur Conditioner memberikan impresi yang cukup menarik bagi saya. Dimulai dari tekstur, aroma, hingga pada saat aplikasi. Berikut adalah hal-hal yang saya rasakan berkenaan dengan penggunaanya.

  • Tekstur

Memang kebanyakan produk kondisioner baik yang leave-in maupun rinse-off memiliki tekstur creamy yang cukup thick. Tekstur ini mengingatkan saya pada styling cream yang banyak digunakan para pria. Atau yang lebih real lagi adalah tekstur krim fla kue soes yang sangat kental. Natur Conditioner pun demikian. Tekstur seperti ini memang sangat wajar dimiliki oleh produk kondisioner, mengingat kandungan moisturizing ingredients dalam formulasinya cukup kaya.

  • Aroma

Dari segi aroma, saya harus mengucapkan selamat pada Natur karena telah memformulasikan produk kondisioner dengan aroma lembut sekaligus menyegarkan yang tidak terlalu fake.

Produk ini sama sekali tidak terasa artificial dari wanginya. Walaupun bila dilihat dalam ingrediets list, aroma ini tentu saja datang dari fragrance sintetis. Akan tetapi, saya rasa kadarnya sudah tepat. Sehingga tidak menyegat dan tidak menganggu hidung sama sekali. Top, deh!

  • Aplikasi

Ketika dipalikasikan, krim yang semulanya kental akan melting dan menyatu baik dengan helaian rambut. Seketika krim akan menghilang pada telapak tangan dan beralih menyelimuti rambut. Produk sangat terasa lembut dan memudahkan rambut untuk disisir menggunakan jari-jari tangan ataupun sisir bergigi jarang.

Lagi-lagi, bahkan ketika saya mengaplikasikannya pada rambut, aroma kondisioner terasa lembut dan tolerable untuk indera penciuman. Saya bahkan merasa lebih rileks dengan aroma lembut ini. Benar-benar tidak terasa artificial.

Performa

Review Natur Hair Conditioner_rambut

Tiap kali menggunakan kondisoner dari Natur ini, seketika saya dapat merasakan rambut terasa lebih lembut, manageable, dan lembab. Dan yang cukup mencengangkan adalah efek yang ditimbulkan setelah rambut mengering. Berhubung saya memiliki masalah rambut bergelombang, jadi setiap kali rambut mengering setelah keramas rambut pasti akan mengembang dan bergelombang kembali dengan sangat cepat.

Akan tetapi, kondisioner ini memperlambat efek mengembang dan bergelombang tersebut. Saya mendapatkan rambut yang lebih lurus cukup lama acapkali menggunakan kondisoner ini. Fakta ini membuat saya yakin bahwa penggunaan secara konsisten dan berkelanjutkan sepertinya akan mengatarkan rambut saya menjadi lurus kembali secara permanen.

Sementara itu, dari sisi mengurangi kerontokan, saya belum bisa memastikan bahwa produk ini works on my hair. Pasalnya, saya baru menggunakan kondisoner sebanyak 2 kali. Yes, it takes time bila ingin menilai apakah produk bekerja dalam mengatasi kerontokan atau tidak. Tapi tunggu, ada hal lain yang hampir terlewat namun perlu saya apresiasi dari kondisoner ini.

Berhubung saya cukup concern bila bicara soal formulasi, saya terkejut ketika mendapati bahwa produk ini memiliki cukup banyak bahan-bahan alami di dalamnya. Coba deh amati pada ingredients list.

Natur tak tanggung-tanggung memberikan sembilan ekstrak tumbuhan sekaligus pada produk ini. Baik yang bermanfaat dalam mengatasi kerontokan, maupun yang memberikan manfaat conditioning. Bisa dibilang, motto Natur dalam menggunakan bahan-bahan alami pada produknya ternyata bukan bualan belaka.

Tips dan Trik

Sisir Rambut

Salah satu trik yang banyak disarankan para hairstylist dan hairdresser dalam mengaplikasikan kondisioner adalah dengan menghindari area akar rambut. Cukup aplikasikan pada batang rambut dengan arah ke bawah dari pangkal menuju ujung. Gunakan pula sisir bergigi jarang saat mengaplikasikan kondisioner agar semua produk maksimal mengenai tiap helaian rambut.

Harga dan Tempat Pembelian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Karena merupakan brand perawatan rambut yang cukup melegenda di Indonesia, tentu saja produk-produk dari Natur tidak sulit untuk ditemukan. Baik over-the-counter maupun secara online, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Tak mau pusing mencari? Cukup klik pada link yang telah Kamini sediakan. Grasp it quickly!

Kesimpulan

Review Natur Hair Conditioner_feeling

Bila harus jujur, Natur Conditioner bukanlah kondisioner pertama saya. Tetapi harus saya akui bahwa saya cukup tertarik untuk menjadikan produk ini sebagai bagian dalam rangkaian perawatan rambut reguler saya.

Alasannya tentu saja karena produk ini secara instan dapat memperlambat efek mengembang dan bergelombang yang menjadi salah satu issue of concern pada rambut saya selama ini. Oleh karena itu, saya yakin produk ini dapat membantu mengembalikan rambut lurus saya yang dulu bila digunakan secara berkelanjutan.

Pros

  • Melembutkan dan melembabkan rambut
  • Membuat rambut mudah diatur
  • Menghambat efek rambut yang bergelombang dan mengembang
  • Aromanya lembut dan tidak menganggu indera penciuman
  • Memiliki banyak kandungan bahan alami

Cons

  • Tidak travel friendly
  • Belum menujukkan hasil pada kerontokan, tetapi ada peluang bila digunakan secara berkelanjutan

Jangan hanya berhenti di sini, ya. Kamu juga perlu melirik produk-produk yang diproduksi Natur lainnya. Brand ini dengan senang hati akan memberikan solusi atas permasalahan rambutmu, dimulai dari kerontokan hingga rambut yang rusak karena sering styling. Tinggal kunjungi saja instagram @backtonatur untuk informasi lebih lanjut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020