Kamini.id / Nivea / Review Nivea Men Creme, Krim Anti-Ribet untuk Pria

Review Nivea Men Creme, Krim Anti-Ribet untuk Pria

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Skincare untuk pria mungkin masih terdengar tabu di Indonesia. Padahal di negara-negara lain, para pria juga tidak mau kalah dari kaum hawa dalam merawat tubuh mereka. Salah satu negara yang para prianya cukup memperhatikan penampilan adalah Korea Selatan.

Benar, rahasia kulit para oppa yang mulus dan tampan ternyata disokong oleh perawatan yang mereka jalani. Bahkan para oppa ini juga tak ragu-ragu menggunakan basic makeup seperti foundation, lipstik, atau lip gloss. Tak ayal, mereka semakin terlihat tampan dan keren dengan makeup tersebut.

Memang makeup dan skincare yang digunakan pria Korea Selatan cenderung lebih minimal dan tetap menekankan pada maskulinitas. Sehingga kita terkadang tak menyadari bahwa mereka menggunakan makeup.

Tak hanya di Korea Selatan, saat ini, produk perawatan kulit pria juga sudah mulai berkembang di dunia. Terutama setelah isu toxic masculinity mulai naik ke permukaan. Kini orang-orang cenderung bisa menghargai siapapun yang ingin menggunakan skincare maupun produk makeup. Tak terkecuali para pria.

Perusahaan kenamaan Nivea, juga tidak mau ketinggalan menarik perhatian para pria melalui brand Nivea Men. Nivea mengeluarkan berbagai produk yang menjadi kebutuhan para pria dalam menunjang penampilan mereka dalam brand ini. Nah, salah satu produk yang sempat hype dan menjadi favorit adalah Nivea Men Crème. Produk ini disebut-sebut sebagai krim multifungsi khusus untuk pria.

Kali ini, Kamini akan mengulas Nivea Men Crème yang sempat fenomenal tersebut. Seberapa baguskah performa krim multifungsi ini? Simak terus ulasan eksklusif dari Kamini!

Tentang Produk

Review Nivea Men Creme_22 (Copy)

Banyak yang menyebut produk ini sebagai ‘versi maskulin dari Nivea Creme’ sebab keduanya sama-sama multifungsi untuk digunakan. Nivea Men Crème dirilis di Indonesia pada bulan Juli tahun 2019 lalu.

Melalui produk ini, Nivea membuktikan bahwa brand-nya sangat memahami kebutuhan perawatan kulit para pria yang lebih banyak terekspos aktivitas luar ruangan dan polusi dibandingkan wanita.

Para pria juga cenderung memiliki gaya hidup yang lebih dinamis, meski tak sedikit pula yang harus menghabiskan aktivitas berjam-jam di dalam ruangan berpendingin. Aktivitas-aktivitas tersebut dinilai dapat mempengaruhi kesehatan kulit pria.

Kehadiran Nivea Men Crème dinilai dapat menyelesaikan semua permasalahan kulit para pria tersebut dengan konsep yang simple. Inilah yang mendasari produk ini disebut sebagai krim multifungsi.

  • Klaim dan Benefit

Nivea Men Crème diklaim memiliki formula yang mengandung Vitamin E yang dapat merawat dan melindungi kulit dari kekusaman dan kekeringan. Masalah kulit tersebut bisa disebabkan oleh paparan asap, debu, kotoran, dan sinar matahari. Nivea juga menyatakan bahwa produk ini dibuat khusus untuk pria dan dapat digunakan pada wajah, bibir, badan, dan tangan.

Selain klaim tadi, saya juga mendapatkan informasi tambahan informasi mengenai Nivea Men Crème ini dari website resmi Nivea. Berikut adalah informasinya.

  1. Menutrisi dan menjaga kelembaban kulit
  2. Tidak berminyak, tidak lengket, dan mudah menyerap
  3. Untuk wajah, bibir, tangan, tubuh, rambut wajah, dan sehabis bercukur

Jadi intinya, krim ini bisa mencegah sekaligus mengatasi kekeringan pada kulit wajah, bibir, badan, dan tangan serta mencegah kulit menjadi kusam. Produk ini juga bisa digunakan sebagai after-shaving cream. Oh iya, saya juga mendapati keterangan kandungan UV filter dalam produk ini dari website-nya. Benar tidak, ya? Kita buktikan, yuk!

  • Cara Pemakaian

Saya sebenarnya kebingungan dengan cara pemakaian produk ini. Sebab, baik pada produk maupun pada website resmi Nivea, sama sekali tidak tertera cara pemakaian khusus dari produk. Namun saya mengingat kalau produk ini memiliki penggunaan yang serupa dengan Nivea Crème. Sehingga, saya memakaikannya dengan langkah berikut.

  1. Ambil produk secukupnya menggunakan jari yang bersih
  2. Oleskan secara merata pada wajah, bibir, tangan, tubuh, rambut wajah, atau bagian yang kering
  3. Tunggu hingga meresap dan kering
  4. Bila digunakan sebagai after-shaving cream, oleskan pada area yang telah dicukur secara merata lalu biarkan hingga meresap dan kering
  • Fun Fact

Kalau melihat dari kemasan produk Nivea Men Creme yang terbuat dari timah, kamu mungkin berpikiran bahwa produk ini tidak ramah lingungan. Tapi ternyata, Nivea adalah salah satu green brand, lho.

Nivea menggunakan proses yang ramah lingkungan untuk mendapatkan bahan bakunya. Bahkan kemasan yang digunakan pun dirancang untuk menghemat sumber daya alam, termasuk pada tin jar ini. Jar ini akan mengalami proses daur ulang nantinya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir merasa bersalah karena mengeksploitasi lingkungan dengan menggunakan Nivea Men Creme ini.

Kemasan

Review Nivea Men Creme (Copy)

Nivea Men Crème hadir dalam kemasan circle tin jar yang kokoh dan ramping. Pada bagian dalam jar terdapat lapisan aluminium foil yang berfungsi untuk menutupi krim di dalamnya. Sehingga membuat krim menjadi semakin higienis. Produk ini hadir dalam 2 kemasan, yaitu 75 mL dan 30 mL. Tidak ada yang membedakan keduanya, kecuali dari ukuran saja.

Pada bagian tutup jar, terdapat logo dan nama produk dengan klaim ringkas bersamaan dengan informasi ukuran kemasan. Sedangkan pada bagian dasar jar, tertulis informasi yang lebih lengkap seperti komposisi, detil klaim, serta keterangan tempat produksi.

Sayangnya, karena hadir dalam bentuk jar yang super simple, kamu harus selalu memastikan jari tangan benar-benar dalam keadaan bersih tiap kali ingin mengambilnya. Kalau tidak, ada kemungkinan krim mudah terkontaminasi oleh bakteri atau kotoran pada tanganmu. Hati-hati, ya!

Ingredients

Review Nivea Men Creme_Ingerdients (Copy)

Full Ingredients

Aqua, Gliceryn, Isopropyl Palmitate, Cetearyl Alcohol, C12-12 Alkyl Benzoate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Distarch Phosphate, Glyceryl Stearate, Octocrylene, Polyglyceryl-10 Stearate, Dimethicone, Ethylhexyglycerin, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Carbomer, Trisodium EDTA, Sodium Hydroxide, Carnitine, Tocopheryl Acetate, Garcinia Cambogia Fruit Extract, Licorice (Glycyrrhuza Glabra) Root Extract, Parfum.

Key Ingredients

  • Glycerin

Salah satu bahan kunci yang terdapat dalam formulasi Nivea Men Crème adalah gliserin. Bahan yang satu ini bahkan dituliskan pada urutan kedua dalam ingredients list setelah air (aqua). Ini tandanya, kandungan gliserin dalam formulasinya cukup tinggi.

Gliserin kebanyakan berfungsi untuk meningkatkan kelembutan kulit dan menaikan kandungan kelembaban. Gliserin juga sangat baik dalam menjaga kondisi dan hidrasi. Bahan ini sangat penting dalam melawan kekeringan kulit. Selain itu, kalau kamu merasakan cooling effect ketika menggunakan produk kosmetik, sensasi tersebut juga bisa datang dari gliserin.

  • Carnitine

Kalau kamu cermati salah satu klaim Nivea Men Crème yang mengatakan bahwa produk ini tidak berminyak dan tidak lengket pada kulit, bisa jadi benar dengan adanya kandungan carnitine atau L-carnitine.

Bahan ini terbukti secara ilmiah cukup baik dalam menurunkan produksi minyak pada kulit. Bahan ini pula yang membuat tekstur produk menjadi tidak lengket dan tidak berminyak. L-carnitine juga dapat membantu memberikan hidrasi pada kulit, lho.

  • Tocopheryl Acetate

Jangan bingung bila kamu tidak menemukan kandungan vitamin E dalam ingredients list. Sebab, vitamin E yang digunakan Nivea ternyata bukanlah vitamin E murni. Melainkan dalam bentuk lain yaitu sebagai tocoferil asetat. Walaupun merupakan bentuk lain dari vitamin E, tokoferil asetat tetap menawarkan manfaat vitamin E sebagai antioksidan.

Kandungan ini bisa membantu melawan serangan radikal bebas pada kulit sekaligus mendorong skin healing untuk meminimalisir tanda-tanda penuaan. Tokoferil asetat juga baik dalam menyediakan kelembaban dan memperkuat skin barrier alami demi mencegah hilangnya kelembaban dari kulit.

  • Licorice

Nah, kalau bahan yang satu ini cukup wide digunakan dalam produk kosmetik. Ekstrak akar licorice memang memiliki potensi antioksidan yang baik. Fungsi antioksidan ini bdapat menjaga kulit dari bahaya sinar UV dan radikal bebas. Licorice juga sangat baik dalam memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Termasuk mencegah terjadinya kekusaman pada kulit.

Impresi

Karena produk ini ditujukan untuk kaum adam, tentu saja saya tidak menggunakannya langsung pada kulit saya. Saya mengajak rekan pria saya bernama Fikri untuk mencoba Nivea Men Creme ini pada wajah dan tangannya yang kering. Berikut adalah impresi yang rekan saya rasakan kala mengaplikasikan krim yang diklaim multifungsi ini.

  • Tekstur

Review Nivea Men Creme_Tekstur (Copy)

Ketika diambil dari dalam jar, tekstur produk ini mengingatkan rekan saya pada tekstur salep. Cukup thick bila harus disebut sebagai ‘krim’ biasa. Krim ini juga terasa agak lengket ketika disentuh. Saat dioleskan pada kulit pun, produk ini tidak melting seperti yang kami kira. Akan tetapi kala dipijat dengan lembut pada kulit, produk akan mudah meresap tanpa greasy after effect sama sekali.

  • Aroma

Kebetulan rekan saya ini salah satu pengguna produk Nivea Men. Ia mengatakan bahwa aroma dari Nivea Men Crème ini sama persis seperti produk facial wash dari Nivea Men yang ia gunakan.

Wangi yang maskulin namun tidak terlalu menyengat dan artificial. Aromanya tetap bersahabat bagi siapapun yang menciumnya, terutama bagi para pria. Ketika diaplikasikan pada kulit pun, aroma ini tidak begitu tercium oleh hidung.

  • Aplikasi

Review Nivea Men Creme_Aplikasi (Copy)

Fikri memiliki masalah kulit yang kering terutama pada bagian telapak tangan dan bibirnya. Selain itu, rekan saya ini mengaku bahwa ia baru selesai mencukur janggutnya. Sehingga ia bisa mengaplikasikan Nivea Men Crème ini pada tangan, bibir, dan dagunya.

Semua bagian yang kering menjadi lembab seketika setelah pengaplikasian krim ini. Menurutnya, ada pula sedikit cooling effect yang menyejukkan dan terasa menyegarkan. Fikri juga mengaku krim ini terasa ringan saat digunakan dan sukses membuat bagian kulit yang kering menjadi terasa lembab dan halus.

Performa dan Daya Tahan

Review Nivea Men Creme_1 (Copy)

Fikri berkata bahwa krim ini cukup bertahan kurang lebih 3-4 jam pada kulitnya. Akan tetapi, bila terkena bilasan air, ia merasa krim langsung menghilang seketika. Hal ini mungkin berkaitan dengan formulasi produk yang water-based.

Tapi kabar baiknya, produk ini tidak membuat kulit Fikri menjadi berminyak selama menggunakannya. Produk ini juga dinilai serbaguna oleh Fikri karena bisa menyelesaikan semua permasalahan kulit keringnya hanya dalam satu kemasan yang simple.

Oh iya, untuk klaim mencegah kulit kusam, rekan saya belum merasakan efek apapun pada wajahnya setelah menggunakan Nivea Men Crème. Mungkin aspek ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diukur sehingga kami belum bisa memastikan apakah Nivea Men Crème ini bisa mencegah kulit dari kekusaman atau tidak.

Tips dan Trik

Usahakan untuk menggunakan Nivea Men Crème ini setelah mandi sebelum kamu beraktivitas. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan kembali krim bila dirasa mulai memudar dari kulit. Pastikan kulitmu dalam keadaan bersih tiap kali akan mengaplikasikan produk ini agar manfaat dari produk dapat terasa maksimal.

Kalau kulitmu benar-benar butuh kelembaban karena sangat kering, sebaiknya kamu sering-sering menggunakan Nivea Men Crème. Termasuk saat kamu akan pergi tidur. Semakin sering kamu mengoleskan produk ini pada area kulit yang kering, semakin cepat juga produk ini menyembuhkan kulit yang kering.

Harga dan Tempat Pembelian

pelembab wajah untuk pria_Nivea Man Crème (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sejak pertama kali dirilis di Indonesia, produk Nivea ini sudah menembus pasaran online maupun offline. Jadi kamu tidak akan kesulitan menemukan produk ini pada e-commerce maupun over-the-counter.

Nivea juga tidak membandrol produk ini dengan harga selangit. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 15ribu-18ribuan untuk Nivea Men Crème berukuran 30 mL. Sementara untuk produk berukuran 75 mL dibanderol dengan harga 35ribuan. Kamu juga bisa langsung membelinya lewat link yang telah Kamini sediakan.

Kesimpulan

Review Nivea Men Creme_00 (Copy)

Produk ini adalah jawaban yang paling tepat bagi pria dalam mengatasi berbagai permasalah kulit kering. Selain multifungsi, Nivea Men Cream ini sangat handy dan praktis untuk dibawa kemanapun. Rekan saya saja cukup terkesan dengan krim multiguna dari Nivea Men ini.

Pros

  • Multifungsi
  • Mudah meresap
  • Bisa melembabkan dan menghaluskan kulit yang kering
  • Terasa ringan
  • Handy dan praktis
  • Memiliki aroma maskulin yang tidak menyengat
  • Terdapat sedikit cooling effect yang menyejukkan dan terasa menyegarkan
  • Ketahanan 3-4 jam tanpa basuhan air
  • Tidak membuat kulit menjadi berminyak
  • Bisa digunakan sebagai pelembab setelah mencukur

Cons

  • Mudah luntur saat terkena air. Tetapi kamu bisa mengaplikasikannya kembali dengan mudah.
  • Belum menemukan efek mencegah kulit kusam ataupun tahan terhadap sinar matahari

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba Nivea Men Crème setelah membaca ulasan tadi? Saya sarankan bila kamu pria yang memiliki permasalahan kulit kering namun tak mau ribet menggunakan berbagai produk skincare, kamu bisa mencoba produk ini. Dijamin akan membantumu mengurangi kekeringan pada kulit.

Kalau kamu ingin mengetahui rekomendasi pelembab yang bagus untuk pria lainnya versi Kamini. kamu bisa membaca artikel merk pelembab untuk pria ini. Kamu juga bisa memilih jenis pomade yang bagus pada artikel ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020