Kamini.id / Pond's / Review POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose

Review POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saya merupakan salah satu penggemar micellar water sebagai first cleanser. Pasalnya, micellar water terasa begitu ringan, mudah menguap, dan cukup baik dalam membersihkan makeup setelah beraktivitas.

Bila sebelumnya saya telah mengulas performa Micellar Water dari Garnier, kali ini saya diberi kesempatan untuk mencoba produk micellar water dari brand kenamaan asal Thailand, yaitu POND’S. Produk ini sendiri dinamakan POND’s Vitamin Micellar Water.

Sejak pertama kali dirilis, POND’S mengklaim bahwa produk ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk micellar water lain yang beredar di pasaran. Jadi penasaran nggak, sih? Saatnya menguak klaim POND’S Vitamin Micellar Water tersebut!

Tentang Produk

Review ponds micellar water_impresi (2) (Copy)

Sejak pertama kemunculannya pada September 2019, produk ini langsung beredar luas di pasaran. Tentu saja kehadirannya tak lepas dari perhatian para beauty junkies. Pasalnya, as far as we know, kebanyakan produk POND’S masih dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Makanya tak lengkap rasanya bila tak mencoba produk terbarunya.

Vitamin Micellar Water disebut-sebut sebagai line first cleanser pertama dari POND’S dalam format micellar water, yang memiliki kandungan vitamin di dalamnya. Penambahan vitamin dalam micellar water ini tidak semata-mata hanya untuk menarik perhatian saja, lho. POND’S menyatakan bahwa Vitamin Micellar Water tak hanya dapat mengangkat makeup dan kotoran saja, namun juga dapat memberikan nutrisi pada kulit penggunanya.

Vitamin Micellar Water dari POND’S memiliki 4 Varian yang dapat dipilih sesuai dengan permasalah atau kebutuhan kulit. Untuk pemilik kulit kering yang kesulitan mencari produk first cleanser tanpa membuat kulit kesat, varian Hydrating Aloe Vera akan sangat cocok buatmu.

Sementara bila kamu menginginkan manfaat pembersihan yang mendalam karena aktivitas harianmu yang selalu outdoor, kamu bisa memilih varian D-TOXX Charcoal. Kalau ingin memiliki produk micellar water yang dapat mengangkat makeup water-proof, kamu dapat mencoba varian Brightening Nourishing Milk.

Akan tetapi, bila kamu hanya menginginkan produk micellar water yang dapat mengangkat makeup harianmu dan tetap membuat kulit cerah, kamu dapat memiliki varian Brightening Rose, seperti yang akan saya ulas ini.

Klaim dan Benefit

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Vitamin Micellar Water adalah produk micellar water pertama yang memiliki kandungan 5 jenis vitamin di dalamnya. Varian Brightening Rose sendiri digandang-gandang dapat membersihkan makeup, kotoran, sunscreen, serta menjadikan wajah menjadi pinkish bright glow. Selain klaim utama tersebut, terdapat beberapa klaim lain yang disebut POND’S pada produk ini.

  1. 100% bebas alkohol
  2. 100% botol dapat di daur ulang
  3. Tekstur ringan dan lembut di kulit
  4. Non-oily alias tidak lengket

Cara Pemakaian

Sama seperti cara penggunaan micellar water pada umumnya, POND’S Vitamin Micellar Water dipakai dengan langkah-langkah berikut.

  1. Tuangkan secukupnya pada kapas yang bersih
  2. Usapkan pada kulit hingga makeup dan kotoran terangkat
  3. Tidak perlu dibilas

Kemasan

Review ponds micellar water_kemasan (Copy)

POND’S Vitamin Micellar Water hadir dalam tiga ukuran, yaitu 235 mL, 100 mL, dan yang paling mungil 55 mL. Saya sendiri mengulas produk yang berukuran 55 mL karena memiliki bentuk yang agak berbeda dengan ukuran lain.

Walau saya yakin ketiga ukuran produk menggunakan material kemasan yang sama yaitu plastik transparan dan kokoh, namun POND’S Vitamin Micellar Water ukuran 55 mL memiliki desain kemasan yang lebih menggemaskan dibandingkan ukuran lainnya yang mana dibuat simple.

Bagian cap dibuat fllip-flop dengan diameter lubang tempat cairan keluar sangatlah kecil. Awalnya saya mengira lubang yang kecil ini akan membuat produk sulit keluar. Namun nyatanya, saya tidak kesulitan sama sekali kala menuangkan isi produk pada kapas. Malah, dengan ukuran diameter lubang yang kecil ini, isi di dalamnya menjadi mess-free dan tidak boros.

Ingredients

Review ponds micellar water_ingredients (Copy)

Full Ingredients

Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Rosa Gallica Flower Extract, Rosa Damascena Flower Oil, Sodium Ascorbyl Phosphate, Panthenol, Retinyl Propionate, Paeonia Lactiflora Root Extract, Tocopheryl Acetate, Hydroxyethyl Urea, Urea, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Propylene Glycol, Sodium Chloride, Potassium Chloride, Fragrance, Trideceth-9, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Ammonium Lactate, Cetrimonium Chloride, Cetylpyridinium Chloride, Citric Acid, Ethanolamine, Benzophenone-4, Tetrasodium EDTA, Phenoxyethanol, Ci 14700, Ci 17200

Key Ingredients

  • Glycerin

Gliserin sangat umum digunakan pada produk micellar water. Karena bahan ini memiliki karakteristik moisturizing yang baik. Gliserin juga memiliki fungsi menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari iritasi.

  • Niacinamide

Walau memiliki berbagai manfaat, kandungan Niacinamide dalam produk micellar water biasanya berfungsi untuk meningkatkan hidrasi pada kulit.

  • Sodium Ascorbyl Phosphate

Bahan ini sebenarnya adalah bentuk garam dari vitamin C. Nah, kandungan yang satu ini memiliki peran dalam membuat kulit menjadi lebih cerah. Vitamin C juga kaya akan antioksidan, lho.

  • Tocopheryl Acetate

Jangan bosan dengan kandungan yang satu ini ya. Tokoferil Asetat merupakan bentuk lain vitamin E yang lebih stabil dan memiliki umur simpan lebih panjang dibandingkan bentuk vitamin E lain. Inilah mengapa banyak produsen kecantikan memasukan vitamin E ke dalam formulasi produknya. Vitamin E yang kaya akan antioksidan merupakan agen yang baik dalam menjaga kulit terbebas dari radikal bebas. Bahan ini juga menjadikan kulit bebas dari flaking.

  • Retinyl Propionate

Bahan satu ini merupakan anggota kelompok retinol. Dan karena masih dalam kelompok yang sama, fungsinya pun serupa yaitu menawarkan manfaat anti-aging.

  • Urea

Jangan terkejut, urea memang bisa ditemukan pada air kencing. Akan tetapi, siapa sangka bahwa urea juga terkandung dalam kulit dan menawarkan manfaat melembabkan. Urea pada kulit disebut sebagai Natural Moisturizing Factor (NMF) yang berfungsi untuk menjaga kadar air agar kulit senantiasa tetap kenyal, elastis, dan terhidrasi.

  • Phantenol

Phantenol lebih umum disebut sebagai pro-vitamin B5. Bahan yang satu ini menawarkan manfaat melembabkan karena berperan sebagai humectant. Maksudnya, fantenol dapat membantu kulit menarik air dan menjaganya agar tidak hilang dari kulit.

Impresi

Review ponds micellar water_1 (Copy)

Saya mencoba menggunakan produk ini untuk mengangkat sebagian besar makeup saya. Dimulai dari lip makeup, kompleksi dan eye makeup. Namun sebelum mencoba performanya, tentu saja saya ingin berkenalan terlebih dahulu dengan produk ini. Nah, berikut adalah impresi yang saya rasakan saat pertama kali menggunakan POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose.

Tekstur

Micellar Water dari POND’S memiliki tekstur seperti air. Sama sekali tidak ada rasa lengket baik saat pertama kali diusapkan hingga ketika makeup sudah terangkat dengan sempurna. Ini berarti, klaim POND’S yang menyatakan bahwa produk ini tidak lengket dapat dipercaya.

Warna

Saya ingin sedikit membahas kesan warna yang ditimbulkan dari produk ini. Meski secara kasat mata micellar water dari POND’S ini transparan. Akan tetapi, kalau diperhatikan secara seksama, saya dapat melihat warna pink seulas dari cairan. Penambahan pigmen warna ini mungkin ingin merepresentasikan kesan ‘rose’ dari produk. Unik banget!

Wangi

Kalau wanginya, sejak produk dituangkan pada kapas, saya bisa merasakan aroma bunga mawar yang lembut dan agak powdery. Saking lembutnya, aroma ini sama sekali tidak terasa fake. Malah aroma ini membuat perasaan jadi lebih rileks.

Aplikasi

Meski sama sekali tidak lengket ketika diusapkan pada wajah, POND’S Vitamin MIcellar Water Brightening Rose ini juga meluncur baik pada kulit sembari mengangkat makeup dan kotoran. Ketika diusapkan, ada sedikit sensasi dingin dari micellar water mungkin ini adalah efek dari kandungan gliserin pada formulasinya.

Setelah semua makeup terangkat, tidak tertinggal kesan lengket sama sekali. Kulit juga tidak terasa kering. Kalau dilihat dari ingredients list sih, memang produk ini tidak memiliki kandungan alkohol. Persis seperti klaimnya Jadi, pemilik kulit kering pun tidak perlu khawatir bila ingin menggunakan produk ini. Oh iya, micellar water dari POND’S ini juga tidak terasa perih lho pada mata.

Kalau untuk klaim mencerahkannya, saya belum bisa merasakan efek tone up apapun dari produk ini. Mungkin apabila digunakan secara rutin dapat membantu membuat kulit cerah karena kandungan vitamin C di dalamnya. Tapi harus saya bilang, saya belum bisa memastikannya.

Performa

Review ponds micellar water_performa kompleksi (Copy)

Nah, inilah bagian yang paling saya suka. Saya menguji produk ini dengan mengusapkannya pada ketiga jenis alas bedak milik saya, yaitu light to medium coverage foundation, BB cream, dan DD cream.

Dari ketiganya, produk DD cream mengalami pengurangan yang paling banyak dibandingkan BB cream dan foundation. Bahkan DD cream langsung terangkat hanya dalam satu kali usapan. Akan tetapi, produk ini membutuhkan hingga 12 kali usapan untuk benar-benar membersihkan foundation dan BB cream saya.

Review ponds micellar water_eye makeup (Copy)

Kalau eye makeup yang saya gunakan untuk menguji produk ini adalah eye shadow, eyebrow pencil, dan waterproof mascara. Hasilnya, POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose ini sangat baik dalam mengangkat  eye shadow dan eyebrow pencil saya. Tapi, produk ini tidak memberikan efek signifikan pada maskara yang waterproof. Jadi sebaiknya kamu tidak menggunakan produk ini bila ingin mengangkat makeup waterproof.

Review ponds micellar water_lip makeup (Copy)

Saya juga mencoba micellar water ini pada tiga jenis perona bibir yang saya punya, yaitu pada matte lipstick (low longevity), matte lip cream (medium longevity), serta pada lip tint cream (high longevity).

Alhasil, produk ini hanya bisa membersihkan tuntas matte lipstick saya ketika diusapkan tiga kali. Untuk matte lip cream dan lip tint cream, membutuhkan 8 kali usapan agar keduanya benar-benar bersih.

Oh iya, karena produk ini diklaim dapat mengangkat sunscreen juga, tentu saya tidak lupa untuk mengujinya pada sunscreen yang saya pakai. Sebagai catatan, sunscreen ini hanya saya usapkan tipis sesuai dengan jumlah yang saya gunakan sehari-hari.

Ternyata, POND’S Micellar Water Brightening Rose ini cukup ampuh dalam mengangkat sunscreen dari kulit bahkan hanya dalam 1 kali usapan saja. Berarti, satu lagi klaim yang teruji mengenai produk ini. Well done, POND’S!

Tips dan Trik

Tahukah kamu kalau micellar water bisa menjadi penyelamatmu di berbagai kegiatan? Produk ini sangat praktis digunakan dan mudah untuk dibawa kemanapun.

Kamu dapat menggunakan micellar water untuk menghapus sisa sunscreen sebelumnya kala akan re-apply lapisan sunscreen baru agar tidak menyumbat pori. Kamu juga bisa mengandalkan micellar water sebagai post-workout facial cleanser bila malas kalau harus langsung mencuci wajah dengan pembersih wajah bilas. Praktis sekali, bukan?

Harga dan Tempat Pembelian

Review ponds micellar water_1 (2) (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kamu tidak akan kesulitan kok untuk mendapatkan produk ini. POND’S Vitamin Micellar Water akan mudah kamu temukan baik offline maupun online. Harganya pun cukup terjangkau bergantung pada ukuran yang kamu pilih. Untuk tube berukuran 235 mL dibanderol dengan harga sekitar Rp.40.000. Sementara ukuran 100 mL berkisar Rp.20.000 – Rp. 30.000. Terakhir, ukuran 55 mL dibanderol seharga Rp. 10.000-an saja. Ramah kantong, bukan?

Kesimpulan

Untuk mengangkat daily makeup yang non-waterproof, produk ini bisa dibilang cukup jempolan untuk ukuran drugstore micellar water. Dan yang saya sukai dari produk ini adalah aroma mawarnya yang lembut serta formulasi produk yang tidak membuat mata terasa perih.

Pros

  • Tidak terasa lengket
  • Tidak membuat kulit kering
  • Bebas alkohol
  • Tidak menyebabkan mata perih
  • Aroma rose menenangkan dan tidak terasa fake
  • Dapat membersihkan daily makeup ringan, termasuk sunscreen
  • Affordable

Cons

  • Tidak memberikan efek tone up, namun belum bisa dipastikan dapat mencerahkan atau tidak
  • Varian Brightening Rose kurang powerful dalam membersihkan makeup waterproof. Tetapi kamu bisa mencoba varian Brightening Nourishing Milk untuk kekuatan mengangkat makeup waterproof.

Begitulah ulasan saya mengenai POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose. Selain kemasannya yang cantik, produk ini akan saya gunakan untuk menghapus makeup harian saya tanpa perlu khawatir dapat menyebabkan kulit kering ataupun terasa perih di mata. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *