Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion, Wajah Flawless

Beberapa dari kita memutuskan untuk membeli produk makeup berdasarkan kandungan, merek, kualitas, sampai buatan negara mana. Tapi para beauty enthusiasts biasanya memilih berdasarkan kebutuhan dan ketertarikan. Nah, ada satu brand yang terkenal karena produk tubuhnya kini mengeluarkan produk kosmetik.

Saat merek ini mengeluarkan produk kosmetik, respon pencinta makeup pun termasuk baik. Setelah sukses dengan lip matte berkualitas dengan harga terjangkau, kini Purbasari mengeluarkan cushion yang sedang digandrungi. Kira-kira, bagaimana kualitas cushion yang dikeluarkan brand ini ya?

Tentang Produk

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion__

Purbasari memulai bisnisnya dengan mengeluarkan produk kebersihan dan kecantikan tubuh seperti lulur, sabun mandi bengkuang, sabun sirih, hand & body lotion, dan sebagainya. Selain wanginya enak, produk-produk ini juga terasa bersih di kulit. 

Identiknya dengan produk perawatan tubuh, tak membuat Purbasari diam di tempat. Pada 2016-2017, Purbasari mengeluarkan produk makeup yang langsung di-review banyak beauty vlogger dan blogger. Para beauty enthusiasts pun mulai mencobanya dan takjub dengan kualitas yang diberikan tetapi harga terjangkau. 

Lalu, Purbasari mengembangkan diri di industri kosmetik dengan meluncurkan Pore Perfecting BB Cushion. Produk ini adalah cushion dengan hasil semi-matte. Ada tiga shade untuk cushion dari Purbasari yaitu 01 Light Beige, 02 Honey Beige, dan 03 Caramel. Yang spesial dari Purbasari Pore Perfecting BB Cushion adalah diformulasikan di Korea Selatan.

Klaim dan Benefit

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion diklaim memiliki oil control, bisa menyamarkan pori-pori, serta hasil semi-matte. Kemudian, ia memiliki SPF 18 PA +++ dan antioksidan untuk membuat kulit lebih sehat. Tak hanya itu, coverage-nya pun bisa di-build sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Pemakaian

Cukup mudah mengaplikasikan Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Yang perlu dilakukan adalah menekan cushion dalam kemasan secara perlahan menggunakan puff bawaan. Kemudian tepuk-tepuk perlahan ke wajah untuk membuat produk lebih rata. 

Kemasan

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion_Kemasan_

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion dikemas dalam ukuran 15 gram. Ia memiliki dua kemasan yaitu kemasan luar berupa kardus dan juga kemasan utama. Pada kemasan luar, warna hitam doff digunakan ditambah dengan detail garis di bagian bawah berwarna emas mengkilap. Tulisan merek menggunakan emas beserta garis. Kemudian nama produk menggunakan warna putih. 

Di sisi kanan kardus tertulis komposisi produk, sedangkan di sisi kiri tertuang nama perusahaan serta tanggal kadaluwarsa. Barulah pada bagian belakang terdapat informasi keunggulan produk serta cara pemakaian. Untuk shade sendiri ada di bagian atas kemasan, lengkap dengan warna yang diharapkan dari shade tersebut. 

Dari luar, kemasan ini terlihat mewah dan eksklusif, begitu pula dengan kemasan utamanya. Saya sendiri takjub melihatnya karena walau dari plastik tapi eksklusif. Warna hitam menjadi pilihan terbaik untuk memberikan kesan mewah pada produk ini. 

Bagian atas kemasan utama bisa merefleksikan bayangan dengan logo Purbasari berwarna emas. Bagian belakangnya berisi tentang nama produk, shade, dan tanggal kadaluwarsa. 

Saat dibuka, sebenarnya sama dengan cushion pada umumnya. Ada dua tingkatan tray di dalamnya. Tingkat atas adalah tempat untuk menyimpan puff bawaan dan tingkat bawah untuk tempat menyimpan cushion. Saat diterima baru, kaca dan cushion-nya akan dialasi plastik untuk membuatnya tetap utuh dan mengkilat. 

Puff bawaan dari Purbasari Pore Perfecting BB Cream sangat nyaman dipakai, lembut, dan memudahkan dalam pengaplikasian. Warna puff yang hitam membantu pengguna untuk mengetahui seberapa banyak produk yang ingin diaplikasikan ke wajah. 

Ingredients

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion_Ingredients_

Selanjutnya, mari kita lihat bahan yang terkandung dalam Purbasari Pore Perfecting BB Cushion di bawah ini. 

Full Ingredients

Water, Cyclopentasiloxane, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Synthetic Fluorphlogote, PEG-10 Dimethicone, Ethyhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Cetyl Ethylhexanoate, Silica, Pentylene Glycol, Lauryl PEG-10 TRIS (Trimethylsiloxy), Silyethyl Dimethicone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Disteardimonium Hectorite, Triethoxycaprylysilane, Aluminium Hydroxide, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane, Crosspolymer, Sodium Hyaluronate, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Disodium Edta, BHT, CI 77492, CI 77491, CI 774999.

Key Ingredients

  • Ethyhexyl Methoxycinnamate

Kandungan kunci pertama adalah ethyhexyl methoxycinnamate. Kandungan ini merupakan senyawa campuran untuk sunblock atau sunscreen. Dengan adanya ethyhexyl methoxycinnamate pada Purbasari Pore Perfecting BB Cushion, berarti produk dapat melindungi dari paparan matahari. 

  • Sodium Hyaluronate

Kandungan kunci ketiga pada Purbasari Pore Perfecting BB Cushion adalah sodium hyaluronate. Kandungan ini berfungsi sebagai pelindung bila adanya luka pada kulit, baik luka iritasi sampai luka bakar.

Impresi

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion_Impresi_

Setelah mengetahui semua klaim, benefit, dan kandungan, saatnya mencoba langsung diaplikasikan ke kulit wajah. Sejujurnya, saya tertarik dengan cushion ini karena klaimnya yang bisa menutupi pori-pori walau saya tidak berekspektasi tinggi. Shade yang saya gunakan adalah 02 Honey Beige. 

Tekstur

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion termasuk ke dalam produk cushion. Cushion adalah base makeup yang menggabungkan tekstur gel dan cair dalam satu kemasan. Cushion tidak hanya berfungsi sebagai base makeup tetapi juga merawat kulit wajah. 

Produk ini sendiri memiliki tekstur yang berada antara cair dan kental tapi cenderung creamy. Saat menekan cushion dengan tangan pun langsung keluar produknya. Kemudian saat menyatukan kedua jari, terasa produk lebih cair dan ringan. 

Aroma

Ada aroma yang dikeluarkan Purbasari Pore Perfecting BB Cream. Tapi, saya sendiri merasa aromanya tidak mengganggu sama sekali. Bahkan hal tersebut muncul bila kita benar-benar menghirupnya dari dekat. 

Aplikasi

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion_Aplikasi_

Saya menggunakan Purbasari Pore Perfecting BB Cream shade 02 Honey Beige. Saat diaplikasikan ke tangan untuk, sejujurnya agak kaget karena terlalu tan. Padahal biasanya saya paling pas menggunakan tone seperti 02 Honey Beige untuk cushion. 

Benar saja, saat diaplikasikan ke wajah, ada perubahan warna kulit wajah yang membuat saya terlihat lebih tan. Namun, saat dibaurkan merata ke seluruh kulit wajah, malah saya jatuh cinta dengan produk ini. 

Purbasari Pore Perfecting BB Cream ini ringan saat dipakai walau terasa lebih basah dibandingkan dengan cushion merek lain. Hal ini sebenarnya cukup tricky karena ia perlu diratakan dengan baik agar tidak meninggalkan jejak yang berbeda di kulit wajah. Untuk sampai set di wajah pun perlu beberapa waktu karena ia cenderung transfer ke jilbab bila belum kering. 

Saya sendiri tidak merasa seperti memakai topeng setelah mengaplikasikan produk ini. Kemudian, cushion ini juga tidak membuat kulit terasa kering atau berminyak, padahal jenis kulit saya termasuk kombinasi. Ia malah membuat kulit wajah menjadi flawless.

Kemudian, saya memakai ini seharian tapi tak terasa perih di kulit. Ini adalah poin plus. Karena saat produk sudah terasa perih, lebih baik tidak usah dilanjutkan lagi pemakaiannya. 

Untuk daya coverage, cenderung medium tapi sangat bisa di-build sampai full coverage. Di beberapa kulit wajah saya ada kemerahan dan pori-pori besar bisa menutup dengan baik. Di bagian kulit kering pun aman dan cenderung terlihat lembab. 

Secara keseluruhan, hasil akhir Purbasari Pore Perfecting BB Cushion diklaim semi-matte. Pada wajah saya sendiri memang benar memiliki hasil akhir semi-matte yang flawless.

Performa

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion_Performa_

Saya menggunakan Purbasari Pore Perfection BB Cushion shade 02 Honey Beige selama 6 jam. Hasilnya adalah produk ini cenderung menghilang dari kulit wajah. Padahal aktivitas yang dilalui termasuk ringan, saya hanya bekerja dari rumah lalu tidak berkeringat sama sekali. 

Memang, sebelumnya sempat wudhu dan itu mungkin bisa menjadi faktor menghilangnya produk dari wajah. Akan tetapi, kamu tetap bisa touch up kembali. Apalagi, kemasannya yang travel friendly sekaligus lengkap dengan puff bawaan dan kaca yang nyaman digunakan. 

Selama pemakaian, cushion ini tidak terasa berat dan tetap ringan. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion juga tidak membuat kulit kering atau berminyak selama pemakaian. Ini berarti oil control bekerja dengan baik. 

Walau produk hilang setelah dipakai selama 6 jam, kulit wajah berubah menjadi lebih dewy dan glowing sehat. Kemudian saya tetap membersihkan wajah dengan double cleansing. Hasilnya setelah pemakaian, kulit wajah aman dari kering atau iritasi. 

Tips dan Trik

Untuk membuat Purbasari Pore Perfecting BB Cushion terlihat maksimal di kulit wajah, pastikan wajah sudah siap untuk dipoles. Gunakan skincare pagi terlebih dulu baru aplikasikan cushion keluaran Purbasari ini ke kulit wajah. 

Saat mengaplikasikannya pun bisa sekali tekan untuk seluruh kulit wajah. Bila ada yang kurang di bagian tertentu, bisa di-build lagi dengan men-tap ke kulit wajah. Bukan dipoles, ya. Kemudian tunggu beberapa saat sampai produk set

Nah, untuk hasil yang aman, kamu perlu mengetahui undertone warna kulit wajah terlebih dulu. Bila ragu pun bisa memilih shade yang lebih netral kemudian timpa menggunakan loose powder andalan dengan menepuk pelan. Nah, kamu mungkin akan terbantu dalam memilih shade produk ini bila membaca artikel
Cara Memilih Warna Foundation yang Sesuai Warna Kulit.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion_Harga_

Sangat mudah untuk mendapatkan Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Kamu bisa membelinya di toko online atau offline andalan. Harga yang dibanderol untuk produk ini adalah mulai dari Rp 95.000 per kemasan.

Kesimpulan

Pada awalnya, saya tidak terlalu berekspektasi tinggi pada produk ini. Tapi kemudian, saya menjadi jatuh cinta yang berarti produk ini layak untuk dicoba. Ia kasih hasil akhir yang semi-matte yang justru membuat wajah lebih flawless.

Selain itu, produk ini juga bisa di-build sesuai kebutuhan. Untuk lebih detail, kamu bisa melihat pro dan con dari Purbasari Pore Perfecting BB Cushion di bawah ini. 

Pros

  • Hasil akhir yang semi-matte
  • Tektur sangat ringan
  • Coverage cenderung medium tapi buildable
  • Wajah terlihat flawless
  • Kemasan mewah
  • Travel friendly
  • Menutup pori-pori dengan baik
  • Oil control bekerja dengan baik. 
  • Tidak membuat kulit kering, iritasi, atau beruntusan. 

Cons

  •  Warna Honey Beige cenderung lebih tan saat dipakai.
  • Perlu waktu untuk sampai set sempurna
  • Belum ada kemasan refill
  • Tidak tahan sampai 6 jam pemakaian.

Itulah review Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Perlu diingat bahwa hasil bisa berbeda tergantung dari jenis dan kondisi kulit. Kalau kamu mencari rekomendasi cushion dari merek lain atau produk Purbasari lain, silakan mampir ke artikel Merk Cushion Lokal yang Bagus ini. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram