kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Rollover Reaction Compact Cushion, Baguskah?

Review Rollover Reaction Compact Cushion, Baguskah?

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 18 Februari 2021

Untuk tampilan makeup sehari-hari, saya termasuk orang yang jarang banget pake foundation. Biasanya saya cuma pakai bedak, lipstik, maskara, dan blush on aja. Alasannya karena saya kadang nggak punya waktu untuk dandan lama dan ngerasa pakai foundation itu ada proses yang cukup lama. Selain itu, saya ngerasa foundation itu produk yang bikin berat di wajah. Makanya saya jarang banget pake produk complexion.

Tapi belum lama ini, saya dikenalin sama satu produk cushion yang lumayan sering saya pakai. Meskipun bukan foundation, tapi produk ini punya fungsi yang sama dengan foundation yaitu menutupi ‘kekurangan’ di wajah seperti warna kulit yang tidak merata atau bekas jerawat. Bedanya, Cushion ini mengandung ‘skincare’ yang bisa melembabkan wajah. Penasaran kayak apa produknya? Yuk kita lihat ulasan lengkapnya!

Tentang Produk

Rollover reaction cushion 1

Rollover Reaction Compact Cushion ini sudah dirilis sejak hampir 2 tahun lalu. Memang saat itu produk cushion lagi marak banget di kalangan beauty industry Indonesia. Tapi, Rollover Reaction Compact Cushion ini hadir dengan formula yang berbeda banget. Cushion ini lebih mirip CC cream, karena coverage yang dihasilkan nggak terlalu tinggi namun memiliki kandungan ‘pelembab’ yang lebih banyak daripada produk complexion lainnya.

Saat pertama kali rilis, cushion ini udah sering banget sold out. Hadir dalam 3 shade yaitu Custard Tart, Honey Toast, dan Milk Tea, cushion ini jadi kesukaan banyak beauty influencer dan beauty enthusiast di Indonesia.

Klaim dan Benefit

Mengutip langsung dari website resmi Rollover Reaction, cushion ini diklaim memiliki formula yang ringan dan breathable. Artinya, produk ini nggak akan terasa ‘dempul’ di wajah kamu. Poin ini bakalan jadi poin plus buat saya yang pengen tetap kelihatan natural ketika dandan nih, girls! Selain itu, cushion ini dapat melembabkan kulit dan juga mengandung SPF sehingga kulit bisa tetap terproteksi. Jika sudah digunakan, hasil akhirnya adalah satin yaitu kulit yang matte namun tetap lembut dan gak kering.

Cara Pemakaian

Karena bentuknya cushion, memakainya bakalan jauh lebih mudah nih girls. Kamu cukup ambil produk dengan cara menekan bagian dalamnya menggunakan spons yang tersedia. Nggak usah ditekan terlalu banyak, karena produknya cukup mudah diambil kok. Setelah itu, tap-tap di wajah sedikit demi sedikit. Untuk coverage yang lebih, kamu bisa coba ambil produknya lagi dan ulangi Langkah awal tadi.

Kemasan

Rollover reaction cushion 2

Sejak awal, Rollover Reaction Compact Cushion ini memang sudah sangat menarik karena kemasannya yang lumayan beda dari yang lain. Bagian ‘cangkang’ atas atau cover cushion-nya menggunakan material akrilik sehingga tampilan cushion tampak lebih ‘classy’. Keseluruhan material cushion-nya memang plastik, tapi bukan plastik ringkih, melainkan plastik kokoh yang glossy. Ukuran kemasannya standar namun cukup bulky dan sedikit berat.

Di bagian body cushion-nya ini ada semacam ‘tombol’ untuk membuka cushion-nya. Tapi nggak tahu kenapa, saya kurang suka sama penutupnya karena terasa terlalu lembut ketika ditutup sampai kadang saya nggak sadar belum menutup cushion-nya dengan benar.

Di dalam kemasan terdapat kaca yang diameternya cukup luas sehingga kita bisa leluasa ngaca pakai cushion ini. Bagian dalam cushion berwarna hitam semua. Begitu juga dengan spons cushion-nya. Jujur, warna hitam ini bukan kesukaan saya dalam hal ini karena kelihatan banget kotornya kalau habis dipakai.

Untuk spons, material spons terasa cukup flexible dan gak keras. Meskipun saya kurang suka dengan warna hitam tapi spons ini bagus lho! Karena spons-nya nggak menyerap dan memendam banyak produk sehingga apa yang kita ambil, itu yang kita pakai. Minusnya, karena warnanya hitam, spons-nya jadi cepat kotor.

Ingredients

RRcompactcushion3

Full Ingredients:

Water, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Cyclohexasiloxane, Glycerin, Cetyl Ethylhexanoate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Phenyl Trimethicone, Ethylhexyl Salicylate, Pentylene Glycol, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Silica, PEG-10 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Betaine, Stearic Acid, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate, Allantoin, Caffeine

Key Ingredients:

  • Titanium Dioxide

Kandungan ini merupakan salah satu komponen yang digunakan sebagai sun protection yang termasuk kedalam physical sunscreen. Kandungan ini juga biasanya digunakan untuk memberi pigmentasi pada produk.

  • Glycerin

Glycerin yang merupakan kandungan yang dapat menghidrasi kulit. Letaknya pun ada di bagian atas. Jadi bisa dibilang cushion ini benar-benar bisa melembabkan ya!

Impresi

Rrcompactcushion4

Saat mencoba cushion ini, kondisi kulit saya lagi lumayan kurang oke karena banyak sekali bekas jerawat akibat break out. Bekas jerawat ini berwarna kemerahan dan cukup menonjol jadi saya nggak banyak berharap kalau cushion ini bisa bantu menutupi bekas jerawat saya. Tapi ternyata begitu saya coba, bekas jerawat saya lumayan samar tertutupi lho! Produknya juga gampang banget di-blend.

Tekstur

Awalnya saya mengira karena ada SPF yang terkandung dalam cushion ini, formulanya akan sedikit ‘thick’, tapi ternyata produk ini bisa menyatu dengan baik di kulit saya. Meskipun coverage yang dihasilkan memang nggak terlalu kelihatan, namun formulanya sangat cukup untuk meratakan warna kulit saya.

Aroma

Saat digunakan, tidak ada aroma yang tercium dari produk ini. Meskipun ada, wanginya sangat samar sehingga tidak mengganggu penciuman.

Shade

before rollover reaction cushion after rollover reaction cushion

Karena kulit saya termasuk yellow warm undertone, saya memilih shade Honey Toast. Secara tampilan luar, shade Honey Toast ini memang terlihat berwarna kekuningan. Warnanya sendiri sangat cocok di kulit saya meskipun saya merasa ada sedikit abu setelah dibaurkan.

Daya Tahan dan Performa

Rrcompactcushion5

Cushion ini cukup mudah digunakan karena formulanya yang blendable tadi. Sayangnya, cushion ini nggak cukup kuat untuk menutupi bekas jerawat kemerahan di wajah. Bekas jerawatku masih agak sedikit kelihatan setelah aku timpa satu layer dari cushion ini. Mungkin bekas jerawat ini bakalan jauh lebih ketutup kalau saya pakai concealer terlebih dulu ya. Tapi untuk formula, saya benar-benar suka cushion ini memberikan hasil akhir yang ‘dewy’.

Saya mencoba cushion ini selama beberapa jam untuk wear test. Selama mencoba produk ini, saya hanya sesekali membasuh wajah untuk berwudhu. Saya sama sekali nggak touch up selama wear test biar saya bisa benar-benar bisa melihat ketahanannya. Hasilnya setelah beberapa jam, bagian T-zone sudah mulai berminyak dan bekas jerawat saya sudah mulai terlihat.

Tips dan Trik

Cushion ini memang cocok buat kamu yang gak pengen ribet ketika dandan. Tapi, kalau ada bekas noda seperti bekas jerawat, baiknya kamu gunakan concealer sebelum menggunakan cushion ini. Hasilnya, tampilan makeup bakalan jauh lebih flawless, lho!

Harga dan Tempat Pembelian

Cushion ini bisa kamu beli dengan harga Rp 195.000 saja girls! Dan untuk saat ini, Rollover Reaction sudah punya stockist di beberapa offline store. Tapi biar lebih mudah, kamu bisa mendapatkannya di web resmi Rollover Reaction dan juga di e-commerce yang link-nya kita taruh di bawah ini ya!

Kesimpulan

RRcompactcushion1

Cushion ini memang punya kelebihan dan kekurangan. Tapi menurut saya, produk ini cukup bekerja sesuai klaim seperti ringan, breathable, dan meratakan warna kulit. Hanya saja untuk ketahanan, nggak banyak yang bisa diharapkan dari produk ini karena memang sepertinya bukan itu keunggulan dari produk ini.

Tapi, buat kamu yang mageran untuk dandan kayak saya, produk ini bisa banget jadi pilihan karena pengaplikasiannya yang gampang dan formulanya yang sangat ringan. Kamu bisa maksimalkan complexion kamu dengan menggunakan two way cake yang punya coverage lebih.

Pros

  • Kemasan cantik dan menarik
  • Formula ringan
  • Mudah diaplikasikan
  • Mengandung SPF
  • Memberi kelembaban pada kulit
  • Puff lembut dan nggak banyak menyerap produk

Cons

  • Harga lebih mahal dibanding cushion lokal lainnya
  • Shade masih terbatas
  • Puff bagian luar cepat kotor

Nah, kalian sudah coba produk ini? Kalau sudah, coba share pengalamanmu memakai cushion ini dengan pembaca lain yuk! Tulis ulasan versi kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram