kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Bibir / Review Lipstik Viral Rom&nd Zero Velvet Tint: Shade Polar

Review Lipstik Viral Rom&nd Zero Velvet Tint: Shade Polar

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 April 2021

Rom&nd (baca: romance and you) adalah merk kosmetik asal Korea Selatan yang diproduksi oleh COSMAX INC. Korea untuk iFamilySC Co., Ltd Korea. Bekerja sama dengan penata rias selebriti dan YouTuber Min Saerom "Gaeko", brand Rom&nd telah menciptakan banyak kosmetik.

Namun, Rom&nd lebih berfokus pada produk lipstik yang visualnya memukau, dengan kualitas sangat baik dan warna-warna yang memikat. Ada satu produk bibir yang terkenal banget dari Rom&nd, yaitu Zero Velvet Tint. Kalau kamu sudah tahu Rom&nd Matte Lipstick Zero Gram, nah, Zero Velvet Tint ini merupakan versi liptint-nya.

Dengan peningkatan keringanan fomula dan hasil akhir yang lebih matte, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda saat menggunakan Zero Velvet Tint. Sesuai namanya, produk ini merupakan liptint dengan tekstur velvet (beludru).

Pada awalnya, Rom&nd merilis 6 warna untuk liptint ini. Namun, seiring kesuksesan Zero Velvet Tint yang ternyata mendapatkan animo tinggi dari makeup lover, Rom&nd pun menambahkan warna lainnya. Sekarang, terhitung sejak akhir 2020, kamu bisa menemukan total 21 shade untuk Zero Velvet Tint ini, wow, banyak banget!

Ingin tahu review Kamini tentang Rom&nd Zero Velvet Tint? Yuk, simak terus sampai selesai. BTW, Kamini mengulas yang shade Polar, ya.

Tentang Produk

Walaupun berupa liptint, Rom&nd Zero Velvet Tint memiliki tekstur creamy seperti mousse. Terus, seperti tertera pada namanya, produk ini memiliki hasil akhir velvet (tengah-tengah antara creamy dan matte). Uniknya, liptint ini tuh bakal blurred-edge gitu yang berarti nanti finish look-nya bakal soft-focus.

Makanya, Rom&nd menyarankan cara pemakaian produk ini untuk ombre lips (produk hanya dipakai di tengah bibir lalu disebarkan), karena nanti liptint-nya akan menghasilkan efek blur pada area garis bibir. Tapi, saya akan mencoba liptint ini dengan satu look saja, yaitu full lips untuk mengetahui bagaimana hasilnya.

Klaim & Benefit

  • Rom&nd Zero Velvet Tint termasuk jajaran hot item dan Most Popular Liptint di Korea Selatan selama tahun 2019-2020 dan diprediksi masih akan nge-hits banget selama tahun 2021 juga
  • Membuat MLBB alias my lips but better look dengan mudah
  • Lipstik matte dengan sentuhan akhir beludru dan efek 'kabur' pada garis bibir
  • Teksturnya ringan, sehingga terasa lembut dan nyaman di kulit bibir. Liptint juga akan melekat mulus sepanjang hari tanpa clumping, flaking, maupun luntur
  • Liptint ini sangat pigmented
  • Melembabkan bibir sepanjang pemakaian

Kemasan

Rom&nd Zero Velvet Tint dikemas dalam packaging yang sangat simpel, namun cantik dan eye catching! Bagian badannya terbuat dari kaca berwarna transparan.

Saya pikir kemasan liptint ini tidak bakal mudah pecah soalnya kacanya tebal, namun tidak membuat produk terasa berat untuk dibawa-bawa. Sedangkan bagian tutupnya terbuat dari plastik yang entah kenapa terasa lembut seperti dilapisi karet gitu.

Saya pribadi memang sangat menyukai produk skincare dan makeup yang kemasannya transparan seperti ini. Karena, kita bisa tahu juga kondisinya masih bagus atau misalnya ada jamur dan yang lainnya, sehingga sudah tak layak pakai.

Terus, karena packaging-nya tembus pandang, kita bisa melihat juga warna liptint-nya dan kita juga bisa tahu isinya masih ada seberapa banyak (memudahkan kita untuk tahu kapan harus beli yang baru).

Untuk tulisan di packaging-nya super 'ngirit' ya, hanya ada nama brand, tipe lipstik, dan shade saja. Memang, jadinya kayak keren gitu, sederhana, misterius. Tapi, tidak informatif. Sebenarnya, ada stiker di bagian bawah liptint, tapi itu berbahasa Korea dan sengaja dicetak tipis banget gitu tintanya.

Sedangkan tulisan tanggal expired-nya dibuat menimpa tulisan dalam hangul tadi, tapi tulisannya lebih bold jadi terbaca (walaupun untuk saya yang matanya minus harus sampai memicing-micingkan mata).

Untuk aplikatornya biasa saja, doe foot seperti produk lipstik cair pada umumnya. Ujungnya yang meruncing memudahkan kita mengaplikasikan liptint hingga ujung-ujung bibir supaya lebih rapi!

Dan, bagian favorit saya, si tongkatnya itu tidak keras, cukup lentur dan bulu-bulunya lembut. Jadi, pengaplikasiannya nyaman banget, deh, di bibir.

Ingredient List

Nah, sekarang mari kita tilik dari segi bahan-bahannya. Karena ada banyak bahan yang terkandung maka kami akan membaginya menjadi dua bagian, yaitu full ingredients dan key ingredients.

  • Full Ingredients

Dimethicone, Dimethicone Crosspolymer, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Tribehenin, Diisostearyl Malate, Macadamia Ternifolia (Macadamia) Seed Oil, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Gossypium Herbaceum (Cotton) Seed Extract, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, VP/Hexadecene Copolymer, Polyglyceryl-2 Diisostearate, Butyl Acrylate/Hydroxypropyl Dimethicone Acrylate Copolymer, Isododecane, Isobutylmethacrylate/Bis-Hydroxypropyl Dimethicone Acrylate Copolymer, Water, Glycerin, Butylene Glycol, Sucrose Palmitate, Fragrance, Red 33 Lake (CI 17200), Iron Oxide (CI 77491), Titanium Dioxide (CI 77891), Hydrogenated Lecithin, Yellow 5 Lake (CI 19140), Hydrogenated LecithinDehydroacetic Acid, Iron Oxides (CI 77491), Red 28 Lake (CI 45410), Yellow 6 Lake (CI 15985), Iron Oxides (CI 77499), Red 22 Lake (CI 45380), Blue 1 Lake (CI 42090), Dehydroacetic Acid, Iron Oxides (CI 77492), Red 7 Lake (CI 15850:1)

  • Key ingredients

Good things inside Rom&nd Zero Velvet Tint!

  1. Dimethicone

Produk seperti lip cream tentu dibentuk dari Dimethicone, silikon sintesis yang dibuat dari polymer. Tugasnya seabgai smoothing agent alias untuk menghaluskan si lipstik. Kandungan ini juga memberikan look yang lebih halus pada bibir, jadi kulit bibir tidak akan kelihatan berkerut.

2. Macadamia Seed Oil

Macadamia Seed Oil, ya, ini adalah salah satu kandunan di dalam lipstiknya. Dan, zat ini pun berada di urutan awal-awal, berarti jumlahnya cukup banyak yang dimasukkan, yippie!

Minyak ini diambil dari ekstrak kacang macadamia. Zat ini memiliki kandungan pelembab yang tinggi berkat Palmitoleic Fatty Acid di dalamnya, sehingga lipstik Rom&nd ini pun jadi bisa melembabkan bibir dengan baik.

3. Gossypium Herbaceum (Cotton) Seed Oil

Juga disebut Minyak Biji Kapas, ini adalah fixed oil yang di-expressed dari biji kapas. Minyak ini berwarna kuning pucat. Dalam produk kosmetik dan skincare, Minyak Biji Kapas dan bahan-bahan yang terbuat dari Minyak Biji Kapas dapat melembabkan seluruh tubuh dengan baik.

Bila zat ini dimasukkan ke produk rambut, maka rambut akan jadi lembut. Begitu pula ketika kandungan ini ditambahka ke lipstik, bibir pun bakal terasa lembut banget!

Impresi

Setelah mengetahui berbagai macam bahan yang tergantung, mari tilik bagian impresi yang terdiri dari tekstur, swatch, hingga wanginya, ya.

Tekstur & Swatch

Rom&nd Zero Velvet Tint memiliki tekstur yang cukup unik. Teksturnya itu seperti powdery, tapi creamy, dan lembut juga layaknya mousse secara bersamaan. Saat baru dioleskan satu kali, memang terasa agak clumpy gitu, ya. Tapi, kalau kamu nge-blend benar-benar, liptint-nya bakal smooth, kok.

Terus, denger-denger, Zero Velvet Tint ini bakal staining alias meninggalkan jejak gitu, kayak liptint aja bagaimana. Tapi, ini bukan klaim dari Rom&nd-nya, loh, ya, hanya selentingan dari orang-orang saja.

Saya pun menguji cobanya karena penasaran. Dan, ternyata betul, liptint ini staining! Walaupun memang tidak sejelas liptint biasa yang berbentuk air gitu ya meninggalkan stain-nya.

Wangi

Rom&nd Zero Velvet Tint memiliki sedikit banget wangi buah-buahan. Saya pikir aromanya tidak mengganggu. Sayangnya adanya aroma ini jadi sedikiiitttt membuat liptint-nya terasa pahit. Buat yang tidak suka ada fragrance di kosmetiknya, mungkin agak sedikit kecewa, ya.

Daya Tahan dan Performa

Lantas bagaimana performa dari liptint yang satu ini? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan baca ulasan saya berikut ini

Kamu bisa menggunakan liptint ini dalam dua cara, yaitu untuk mendapatkan ombre look dan full lips look. Kalau kamu mau ombre lips ala Korea, tinggal aplikasikan liptint di area tengah bibir atas dan bawah. Nanti, baurkan dengan cara mengatup-katupkan bibir, dengan jari, atau dengan lip brush.

Kalau kamu ingin tampilan bibir yang penuh, tinggal aplikasikan liptint ke seluruh bibir saja. Tapi, hati-hati karena Zero Velvet Tint ini kan ada efek soft-focus, jadi liptint yang ada di pinggir bibir bakal kayak yang mau luntur, padahal kan memang finish-nya begitu. Hasil untuk full lips bisa kamu lihat di bawah.

Sebagai creamy tint pertamanya Rom&nd, Zero Velvet Tint sudah sangat bagus. Formulanya sangat lembut dan kerasa lembab banget di bibir. Liptint-nya juga spread dengan mudah, padahal teksturnya agak 'berat' untuk ukuran liptint, kan. Soalnya jatuhnya produk ini memang seperti lip cream saja, sih, bukan liptint.

Dan, produk ini benar memiliki efek blur, ya. Kelihatan banget tuh di pinggir-pinggir bibir saya kalau lipstiknya seperti 'membaur keluar garis'. Terus, walaupun dipakai tipis-tipis, liptint ini tuh pigmented banget dan bisa menutupi garis bibir yang hitam.

Kesimpulan

Untuk hasil akhirnya memang velvety gitu, ya, jadi pasti transfer. Tuh, saya baru minum satu kali saja, langsung menempel di cangkir. Apalagi kalau ditambah makan, ngebasahin bibir pakai lidah, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan basah seperti berkeringat atau ber-wudhu, semakin tipis saja Zero Velvet Tint-nya.

Karena tekstur velvet-nya, liptint ini jelas tidak bisa bertahan lama. Dan, liptint-nya tuh menghilangnya tidak cantik, hanya menyisakan sedikit stain di pinggir-pinggir bibir saja. Nilai plusnya, produk ini bisa di-reapply tanpa mblog-blogan, aman mau dilapis berapa kali juga.

Pros (+)

  • Paraben, gluten, alcohol, allergen, dan sulfate free
  • Ada online official store-nya di Indonesia, jadi tidak perlu khawatir lagi beli barang palsu
  • Terdaftar di BPOM, tapi hanya untuk produk Rom&nd yang dibeli di toko Rom&nd Indonesia Official, ya
  • Pilihan shade-nya sangat luas dan universal, benar-benar cocok untuk semua skintone.
  • Teksturnya yang creamy sangat terasa melembabkan kulit bibir (namun jadi cepat hilang juga!)
  • Bisa dipakai sebagai blush on ataupun eyeshadow juga, loh!

Cons (-)

  • Mengandung fragrance (saya tidak ada masalah dengan ini, sih)
  • Cepat hilang, tapi bisa dipulas berulang kali tanpa clumpy

Harga & Tempat Membeli

Saya pikir harga produk ini cukup terjangkau, apalagi isinya cukup banyak, yaitu 5.5 gr. Kamu bisa membelinya di Shopee atau Lazada dengan klik link di atas.

Bagaimana menurut kamu Zero Velvet Tint dari Rom&nd ini? Kamu suka dengan kualitasnya, shade-nya, atau pigmentasinya? Atau justru kamu tidak suka dengan produk ini? Share your thought di bawah, yuk!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram