kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Skin Aqua UV Moisture Gel, Sunscreen Kulit Berminyak

Review Skin Aqua UV Moisture Gel, Sunscreen Kulit Berminyak

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 18 Februari 2021

Sunscreen merupakan salah satu tahapan skincare yang haram hukumnya jika di-skip. Hal ini dikarenakan sunscreen lah yang akan melindungi kulit kita dari ganasnya sinar matahari, mulai dari menjaga agar kulit tidak belang, mencegah terbentuknya flek hitam dan penuaan dini, hingga membantu mengurangi resiko kanker kulit.

Tetapi, mencari sunscreen yang nyaman digunakan terutama untuk kulit berminyak tidaklah mudah. Dari sekian sunscreen yang pernah saya coba, sunscreen keluaran Skin Aqua ini merupakan salah satu sunscreen yang nyaman untuk digunakan oleh kulit saya yang berminyak.

Maka dari itu, kali ini saya ingin membagikan pengalaman selama saya menggunakan Skin Aqua UV Moisture Gel ini. Penasaran? Cek review-nya di bawah ini ya!

Informasi Produk

review skin aqua uv moisture gel_Harga Skin Aqua UV Moisture Gel

Skin Aqua sendiri adalah brand skincare yang dibawahi oleh Rohto Jepang. Sama seperti lini skincare Rohto lainnya, Skin Aqua juga dikenal karena produknya yang simple dan berkualitas. Meskipun begitu, seluruh produk dari brand ini ditawarkan dengan harga yang masih masuk dalam kategori terjangkau.

Jenis produk yang dikeluarkan oleh Skin Aqua rata-rata adalah produk sun protection. Dan Skin Aqua UV Moisture Gel sendiri merupakan jenis sunscreen yang diformulasikan secara khusus untuk kalian para pemilik kulit normal hingga berminyak.

Klaim

Skin Aqua UV Moisture Gel menawarkan proteksi sebesar SPF 30 PA++. SPF 30 disini berperan untuk memberikan perlindungan 30x lebih lama dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Sedangkan PA++ akan memberikan perlindungan yang cukup dari UVA yang berpotensi menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Selain menawarkan perlindungan, sunscreen ini juga menjanjikan kenyamanan.  Ia diklaim ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit. Di samping itu, ia juga mampu membuat permukaan kulit terasa lebih lembut, sehingga ia dapat difungsikan juga sebagai alas makeup. Selain dapat digunakan untuk kulit wajah, ia juga bisa diaplikasikan pada kulit tubuh.

Formulanya yang oil-free, membuat sunscreen ini tidak terlalu berpotensi dalam menyebabkan pori-pori tersumbat. Dengan begini, resiko munculnya komedo dan jerawat pun menjadi minim.

Cara Pakai

Pemakaiannya sama seperti sunscreen pada umumnya. Gunakan pada kulit yang bersih dan sudah menggunakan rangkaian produk skincare lainnya.

Kocok produknya, lalu tuangkan sunscreen secukupnya pada telapak tangan. Ratakan pada wajah hingga terasa sudah meresap dengan baik. Kemudian gunakan make up seperti biasa. Aplikasikan kembali pada kulit yang terkena keringat, air, atau apabila kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Kemasan

review skin aqua uv moisture gel_Kemasan

Skin Aqua UV Moisture Gel ini dikemas dengan botol ramping kecil berukuran 30ml, dengan tutup botol ulir dan mulut botol yang mengerucut. Mulut botol seperti ini dapat memudahkan kita untuk mengontrol seberapa banyak sunscreen yang kita butuhkan.

Kemasan sunscreen-nya yang sleek membuatnya mudah untuk diselipkan ke tas ataupun makeup pouch. Poin ini sangat penting mengingat kita harus re-apply sunscreen terutama saat berpergian.

Ingredients

review skin aqua uv moisture gel_Ingredients

Full Ingredients

Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Ethylhexyl Triazone, Polysorbate-60, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Betaine, Phenoxyethanol, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/​Vp Copolymer, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydrogenated Lecithin, Triethanolamine, Panthenol, Disodium Edta, Methylparaben, Propylparaben, Sodium Hyaluronate, Dipotassium Glycyrrhizate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Arginine, Hydrolyzed Collagen, Tetrahexyldecyl Ascorbate, Tocopheryl Acetate

Dari ingredients list terlihat jelas bahwa sunscreen ini lebih mengandalkan chemical sunscreen seperti ethylhexyl methoxycinnamate, ethylhexyl triazone, dan diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate. Lalu, terdapat juga methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol yang merupakan hybrid dari physical dan chemical sunscreen.

Chemical sunscreen sendiri bekerja seperti spons, di mana ia akan menyerap sinar UV, lalu melakukan sebuah reaksi kimia untuk mengubahnya menjadi panas dan akhirnya membuang panas tersebut dari kulit.

Chemical sunscreen memiliki beberapa kelebihan dibandingkan physical sunscreen seperti terasa ringan dan tidak meninggalkan white cast. Akan tetapi, ada beberapa pemilik kulit sensitif ada yang tidak bisa menggunakan chemical sunscreen. Jadi, jika kalian memiliki kulit yang sensitif hati-hati ya!

Highlight Ingredients

Di samping UV filters, di dalam sunscreen ini juga terdapat beberapa kandungan yang akan menutrisi, melembapkan, dan mendorong perlindungan sunscreen pada kulit, seperti:

  • Hyaluronic Acid dan Glycerin

Sama seperti kebanyakan produk skincare Rohto, di dalam sunscreen Skin Aqua ini juga terdapat hyaluronic acid (HA). Kandungan tersebut merupakan jenis humektan yang terkenal akan kemampuannya dalam menghidrasi kulit.

Agar efek hidrasinya menjadi lebih maksimal lagi, sunscreen ini juga didukung dengan humektan lain yakni glycerin. Humektan ini cenderung terasa lengket dan berat, namun jika digabungkan dengan HA, teksturnya akan menjadi terasa ringan di kulit.

  • Vitamin E dan C

Vitamin C dan E merupakan sumber antioksidan yang jika dikombinasikan akan menjadi lebih optimal dalam menjaga kulit dari kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas. Lalu, kedua vitamin ini akan membuat sunscreen menjadi lebih efektif dalam melindungi kulit dari sinar UV.

  • Panthenol

Panthenol atau vitamin B5 merupakan moisturizing ingredients seperti HA dan glycerin. Namun bedanya, panthenol bekerja sebagai humektan dan emolien. Dengan begini, ia mampu menarik dan menahan air pada kulit sekaligus mengunci kelembapan kulit.

  • Hydrolyzed Collagen

Kandungan ini mampu memberikan efek melembapkan pada permukaan kulit. Di samping itu, ia juga dapat menawarkan benefit mengurangi efek penuaan pada kulit dengan membantu mempertahankan keelastisitasan kulit.

Impresi

Sebelum saya menceritakan tentang performa Skin Aqua UV Moisture Gel dalam melindungi dan efeknya di kulit, saya mau membagikan bagaimana kesan pertama saya pada sunscreen ini.

Tekstur

review skin aqua uv moisture gel_Impresi

Skin Aqua UV Moisture Gel ini merupakan water based sunscreen.  Ia memiliki tekstur serupa seperti lotion yang agak sedikit watery. Maka dari itu, saat diaplikasikan pada kulit, sunscreen ini mudah untuk diratakan dan terasa ringan di kulit.

Warna

Seperti yang terlihat pada gambar, Skin Aqua UV Moisture Gel ini memiliki warna putih. Namun kalian yang perlu khawatir karena ketika dibaurkan, warnanya akan menyatu dengan warna kulit dan tidak akan meninggalkan white cast sama sekali.

Aroma

Sama seperti kebanyakan produk skincare dari Rohto, Skin Aqua UV Moisture Gel ini juga tidak mengandung fragrance sintetik sama sekali, sehingga tidak tercium aroma apapun darinya. Hal ini menjadi poin plus bagi yang tak suka atau tidak bisa menggunakan skincare dengan fragrance.

Aplikasi

review skin aqua uv moisture gel_Aplikasi

Saat pertama kali diaplikasikan sejujurnya saya masih sedikit merasakan lengket. Namun, setelah diratakan dengan baik, lama-lama rasa lengketnya hilang dan saya tidak merasakan berat sama sekali. Dan seperti yang terlihat pada gambar, ia tidak meninggalkan white cast. Karena teksturnya ringan dan agak watery, sunscreen ini tidak kesat dan mudah untuk diratakan pada wajah.

Setelah di aplikasikan, saya juga merasa permukaan kulit wajah saya terasa lembap dan lebih halus. Efek smooth yang diberikan memang tidak sehalus smoothing primer, tapi sepertinya lumayan untuk menggantikan primer jika kalian sedang malas me-layer banyak produk.

Peforma

review skin aqua uv moisture gel_Peforma

Untuk mengetes daya lembap dan oil control dari sunscreen ini, saya mencoba menggunakannya sunscreen ini tanpa moisturizer, hanya toner dan sunscreen saja.

Setelah 3 jam pemakaian, kulit saya masih terasa lembap dan minyak pun mulai muncul di daerah T-zone. Lalu, lebih dari 5 jam berlalu, kulit saya semakin berminyak. Akan tetapi ,seperti yang terlihat pada gambar, jumlahnya masih sedikit, padahal sebelumnya saya sempat pergi keluar. Namun, sepertinya hasil ini juga didukung dengan faktor cuaca, karena pada saat foto tersebut diambil cuaca sedang mendung.

Jika digunakan pada cuaca panas biasanya minyaknya akan lebih banyak, tetapi di saya masih dalam batas normal. Karena kulit saya memang berminyak, sulit untuk menjaga kulit tetap matte dan fresh sepanjang hari, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya. Jadi, bagi saya oil-control dari sunscreen ini tergolong baik. Ia tidak membuat kulit saya semakin berminyak dari biasanya.

Selain itu, selama saya menggunakan Skin Aqua UV Moisture Gel, saya tidak merasakan kulit saya terbakar ataupun belang. Lalu saat re-apply pun, sunscreen ini tetap mudah untuk diratakan dan terasa nyaman di kulit.

Selama saya menggunakannya tanpa moisturizer, ia cukup melembapkan kulit saya, sehingga lumayan jika sedang buru-buru dan tidak ada waktu untuk menggunakan banyak produk. Meskipun begitu saya tetap memilih menggunakan moisturizer, karena saya merasa ada yang kurang jika skip moisturizer.

Tips dan Trik

Supaya perlindungan sunscreen tetap optimal terutama saat kulit kita terkena paparan sinar matahari secara langsung, kita diharuskan re-apply sunscreen. Akan tetapi ada beberapa orang yang enggan re-apply sunscreen karena khawatir makeup-nya terganggu.

Jika kalian memiliki concern yang sama, saya menemukan tips dari Liah Yoo, yaitu menggunakan puff cushion sebagai tools untuk meratakan sunscreen. Selain dapat membuat makeup tetap stay, cara seperti ini juga lebih higienis, karena tangan kita tidak bersentuhan langsung dengan wajah.

Harga Skin Aqua UV Moisture Gel

review skin aqua uv moisture gel_Harga Skin Aqua UV Moisture Gel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meskipun banyak keunggulan yang diberikan, Skin Aqua UV Moisture Gel ini masih ditawarkan dengan harga yang tergolong ekonomis, yakni sekitar 50.000-an untuk setiap botolnya. Di samping itu, sunscreen ini mudah ditemukan, seperti di drugstore, supermarket besar, hingga online store.

Konklusi

review skin aqua uv moisture gel_Konklusi

Saya cukup puas dengan performa Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ ini. Selama saya menggunakannya, kulit saya sama sekali tidak terbakar. Di kulit saya yang berminyak pun, sunscreen ini nyaman digunakan dan tidak membuat minyak di wajah menjadi semakin banyak.

Saya sudah cukup lama menggunakan sunscreen ini bahkan mulai dari tutup kemasannya masih warna putih dan hingga sekarang Skin Aqua UV Moisture Gel masih menjadi sunscreen kecintaan saya.

Pros:

  • Kemasannya ringkas
  • Formulanya ringan
  • Tidak menimbulkan white cast
  • Memberikan efek lembut pada kulit
  • Membuat kulit lembap
  • Tidak membuat kulit menjadi lebih berminyak
  • Dapat digunakan sebagai alas makeup
  • Terjangkau
  • Bisa digunakan untuk kulit wajah dan tubuh

Cons:

  • Sedikit meninggalkan rasa lengket saat awal diaplikasikan
  • Tidak disarankan untuk kulit yang sensitif dengan chemical sunscreen

Bagi saya Skin Aqua UV Moisture Gel merupakan salah satu sunscreen untuk kulit berminyak yang paling nyaman dan ringan di kelasnya. Maka dari itu, saya merekomendasikan sunscreen ini untuk pemilik kulit berminyak yang mencari sunscreen berkualitas dengan harga miring.

Namun, lagi-lagi tidak ada satupun produk skincare yang 100% cocok digunakan oleh semua orang. Untuk meminimalisir ketidakcocokan pada produk skincare, hindari penggunaan produk dengan bahan yang biasanya memicu reaksi negatif pada kulit kalian. Jika tidak yakin, amannya lakukan patch test sebelum akhirnya mengaplikasikan pada kulit.

Bagaimana? Apakah kalian berminat untuk memasukan Skin Aqua UV Moisture Gel ini ke dalam daftar belanja? Ataukah kalian punya pengalaman yang tak kalah menarik setelah menggunakan produk ini? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram