Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Agustus 2021

SOMETHINC baru lahir ke dunia pada tahun 2019 silam, jadi masih tergolong 'baby' di dunia perawatan kulit. Namun, nama SOMETHINC bisa diadu, deh, dengan brand-brand pendahulunya.

Merk yang so something ini memang lebih banyak mengeluarkan produk skincare, tapi ada juga beberapa produk kosmetik. SOMETHINC telah mengantongi sertifikasi halal dan selalu memberikan kualitas dan formulasi yang terbaik.

Dengan senang hati, Kamini akan me-review salah satu produknya SOMETHINC, yaitu serumnya yang bernama 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum. Ingin kenal lebih dekat dengan produknya? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Tentang Produk

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 1

5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum merupakan produk baru dari lini Niacinamide-nya SOMETHINC. Dengan kandungan 5% Niacinamide (Pharmaceutical grade) dan juga Sabi Beet, serum ini digadang-gadang mampu mencerahkan kulit dengan mumpuni.

Tapi, tak hanya brightening, serum ini juga akan melembabkan, mengurangi kulit kering, mengenyalkan, memperbaiki tekstur kulit yang tak merata, menyamarkan hiperpigmentasi (flek hitam), mengurangi redness (kemerahan), menguatkan skin barrier, hingga menyembuhkan jerawat. Banyak banget manfaatnya, ya?

Klaim & Benefit

Aman digunakan sehari-hari, serum ini katanya mampu mencerahkan kulit dalam 4 minggu saja, loh. Buat kamu pemilik kulit kering, berjerawat, berminyak, kombinasi, dan sensitif sekalipun tak perlu khawatir, karena serumnya aman buat semua jenis kulit.

Serum ini mengandung pH ±5,5. Dan, kalian tahu, pH alami kulit kita adalah sekitar 5,5 juga? Tetapi, banyak faktor yang dapat membuat kondisi kulit berubah, seperti polusi, produksi sebum (minyak), makeup, dan alkohol. Untuk itu, penggunaan skincare dengan pH yang menyerupai pH alami kulit sangatlah baik.

SOMETHINC juga mengklaim kalau semua produknya aman untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk serum ini juga! Sebenarnya, jika suatu produk telah lulus BPOM maka bisa dipastikan aman. Akan tetapi, biasanya pada ibu hamil sering mengalami perubahan di dalam tubuhnya akibat hormon.

Jika biasanya tak ada masalah dengan kandungan tertentu, bisa saja tiba-tiba berubah saat hamil. Untuk itu, sebaiknya kamu konsultasikan dulu bahan-bahan dari serum ini kepada dokter kandungan maupun dokter ahli kulit, ya.

Kalau untuk ibu hamil dan menyusui aman, tentunya remaja juga bisa menggunakannya. Jika kamu berusia 13 tahun ke atas, kamu sudah bisa pakai produk ini. Tapi, kalau kamu berusia di bawah 13 tahun, sebaiknya kamu coba produk lain dari SOMETHINC saja, yaitu Bakuchiol Skinpair Oil Serum.

Kemasan

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 3

Inilah tampilan kemasan SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum. Yup, langsung begini saja tanpa boks. Serum ini cukup bulky dan tidak terlalu tinggi, jadinya terlihat bantet. Mungkin karena milik saya ukuran nanggung, yaitu yang 20 ml. Produk ini sendiri hadir dalam tiga ukuran, yaitu 5 ml (mini size), 20 ml, dan 40 ml (big size).

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 5

Bagian belakang kemasan terdiri dari penjelasan produk, cara pemakaian, bahan-bahan pembuat, tanggal expired, dan masih banyak lagi. Ada logo produk Indonesia-nya juga, supaya orang-orang tahu kalau ini produk lokal! Sedangkan bagian bawah kemasan ada logo SOMETHINC-nya, jadi kelihatan lebih spesial.

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 7

Karena bentuk bodi kemasannya juga pendek, jadi pipetnya juga menyesuaikan, pendek juga. Pada awalnya saya tidak merasakan adanya masalah dengan pipet ini. Tapi, ternyata setelah isi kemasannya menuju 1/2 botol, serumnya jadi susah terambil. Akhirnya saya perlu menunggingkan kemasan kalau mau pakai produknya, karena pipetnya tak lagi terpakai.

Oh, ya, karena seluruh kemasan ini berwarna putih dan transparan, jadinya gampang sekali kotor. Terutama pada bagian pencetan pipetnya yang terbuat dari karet. Lama kelamaan akan jadi menguning. Jadinya kurang terlihat cantik, deh.

Ingredient List

Dari klaim-klaimnya, saya sedikit menerka kiranya ada apa saja di dalam SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum. Tentunya akan ada Niacinamide dan Sabi Beet. Tapi, saya penasaran juga dengan kandungan yang lainnya. Yuk, langsung saja dilihat ada apa saja!

Full Ingredients

Centella Asiatica Water (72,5%), Niacinamide (5%), Methylpropanediol, Betaine, Water, 1,2-Hexanediol, Glycerin, polysorbate20, Ammonium acryloyldimethyltaurate/VP copolymer, Polyglyceryl10 laurate, Tetrahydrocurcumin, Butylene glycol, Xanthan gum, Ethylhexylglycerin, Adenosine, Hydrolyzed Algae Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Beta Vulgaris (Beet) Root Extract, Allantoin, Caffeine, Tocopherol (Vitamin E).

Key ingredients

1. Centella Asiatica Water

Serum ini diformulasikan dengan Centella Asiatica Water sebanyak 72,5%. Melimpah sekali, ya? Ekstrak Centella asiatica adalah kandungan yang sangat populer. Bahan ini sangat efektif dalam manfaat anti penuaan dan juga peningkatan hidrasi kulit. Makanya, Centella asiatica sering digunakan dalam formulasi produk pelembab. Zat ini bagus banget buat kulit kering dan kulit sensitif, loh.

2. SabiWhite®

SabiWhite® adalah ekstrak bubuk kurkumin yang bebas warna. Akar tanaman Curcuma longa (kunyit) memang dikenal dengan sifat pemutih kulit, anti-inflamasi, antioksidan, memberikan perlindungan UVB, juga menghambat tirosinase yang mencegah kulit memproduksi melanin.

Akan tetapi, kunyit berwarna kuning pekat, bukan? Lalu, bagaimana bisa SabiWhite tidak berwarna? Itu karena ia telah melewati proses in-house, hingga menghasilkan 96% tetrahydrocurcumin yang tak berwarna.

3. Niacinamide

SOMETHINC mengklaim kalau serum ini mengandung 5% Niacinamide (pharmaceutical grade). Niacinamide adalah suatu bentuk Vitamin B3. Ia cukup strong, hingga dapat berdiri sendiri dalam serum ataupun krim.

Tapi zat ini juga akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan bahan penguat kulit lainnya. Zat ini bisa membantu menyeimbangkan produksi sebum (minyak), mengurangi kehilangan air di kulit, dan mengurangi peradangan.

4. Beta Vulgaris (Beet) Root Extract

Beetroot (bit) adalah sayuran berwarna ungu yang bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan. Namun, ternyata bit juga bermanfaat baik dalam perawatan kulit, loh.

Ekstrak bit berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat meningkatkan konsentrasi NMF (faktor pelembab alami) di lapisan atas kulit. Sehingga akan memberikan kulit hidrasi langsung dan juga jangka panjang. Zat ini juga bisa bekerja sebagai pewarna dan sumber antioksidan.

Selain semua itu, terdapat pula kandungan-kandungan yang di-highlight seperti Hydrolyzed Algae Extract (Retired), Anthemis Nobilis Flower Extract, Caffeine, dan Tocopherol (Vitamin E). Tentunya semua ini baik untuk kulit. Sejauh ini tak ada kandungan yang berbahaya di dalam serum ini.

Impresi

Mempelajari tentang kandungan SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum membuat saya semakin penasaran dengan performanya! So, inilah dia, pembahasan intinya. Yuk, disimak!

Tekstur & Swatch

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 9

Kemasan serum ini semi-transparan, jadi kamu bisa mengintip isinya sebenarnya. Jadi, sudah ketahuan kalau warna serum ini bening. Untuk teksturnya cukup kental, seperti serum kebanyakan. Saat diratakan di wajah tidak berubah jadi watery, tapi tetap mudah meresap ke dalam kulit, kok.

Wangi

SOMETHINC tidak menambahkan zat parfum ke dalam serumnya, jadi otomatis tidak ada wangi apa-apa.

Daya Tahan & Performa

Sekarang, waktunya pembuktian. Apakah semua klaim SOMETHINC tentang produknya yaitu 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum benar adanya? Langsung saja lanjut baca pengalaman saya menggunakan serum ini, ya.

Cara Pemakaian

  • Cara pemakaian serum:

Oleskan 5-10 tetes serum SOMETHINC ke telapak tangan, pastikan kamu sudah cuci tangan sebelumnya. Ratakan serum agar menyebar di seluruh telapak tangan, lalu 'peluk' perlahan-lahan wajahmu dengan telapak tangan, Tepuk-tepuk lembut wajah agar serum meresap.

Lakukan dengan gerakan ke luar dan ke atas, jangan sebaliknya. Jangan lupakan lehermu! Lalu, tunggu selama 1-3 menit hingga serum meresap seluruhnya ke dalam kulit sebelum melanjutkan rejimen skincare ataupun makeup-mu.

  • Cara pemakaian sebagai rejimen skincare:

Hapus makeup terlebih dahulu jika kamu menggunakannya, lalu cuci muka menggunakan facial wash. Setelah itu, pakai toner, dan dilanjut dengan serum SOMETHINC. Setelah serum terserap seutuhnya, gunakan eye cream, pelembab, dan sunscreen kalau siang hari atau night cream kalau sudah malam.

  • Cara pemakaian layering serum:

Tren layering skincare sedang banyak dibahas. Ternyata, bukan hanya skincare saja yang bisa dipakai bertumpuk, tapi produknya pun bisa. Seperti toner dan serum misalnya, yang bisa dipakai beberapa produk sekaligus dalam satu waktu. Kamu juga bisa banget layering serum dengan beberapa serum SOMETHINC.

Total maksimal layer untuk serum adalah 3 jenis, ya. Serum yang pertama harus kamu aplikasikan adalah Layer Niacinamide Moisture Sabi Beet Serum dengan Hyaluronic B5. Kemudian lanjutkan dengan Level 1% Retinol dan Bakuchiol Skinpair Oil Serum.

Penggunaan layer seperti ini membutuhkan pengetahuan dasar mengenai kandungannya. Beberapa hal yang perlu kamu garis bawahi adalah, hindari penggunaan AHA BHA PHA Peeling Solution secara bersamaan dengan Niacinamide. Kalau kamu pakai Peeling Solution hari ini, baru besoknya kamu pakai yang Niacinamide.

Tips

Kita bikin sesi tanya jawab, yuk!

  • Kapan waktu terbaik menggunakan SOMETHINC Niacinamide + Moisture Sabi Beet Brightening Serum?

Kamu dapat menggunakannya 2x sehari, pada pagi dan malam hari. Urutan layer skincare-nya adalah face cleanser atau cuci muka, lalu toner, kemudian serum ini.

  • Kenapa tidak boleh layer serum SOMETHINC Niacinamide dengan AHA-BHA?

Karena kedua serum itu memiliki tingkat keasaman berbeda sehingga dikhawatirkan tidak akan cocok satu sama lain dan malah jadi kurang bagus ke kulit.

Tapi lain halnya kalau kamu menemukan produk lain yang menyatukan Niacinamide dan AHA BHA, ya. Karena sudah dikemas dalam satu produk, tentu formulanya sudah disesuaikan. Tapi, sementara ini SOMETHINC belum mengeluarkan produk seperti itu.

Hasil

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 11

Before alert! Kulit saya kebetulan lagi manja saat akan mencoba serum ini. Pertama-tama, saya memiliki kulit kering, sehingga masalahnya tentu berkutat dengan dry skin. Tapi, ada juga masalah-masalah lainnya seperti yang sudah saya tuliskan di foto.

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 13

Ini adalah foto setelah saya mencoba SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum untuk pertama kalinya. Walau kulit saya sedang flaky saking keringnya, saya tidak merasakan tingling sensation saat menggunakan serum ini, untungnya.

Tentunya belum terlihat perubahan yang signifikan, namanya juga baru satu kali pemakaian. Tapi, saya tentu merasakan manfaatnya. Kulit saya jadi lebih lembab, bahkan dalam waktu yang cukup lama. Biasanya ketika kulit saya sedang kering parah itu akan terasa perih dan seperti tertarik, sehingga saya harus reapply pelembab dalam hitungan 30 menit atau jam.

Tapi, setelah saya pakai serum SOMETHINC ini, rasa lembab di wajah saya bisa bertahan selama beberapa jam. Kulit yang flaky juga terasa lebih kalem, jadi kalau saya lanjutkan dengan makeup tidak akan ada dry flakes yang mencuat keluar (sepertinya).

Kesimpulan

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 15

Saya sudah menggunakan setengah botol SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum, selama kira-kira satu bulan. Ini dia hasilnya! Kelihatan banget ada progress yang baik, ya. Hal yang paling terasa adalah kelembaban. Saya merasa kulit saya jadi lebih lembab. Berarti tidak hanya moisturizing, serum ini juga hydrating.

Pori-pori saya yang membuncah saat kulit lagi kering banget pun mulai merapatkan dirinya lagi. Area kehitaman di sudut hidung saya mulai berkurang, jadi sedikit merah saja tapi tidak sampai hitam, at least. Saya juga merasa kulit jadi semakin cerah dan glowing, walaupun mata panda dan flek hitam saya belum 'disembuhkan' sama sekali.

Overall, saya merasa cocok dengan serum ini. Tak ada masalah apapun selama menggunakannya dan saya bisa melihat kalau serum ini benar-benar bekerja. Saya memang lebih suka serum yang lebih watery, tapi tekstur yang diberikan SOMETHINC tidak menjadi masalah besar buat saya. Oh, ya, saya juga jadi merasa tidak terlalu sering komedoan dibandingkan sebelumnya.

Untuk pembuktian klaim selanjutnya mungkin saya harus menggunakan serum ini lebih lama lagi atau mungkin upgrade ke Niacinamide 10%, karena SOMETHINC punya versi itu juga. Karena, yang namanya skincare itu pasti membutuhkan perjalanan panjang. Dengan fakta kalau kulit wajah saya terlihat membaik hanya dengan penggunaan 1/2 botol saja berarti produk ini memang oke.

Pros

  • Mengandung Niacinamide, Beet extract, dan Vitamin E yang semuanya baik untuk kulit kering
  • Hadir dalam berbagai ukuran buat yang mau coba-coba (5 ml), traveling (20 ml), dan sudah yakin cocok (40 ml)
  • Benar-benar mencerahkan, menghilangkan kekusaman, meratakan warna kulit, melembabkan, dan menghidrasi kulit
  • Produk lokal, halal
  • Mudah ditemukan di mana-mana, tapi selalu hati-hati dalam berbelanja agar tidak mendapatkan produk palsu

Cons

  • Warna pipet cepat menguning
  • Jika produk sudah mau habis susah diambil menggunakan pipet
  • Tidak dikemas dengan boks luar lagi

Harga & Tempat Membeli

Review SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 17

Setelah mencoba SOMETHINC 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum ini, saya pikir produknya sesuai dengan kepopulerannya. Serum ini bekerja dengan baik mengembalikan kulit yang kusam dan lelah menjadi lebih sehat dan glowing secara berangsur-angsur. Tertarik membelinya? Silakan klik tautan e-commerce di atas, ya.

Apa kamu pernah menggunakan serum SOMETHINC ini juga? Kamini ingin tahu pengalaman kamu dengan produk ini, dong! Cerita-cerita, yuk, di kolom komentar!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram