Review Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 20 September 2021

Setelah seharian beraktivitas, rasanya ingin sekali langsung membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup yang masih menempel. Apalagi bila makeup cenderung heavy duty seperti untuk kondangan, pesta ataupun event lain yang menuntut kamu menggunakan riasan, membersihkannya nggak bisa asal-asalan.

Luckily, berkat teknik double cleansing, sekarang sudah banyak produk first cleanser yang bisa kamu pilih sebagai langkah awal membersihkan makeup, termasuk yang heavy sekalipun. Nah, salah satu jenis first cleanser yang bisa dipilih adalah cleansing oil.

Karena punya bahan dasar minyak, produk ini bisa dengan mudah melarutkan makeup di wajah sekaligus kotoran yang menempel di permukaannya. Cleansing oil juga cenderung mudah digunakan tanpa bantuan kapas atau aplikator tambahan apapun.

Nah, di artikel kali ini, Kamini akan menjabarkan review dari salah satu produk cleansing oil yang masih hangat diperbincangkan, yakni Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil. Mampukah produk ini membersihkan makeup heavy duty secara menyeluruh? Yuk, cari jawabannya dengan menyimak artikel ini sampai selesai!

Tentang Produk

review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil__

Pada akhir Agustus 2021, Somethinc dengan resmi meluncurkan tiga produk first cleanser ke dalam jajaran Cleansing Series, menemani produk pertama mereka Low pH Gentle Jelly. Tiga produk yang diklaim sebagai gentle cleansers ini terdiri dari Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil, Omega Butter Deep Cleansing Balm dan Reset Gentle Micellar Cleansing Water.

Ketiganya berforkus pada langkah awal dari tahap double cleansing, yakni dalam pembersihan sisa makeup dan kotoran yang menempel di permukaan wajah. Somethinc menyatakan kalau dalam urusan mengangkat kotoran dan makeup dengan level yang tinggi, maka yang menjadi pilihan adalah Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil.

Nggak heran, produk ini punya campaign yang cukup unik dan representatif, yaitu ‘For You The Socialite’. Soalnya, para sosialita memang cenderung menggunakan heavy duty makeup di keseharian mereka yang super sibuk dan penuh dengan acara-acara khusus.

Klaim dan Benefit

review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_klaim_

Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil merupakan first cleanser berbahan dasar minyak dengan formulasi vegan. Cleansing oil ini bekerja dengan baik dalam mengangkat kotoran, debu, minyak, sunscreen dan makeup waterproof sekalipun.

Produk ini dilengkapi dengan Micelle Technology yang punya kemampuan mengubah tekstur produk menjadi milky emulsion bila kontak dengan air. Tekstur ini menjadikannya dapat mengikat kotoran tanpa meninggalkan residu ataupun bikin wajah terasa tertarik dan kesat. Nah, manfaat lain dari cleansing oil andalan Somethinc ini adalah sebagai berikut:

Cara Pemakaian

Penggunaan Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil cukup mudah. Kamu nggak butuh kapas ataupun tambahan aplikator untuk mengangkat makeup dengan produk ini. Kamu cukup menerapkan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan tangan sudah bersih dari kotoran. Bila belum, kamu bisa mencuci tangan terlebih dahulu
  2. Tuangkan produk pada telapak tangan
  3. Aplikasikan produk pada wajah yang kering, termasuk bagian bibir dan mata
  4. Pijat perlahan dan tambahkan sedikit air untuk mengubah minyak menjadi emulsi susu demi pembersihan yang optimal
  5. Bilas dengan air sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan second cleanser

Kemasan

review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_kemasan_

Meski hadir tanpa boks luar, Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil ini dikemas dalam botol pump yang rapat. Desain pump-nya dapat diputar untuk mengunci produk agar terhindar dari kontak dengan udara luar. Selain higienis, kemasan pump putar ini juga praktis dan anti tumpah.

Botol cleansing oil ini punya material plastik yang kokoh dan ringan. Bagian badan botol dibiarkan transparan dan hanya tertempel label utama berwarna perak dengan sentuhan ungu mudah serta biru pada bagian muka botol. Sementara di sisi lain, tertempel label putih berisi informasi pelengkap dari produk, seperti nomor BPOM, label cruelty-free, mobius loop, 12 months PAO, ingredients, klaim dan nama pabrikan.

Berbeda dengan bagian badan, bagian pump mengadaptasi warna ungu muda yang selaras dengan warna pada bagian label utama. Pump ini juga nggak keras ataupun longgar dan akan menyembulkan produk dengan mudah tiap kali dipompa.

Ingredients List

review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_ingredients_

Karena cleanser merupakan bagian dari skincare, maka nggak lengkap kalau nggak membahas kandungan dari produk ini. Lagipula, Somethinc juga menyebutkan ada beberapa kandungan dalam Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil ini yang bermanfaat menunjang performanya. Karena itu, yuk bedah ingredients list-nya!

Full Ingredients

Ethylhexyl Stearate, Cetyl Ethylhexanoate, Sorbeth-30 Tetraoleate, Squalane, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Hydrogenated Olive Oil Unsaponifiables, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Tocopherol.

Key Ingredients

Dari daftar ingredients yang disebutkan, ternyata ada beberapa bahan yang bisa bermanfaat untuk kulit sekaligus menunjang performa Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil. Berikut daftarnya:

  • Squalane

Merupakan emolien yang dapat melembabkan kulit, memperkuat skin barrier serta mendorong hidrasi pada kulit. Squalane juga menawarkan manfaat antioksidan dan bekerja dengan bahan antioksidan lain dalam mencegah pembentukan radikal bebas karena paparan sinar UV. Molekul lemak ini mudah menyerap pada kulit dan ringan, menjadikannya cocok bahkan untuk digunakan pemilik kulit acne-prone.

  • Hydrogenated Olive Oil Unsaponifiables

Meski olive oil punya manfaat melembabkan, tampaknya hydrogenated olive oil unsaponifiables sendiri lebih berfungsi sebagai surfaktan yang membantu air agar dapat bercampur dengan minyak dan kotoran. Sehingga makeup dapat terangkat dan terbilas hingga bersih.

  • Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan asam linoleat yang mana punya kemampuan dalam menangkan dan memperkuat kulit. Minyak ini juga sangat bermanfaat untuk kulit kering, dehidrasi dan kulit yang rusak akibat agresor berbahaya lingkungan.

  • Tocopherol

Sebelumnya sempat saya sebutkan kalau manfaat antioksidan dari squalane dapat bekerja lebih baik bila dipadukan dengan bahan antioksidan lainnya. Nah, kebetulan, tocopherol merupakan salah satu bahan yang juga menawarkan manfaat antioksidan. Selain mencegah oksidasi pada kulit, tocopherol juga mencegah terjadinya oksidasi pada produk kosmetik.

Impresi

review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_impresi_

Merupakan salah satu produk dari Cleanser Series milik Somethinc, apakah Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil punya karakter gentle sesuai dengan klaimnya? This is the moment of truth, langsung saja kita cari tahu sendiri, yuk!

Tekstur dan Warna

Meski disebut cleansing oil, yang mana memang berbahan dasar minyak, tapi Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil punya kekentalan yang lebih encer dibandingkan minyak pada umumnya. Bahkan, produk sejenis serum saja masih lebih kental dibandingkan cleansing oil ini.

Hanya saja, memang cairannya sangat licin layaknya minyak. Cleansing oil ini juga nggak berwarna dan memang nggak ada kandungan pigmen dalam ingredients list-nya.

Sebelum diaplikasikan ke wajah, saya sempat mencoba menggosok kedua tangan yang sudah dituangi produk ini dan menambahkan air. Benar saja, hal ini memicu terjadinya perubahan tekstur pada minyak menjadi emulsi yang tampak seperti susu. Dan saat dipulaskan pada wajah, ia tetap terasa sangat lembut.

Aroma

Saat pertama keluar dari pump, saya bisa mencium aroma citrus dari produk. Ada aroma jeruk yang cukup kuat, dan masih bisa saya rasakan pada saat pengaplikasian produk di wajah. Aroma ini kemungkinan datang dari kandungan minyak Bergamot di dalamnya.

Aplikasi

Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil ternyata memang cukup gentle saat diaplikasikan pada wajah. Saat saya menambahkan air untuk mengubah teksturnya menjadi milky emulsion pun ia semakin licin namun tetap lembut menyapukan berbagai makeup, minyak dan kotoran yang menempel.

Cleansing oil ini juga nggak bikin mata saya terasa perih ataupun membuat kulit saya jadi panas. It is gentle enough. Nggak heran, sih, kalau Somethinc berani mengklaim produk ini juga bisa dipakai untuk pemilik kulit sensitif.

Oh iya, satu lagi, kebetulan saya juga sempat punya dua jerawat di area dagu saat mencoba produk ini, dan cleansing oil dari Somethinc ini nggak bikin jerawat saya semakin teriritasi. Karena itu, kemungkinan produk ini nyaman untuk dipakai pemilik kulit acne-prone sekalipun.

Performa

Sebenernya produk ini memang bisa membersihkan semua makeup yang saya pakai dengan baik. Entah kompleksi, eye makeup maupun lip makeup, semuanya hampir terangkat dengan sempurna. Tapi karena saya nggak puas, akhirnya saya putuskan untuk menguji performa Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Clensing Oil terpisah dalam membersihkan berbagai jenis makeup.

  • Kompleksi
review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_performa 1_

To be noted, saya menggunakan empat produk kompleksi dengan level coverage dan ketahanan berbeda yang dibiarkan settle terlebih dahulu. Hasilnya, cleansing oil Somethinc ini berhasil menghapus semua produk tersebut dengan baik.

Foundation high coverage pun bisa larut dengan baik dan terangkat dari kulit sepenuhnya. Begitupula degan concealer yang teksturnya cenderung paling kental, saya nggak menemukan ada sisa concealer yang masih menempel di kulit. Semuanya terangkat dengan baik tanpa sisa.

  • Eyeshadow, Highlighter dan Blush On
review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_performa 2_

Untuk produk-produk dekoratif seperti eyeshadow, highlighter dan blush on, Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil juga menunjukan hasil yang positif. Meski memerlukan waktu yang sedikit lebih banyak untuk merendam liquid eyeshadow terlebih dahulu, tapi pada akhirnya cleansing oil ini bisa membersihkan eyeshadow tersebut.

  • Waterproof Eye Make Up
review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_performa 4_

Bagian inilah yang paling bikin saya penasaran. Sebenernya untuk tahu apakah produk first cleanser bisa membersihkan semua makeup dengan baik, menurut saya patokannya adalah kemampuan dalam membersihkan waterproof eye make up. Soalnya jenis makeup ini yang paling tahan banting dan paling sulit untuk dibersihkan.

Selain karena enggan terangkat, membersihkan eye makeup juga perlu kelembutan supaya nggak membahayakan kulit di area mata. That is why it takes more effort to do than the others. Tapi kalau menemukan produk yang bisa menjawab keresahan ini, kemungkinan besar ia bisa membersihkan makeup area lainnya dengan sangat baik.

So, how about Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil? Kabar baik, produk ini bisa membersihkan semua eye makeup waterproof yang saya punya. Meski memang pada waterproof eyeliner saya menghabiskan cukup banyak waktu untuk menghapusnya dengan sempurna. Tapi, lagi-lagi, akhirnya semua eye makeup bisa dibersihkan oleh produk ini.

  • Lip Make Up
review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_performa 3_

Sama halnya dengan makeup lain, saya juga menggunakan beberapa jenis lip makeup berbeda dengan berbagai level coverage dan ketahanan. Semuanya pun bisa terangkat dengan baik, entah yang long-lasting maupun lip product yang meninggalkan stain pada bibir. Hats off pokoknya buat Somethinc!

Last but not least, setelah membersihkan makeup dengan cleansing oil ini, saya juga nggak ngerasa wajah jadi kering atau tertarik. Sebaliknya, produk ini meninggalkan kesan lembab dengan sedikit glowy effect di wajah. Formulasinya juga nggak memperparah kondisi jerawat saya ataupun bikin wajah saya jadi bruntusan. Pokoknya, klaimnya yang bilang ini non-comedogenic juga works well di kulit saya.

Tips dan Trik

Dari pembahasan sebelumnya, sudah tahu bagaimana cara saya membersihkan produk makeup yang cenderung tahan lama agar terangkat sempurna? Benar, saya merendamnya dulu beberapa saat (sekitar 5 detik) dengan cleansing oil, sebelum menggosoknya. Soalnya makeup long lasting membutuhkan waktu untuk melarut, nggak seperti makeup oil based ataupun water based biasa.

Kamu juga bisa melakukan hal ini, bila takut menggosok makeup waterproof terlalu lama akan membahayakan kulit. Teknik ini bisa mengurangi intensitas penggosokan pada makeup waterproof, jadinya makeup akan terangkat dengan sempurna dan kulit pun akan cenderung lebih aman.

Harga dan Tempat Pembelian

review somethinc alpha squalaneoxidant deep cleansing oil_kesimpulan_

Somethinc Alpha Squalaneoxidant ini dikemas dalam dua ukuran yakni 100ml (full size) dengan harga 170.000an dan ukuran 40ml seharga 70.000an. Produk ini bisa kamu dapatkan melalui pembelian online dengan mengklik button link yang telah Kamini sediakan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil memang bisa menjadi sahabat pembersih makeup heavy duty tanpa perlu khawatir formulanya harsh ataupun menyubat pori. Cleansing oil ini bisa dengan baik mengangkat semua makeup, bahkan yang waterproof sekalipun.

Pros

  • Bisa mengangkat makeup dengan baik, termasuk yang waterproof
  • Formulasinya lembut dan hypoallergenic
  • Nggak menyumbat pori
  • Nggak bikin kering
  • Wajah tetap lembab dan ada sedikit efek glowing setelah pemakaian
  • Nggak memperparah jerawat saya

Cons

  • Aromanya cukup kuat, dan mungkin nggak semua orang menyukai aroma ini

Setelah membaca review ini, apakah kamu tertarik untuk mencoba Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil juga? Taruh jawabanmu di kolom komentar yang tersedia, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram