Review Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm yang Unik

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 1 November 2021

Sering ngerasa kesulitan menghapus makeup yang berat? Worry no more! Di jaman sekarang dimana industri kecantikan sudah semakin maju, sudah banyak varian pembersih makeup yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu pembersih makeup yang efektif untuk membersihkan wajah adalah cleansing balm.

Cleansing balm sendiri punya cara penggunaan yang unik. Enggak seperti micellar water yang harus menggunakan bantuan kapas untuk membersihkan makeup, Cleansing Balm punya cara yang berbeda.

Salah satu cleansing balm yang diproduksi merek lokal adalah dari Somethinc. Kira-kira, cleansing balm ini bisa tuntas bersihin makeup enggak ya? Simak ulasan Kamini berikut ini ya!

Tentang Produk

somethinc-cleanisngbalm-cover1

Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm ini dirilis bersamaan dengan dua saudaranya yang sama-sama varian first cleanser dari Somethinc yaitu Alpha Squalane Deep Cleansing Oil dan juga Reset Gentle Micellar Cleansing Water.

Enggak tanggung-tanggung, ya, Somethinc ini! Semua varian first cleanser ini juga hadir dalam versi travel size. Jadi kamu bisa mencoba versi kecilnya dulu sebelum membeli yang full size.

Klaim dan Manfaat

Cleansing balm ini terbilang unik karena punya kemasan dan kandungan berbeda dari yang lain. Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm menggunakan bahan-bahan vegan.

Produk mereka diperkaya dengan Botanical Extract, Omega 3-6-9, serta vitamin A dan E. Pembersih berbentuk balm atau balsem ini bisa membersihkan kotoran dan minyak atau sisa-sisa makeup yang waterproof di wajah.

Formula Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm juga diklaim ringan, sehingga tidak meninggalkan residu di wajah setelah pemakaian dan juga enggak akan bikin kulit iritasi.

Kamu bahkan bisa membersihkan seluruh sisa makeup dan kotoran hanya dalam waktu 20 detik aja. Di akhir pemakaian, kulit juga bakalan tetap terasa lembut dan lembab, lho! Sounds good, right?

Cara Pakai

Penggunaan cleansing balm ini merupakan salah satu yang paling 'ajaib'. Gimana enggak, produk yang tadinya berbentuk balm padat bisa tiba-tiba meleleh lalu berubah menjadi oil hanya dengan panas tubuh kita. Keren, kan? Makanya, ada cara khusus dalam menggunakan produk ini.

  1. Ambil spatula yang terdapat di bagian tutup kemasan
  2. Ambil sedikit produk, sesuaikan dengan kebutuhan, ya!
  3. Oleskan balm ke tangan terlebih dahulu, lalu gosokan sampai meleleh
  4. Setelah meleleh, oleskan ke wajah. Ratakan sambil dipijat secara perlahan ke seluruh permukaan wajah selama 20 detik.
  5. Ambil sedikit air, lalu basuhkan ke wajah sampai produk berubah menjadi milky.
  6. Bilas lagi dengan air secara keseluruhan sampai bersih.

Ingredients

Sudah disinggung sebelumnya kalau produk ini menggunakan bahan-bahan vegan di dalamnya. Tapi untuk lebih jelasnya, yuk lihat semua daftar kandungan yang ada di dalam Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm ini!

Full Ingredients

Ethylhexyl Palmitate, Cetyl Ethylhexanoate, Sorbeth-30 Tetraoleate, Synthetic Wax, Helianthus Annuus Seed Oil, Hippophae Rhamnoides Oil, Pyrus Malus (Apple) Seed Oil, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Trihydroxystearin, Tocopherol, Caprylic/Capric Triglyceride, Calendula Officinalis Flower Extract, Water, Butylene Glycol, Centella Asiatica Extract, 1,2-Hexanediol, Artemisia Capillaris Extract

Key Ingredients

Melihat daftar kandungan lengkapnya, Cleansing Balm ini ternyata memiliki kandungan yang minimal ya. Daftar kandungannya enggak terlalu panjang dan bahan yang digunakan memang kebanyakan vegan sesuai dengan klaimnya. Beberapa kandungan vegan yang juga menjadi kandungan kunci dalam produk ini adalah sebagai berikut:

  • Sea Buckthorn (Hipphophae Rhamnoides)

Kandungan ini yang membuat cleansing balm dari Somethinc berwarna kuning pekat. Hal ini karena kandungan Sea Buckthorn-nya yang cukup banyak. Sea Buckthorn kaya akan Omega 3, 6, 9 yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas.

Selain itu, bahan ini juga memiliki vitamin A dan E yang dipercaya berguna untuk melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit serta mengurangi iritasi.

  • Mugwort

Akhir-akhir ini mugwort lagi jadi primadona di berbagai produk perawatan wajah, ya! Tapi, tanaman ini memang punya kemampuan sebagai antioksidan dan anti peradangan. Dengan kemampuannya ini, mugwort bisa membantu meredakan kemerahan, inflamasi, dan juga memperkuat skin barrier di wajah.

  • Pyrus Malus (Apple) Seed

Biji apel alias Pyrus Malus seed ternyata punya berbagai manfaat untuk kulit. Bahan ini kaya akan asam lemak yang terdiri dari 50 % linoleic acid (Omega-6) dan lebih dari 25% oleic acid (Omega-9) yang dapat menutrisi kulit. Kandungan ini juga bisa meluruhkan sel kulit mati secara gentle atau ringan karena ada AHA di dalamnya.

  • Centella Asiatica

Wah, siapa sih yang enggak kenal sama kandungan yang satu ini? Centella asiatica atau daun pegagan sangat populer digunakan untuk merawat kulit yang sensitif karena kemampuannya dalam menenangkan kulit. Kandungan ini juga bisa memperkuat skin barrier sehingga centella asiatica atau cica ini sangat bermanfaat untuk kulit.

Kalau ditilik dari kandungan-kandungan utamanya, sih, enggak heran kalau cleansing balm ini dinamakan Omega Butter Deep Cleansing Balm karena memang banyak banget kandungan Omega-nya, ya!

Kemasan

somethinc-cleanisngbalm-kemasan2

Bagian paling menarik dari produk ini adalah desain kemasannya. Sejak awal, kemasan ini sudah menarik hati banget. Dengan paduan warna hijau tosca dan tutup berwarna keemasan menjadikan packaging cleansing balm ini terlihat mewah dan elegan.

Selain itu, mereka juga menyediakan spatula berukuran cukup besar yang enak di genggam. Spatula ini punya tempat tersendiri yang tersembunyi di bagian tutup kemasan jadi enggak takut hilang.

Impresi

Setelah melihat kandungan lengkap beserta fungsi-fungsi, sekarang saatnya kita coba langsung cleansing balm ini ya! Ini dia pendapatku saat pertama kali mencoba Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm.

Tekstur

Somethinc-cleansingbalm-texture2

Sesuai namanya, cleansing balm ini bentuknya benar-benar mirip sama butter atau mentega. Padat namun tetap lembut. Warna balm ini juga kelihatan kuning pekat. Ketika disekup, ada sedikit gumpalan tapi gumpalan tersebut masih terasa lembut banget di kulit.

Aroma

Saat diaplikasikan, produk ini punya aroma jeruk yang cukup kuat. Mungkin untuk kamu yang agak sensitif dengan wewangian akan sedikit terganggu dengan ini. Tapi buat saya, aroma ini malah relaxing dan bikin pengalaman saat menggunakannya lebih nyaman.

Performa

Somethinc-Cleansingbalm-texture

Cleansing balm ini sudah saya gunakan berkali-kali untuk membersihkan wajah baik ketika pakai makeup maupun saat lagi enggak pakai. Jujur saja, saya enggak terbiasa menggunakan balm untuk membersihkan wajah.

Rasanya kayak enggak sebersih kalau pakai pembersih dengan kapas. Tapi, setelah menggunakannya berkali-kali, saya malah menemukan kenyamanan ketika menggunakan cleansing balm ini.

Untuk membersihkan wajah, saya bisa bilang produk ini enak banget dipakai. Saat diaplikasikan memang terasa oily, tapi saat sudah dibilas air dan berubah menjadi milky, rasa 'minyakan' itu benar-benar ikutan berubah dan hilang sama sekali.

Impressive! Saya benar-benar enggak menyangka kalau hasilnya akan sebagus ini. Saya juga menikmati proses massaging saat mengaplikasikan balm ke wajah. Benar-benar relaxing!

Lalu, gimana kalau produk ini dipakai untuk membersihkan makeup mata? Sebagai bahan uji, saya mencoba kemampuan produk ini untuk menghapus makeup mata seperti maskara dan eyeshadow. Di sini, saya juga menggunakan base dengan coverage ringan dan bedak tabur.

somethinc-cleanisngbalm-pemakaian

Karena area mata itu lebih sensitif, tentunya cara menggunakannya enggak perlu dipijat ya. Cukup diusap secara perlahan. Enggak perlu tenaga dan usaha keras, eyeshadow dan maskara di mata saya bisa cepat luluh dan luntur.

Memang sih, ada sedikit rasa enggak nyaman di mata, tapi enggak sampai bikin pedih, kok. Meskipun begitu, hal ini tetap mesti diperhatikan ya mengingat sensitivitas mata kita berbeda-beda.

Harga dan Tempat Pembelian

Cleansing balm ini punya 2 ukuran dan tentu dengan harga yang berbeda. Untuk ukuran Full size berisi 40 gr, sedangkan ukuran Trial Size berisi 5 gr. Kamu bisa cek langsung harga dan tempat membelinya di link di bawah ini!

Kesimpulan

somethinc-cleanisngbalm-kemasan

Setelah mencobanya berkali-kali, saya akhirnya bisa bilang kalau cleansing balm ini memang bekerja sesuai klaimnya. Awalnya saya enggak banyak berekspektasi banyak soal membersihkan wajah dengan cleansing balm, karena saya pikir hasilnya akan berminyak di wajah.

Tapi nyatanya enggak juga. Cleansing balm ini tetap nyaman digunakan dan benar-benar enggak ada residu setelah pemakaian. Kulit tetap terasa lembab dan bersih.

Cleansing balm ini juga bikin saya jadi jarang pakai kapas. Tentunya ini jadi mengurangi budget beli dan buang-buang kapas. Selain itu, terkadang ada proses gesekan-gesekan dari kapas yang bisa mengikis skin barrier. Jadi, menggunakan cleansing balm ini juga bisa jadi solusi buat kamu yang kulitnya kering. Seru banget, kan?

Pros

  • Desain kemasan unik dan menarik
  • Tekstur lembut dan mudah digunakan
  • Bisa membersihkan waterproof makeup
  • Tidak ada minyak atau residu setelah digunakan
  • Ada versi trial size
  • Aroma jeruk yang relaxing

Cons

  • Ada sedikit rasa enggak nyaman ketika digunakan di area mata

Setelah membaca ulasan ini, apa kamu tertarik untuk beli juga? Kalau kamu tertarik, kamu bisa coba versi kecilnya tapi dengan kemasan yang sedikit berbeda dari yang ukuran full size ya!

Mampir juga ke review produk Somethinc lainnya, yuk! Ada Review Toner Somethinc Glow Maker Clarifying Treatment, Review Somethinc X Kopi Kenangan Coffeeinc Lip Scrub dan Review Somethinc Mugwortella Charcoal Wash Off Mask.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram