Review Somethinc X Kopi Kenangan Coffeeinc Lip Scrub

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 17 September 2021

Karena sama-sama lapisan kulit, bibir juga perlu eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang sering terasa kering. Salah satu produk eksfoliasi bibir yang bisa dicoba adalah lip scrub. Jenis physical exfoliator ini akan bantu mengangkat sel-sel kulit mati yang jadi penyebab bibir terasa kering atau pecah-pecah.

Nah, salah satu produk lip scrub yang cukup ramai diperbincangkan akhir-akhir ini adalah Coffeeinc Lip Scrub yang lahir dari kolaborasi antara Somethinc dan Kopi Kenangan. Meki kolaborasi brand bidang Food & Beverage dengan brand kosmetik sudah cukup umum, tapi kerja sama antara dua brand yang 'kekinian' ini cukup ditunggu-tunggu oleh penggemar, lho.

Nah, kalau kamu penasaran dengan performa salah satu produk hasil kolaborasi yang unik ini, yuk simak review dari Kamini sampai selesai!

Tentang Produk

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub__

Pada bulan Agustus 2021, Somtehinc berhasil mengejutkan masyarakat dengan memperkenalkan produk berjenis lip scrub yang merupakan hasil kolaborasinya dengan salah satu brand kopi kekinian di Indonesia, Kopi Kenangan. Kolaborasi yang unik ini menghasilkan dua jenis produk yaitu body scrub dan lip scrub.

Kolaborasi ini konon lahir karena adanya kesamaan pemahaman kedua brand mengenai khasiat kopi. Tak hanya dapat dinikmati untuk diminum, kopi juga bermanfaat untuk kulit dengan berbagai nutrisi dan kandungan di dalamnya. Berangkat dari pemahaman tersebut akhirnya kedua brand berbeda ranah ini mengadakan kolaborasi menghasilkan Coffeeinc Body Scrub dan Lip Scrub.

Klaim dan Benefit

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_klaim_

Somethinc X Kopi Kenangan Coffeinc Lip Scrub merupakan produk lip scrub dengan kandungan biji kopi dan aprikot. Kedua bahan tersebut konon dapat merawat bibir kering dan pecah-pecah. Meski bejenis physical, eksfoliator ini diklaim nggak akan bikin iritasi karena bahannya yang natural. Produk ini juga sudah mengantungi setifikat BPOM dan label Vegan.

Cara Pemakaian

Sebenarnya saya nggak menemukan keterangan cara pakai Coffeinc Lip Scrub dimana pun, baik pada kemasan maupun website resmi Somethinc. Tapi melihat bentuk lip scrub-nya yang dikemas seperti lip balm atau lipstik, kemungkinan cara pakainya pun sama dengan penggunaan lipstik biasa. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka tutup lip scrub, lalu putar tabungnya sampai isi produk menyembul ke atas
  • Poleskan lip scrub pada bibir dengan lembut
  • Bila ada butiran scrub yang menempel di bibir, gosok lembut sampai sel-sel kulit mati terangkat
  • Setelah selesai, bilas dengan air atau bersihkan dengan tisu
  • Gunakan lip scrub ini 2-3 kali setiap minggu

Kemasan

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_kemasan 2_

Sebelumnya sudah saya singgung kalau Somethinc X Kopi Kenangan Coffeinc Lip Scrub punya kemasan persis seperti lipstik, dengan warna coklat tua yang menjadi color theme dan representasi dari tema produk. Kemasan lipstik retractable seperti ini memang cenderung lebih higienis dibandingkan lip scrub di dalam jar yang pengaplikasiannya langsung menggunakan jari.

Tapi, kemasan ini menjadikannya lebih personal, alias nggak bisa dipinjamkan pada orang lain kalau kamu ingin produk terjaga higienitasnya. Meski begitu, karena dikemas dalam bentuk seperti lipstik dengan berat 4.5 gram, lip scrub ini sangat handy dan travel-friendly. Produk ini bisa menjadi penyelamat saya ketika merasa bibir lagi kering karena penuh dengan sel-sel kulit mati kapan pun dan dimana pun.

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_kemasan 1_

Uniknya lagi, di salah satu sisi boks ada emboss grafis animasi biji-biji kopi transparan yang seolah bercerita kalau produk ini mengadaptasi bahan tersebut. Signature ini juga jadi representasi yang bagus dalam menghadirkan peran Kopi Kenangan. Jadi kalau liat produk ini, yang muncul di kepala bukan hanya Somethinc, namun juga Kopi Kenangan.

Selain itu, pada boks juga sudah tertempel label kemasan berwarna krem yang menyertakan nama, klaim fungsi, nomor BPOM, label cruelty-free, 12 months PAO dan Mobius Loop. Nggak lupa, terdapat barcode dan expired date dari Coffeeinc Lip Scrub pada sisi lain dari kemasan.

Ingredients List

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_ingredients_

Mengingat produk ini merupakan physical exfoliator, cukup penting untuk tahu bahan apa yang diadaptasi menjadi butiran scrub oleh Somethinc dan Kopi Kenangan. Selain itu, adakah bahan lain yang bermanfaat untuk bibir dalam Coffeeinc Lip Scrub ini? Untuk menjawab kedua hal tersebut, yuk cari tahu dengan membaca ingredients list-nya!

Full Ingredients

Diisostearyl Malate, Caprylic/Capric Triglyceride, Octyldodecanol, Hydrogenated Polyisobutene, Prunus Armeniaca (Apricot) Seed Powder, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Sucrose, Polyethylene, Tridecyl Trimellitate, Microcrystalline Wax, Paraffin, Silica, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Silica Dimethyl Silylate, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Coffea Arabica (Coffea) Seed Oil, Stearalkonium Hectorite, Cera Microcristallina, Propylene Carbonate, Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane
Key Ingredients

  • Prunus Armeniaca (Apricot) Seed Powder

Butiran scrub yang ada dalam Somethinc X Kopi Kenangan Coffeeinc Lip Scrub ternyata datang dari bubuk biji buah aprikot. Biji aprikot memang umum dipakai pada produk-produk physical exfoliator karena bisa meluruhkan sel-sel kulit mati dan kotoran pada lapisan kulit paling luar.

  • Sucrose

Bahan yang satu ini memang umumnya ditemukan dalam makanan, akan tetapi sukrosa juga dapat digunakan dalam kosmetik dan produk personal care lain sebagai humektan dan perisa. Untuk kulit, bahan ini dapat mendorong hidrasi.

  • Coffea Arabica (Coffea) Seed Oil

Khususnya dalam Somethinc X Kopi Kenangan Cofeeinc Lip Scrub, minyak biji kopi Arabika dapat membantu mengembalikan kondisi kulit, serta berkontribusi menjadikannya tampak halus dan lembut. Kopi Arabika juga kaya akan antioksidan, yang juga berpotensi menjadikan bibir halus, lembut dan lembab.

Impresi

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_tekstur_

Setelah mengetahui semua informasi awal tentang Somethinc X Kopi Kenangan Coffeeinc Lip Scrub, saatnya kita kenalan langsung dengan sensasi pemakain produk ini. Apakah benar lip scrub ini nggak akan mengiritasi bibir sesuai dengan klaimnya? Yuk, buktikan!

Tekstur

Saat pertama kali mengoleskan produk ini pada bibir, saya cukup kaget ketika sadar kalau teksturnya seperti lip balm. Ada sensasi waxy khas lip balm. Bahkan saya sama sekali nggak merasakan adanya sensasi eksfoliasi selain coating pada bibir.

Tapi, saat menambahkan olesan produk lagi dan lagi, akhirnya bibir saya betemu dengan butiran scrub-nya. Butiran scrub dari biji aprikot ini nggak besar, dan nggak terasa sakit saat saya menggosoknya perlahan. Aspek ini ditunjang juga dengan kinerja wax yang tetap menjaga bibir tetap lembab selama proses scrubbing.

Warna

Butiran scrub yang terdapat dalam produk ini berwarna coklat dan coklat muda, sementara bagian wax-nya sendiri cenderung nggak berwarna. Dan ketika diaplikasikan pun, yang tampak menempel di bibir hanya butiran scrub-nya.

Aroma

Nah, inilah aspek yang saya suka. Kamu yang penggemar kopi pasti akan merasakan hal sama dengan saya. Benar, Somethinc X Kopi Kenangan Coffeinc Lip Scrub ini punya aroma kopi yang lezat. Tapi meski begitu, aromanya nggak terlalu kencang dan nggak long-lasting. Jadi buat kamu yang nggak suka produk dengan wewangian pun bisa mentoleransi ini.

Aplikasi

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_aplikasi_

Saat memakai produk ini saya merasa seperti mengaplikasikan lip scrub dengan sedikit sensasi lip balm. Soalnya ketika mengatupkan bibir, saya bisa merasa ada lapisan tipis yang sedikit lengket namun bisa menjaga bibir tetap lembab. Di sisi lain, butiran scrub yang mengeksfoliasi pun nggak harsh, sehingga proses scrubbing cenderung lembut dan nggak bikin bibir kering.

Tapi ini bergantung pada pengaplikasiannya, ya. Kalau kamu terlalu keras memberikan tekanan saat menggosok lip scrub, tentu saja akan terasa menyakitkan. Maka dari itu, sebaiknya gosok perlahan saja dengan lembut. Let the scrubs do their job.

Bukan cuma lembut, butiran scrub ini juga nggak berjatuhan selama poses eksfoliasi. Mereka tetap stay di batang lip scrub dan sebagian menempel di bibir sampai waktu pembilasan tiba. Jadinya, proses lip scrubbing nggak akan berantakan.

Performa

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_performa_

Kebetulan sebelum menggunakan lip scrub, ada sedikit sisa lipstik yang menempel pada bibir saya. Sisa lipstik ini dengan jelas menampilkan sebagian sel-sel kulit mati yang ada di bibir. Jadinya, saya bisa lihat perbedaan kondisi bibir sebelum dan setelah penggunaan lip scrub.

Selama pemakaian, Somtehinc X Kopi Kenangan Coffeinc Lip Scrub ini cukup baik dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Meski nggak benar-benar mengangkat semuanya dalam satu kali pemakaian, saya rasa penggunaan rutin produk ini bisa mengantarkan pada hasil yang optimal.

Setelah selesai lip scrubbing pun saya merasa bibir jadi lebih halus, sel-sel kulit mati yang kering jadi berkurang dan bibir tetap terjaga kelembabannya. Tapi untuk meyakinkan bibir tetap lembab, sebaiknya tambahkan lip balm setelah proses scrubbing ini selesai, ya.

Tips dan Trik

Sebenarnya nggak ada waktu yang spesifik mengenai berapa lama waktu penggosokan scrub harus dilakukan. Tapi demi meminimalisir iritasi dan habisnya moisture barrier alami di bibir, mengingat area ini punya level kelembaban alami yang rendah dibandingkan area kulit lainnya, sebaiknya lakukan eksfoliasi maksimal 30 detik saja.

Harga dan Tempat Membeli

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_harga_

Dengan semua keunggulan dan keunikannya, Somethinc X Kopi Kenangan Coffeeinc Lip Scrub bisa kamu temui online melalui e-commerce. Atau, bila ingin sekalian nongkrong menikmati minuman khas Kopi Kenangan, kamu bisa bertanya langsung ketersediaan produk ini di gerai Kopi Kenangan. Untuk mengantongi produk ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 69.000an.

Kesimpulan

review somethinc x kopi kenangan coffeeinc lip scrub_kesimpulan_

Bagi saya lip scrub ini cukup unik dari segi konsep maupun fungsinya. Soalnya, selain mengadaptasi kopi yang biasanya dijadikan minuman, Somethinc X Kopi Kenangan juga membuat bentuk produk ini berbeda dari lip scrub kebanyakan. Ini adalah kali pertama saya mencoba lip scrub dalam bentuk stick yang terasa lebih praktis dan higienis, karena itulah saya cukup puas dengan performa Somethinc X Kopi Kenangan Coffeeinc Lip Scrub.

Pros

  • Kemasan higienis, praktis dan travel-friendly
  • Bahan-bahannya vegan
  • Butiran scrub cenderung kecil dan nggak terasa menyakitkan saat digunakan
  • Ada aroma kopi, tapi nggak terlalu tercium
  • Bisa mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati pada bibir
  • Tetap menjaga kelembaban bibir

Cons

  • Nggak ada informasi cara pemakaian yang jelas tentang produknya
  • Hanya bisa dipakai sendiri kalau ingin produk tetap higienis

Setelah membaca review di atas, apakah membuatmu tertarik untuk mencoba produk ini juga? Share jawabanmu lewat kolom komentar yang tersedia, ya! Kamu juga bisa baca artikel review Kamini lainnya, lho, di sini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram