Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Sebelumnya, sudah kenal belum dengan brand ini? St. Ives adalah produsen produk perawatan kulit wajah dan tubuh. Mereka selalu menggunakan pelembab, eksfoliasi kulit, dan ekstrak yang 100% alami. Makanya kamu bisa melihat key ingredients tiap produk St. Ives di-highlight pada nama dan juga kemasannya.

Terkenal dengan Face Scrub dan Scrub Mask-nya, St. Ives juga ternyata memiliki banyak produk lainnya. Seperti Sheet Mask, Face Wipes, Body Wash, Hand Cream, dan Body Lotion. Terus, ada satu lagi dan ini adalah produk terbarunya St. Ives, yaitu St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon.

Seperti yang sudah kamu baca di judul, Kamini sekarang mau mengulas sabun muka teranyar dari brand ini, yaitu St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon. Pencuci muka ini digadang-gadang bakal menghidrasi kulit sambil membersihkan kotoran, loh. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini, ya.

Tentang Produk

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 1

St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon adalah pembersih harian yang mengandung 100% ekstrak alami. Produk ini akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan impurities dari permukaan kulit. Gunakan dua kali setiap harinya untuk membuat kulit halus dan bercahaya.

Klaim

Sesuai namanya, St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon terbuat dari 100% ekstrak semangka alami. Bahan tersebut dipercaya dapat menyegarkan dan menyehatkan kulit kita. Dan, karena natural, jadinya lebih aman buat kulit serta bumi tentunya.

Benefit

  • Oil-free
  • Paraben-free
  • Dermatologist-tested
  • Non-comedogenic
  • Botolnya dibuat dari 100% plastik daur ulang
  • St. Ives secara global tidak melakukan tes pada hewan (Cruelty-free certified by PETA)

Kemasan

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 3

St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon memiliki kemasan yang besar dan appealing. Desainnya masih 'St. Ives banget' dengan memamerkan gambar buah yang digunakan sebagai key ingredient produk tersebut, dalam hal ini berarti semangka.

Keseluruhan kemasannya terlihat sangat segar, dan tercium wangi juga. Seperti kebanyakan produk yang mengandung semangka, konsep dan warna produk ini juga pink, walau lebih ke fushcia.

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 5

Di bagian belakang kemasan ada penjelasan tentang produk, kandungan, dan berbagai info lainnya. Terdapat stiker yang berisi bahasa Indonesia juga. Jadi, buat yang tak bisa bahasa lain, masih bisa mengerti tentang produk ini. Sedangkan di bagian bawahnya tertera tanggal produksi dan kadaluwarsa sabun muka ini.

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 7

Kemasan besar seperti ini tentu tak akan dilengkapi dengan tutup flip top, pasti pump. Saat masih baru, pump-nya masih 'tenggelam' untuk mengunci agar produknya tidak tumpah-tumpah. Sedangkan kalau sudah diputar maka pump-nya akan menojol seperti ini.

Ingredient List

Paling seru kalau sudah membahas kandungan suatu produk. Jika kamu suka juga, intip kandungan di dalam St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon bersama saya, yuk!

Full Ingredients

Water (Aqua), Sodium Laureth Sulfate, Decyl Glucoside, Cocamidopropyl Betaine, Glycerin, Propylene Glycol, PEG-55 Propylene Glycol Oleate, Sodium Chloride, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Phenoxyethanol, Fragrance (Parfum), Panthenol, Bisabolol, Tocopheryl Acetate, Polyquaternium-39, Disodium EDTA, Benzophenone-4, Citric Acid, Iodopropynyl Butylcarbamate, Citrullus Lanatus (Watermelon) Fruit Extract, Benzyl Alcohol, Hexyl Cinnamal, Limonene, Linalool., Red 33 (CI 17200).

Key ingredients

Dari ingredients di atas, ternyata ada beberapa bahan yang punya manfaat baik untuk kulit. Berikut daftarnya:

1. Citrullus Lanatus Fruit Extract (Watermelon Fruit Extract)

Tahukah kamu, buah semangka terdiri dari 92% air? Siapa yang tidak tergiur dengan sepotong semangka dingin di hari yang panas? Tapi, rupanya semangka juga baik sebagai bahan perawatan kulit. Semangka mengandung banyak vitamin (A, B, C, dan E), garam mineral (K, Mg, Ca, dan Fe), asam amino citrulline dan arginine, serta antioksidan karotenoid dan fenolik.

Selain itu, ekstrak dari buah yang sangat berair ini dikenal dapat menghidrasi kulit secara instan. Semangka juga sangat kaya akan antioksidan kuat, yaitu likopen (sejenis karotenoid), pigmen dingin yang bertanggung jawab atas warna merah semangka.

Menurut salah satu penelitian in-vitro (diuji pada non-makhluk hidup), ekstrak semangka memberikan perlindungan DNA yang signifikan terhadap kerusakan sinar UV. Studi in-vivo (dibuat pada orang sungguhan) juga mengkonfirmasi hal ini. Formula semangka menunjukkan peningkatan 25% dalam perlindungan kulit dibandingkan dengan plasebo. Keren banget!

2. Panthenol

Ini adalah bahan yang mudah sangat umum digunakan. Nama lainnya disebut Pro-Vitamin B5 (prekursor Vitamin B5) atau asam pantotenat. Dalam produk skincare, tugas utamanya adalah untuk melembabkan kulit.

Karena zat ini humektan, yang berarti dapat membantu kulit untuk menarik air dan kemudian menahannya. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa panthenol dapat membantu kulit kita menghasilkan lebih banyak lipid yang penting untuk membuat skin barrier yang kuat dan sehat.

3. Benzophenone-4

Ini adalah agen tabir surya kimia yang larut dalam air. Kegunaannya sebagai penyerap UVB sekunder dan UVA pendek juga. Penyerap UV sekunder berarti perlindungannya cukup lemah dan harus dikombinasikan dengan filter tabir surya lainnya untuk perlindungan matahari yang lebih maksimal.

Lebih seringnya, zat ini tidak digunakan sebagai agen tabir surya tetapi sebagai fotoprotektan. Yaitu agar umur simpan produk dapat diperpanjang, atau sebagai pelindung warna produk dalam kemasan bening. Unik, ya, di dalam sabun muka ada sunscreen-nya?

Impresi

Setelah menelaah kandungannya, sekarang kita kenalan dengan bentuk dan aroma St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon. Yuk!

Tekstur & Swatch

Warna sabun muka ini sama seperti yang terlihat dari luar kemasan, karena packaging-nya memang bening. Warnanya fuschia, pink keunguan Padahal kalau semangka warna merah, ya?

Anyway, untuk teksturnya tipe gel facial wash. Saya memang selalu menggunakan sabun muka yang gel daripada cream. Karena, biasanya facial wash yang cream itu membuat kulit saya yang kering dan terasa tertarik setiap sehabis cuci muka. Kalau yang tipe gel biasanya lebih mild di wajah saya.

Untuk sabun muka St. Ives ini bisa berbusa cukup banyak, loh. Jadi, sebaiknya tiap pemakaian kamu tidak perlu menekan pump-nya terlalu dalam, karena nanti produk yang keluar terlalu banyak. Cukup gunakan sedikit sabun untuk satu kali cuci muka, karena busanya melimpah banget.

Wangi

Ya, dari ingredients list kamu bisa melihat produk ini ada Parfum-nya. Akan tetapi, wanginya tidak mengganggu sama sekali. Aromanya seperti semangka yang segar. Tercium harum dari kemasan, di telapak tangan, maupun di wajah saat mencuci muka.

Performa

Terus, bagaimanakah performa St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon? FYI, saya memiliki kulit kering, sehingga saya berharap banget sabun muka ini cocok, sehubungan karena ada embel-embel hydrating-nya.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan sabun muka ini, tekan pump-nya dan pastikan telapak tangan kamu sudah siap mengambil isinya. Kemudian, basahi wajah dengan air dan balurkan sabun muka yang ada di tangan ke wajah sambil dipijat-pijat.

Lakukan terus sambil gerakan memutar, agar kotoran dan sebum terangkat semua. Bilas wajah dengan air bersih jika sudah selesai. Cuci muka setiap hari, ya, supaya kulitmu terus bersih dan sehat.

Hasil

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 9

Kondisi kulit saya sedang parah banget. Kering sampai flaky dan terasa perih juga seperti ditarik-tarik. Kalau sudah begini rasanya problem masalah saya jadi ke mana-mana, seperti pori-pori membesar, komedo menumpuk, bruntusan semakin jelas, hingga kemerahan, padahal saya jarang mengalami redness.

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 11

Dan, ini adalah hasil 1x pemakaian sabun muka St. Ives-nya. Saya memang tidak mengharapkan kulit saya langsung moist, karena itu tidak mungkin. Lagipula, ada bedanya lembab dengan terhidrasi.

Hidrasi adalah penyerapan kelembaban dari udara yang kemudian akan dipakai untuk menginfus sel-sel kulit dengan air. Semua ini untuk meningkatkan kemampuan kulit menyerap kelembaban dan nutrisi. Dan, sabun cuci muka St. Ives ini berjenis hydrating, bukan moisturizing.

Sedangkan kalau moisturizing itu berarti menjebak dan mengunci kelembaban dengan tujuan membangun natural protective barrier (pelindung alami kulit). Jadi, hydrating dan moisturizing berbeda, ya.

Impresi saya saat mencuci muka pertama kali dengan produk ini adalah, busanya melimpah! Saya pakai satu pump saja busanya berlebihan. Jadi, setelah mengetahuinya saya hanya menekan pump asal-asalan, yang penting sabunnya keluar sedikit. Walau sedikit saja busanya sudah sangat banyak.

Terus, sabun muka ini sangat harum dalam artian baik, wanginya enak dan menyegarkan. Rasanya jadi ingin berlama-lama cuci muka saking harumnya. Dan, setelah mencuci muka saya merasa kulit saya memang masih tertarik, tapi tidak separah jika saya cuci muka dengan facial wash tipe krim.

Terus, karena kandungan di dalam produk ini, kulit saya terasa dan terlihat lebih supple. Kemerahan jelas-jelas berkurang, pori-pori besar juga merapat, dry flakes menghilang, dan kulit saya terlihat lebih cerah karena kekusamannya sudah pudar. Padahal baru satu kali pakai, tapi saya merasakan perubahan yang baik berkat produk ini.

Kesimpulan

Review St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon 13

Saya telah lebih dari 1 bulan menggunakan St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon. Ini adalah sabun muka yang hebat, kalau menurut saya. Kondisi kulit saya berangsur-angsur membaik, dan sekarang kulit saya sudah tidak parah lagi dry-nya, sudah kembali kering-normal.

Saya masih merasa kulit tertarik sehabis cuci muka pada hari ke-3, tapi setelah itu tidak terasa lagi. Berarti pada dasarnya sabun muka ini memang tidak membuat kulit terasa kering, hanya saja kebetulan kondisi kulit saya lagi dry parah.

Tentu masalah kulit saya berangsur-angsur membaik juga karena saya melakukan perawatan lainnya, seperti memakai serum dan pelembab. Tapi, jujur sabun muka ini juga terasa sangat membantu kulit saya agar terhidrasi dengan baik. Thank you St. Ives!

Pros (+)

  • Benar-benar hydrating, cocok banget di kulit kering.
  • Wangi segar seperti semangka.
  • Teksturnya gel, mudah berbusa dan busanya melimpah.
  • Harganya masuk akal, isinya juga banyak, dan hanya perlu sedikit tiap penggunaan. Jadinya hemat, deh.
  • Kemasan pump yang cantik dan memudahkan dalam mengeluarkan produk.
  • Membuat kulit jadi lebih supple dan tenang, masalah kulit seperti redness, big pores, semuanya berangsur membaik.

Cons (-)

  • Aromanya cukup strong yang mungkin kurang disukai orang.
  • Hanya tersedia dalam botol besar yang tidak travel friendly.

Harga & Tempat Membeli

St. Ives Hydrating Daily Facial Cleanser Watermelon adalah produk yang sangat bagus. Semua klaimnya terbukti, malah lebih dari itu. Karena, tak hanya menghidrasi kulit saya yang kering, sabun muka ini juga membantu masalah-masalah kulit saya agar jadi lebih cepat membaik.

Apa kamu punya pengalaman serupa dengan produk ini? Apa tipe dan problem kulitmu? Cerita-cerita, yuk, di bawah. Mampir juga di artikel review Fresh Skin Apricot Scrub yang merupakan produk fan-favorite dari St.Ives!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram