kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray

Review Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 April 2021

Studio Tropik adalah brand perawatan kulit asal Indonesia yang fokus menciptakan skincare untuk pecinta makeup. Karena, bagi makeup enthusiast, orang-orang yang bekerja di hadapan banyak orang dan dituntut untuk tampil sempurna, atau memang yang suka berdandan setiap harinya, menggunakan riasan wajah adalah keperluan.

Namun, tentu kita semua tahu, makeup tidak baik untuk kulit. Untuk itu, Studio Tropik hadir, menolong kita yang hobi dandan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Hadir untuk merevolusi standar kecantikan di Indonesia, didorong oleh kreasi produk-produk inovatif, Studio Tropik hanya mengintegrasikan bahan-bahan alami terbaik dengan kemajuan teknologi ilmiah terbaru untuk mencapai produk impian kita semua.

Beberapa produknya yang best seller antara lain DreamSetter: Pollution Protection Make-up Setting dan rangkaian Priming Water-nya. Untuk Priming Water itu dibagi lagi jadi tiga varian, yaitu Original, Flawless, dan Balance.

Nah, pada hari ini, saya Syuri dari tim Kamini mau menggali lebih dalam tentang Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray, jadi yang varian Flawless (warna pink), ya. Saya sendiri mulai menjajal dunia primer belum lama, yaitu setelah saya lulus kuliah (sekitar tahun 2016). Karena, sewaktu muda dulu (ceilah), saya belum dicerahkan tentang pentingnya primer dalam berdandan.

Saya selalu berpikir, "Ah, BB cream saja cukup!". Saya memang lebih condong ke makeup dibandingkan skincare pada waktu itu, sehingga saya tidak terlalu memedulikan kesehatan kulit saya, karena kalau ada masalah tinggal ditutup kosmetik, selesai. Akan tetapi, setelah sadar saya memiliki masalah dengan komedo dan pori-pori besar, maka menggunakan makeup tanpa primer bagaikan makan makanan manis terus tanpa olahraga = sumber penyakit.

Akhirnya saya pun memulai perburuan primer terbaik terutama yang dapat menghidrasi kulit dan menyamarkan pori-pori besar, karena itu concern utama kulit saya. Saya sangat tertarik dengan Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray karena selama ini saya selalu menggunakan primer berbentuk cream atau gel, sedangkan dia adalah primer berbentuk air yang cara pakainya disemprot! Ingin tahu seperti apa kekuatan Studio Tropik Flawless Priming Water ini? Simak sampai bawah, yuk.

Tentang Produk

Studio Tropik #Flawless Priming Water Make-Up Base Spray adalah sebuah face mist yang berfungsi sebagai primer. Dia mengandung banyak pelembab dan akan memberikan efek dewy glow pada wajah. Kulit wajah pemakainya juga akan terlihat dan terasa lebih halus. Semua berkat kandungan Rose Water, Aloe Vera, L-Securancy, dan Glycerin di dalamnya.

Klaim & Benefit

Produk ini diformulasikan untuk kulit normal ke kering, jadi pastinya dia ngelembabin banget. Terus, dia juga bekerja sebagai primer sebelum kita berdandan. Dengan hasil akhir dewy look, para penggemar makeup ala Korea pasti menyukai Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray.

Kemasan

Produk ini memiliki kemasan yang cantik dan simpel. Dengan bahan plastik yang kokoh tapi ringan, kamu tidak perlu khawatir botolnya pecah kalau-kalau jatuh. Yang saya punya ini ukuran besarnya (150 ml), karena botolnya cukup bulky dan tinggi, jadinya nggak direkomendasikan buat dibawa bepergian.

Kalau kamu suka traveling atau mau coba-coba dulu, bisa beli yang BB Size saja (ukuran 30 ml). Bedanya ukuran full dengan ukuran BB adalah dari nozzle (spray)-nya. Kalau yang full size, nozzle-nya berwarna silver. Sedangkan yang BB Size semprotannya berwarna putih.

Tenang, Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray nggak datang begitu saja, tapi dia dilengkapi dus yang kokoh saat baru dibeli. Dusnya memiliki warna yang sama dengan varian Priming Water yang kamu pilih. Kalau yang #Flawless ini kan warna pink, jadi dusnya juga bernuansa merah muda.

Di bagian depan dan belakang kemasan (juga dus) sangat informatif. Ada keterangan produk, klaim, cara pakai, ingredients, tenggat waktu kadaluarsa, dan masih banyak lagi. Saya juga cukup suka dengan nozzle-nya karena dia menghasilkan butiran yang mikro dan nggak langsung 'nyemprot' ke wajah gitu, nggak sakit saat terkena kulit. Kan ada tuh face mist yang nyemprotnya agak bikin sakit, nah kalau Studio Tropik ini lembut banget nyemprotnya.

Tapi, ada kurangnya juga yaitu jarak radius penyebaran Priming Water-nya. Dia tidak terlalu mencangkup satu wajah gitu, jadi untuk sekali pemakaian saya perlu menyemprotnya beberapa kali di setiap sudut wajah. Saya juga agak gimanaaa gitu sama pilihan warna botolnya sebenarnya. Karena dia putih doff, kita jadi tidak bisa melihat isinya tinggal segimana lagi. Satu-satunya cara ya dengan mengangkat botolnya dan mengira-ngira apakah isinya masih banyak atau sudah sedikit.

Ingredient List

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan bahan-bahannya, ya. Karena produk ini mengandung cukup banyak bahan, makanya Saya membaginya ke dalam dua kategori yaitu full ingredients dan key ingredients. Berikut penjelasannya:

  • Full Ingredients

Aqua, Glycerin, Propylene glycol, Rosa canina flower extract, Aloe barbadensis leaf juice powder, Phenoxyethanol, Citric Acid, Dimethicone, PEG-40 hydrogenated castor oil, Chlorphenesin, Tetrasodium EDTA, Hydrogenated lecithin, Maltodextrin, Xanthan Gum, Fragrance.

  • Key ingredients

Studio Tropik Flawless Priming Water Make-Up Base Spray memiliki beberapa poin utama dalam kandungannya, seperti Rose Water yang berfungsi untuk menenangkan kulit, menyeimbangkan pH kulit, melembutkan kulit, dan ada manfaat anti-aging-nya. Lalu ada Aloe Vera untuk menyejukkan, mengurangi kemerahan pada kulit, dan sebagai pelembab kulit. Serta ada Glycerin dan L-Securancy (hydrilized polymer dari ekstrak soybean) untuk melembabkan kulit.

Dia juga Alcohol Free, yippie! Karena mengandung 0% alkohol, Studio Tropik Flawless Priming Water ini aman buat semua jenis kulit, terutama yang sensitif. Kamu juga jadi bisa menggunakannya setiap hari (bahkan beberapa kali dalam sehari) sebagai skincare walaupun kamu sedang tidak akan berdandan. Seru banget, ya?

Impresi

Setelah mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam produk ini, sekarang kita intip bagaimana tekstur, swatch, serta wewangiannya. Simak di bawah ini, ya.

  • Tekstur & Swatch

Sesuai namanya, Studio Tropik Flawless Priming Water teksturnya seperti air saja. Dia tidak memiliki tambahan glitter atau yang lainnya. Tapi, entah kenapa warna airnya agak putih kalau menurut saya. Tapi, setelah beberapa saat jadi menyatu dengan warna kulit, jadi tidak apa-apa.

  • Wangi

Karena memang terdapat kandungan Rose Water di ingredients-nya, Priming Water ini juga punya wangi seperti air mawar pada umumnya, tapi jauh lebih lembut dibandingkan Viva Air Mawar. Jadinya ada sensasi tersendiri setiap menyemprotkan Priming Water ini, seperti jadi lebih tenang gitu, luv luv.

Daya Tahan dan Performa 

Bagi yang ingin mengetahui seberapa hebat daya tahan serta performa yang terkandung dalam produk ini, bisa langsung baca ulasan di bawah ini.

  • Cara Pemakaian

Studio Tropik Flawless Priming Water ini bisa digunakan dengan tiga tujuan yang berbeda kalau menurut official website-nya. Tapi, bagi saya, kita bisa menggunakannya dalam empat cara malah! Berikut diantaranya:

Sebagai Primer

Semprotkan pada wajah sebelum menggunakan makeup. Priming Water ini akan membuat kulit jadi lebih lembab, tampak lebih halus, dan tentunya lebih siap sebelum diberi makeup.

Sebagai Makeup Fixer & Enhancer

Kamu juga bisa menyemprotkan Priming Water di tengah-tengah dan pada akhir makeup agar keseluruhan look kamu bisa lebih menyatu (nggak cakey). Makeup juga jadi tampak berembun (dewy) segar gitu, cakep! Kamu juga bisa menyemprotkan sedikit Priming Water ke alat makeup kamu seperti brush dan spons untuk membuat pigmentasi makeup lebih 'menyala'.

Sebagai Penyegar

Kamu juga bisa menggunakan Priming Water ini kapan saja kamu merasa butuh untuk menjaga kesegaran wajah kamu. Jadi fungsinya bisa sebagai face mist juga, gitu.

Sebagai Skincare

Menurut saya, kamu juga bisa menggunakan Studio Tropik Priming Water sebagai bagian dari rejimen skincare, biarpun kamu tidak akan berdandan setelahnya. Misalnya jika kamu di rumah saja, atau sedang malas berdandan, tinggal semprotkan Priming Water saja dilanjut dengan essence, serum, juga pelembab. Bawa juga Priming Water-nya buat disemprotkan lagi pada wajahmu saat cuaca sedang panas atau kalau kamu sedang suntuk!

Cara Pakai

Untuk cara menggunakannya, apapun tujuannya, sebenarnya sama saja. Yaitu, semprotkan Priming Water ke wajah dengan jarak kurang lebih 20 cm (tutup mata, ya). Semprotkan beberapa kali hingga dirasa sudah meng-cover seluruh wajah kamu. Lalu, biarkan Priming Water meresap selama beberapa saat. Jika sudah meresap, kamu bisa lanjut menggunakan makeup seperti biasa.

  • Hasil

Ini hasil pada bare skin, ya. Saya masih belum menggunakan makeup. Saya merasa setelah disemprotkan Studio Tropik Flawless Priming Water, kulit saya jadi terasa lebih lembab, lembut, dan wangi air mawar gitu. Waktu Priming Water untuk meresap pun tidak lama. Bisa langsung makeup-an, deh~

Kesimpulan

Saya sebenarnya agak takut menggunakan alas bedak tanpa primer 'beneran', maksudnya primer yang berwujud gel atau krim yang lebih umum ada di pasaran gitu. Tapi, ternyata Studio Tropik Flawless Priming Water benar-benar bekerja dengan baik sebagai primer!

Dia menyamarkan pori-pori besar, membuat komedo di area hidung saya sedikit menjinak (which means nggak nongol-nongol setelah dipakaikan alas bedak), makeup saya juga jadi lebih gampang gitu diaplikasikan. Kayak smooth aja semuanya.

Foto sebelah kiri adalah saya yang sudah selesai berdandan. Lalu, saya iseng menyemprotkan Studio Tropik Flawless Priming Water lagi di atas makeup saya. Dan, dia juga bekerja sebagai makeup fixer dengan sangat baik! Dia membuat tampilan makeup saya jadi lebih menyatu, seperti second skin. Makeup saya juga jadi lebih tahan lama, loh. Padahal dia kan bukan setting spray, ya? Kok ajaib banget, sih? Haha.

Pros (+)

  • Cruelty free, vegan
  • Telah lulus uji klinis dan dermatologi
  • Alkohol dan paraben free
  • Multifungsi
  • Harga terjangkau
  • Produk lokal
  • Sangat melembabkan
  • 100% bekerja sebagai primer, but surprisingly bisa jadi setting spray juga!

Cons (-)

  • Tidak membuat makeup saya jadi 'dewy' seperti yang divisualisasikan mbak-mbak yang ada di cover boks-nya (lol, saya tahu dia pakai highlighter yang banyak di sana). Selama ini saya memang selalu menggunakan skincare dan makeup dengan dewy formula, karena kulit saya kering, dan kalau makeup saya dewy saya merasa jadi nggak kelihatan kering banget gitu. Nah, saya nggak melihat Studio Troping Priming Water ini menambah ke-dewy-an makeup yang biasa saya lakukan. Kayak, yaudah biasanya juga makeup saya segitu dewy-nya, tidak bertambah karena Priming Water ini.
  • Kemasan tidak transparan sehingga isi tidak terlihat

Harga & Tempat Membeli

Studio Tropik Flawless Priming Water ukuran 150 ml dijual dengan harga Rp 99.000 saja, loh! Menurut saya ini kemurahan, sih, soalnya isinya banyak banget dan hasilnya memang bagus, hampir semua klaimnya terbukti pula. Tapi, kalau kamu mau lebih hemat atau mau bawa produknya buat bepergian, beli yang BB Size (30 ml) saja dengan harga Rp 39.000.

Kalau saya sih bakal repurchase Studio Tropik Flawless Priming Water ini, bagus banget soalnya. Dibandingkan MAC Prep + Prime Fix+ Makeup Setting Spray, saya rasa malah bagusan yang Studio Tropik ini! Soalnya, buat yang MAC itu kan klaimnya dia bisa buat primer, setting spray, sama face mist sekaligus. Tapi, saya tidak merasa dia bekerja dengan baik sebagai primer.

Sedangkan yang Studio Tropik klaimnya dia hanya primer saja, tapi saya ngerasanya dia lebih dari itu. Karena, selain bisa bekerja sebagai primer, dia juga membuat makeup saya lebih tahan lama dan bisa menyegarkan wajah juga sebagai face mist.

Walaupun, memang saya tidak merasa makeup saya jadi tambah 'dewy' berkat Studio Tropik Flawless Priming Water ini. Untuk harga juga jauh banget, yang MAC kan 400 ribuan (100 ml), sedangkan yang Studio Tropik hanya 99 ribu saja dan isinya lebih banyak 50 ml.

Jadi, Studio Tropik Flawless Priming Water ini worth it banget kalau menurut saya. Dan, dengan manfaatnya yang bisa jadi segala macem, keren sih, salut sama Studio Tropik bisa menciptakan produk sebagus ini dengan harga yang terlampau murah buat kualitasnya yang oke banget!! (Tapi nggak usah dinaikin harganya ya Studio Tropik, kalau representative-nya ada yang baca, xixixi). Menurut kamu, bagaimana dengan Studio Tropik Flawless Priming Water? Buy or pass?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram