kamini.id

Review theBalmJour Creamy Lip Stain, Ini Lip Tint atau Lip Gloss?

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 27 Mei 2021

theBalm Cosmetics memiliki branding yang sangat menarik. Produk-produknya hadir dengan gambar ala komik Amerika tahun '70-an, juga nama-nama unik dan lucu karena menggunakan pun seperti 'AutoBalm PIC PERF', 'FURROWCIOUS!', 'Read My Lips', dan 'HOW ‘BOUT THEM APPLES?'.

Didukung dengan kualitas produk yang mumpuni, wajar banget kalau theBalm merupakan merk kosmetik yang sangat dikenal di dunia. Buat yang suka merk kosmetik dengan visual dan nama unik (seperti saya!) pasti penasaran dengan produk-produknya theBalm. Nah, pada kesempatan ini, Kamini mau mengulas salah satu produk theBalm, yaitu theBalmJour Creamy Lip Stain.

Menurut saya, produk ini menarik banget. Pertama, karena ini lip stain, tapi konsistensinya itu seperti lip cream. Terus, harganya juga masih 'masuk akal' dibandingkan produk theBalm lainnya, hehe. Penasaran bagaimana performanya? Yuk, simak review Kamini sampai selesai!

Tentang Produk

Klaim

theBalm menciptakan Lip Stain ini untuk meningkatkan permainan lip gloss di dunia kosmetik. Jadi, nggak cuma bikin bibir kelihatan 'basah' dan mengilap seperti lip gloss pada umumnya, produk ini juga akan meninggalkan 'jejak' walaupun Lip Stain-nya sudah terhapus.

Sehingga, bibirmu bakal tetap memiliki warna walaupun nggak touch-up lagi. Lip Stain ini juga memiliki tekstur yang unik (creamy), sangat melembabkan, dan punya staying power yang mumpuni. Pokoknya theBalmJour Creamy Lip Stain jauh lebih baik dari lip gloss manapun juga.

Benefit

  • Clutch Certified (muat di pouch makeup dan tas jinjing kecil)
  • Enhancing (meningkatkan penampilan & tekstur bibir agar jadi lebih baik)
  • Long lasting
  • Highly pigmented
  • Flexible formula

Cara Pemakaian

Pertama-tama, pastikan bibirmu bersih dari makeup dan sel kulit mati, supaya hasil pemakaian lebih cantik lagi. Kalau bibir kamu lagi kering, scrubbing dulu terus pakai lip balm, ya. Kedua, aplikasikan theBalmJour Creamy Lip Stain sesuai selera. Mau ombre, mau full, bisa! Tapi, karena ini tipe glossy kayaknya bakal lebih cantik untuk pemakaian full lips, ya?

Kemasan

Desain produk-produk theBalm itu selalu menarik, kan? Membuat siapa saja ingin mengoleksi semua produknya. Setiap shade dari semua produknya pun memiliki gambar yang berbeda-beda, loh! Tak ayal theBalmJour Creamy Lip Stain yang memiliki ilustrasi yang berbeda pula untuk tiap warnanya. Very aesthetic!

Fun fact, ilustrasi perempuan pada Lip Stain ini memiliki skintone berbeda-beda yang menandakan kalau theBalm mengerti akan diversity dan membuat produknya itu untuk siapa saja. Nama shade dari produk ini juga menarik karena menggunakan kata 'halo' dari berbagai bahasa. Nama 'theBalmJour' sendiri saya pikir pun dari bonjour yang berarti halo dalam bahasa Perancis.

Selain desainnya yang kelihatan 'mahal' dan 'niat', tabung dan tutup packaging Lip Stain ini berwarna perak. Jadi menambah kesan mewah, walaupun bahannya tetap dari plastik seperti produk lipstik cair kebanyakan. Oh, ya, aplikatornya pun enak dipakai, nggak keras ataupun kaku (tapi nggak lentur banget juga, ya).

Pada bagian belakang kemasan nggak ada ingredient atau penjelasan tentang shade dan cara pakai. Hanya peringatan, nama brand, alamat produk dibuat, dan beberapa logo yang mengindikasi produk tersebut seperti apa. Kurang informatif, kalau menurut saya. Soalnya produk ini nggak datang dengan boks! Jadi kalau mau tahu lebih jauh harus buka website theBalm dulu.

Ingredient List

Nah, di dalam theBalm ini ada beberapa bahan yang digunakan dan Kamini akan membaginya menjadi dua bagian, yakni full ingredients serta key ingredients. Silakan simak ya!

  • Full Ingredients

HYDROGENATED POLYISOBUTENE, CYCLOMETHICONE, OCTYLDODECANOL, ISODODECANE, POLYETHYLENE, TRIMETHYLSILOXYSILICATE, DISTEARDIMONIUM HECTORITE, VP/EICOSENE COPOLYMER, CETYL PEG/PPG-10/1 DIMETHICONE, PROPYLENE CARBONATE, ETHYLENE/PROPYLENE/STYRENE COPOLYMER, BUTYLENE/ETHYLENE/STYRENE COPOLYMER, PHENOXYETHANOL, FLAVOR (AROMA), CAPRYLYL GLYCOL, ETHYLHEXYLGLYCERIN, HEXYLENE GLYCOL, TOCOPHEROL, BENZYL BENZOATE. MAY CONTAIN / PEUT CONTENIR [+/-TITANIUM DIOXIDE (CI 77891), IRON OXIDES (CI 77491, CI 77492, CI 77499), RED 6 (CI 15850), RED 7 LAKE (CI 15850), BLUE 1 LAKE (CI 42090), RED 27 LAKE (CI 45410)]

  • Key ingredients

Hydrogenated Polyisobutene adalah minyak sintetis. Zat ini merupakan agen pengkondisi kulit (emolien). Biasanya, ini digunakan sebagai pengganti minyak mineral. Walau, sebenarnya Hydrogenated Polyisobutene dirancang untuk digunakan dalam tabir surya. Yang berarti, Lip Stain ini mengandung sunscreen juga. Kece banget!

Sedangkan Cyclomethicone adalah campuran siloksan siklik volatil dengan berat molekul rendah. Ini adalah cairan yang nggak berwarna maupun berbau, dan sedikit mudah menguap. Ini digunakan sebagai agen carrier dalam skincare dan makeup. Lip Stain theBalm ini juga mengandung Flavor (Aroma), yaitu mint.

Impresi

Tekstur

Tekstur theBalmJour Creamy Lip Stain ini nggak seperti perkiraan saya. Hal yang saya pikirkan dari sebuah lip stain berarti sama dengan lip tint. Yang berarti konsistensinya seperti air atau paling nggak gel. Nah, theBalmJour ini justru mirip lip cream yang kental dan agak terasa lengket di bibir.

Wangi

Lip Stain ini ada sedikit hint aroma mint saat dicium dari aplikator, tapi saat diaplikasikan nggak kecium apa-apa, jadi nggak akan ganggu. Tapi, pas nggak sengaja terjilat, rasanya nggak enak. Jadi buat yang suka menjulurkan lidah, disengaja atau pun nggak, tahan-tahan saja, deh.

Swatch

Ini adalah swatch theBalmJour Creamy Lip Stain shade 'Salut!'. Warnanya cenderung ungu-cokelat-dusty pink gitu, nggak, sih? Saya suka bingung kalau disuruh mendeskripsikan warna, hehe. Saya rasa ini agak berbeda dengan yang ditampilkan di kemasannya yang lebih ke pink. Tapi, saya nggak complain karena saya suka warnanya.

Karena tergolong nude, shade ini cocok buat semua skintone dan bisa dipakai kapan saja. Kamu tinggal bermain di eye makeup saja yang gonjreng-nya, karena Lip Stain ini kalem banget.

Gambar yang sebelah kiri adalah saat baru diaplikasikan (swatch tebal dan tipis). Lalu gambar yang kanan adalah stain yang ditinggalkan theBalmJour ini. Saya rasa Lip Stain ini nggak terlalu nge-stain, ya. Soalnya 'tinta' yang tersisa dikit banget.

Tapi, mungkin juga itu karena shade Salut! ini tergolong nude. Mungkin kalau shade lain yang warnanya berani bakal meninggalkan lebih banyak stain.

Agak kecewa, sih. Soalnya fungsi stain itu kan saat lipstiknya mulai memudar, bibir masih tetap 'berwarna', benar begitu? Nah, kalau theBalmJour ini nggak meninggalkan banyak stain, jadi bibir saya seperti bare saja kalau Lip Stain-nya habis.

Daya Tahan dan Performa 

Dimulai dari bare lips. Kalau cuaca panas biasa, deh, kulit saya jadi super kering. Tak terlewatkan bibir saya. Kalau kulit wajah lagi kering itu bibir saya bakal terlihat jelas lipatan-lipatannya dan bahkan bisa ada dry patch yang bikin gemes ingin nyabutin (tapi jangan, karena nanti kulitnya luka).

First of all, please excuse my makeup karena saya dandan dalam keadaan gelap. Jadi makeup-nya berantakan, deh. Jadi, fokus pada bibir saya saja, ya.

Ini saya pakai agak tebal dari yang biasa saya lakukan supaya Lip Stain-nya lebih 'kelihatan'. Soalnya kalau yang biasa saya pakai sehari-hari itu lebih tipis (cuma satu pulas). Dan saya ngerasa Lip Stain-nya cepat habis (hilang dari bibir).

Daya tutup, atau beken dengan istilah coverage, dari Lip Stain ini JUARA BANGET. Kayaknya bibir yang pinggirannya hitam juga bakal ketutup, deh. Mau pakai tipis juga sudah nge-cover banget soalnya.

Cakep banget, sih, Lip Stain ini bikin bibir kelihatan healthy. Terlihat seperti nggak pakai lipstik juga karena shade-nya mirip warna kulit. Saat baru diaplikasikan, saya sukaaaaa banget sama bibir saya dan rasanya jadi ingin selfie terus.

Kesimpulan

Overall, saya suka, tapi nggak cinta. Cukup puas dengan hasil theBalmJour Creamy Lip Stain, tapi bagi saya yang terbiasa dengan lipstik matte, glossy liptick seperti ini lumayan 'mengganggu'. Jadi, bukan salah theBalm. Karena produknya sudah bagus banget.

Bibir saya yang ada dry patch-nya bahkan jadi saru dengan Lip Stain ini. Tapi, kalau Lip Stain-nya sudah menipis, sih, bakal kelihatan lagi kulit keringnya.

Buat kamu yang suka MLBB (my lips but better) look, saya ngerekomendasiin shade Salut! ini. Warnanya benar-benar skintone kulit banget, tapi bisa saja berbeda di kamu karena warna kulit setiap orang berbeda-beda, kan.

Untuk shade lainnya dari Lip Stain ini kebanyakan MLBB, sih. Walau ada juga yang warnanya JRENG banget seperti shade Ciao (fuschia) dan Ni Hao (merah ati).

Pros (+)

  • Hasilnya BAGUS BANGET, elegan, magnificent, brilliant, show stopping. Kalau kamu mencari produk untuk membuat sexy full lips, inilah dia!!
  • Lumayan hydrating, cocok buat bibir kering (tapi kalau lagi kering banget sih tetap saja flakey. Harus rajin-rajin eksfoliasi dan pakai pelembab bibir)
  • Hasil glossy yang nggak lebay (lebih ke satin finish) dan nggak membuat bibir terasa seperti habis makan gorengan
  • Bisa membuat bibir yang lagi kering dan dry patch nggak muncul, jadi langsung kelihatan sehat bibirnya secara instan
  • Packaging khas theBalm yang unik
  • Ada aroma mint yang lembut, nggak nusuk
  • Nyaman digunakan tipis maupun tebal
  • Sedikit pemakaian saja sudah pigmented banget
  • Nggak membuat bibir jadi bergaris-garis

Cons (-)

  • Nggak transfer-proof. Kurang lebih lip stain ini bisa bertahan 5 jam, itu juga kalau kamu nggak minum/makan sama sekali! Mungkin kalau kamu bisa akal-akalin minum dengan cara membuka mulut (bibir nggak menempel ke gelas) bisa lebih awet kali, ya. Tapi tetap saja lip stain ini nempel ke masker, jadi pasti bakal transfer karena kita pakai masker terus, kan
  • Nggak sesuai nama, 'lip stain' berarti harusnya nge-stain banget, kan. Ninggalin jejak gitu, kayak lip tint. Nah, ini tuh stain-nya sedikit dan bahkan bakal menghilang seiring waktu yang singkat. Harus reapply terus-terusan, deh
  • Cepat menghilang, tapi wajar sih namanya juga glossy lipstick
  • Belum ada sertifikasi halal
  • Harganya lumayan mahal. Well, merk theBalm gitu loh

Harga & Tempat Membeli

Saya cukup menyukai hasil dari theBalmJour Creamy Lip Stain ini. Saya hanya menyayangkan stain-nya yang nggak terlalu banyak seiring waktu pemakaian. Sekian ulasan dari Kamini, sampai ketemu di review produk berikutnya, ya. Jangan lupa bagikan artikel ini kalau menurut kamu bermanfaat, terimakasih!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram