kamini.id

Review Toner Somethinc Glow Maker Clarifying Treatment

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 Juni 2021

Saya bukan tipe orang yang awake banget soal skincare, jadi paling saya pakai produk sekenanya saja, yaitu pelembab dan tabir surya. Dua itu saja yang pasti nggak pernah saya lewatkan. Serum, eye cream, apalagi toner, sering banget saya skip kecuali kondisi kulit lagi benar-benar 'butuh' asupan skincare. Tapi ini sebenarnya bukan hal yang bagus, ya.

Berbicara soal toner, menurut saya salah satu fungsi toner adalah membantu peresapan skincare lebih baik ke kulit, sehingga dapat mendongkrak kekuatan skincare lainnya.

Jadi, tentu saja hasilnya nggak mungkin instan, namanya juga produk perawatan kulit. Mungkin hasilnya baru bisa terlihat satu bulan, atau bahkan satu tahun setelah rutin dipakai.

Tapi, ada satu produk toner yang bikin saya suka dan hasilnya memuaskan, yaitu Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner. Soalnya, Glow Maker benar-benar memberikan hasil nyata pada kulit saya dalam waktu singkat. Inilah ulasan Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner dari Kamini.

Tentang Produk

Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner, atau dikenal juga sebagai Glow Maker Daily Clarifying Treatment Toner, memiliki kemasan warna biru dongker seperti ini. Kata kuncinya adalah 'Daily'. Ya, toner ini bisa dipakai setiap hari walaupun tergolong exfoliating toner. Karena, kandungan bahan aktifnya itu tergolong rendah.

Untuk detailnya, kandungan AHA (Glycolic Acid) hanya 3%, BHA (Salicylic Acid) lebih sedikit lagi yaitu hanya 0,01%, dan terakhir PHA (Lactobionic Acid) yang cuma 0,1% saja. Benar-benar kecil, bukan, active ingredients-nya?

Jadi, buat yang kulitnya sensitif pun nggak perlu khawatir untuk menggunakan toner ini sehari-hari. Produk ini juga merupakan toner eksfoliasi harian yang cocok buat pemula (seperti saya!).

Klaim & Benefit

Ini adalah exfoliating toner yang bisa dipakai sehari-hari karena formulanya lembut dan kandungan active ingredients-nya rendah. Jadinya, ini adalah toner eksfoliasi yang sempurna untuk pemula dalam urusan toner dan juga kulit sensitif.

Toner ini mampu mengangkat lapisan kulit yang sudah mati dari kulit paling luar hingga paling dalam. Sudah terbukti secara klinis, loh, kalau toner ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, memberantas pori tersumbat, menghaluskan tekstur kulit, meratakan tone kulit, dan mengangkat sisa makeup juga kotoran dari kulit.

Jadi, saat kamu menggunakan serum, pelembab, dan skincare lainnya lebih efisien! Somethinc juga mengatakan kalau toner ini dapat melawan jerawat, komedo, dan membuat wajah tampak lebih bersinar dalam 30 hari saja.

Kemasan

Sama kayak kebanyakan produk toner lainnya, Somethinc Glow Maker juga dikemas di dalam plastik tebal yang kokoh. Pasti tahan banting banget kalau jatuh atau pun buat dibawa bepergian. Untuk pilihan warnanya menurut saya unik banget, karena biasanya merk skincare menggunakan 'warna-warna cewek' seperti pink untuk produknya.

Tapi, Somethinc berani beda dengan tampil bersama warna biru dongkernya yang gelap. Saya juga suka desain packaging toner Somethinc yang simpel.

Tulisan merknya kecil tapi Glow Maker dibuat sebesar mungkin, seakan-akan mengedepankan klaimnya kalau toner ini bakal bikin wajah pemakainya jadi glowing. Terus, dibalik tulisan Glow Maker ada semacam gambar rasi bintang.

Saya nggak tahu filosofinya apa, tapi ini menarik untuk dilihat. Keseluruhan desainnya jelas menggambarkan kalau produk ini benar-benar dipikirkan secara matang.

Somethinc Glow Maker hadir dalam dua size, yaitu Reguler 100 ml dan Travel-size 40 ml. Buat yang mau coba-coba dulu, bisa pakai yang ukuran kecil. Walau cuma 40 ml, tapi bisa untuk pemakaian lebih dari 30 hari kalau menurut saya. Kekurangannya, produk ini nggak ada kemasan dus luar. Jadi kalau kamu belinya online, langsung dibungkus dengan bubble wrap saja.


Di bagian belakang kemasan, ada berbagai informasi seperti manfaat produk, ingredients, cara pakai, nama distributor dan produsen, nomor BPOM, dan tanggal kadaluwarsa. Informasinya super lengkap sampai ada beberapa simbol penting seperti logo MUI, cruelty free, dan lainnya.

Hal yang menarik menurut saya adalah ketika tutup toner dibuka. Soalnya, di balik tutup itu ada tutup lagi! Kebanyakan dan rata-rata produk toner hanya dilengkapi satu tutup saja, yaitu si tutup putar yang di luar. Ini sangat berbeda dengan produk toner lainnya.

Tapi, kalau Glow Maker-nya Somethinc ini ada penutupnya lagi yang walau bahannya soft tapi kuat banget sehingga, isi toner-nya nggak bakal tumpah mau kamu jungkir balik bagaimanapun juga.

Hal menarik lainnya adalah saat saya mau menuangkan toner ke kapas, isinya nggak langsung tumpah, tapi harus 'dipancing' dulu dengan menyentuhkan tutupnya ke kapas. Setelah itu, isi toner baru bisa keluar.

Kalau cuma dituangkan saja seperti biasa, toner-nya nggak bakal keluar. Bisa keluar hanya saja sedikit, sekitar satu atau dua tetes. Ini sangat awesome dan high tech, menurut Saya. Pasalnya, toner ini bakal lebih aman jika ditaruh di dalam pouch. Travel friendly!

Ingredient List

Nggak cukup kayaknya Somethinc bikin saya terpana lewat kemasannya. Soalnya, ingredient list-nya juga bikin saya kagum banget. Bisa kamu lihat sendiri di bawah, kandungannya sedikit! Memang, lebih baik kandungannya nggak banyak yang penting hasilnya efektif.

  • Full Ingredients

Water, Butylene Glycol, Glycolic Acid, Arginine, 1,2-Hexanediol, Betaine, Allantoin, Lactobionic Acid, Anthemis Nobilis Flower Extract, Salicylic Acid, Caffeine.

  • Key ingredients

Bahan-bahan di dalam toner ini di antaranya Salicylic Acid sebagai anti-acne, Caffeine sebagai antioksidan, dan Arginine sebagai bahan yang skin-identical jadi lebih mudah diterima oleh kulit. Terus ada juga kandungan yang soothing kulit seperti Allantoin, Anthemis Nobilis Flower Extract, dan Salicylic Acid.

Sedangkan sebagai exfo-nya ada Glycolic Acid, Lactobionic Acid, dan Salicylic Acid. Saya juga akan membahas beberapa kandungannya secara lebih detail di bawah, nih. Yuk, disimak!

1. Butylene Glycol

Butylene glycol, atau BG, adalah cairan yang nggak berwarna dan multi-tasking. Zat ini merupakan pilihan yang bagus untuk menciptakan produk dengan feel yang menyenangkan di kulit. Pekerjaan utama BG biasanya menjadi pelarut untuk bahan-bahan lainnya.

Tugas lainnya termasuk penetration enhancer, yaitu membantu produk agar menyerap lebih cepat dan lebih dalam ke dalam kulit. Ini juga berfungsi sebagai slip agent, agar produk menyebar dengan baik di atas kulit dan juga sebagai humektan agar dapat menarik air ke dalam kulit.

2. Glycolic Acid

Kalau zat ini adalah AHA yang paling banyak digunakan karena manfaat kulitnya paling terbukti. AHA dengan lembut akan mengangkat sel-sel kulit mati untuk mengungkapkan kulit yang lebih baru, segar, dan halus.

AHA juga dapat membantu produksi sendiri kolagen kulit yang menghasilkan kulit lebih kencang dan lebih muda. Nggak cuma itu saja, AHA juga akan memudarkan bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. 1,2-Hexanediol

Ini adalah bahan pembantu yang benar-benar multi fungsi. 1,2-Hexanediol dapat melakukan beberapa hal dalam produk skincare. Pertama, dapat memberikan rasa lembut dan menyenangkan pada formula.

Kedua, dapat bertindak sebagai humektan dan emolien. Ketiga, dapat menjadi pelarut untuk beberapa bahan lain (misalnya dapat membantu menstabilkan parfum dalam produk berair). Keempat, dapat meningkatkan aktivitas antimikroba pengawet.

Impresi

Memang kalau melihat daftar kandungannya itu, wah, sudah impressed banget pokoknya. Tapi, tetap kita harus mencoba Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner-nya langsung untuk mengetahui apakah klaimnya benar atau nggak. Saya akan mulai dari tekstur dan aroma, lalu lanjut ke cara pakai dan hasilnya.

Tekstur & Swatch

Foto bagian atas adalah tangan saya sebelum mencoba Glow Maker, dan foto yang bawah adalah after-nya. Nggak terlihat perbedaan apa-apa, mungkin karena itu di punggung tangan bukan di wajah, ya. Tekstur toner ini seperti air saja, nggak kental sama sekali, nggak berwarna juga.

Wangi

Untuk aromanya ada wangi segar. Saya nggak bisa mendeskripsikan seperti aroma apa, yang jelas wanginya nggak ganggu dan malah menyegarkan, membuat wajah fresh.

Performa

Nah, sekarang saya akan masuk ke pembahasan paling mendebarkan dari Somethinc Glow Maker Clarifying Treatment Toner, yaitu bagaimana performanya. Dari kandungan dan klaimnya, saya rasa produk ini bagus. Tapi, kita lihat saja bersama-sama bagaimana hasil nyatanya di kulit saya, ya.

Cara Pemakaian

Karena ini exfo toner bukan hydrating toner, maka kamu wajib menggunakan media, yaitu kapas. Tujuannya adalah agar kotoran dan sel kulit mati bisa terangkat lebih maksimal lagi dibandingkan jika kamu menggunakan tangan.

Pertama-tama, bersihkan wajahmu terlebih dulu dari makeup dan cuci muka juga kalau bisa. Setelah itu, siapkan Glow Maker-mu dan tuangkan ke kapas. Usapkan kapas ke wajah secara lembut (kamu bisa menggunakannya pada leher dan badan juga). Hindari area mata dan bibir

Kalau kamu punya Somethinc Supple Power HYAluronic9+ Onsen Essence Toner, lanjutkan dengan itu untuk menetralkan kembali pH kulitmu. Kalau nggak ada, pakai hydrating toner lainnya juga nggak apa-apa.

Tips & Trik

Toner ini sebaiknya digunakan pada malam hari, karena mengandung Glycolic Acid (AHA). Kandungan aktif ini harus banget dibarengi dengan penggunaan SPF kalau digunakan pada pagi hari. Karena mengandung AHA, mungkin ada sedikit rasa menyengat atau terbakar, dan itu normal. Saya sendiri kadang merasa kulit sedikit 'hangat' setelah pemakaian, tapi tidak sampai perih.

Kalau kulitmu sangat sensitif dan rawan rosacea, mungkin lebih baik memilih kandungan BHA atau PHA saja dibandingkan AHA. Walau Somethinc mengklaim toner ini aman untuk kulit sensitif juga, tapi saya nggak bisa membuktikannya karena kulit saya kering dan nggak sensitif.

Hasil

Untuk mengetahui hasil Glow Maker Toner, tentu diperlukan dokumentasi kondisi kulit saya sebelum pemakaian, ya. Ini adalah kondisi kulit saya sebelum menggunakan Glow Maker.

Saat itu saya sedang mengalami kulit kering, kemerahan di area hidung, serta jerawat kecil di dahi dan pipi yang sudah matang dan tinggal proses penyembuhan. Saya juga sering bermasalah dengan komedo putih.

Day 1 pemakaian! Entah sugesti atau memang produknya sebagus itu, karena saya merasa dan melihat kulit wajah saya jadi lebih cerah. Saat itu saya sedang nggak menggunakan makeup apa-apa.

Saya juga sudah beberapa hari nggak berdandan, paling pakai pelembab dan SPF saja. Tapi, rupanya wajah saya tetap kotor, ya. Bisa dilihat hasil pemakaian Glow Maker, ada kotoran hitam di kapas!

Ini foto kotoran di kapas yang saya foto tanpa flash kamera. Kelihatan, kan, kotoran di wajah saya banyak yang terangkat? Awalnya, saya nggak berpikir kalau kulit saya bakal kotor sama sekali, karena saya selalu cuci muka dan sudah beberapa hari nggak menyentuh kosmetik.

Tapi, ternyata kulit kita bakal tetap kotor juga dengan atau tanpa makeup. Jadi, produk exfoliating toner seperti Glow Maker ini memang wajib dipakai rutinan.

Kesimpulan

Setelah dua minggu menggunakan Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner secara rutin, saya melihat perbedaan yang cukup signifikan pada kulit wajah saya. Kulit saya sungguhan terlihat lebih glowing. Selama ini nggak ada toner yang benar-benar bekerja menurut saya, tapi Glow Maker tuh ajaib banget.

Baru satu kali pemakaian saja kulit saya langsung terlihat lebih berbinar, lebih cerah, lebih lembab, dan lebih bersih. Setelah pemakaian secara rutin, yaitu setiap 2 atau 3 kali seminggu, kulit saya jadi jarang komedoan juga.

Saya memiliki kulit yang susah jerawatan tapi gampang banget komedoan. Biasanya hampir tiap minggu saya meng-ekstrak komedo secara manual saking numpuknya.

Tapi, after Glow Maker ini, saya jadi jarang banget buangin komedo. Paling dua minggu sekali saja untuk rejimen rutinan, tapi selama itu saya nggak merasa ada komedo yang keluar. Jadi komedonya tetap ada, tetap menumpuk setelah berminggu-minggu, tapi nggak sampai mengganggu.

Terus, kulit saya sungguh-sungguh terlihat lebih glowing dari sebelumnya. Noda bekas jerawat mulai memudar, kantung mata sedikit lebih cerah, rona kulit saya juga nampak lebih bright.

Saya jatuh cinta pada toner untuk pertama kalinya gara-gara Glow Maker. Saya jadi ingin mencoba Somethinc Supple Power HYAluronic9+ Onsen Essence Toner juga untuk double toning!

Pros (+)

  • Exfoliating toner yang benar-benar bekerja dengan baik.
  • Dapat menyamarkan noda hitam, mencerahkan wajah, membersihkan kulit, dan memberikan efek segar.
  • Semua klaimnya terbukti benar.
  • Formulanya ringan, cocok di kulit saya yang kering dan bisa dipakai sehari-hari.
  • Kemasannya canggih dan anti tumpah anti pecah. Packaging-nya cantik juga.
  • Tersedia dalam 2 ukuran, sehingga memudahkan pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan.
  • Harganya sangat terjangkau, apalagi karena benar-benar bermanfaat, jadinya worth every penny.

Cons (-)

  • Nggak ada dus luar.
  • Kadang kemasan harus ditekan supaya toner-nya bisa keluar, karena kemasan plastiknya sangat kuat, jadi agak merepotkan.

Harga & Tempat Membeli

Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner bisa kamu dapatkan dengan membelinya secara online di Shopee dan Lazada. Menurut saya, produk ini sangat bagus, efek penggunaannya pun tergolong cepat.

Tapi, perlu diingat, produk ini bisa saja menunjukkan hasil yang berbeda untuk setiap orang. Walau toner ini cocok di kulit saya yang kering, belum tentu cocok untuk orang lain yang kulitnya kering juga.

Apa kamu pernah mencoba produk ini juga? Apa yang kamu pikirkan tentangnya? Share your thought di kolom komentar di bawah ini, yuk.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram