Kamini.id / Review / Review Viva Face Tonic, Pembersih Wajah Sekaligus Toner

Review Viva Face Tonic, Pembersih Wajah Sekaligus Toner

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Meneruskan review saya sebelumnya, yaitu Viva Milk Cleanser, sekarang saya mau mengulas Viva Face Tonic. Kalau untuk brand-nya, pasti semua orang sudah kenal dengan Viva Cosmetics, kan? Merk kosmetik, perawatan kulit, dan perawatan tubuh ini sudah ada sejak zaman nenek-kakek kita.

Salah satu produk Viva Cosmetics yang paling populer adalah pembersih wajah dua langkahnya, yaitu Viva Milk Cleanser dan Viva Face Tonic. Mereka sebenarnya sudah seperti satu paket gitu, kalau cuma pakai salah satu saja rasanya ada yang kurang. Karena, cara menggunakannya itu setelah Susu Pembersih, lanjut ke Face Tonic. Ingin tahu seperti apa ulasannya? Yuk, simak review Viva Face Tonic bersama saya Syuri dari tim Kamini.

Tentang Produk

Viva Face Tonic ini seperti jodohnya Viva Milk Cleanser, tidak bisa dipisahkan. Uniknya, kalau kamu mau pakai Milk Cleanser saja itu bakal terasa aneh, karena di muka akan masih tersisa losion yang belum terangkat sempurna. Sedangkan Viva Face Tonic ini bisa kamu gunakan secara terpisah juga, selain dipakai setelah Milk Cleanser. Yaitu dengan dijadikan sebagai toner penyegar biasa alih-alih pembersih sisa losion dan makeup dari wajah.

Klaim & Benefit

Kata Viva, Face Tonic-nya itu mengandung moisturizer alias pelembab. Sejatinya, Viva Face Tonic adalah sebuah air penyegar untuk merawat kulit normal dan kulit kering. Karena mengandung moisturizer, penyegar wajah ini dapat menjaga kelembaban kulitmu. Tapi, kerennya, dia juga berguna untuk mengangkat sisa-sisa Susu Pembersih Viva, sisa makeup dan kotoran, sambi menyegarkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH kulit kita. Canggih!

Kemasan

Sama seperti kemasan Viva Milk Cleanser, botol Viva Face Tonic juga tidak neko-neko. Masih dengan kemasan jangkung agak besar, tapi nggak repot kalau digenggam dengan satu tangan. Tutup flip top-nya serasi dengan varian Milk Cleanser yang sama, karena milik saya ini versi ‘original‘, maka warna tutupnya sama-sama kuning soft. Sedangkan warna kemasannya putih tapi cenderung bening, jadi kita bisa lihat isi Face Tonic-nya.

Sama juga seperti Susu Pembersih-nya, bagian belakang packaging Viva Face Tonic memiliki informasi yang sangat lengkap. Mulai dari penjelasan ini produk apa, fungsinya apa, cara pakainya bagaimana, ingredients-nya apa, pabrik pembuatnya apa dan di mana, logo halal, website resmi Viva, dan barcode juga expire date. Lagi, wajar banget dan memang sudah seharusnya Viva memberikan info yang detil seperti ini karena produknya tidak hadir dengan boks.

Ingredient List

Ada banyak bahan yang tergantung dalam satu botol Viva Face Tonic ini, tapi Saya bakal membaginya jadi dua bagian utama, yaitu full ingredients dan key ingredients. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Full Ingredients

Sorbitol, Water, Tartaric Acid, Sodium Benzoate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Methylparaben, Fragrance, Ethanolamine.

  • Key ingredients

Sorbitol

Komposisi paling banyak dalam Viva Face Tonic ternyata Sorbitol. Dia adalah gula alkohol yang jika dimasukkan ke dalam produk perawatan kulit akan bermanfaat sebagai moisturizer humektan, agen pengental, dan juga bahan pewangi. Kandungan ini biasanya didapatkan dari sirup jagung, loh! Yang menarik adalah sifat humektan-nya. Karena, berarti dia bisa mencegah hilangnya cairan dari kulit, sehingga kulit kamu bakal senantiasa lembab.

Tartaric Acid

Asam tartarat merupakan bahan umum dalam produk perawatan kulit karena sifat keratolitik dan zat-nya. Dia melembabkan kulit, menstimulasi metabolisme kulit, meningkatkan penyembuhan kulit, dan juga memiliki efek anti penuaan kulit.

Dia juga membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan. Dia juga ternyata merupakan antioksidan dan mampu membantu mengurangi hiperpigmentasi. Tenang, Asam tartarat secara alami ditemukan dalam buah anggur dan almond pahit, jadi ini alami, ya.

Sodium Benzoate

Sodium benzoate telah sering digunakan dalam berbagai macam kosmetik dan produk perawatan pribadi. Dia bertindak sebagai penghambat korosi, bahan pewangi, dan juga pengawet. Sebagai pengawet, Sodium benzoate pada dasarnya adalah agen antijamur tetapi juga memiliki efektivitas melawan bakteri. Perhatian: meskipun Sodium benzoate biasanya baik untuk semua jenis kulit, dalam kasus ekstrim dapat menyebabkan kemerahan, iritasi kulit, ruam, gatal-gatal, dan pembengkakan.

Etanolamin

Etanolamin seperti MEA (monoethanolamine) bekerja sebagai surfaktan (agen pembersih) dalam produk perawatan pribadi dan kosmetik. Pada jenis produk ini, Ethanolamines membantu menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit dengan cara melarutkan minyak dan mencampurkan bahan penting lainnya.

Impresi

Ternyata komposisi Viva Face Tonic ini kebanyakan alami, ya, jadi lebih tenang. Terus, klaimnya juga cukup menggiurkan, mengingat harga produk ini tidak sampai sepuluh ribu. Jadi makin penasaran bagaimana performanya? Simak lagi sampai beres, yuk.

  • Tekstur

Karena berbahan dasar air, Viva Face Tonic ini ya cair saja begitu, tidak ada yang spesial.

  • Wangi

Ya, Face Tonic ini ada wewangiannya! Saya bingung menjelaskan ini aroma apa, karena milik saya varian ‘original‘ yang berarti tidak ada tambahan apa-apa. Tapi, mungkin wanginya seperti bengkuang. Lalu, bedanya apa ya dengan Viva Face Tonic varian Bengkuang?

  • Swatch

Seperti yang saya mention sedikit di atas, Viva Milk Cleanser dan Face Tonic hadir dalam beberapa varian. Yang saya ulas ini adalah versi ‘original‘. Tapi, ada lagi macam lainnya yaitu Bengkuang, Spirulina, Cucumber, Lemon, Green Tea, dan Viva Air Mawar. Kalau Viva Air Mawar sepertinya lebih keproduk sendiri karena dia tidak ada versi Milk Cleanser-nya. Tapi, dari konsistensi dan kegunaan saya rasa 11-12 dengan Viva Face Tonic.

  • Cara Pemakaian

Aturan memakai Viva Face Tonic lebih mudah daripada Susu Pembersih-nya. Kamu tinggal menuangkan Face Tonic seperlunya pada kapas, lalu usapkan pada seluruh wajah dan leher. Gunakan setelah kamu memakai Viva Milk Cleanser, Viva Queen Peeling Cream, Viva Face Masker, atau gunakan sendiri sebagai toner sebelum pakai skincare atau makeup.

Tips untuk menggunakan Viva Face Tonic sebagai toner, kamu tinggal tuang saja ke telapak tangan (tanpa kapas) lalu ditepuk-tepuk perlahan ke wajah. Soalnya, ini kan bukan exfoliating toner, jadi kamu nggak perlu media kapas. Justru tipe toner yang melembabkan kulit itu sayang kalau pakai kapas, soalnya malah terlalu banyak produk yang menempel di kapas alih-alih di kulit. Jadi, mending kamu langsung tuang ke telapak tangan saja, ya!

Daya Tahan dan Performa

Sebelumnya, silahkan baca review Viva Milk Cleanser terlebih dahulu karena saya melanjutkan treatment-nya dari sana. Jadi, ceritanya saya sedang ber-makeup dan ingin menghapusnya menggunakan Susu Pembersih Viva. Saya juga sudah double cleansing dengan micellar water. Nah, langkah ketiga adalah dengan menggunakan Viva Face Tonic ini.

Ternyata, walaupun saya sudah melakukan pembersihan dua kali, ketika saya pakai Face Tonic ini, masih ada saja sisa kotoran yang terangkat. Jadi, benar Viva Face Tonic ampuh menyegarkan sekaligus mengangkat sisa makeup dan kotoran dari kulit, ya. Salut, sih, saya sama Viva.

Kesimpulan

Setelah keseluruhan rangkaian (Viva Milk Cleanser, saya selipin micellar water, dan terakhir Viva Face Tonic) saya merasa kulit saya sudah cukup bersih. Tapi, saya tetap melanjutkan rejimen ini dengan mencuci muka pakai facial wash, sih.

Untuk Viva Face Tonic-nya sendiri saya sangat suka! Karena, dia benar-benar bisa mengangkat sisa makeup dan kotoran, bukan cuma untuk menghapus Susu Pembersih saja. Terus, kita juga bisa menggunakannya sebagai toner biasa atau campuran masker bubuk. Kece banget, kan?

Pros (+)

  • Kulit terasa adem, kenyal, bersih setelah menggunakan Viva Face Tonic
  • Karena ada aroma menyegarkannya,saya pun ikut merasa freshen up setelah selesai memakai Face Tonic-nya
  • Kulit bibir saya yang kering ikut terangkat semua setelah menggunakan Viva Milk Cleanser, micellar water, dan Viva Face Tonic. Sekalian sebagai lip exfoliator, nih!
  • Kalau kamu punya masker berbentuk powder yang harus diolah dulu, daripada pakai air biasa mending pakai Viva Face Tonic ini
  • Harganya super terjangkau
  • Mudah ditemukan di sekitarmu!

Cons (-)

  • Tidak 100% membersihkan kulit dari sisa makeup, tapi untuk kotoran atau SPF sepertinya bisa
  • Tidak bisa membantu Viva Milk Cleanser untuk mengangkat waterproof makeup seperti maskara
  • Sudah, itu saja. Suka banget sama Viva Face Tonic, huhuhu

Harga & Tempat Membeli

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Viva Face Tonic ini merupakan produk versatile yang bisa dipakai sebagai langkah terakhir pembersihan wajah, toner, maupun campuran masker. Dengan harga Rp 5.500-an (100 ml), kamu sudah bisa mendapatkan semua manfaatnya. Kalau saya, sih, bakal repurchase terus. Bagaimana denganmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!