kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Tangan dan Kaki / Review Viva Hand & Nail Cream untuk Tangan dan Kuku yang Halus

Review Viva Hand & Nail Cream untuk Tangan dan Kuku yang Halus

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 April 2021

Karena diharuskan untuk sering-sering mencuci tangan agar terhindar dari virus dan bakteri pada masa pandemi ini, kadang saya lupa untuk memperhatikan area tangan yang sering dicuci tersebut. Alhasil, kulit tangan saya malah terkadang terasa kasar dan kering.

Meski sebenarnya kulit tubuh punya lapisan yang lebih tebal dibandingkan wajah, namun bukan berarti kita bisa mengabaikannya begitu saja. Kebiasaan sering mencuci tangan bila nggak dibarengi dengan treatment yang tepat malah akan mengantarkan tangan pada kondisi kering dan kasar.

Belum lagi bila kita tinjau lebih dalam, kulit tangan juga punya skin barrier yang dapat teganggu bila terus menerus kontak dengan sabun maupun hand santizer mengandung alkohol. Nggak heran kan kenapa kulit tangan saya jadi terasa kering?

Tapi bukan berarti kita harus mengurangi frekuensi mencuci tangan pada kondisi sekarang ini, ya. Langkah yang tepat adalah memberikan kelembaban yang ekstra tiap kali tangan selesai dicuci. Kelembaban ini bisa didapatkan dengan penggunaan hand cream.

Kali ini saya akan me-review salah satu produk hand cream drugstore yang diproduksi brand old-but-gold, Viva. Ingin tahu seperti apa kemampuan produk ini? Simak terus sampai selesai, ya!

Tentang Produk

Review Viva Hand and Nail Cream_

Kalau dibaca dari namanya yakni Viva Hand & Nail Cream, produk ini dapat berguna untuk semua area tangan, termasuk jari.

Kebetulan selain kulit tangan saya kadang terasa kering, saya juga punya jenis kuku yang nggak terlalu tebal. Karena itu ketika kuku saya dalam keadaan panjang, saya selalu berhati-hati dengan pergerakan jemari. Soalnya saya khawatir kuku malah akan patah.

Viva Hand & Nail Cream sebenarnya sudah diperkenalkan Viva sekitar tahun 2018 dan masih ada di pasaran hingga sekarang karena cukup digemari. Selain affordable, hand cream ini juga sangat mudah untuk ditemukan dimanapun. Jadi kamu nggak perlu repot-repot mencari toko khusus atau melakukan pre-order dari jauh hari untuk mendapatkannya.

Klaim dan Benefit

Viva menyebutkan kalau Hand & Nail Cream punya tekstur krim lembut yang mudah meresap. Produk ini diformulasikan khusus untuk memberikan perawatan dan perlindungan ekstra pada kulit tangan dan kuku, dengan kandungan bahan-bahan esensial.

Ada ekstrak melon yang berperan sebagai pelembab alami untuk menjaga kelembaban kulit, lalu vitamin F untuk menutrisi kulit sekaligus merawat kuku agar tetap kuat dan nggak mudah rapuh. Produk juga diperkaya dengan allantoin yang dapat melembutkan dan menyejukkan kulit tangan serta kuku.

Cara Pemakaian

Berbeda dengan penggunaan body lotion, hand cream harus digunakan sesering mungkin. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang, produk hand cream seolah-olah berjodoh dengan sabun pencuci tangan. Jadi harus selalu digunakan setelah mencuci tangan.

Viva Hand & Nail Cream sendiri sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit tangan dan kuku disertai pijatan lembut. Kamu juga bisa menggunakan hand cream kala kulit tangan terasa kering. Pokoknya, gunakan sesering mungkin, ya!

Kemasan

Review Viva Hand and Nail Cream_kemasan

Hadir dengan berat bersih 40 g, Viva Hand & Nail Cream dikemas dalam tube slim dan sleek yang handy. Tube ini punya warna dasar oranye pastel atau melon, dengan material plastik reflektif yang ringan dan kokoh.

Pada kemasan sudah tertera berbagai informasi tentang produk ini dimulai klaim, ingredients, berat bersih, kode expired, nomor BPOM dan nama pabrikan. Viva juga membuat bagian cap produk berbentuk flip-top yang praktis dan spill-proof. Jadi nggak akan mudah bocor.

Ingredients List

Review Viva Hand and Nail Cream_ Ingredients

Karena Viva menyebutkan beberapa klaim manfaat ingredients dari Hand & Nail Cream, maka dari itu sebaiknya kita cari tahu sendiri apa saja ingredients yang terkandung dalam produk ini. Apakah benar punya manfaat-manfaat seperti yang disebutkan Viva? Yuk, cari tahu!

Full Ingredients

Aqua, propylene Glycol, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol Cetearyl Alcohol, Mineral Oil Ceteareth-20, Acrylamide/Sodium Acryloyldimethyltaurate Copolymer, Allantoin, Perfume, Cucumis Melo Extract, Dimethicone, Methylparaben, Glyceryl Linoleate, C13-14 paraffin, Propylparaben, Glyceryl Linolenate, Glyceryl Arachidonate, Disodium EDTA, BHT Laureth-7, Ascorbyl Palmitate.

Key Ingredients

Dari daftar ingredients yang tertera pada kemasan, bisa saya simpulkan kalau terdapat beberapa bahan yang memang punya manfaat untuk kulit:

  • Allantoin

Bahan yang satu ini sangat populer dalam dunia perawatan kulit Korea Selatan. Allantoin punya kemampuan hidrasi yang baik. Bahan ini juga bersifat anti-inflamasi, menjadikannya cukup gentle untuk jenis kulit yang sensitif.

Bukan cuma itu, allantoin punya kemampuan melembabkan sekaligus jadi proteksi untuk kulit. Kamu yang punya kulit pecah-pecah dan luka ringan bisa terbantu dengan penggunaan skincare yang punya kandungan allantoin.

  • Cucumis Melo Extract

Ekstrak bahan-bahan alami memang terbukti punya kemampuan antioksidan yang cukup poten. Dalam ekstrak buah melon sendiri terkandung berbagai macam vitamin dan bahan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV maupun paparan lingkungan. Sehingga bisa mereduksi tanda-tanda penuaan kulit.

Saya sebenarnya nggak menemukan fakta kalau ekstrak buah melon bisa melembabkan kulit. Akan tetapi, bahan ini punya kemampuan untuk menjaga kulit dalam kondisi yang baik.

  • Ascorbyl Palmitate

Sebagai bentuk lemak dari vitamin E, ascrobyl palmitate punya kemampuan antioksidan yang sama hebatnya dengan vitamin lain. Kandungan satu ini bisa mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV dan paparan lingkungan.

  • Vitamin F

Sejujurnya saya cukup bingung saat mencari kandungan yang diklaim Viva sebagai vitamin F. Karena menurut informasi yang saya punya, vitamin F adalah penyebutan lain dari asam linoleat (linoleic acid) atau asam lemak. Vitamin ini cukup berguna dalam membantu menjaga kulit, rambut dan kuku dalam keadaan sehat.

Dari ingredients list Viva Hand & Nail Cream sendiri saya menemukan 3 bahan yang punya unsur asam lemaknya yaitu glyceryl linoleate, glyceryl linolenate, glyceryl arachidonate.

Saya sebenarnya nggak begitu yakin kalau bahan-bahan tersebut menrepresentasikan vitamin F. Akan tetapi, ternyata ketiganya punya manfaat sama bila ada dalam produk skincare, yaitu sebagai emulsifier sekaligus emollient.

Emulsifier berguna untuk menyatukan tekstur minyak dan air dari suatu produk. Sementara emollient merupakan komponen pelembab yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, dengan cara mengisi celah-celah kosong pada kulit yang pecah-pecah dan kering. Makanya bisa bikin kulit yang kering dan kasar jadi terasa lebih lembut.

Impresi

Untuk tahu lebih jauh tentang produk ini, saya akan menyampaikan impresi pertama yang saya rasakan saat mengaplikasikan Viva Hand & Nail Cream pada kulit.

Tekstur

Review Viva Hand and Nail Cream_Tekstur

Secara teori, memang hand cream punya tekstur yang lebih kental dibandingkan body lotion biasa. Hal ini disebabkan karena hand cream dibuat agar nggak mudah luntur terhadap gesekan, keringat, maupun basuhan air. Soalnya tangan lebih banyak bergerak dan melakukan aktivitas dibandingkan area tubuh yang lain.

Viva Hand & Nail Cream punya tekstur kental yang karakternya lebih cenderung gel dibanding krim. Ketika diratakan ke seluruh permukaan tangan dan kuku, produk ini nggak meninggalkan jejak berminyak, melainkan sensasi lengket yang perlahan menyerap.

Kalau dilihat dari ingredients list pun mayoritas bahan dasar hand cream ini adalah air. Makanya saya bilang teksturnya lebih cenderung gel. Hand cream andalan Viva ini juga nggak membutuhkan waktu lama untuk menyerap sepenuhnya pada kulit. Dan setelah semuanya menyerap, produk nggak meninggalkan kesan heavy apapun.

Aroma

Viva dengan jelas menyebutkan adanya penambahan fragrance pada produk ini. Nggak heran, ketika produk saya baurkan, aroma buah yang lembut langsung tercium oleh hidung saya. Aroma ini nggak menyengat sama sekali, malah cenderung lembut dan menenangkan.

Aplikasi

Review Viva Hand and Nail Cream_Aplikasi

Selain mudah meresap tanpa kesan greasy apapun, VIVA Hand & Nail Cream berhasil membuat tangan saya terasa terhidrasi dan lembab sesaat setelah pemakaian. Tangan juga terasa lebih lembut serta halus dari sebelumnya. Begitu pula dengan bagian kuku-kuku tangan, semuanya terasa dilembabkan dengan baik tanpa kesan lengket sama sekali.

Performa

Review Viva Hand and Nail Cream_Performa

Saya menggunakan produk ini selama kurang lebih 20 hari pemakaian. Saya juga selalu mengusahakan menggunakan produk setiap saat, terutama setelah mencuci tangan. Karena itulah saya selalu membawa produk ini kemanapun.

Selama 20 hari pemakaian, saya merasa kulit tangan selalu terbebas dari kekeringan. Kulit juga selalu terasa halus tiap kali saya menyentuhnya. Tapi pada kuku, saya belum bisa merasakan manfaat apapun selama menggunakan Viva Hand & Nail Cream ini.

Mungkin butuh waktu yang lebih lama untuk bisa merasakan perubahannya. Soalnya, saya masih sering mendapati ada bagian kuku yang patah ketika tak segaja tergesek suatu benda. Persis seperti keadaan kuku saya sebelum menggunakan hand cream.

Tapi yang pasti, baik bagian kuku maupun area kulit tangan saya yang lain selalu terasa lembab, terhidrasi dan halus selama penggunaan Viva Hand & Nail Cream.

Tips dan Trik

Tahukah kamu, waktu yang dinilai ideal untuk mengaplikasikan pelembab adalah sesaat setelah mandi? Benar, di waktu ini kulit dalam keadaan siap untuk menyerap nutrisi dan kelembaban lebih optimal. Karena itulah kamu harus segera mengaplikasikan produk skincare termasuk yang melembabkan sesaat setelah mandi.

Untuk hand cream sendiri, kamu bisa menggunakannya setelah mandi dan saat beraktivitas sesering mungkin. Ketika dirasa hand cream mulai luntur, aplikasikan kembali, ya. Pokoknya jangan sampai ada celah tangan dibiarkan untreated oleh hand cream bila ingin mendapatkan hasil yang optimal.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Viva Hand and Nail Cream_Harga

Sebelumnya sudah saya sebutkan kalau Viva Hand & Nail Cream adalah salah satu produk yang affordable dan mudah ditemukan. Produk ini bahkan dibanderol dengan harga di bawah 10ribu, lho. Hemat sekali, bukan?

Kesimpulan

Review Viva Hand and Nail Cream_kesimpulan

Dalam mencegah kulit tangan dan kuku dari kondisi kering karena terlalu sering mencuci tangan, Viva Hand & Nail Cream ini bisa diandalkan. Ditambah lagi harganya yang affordable, menjadikannya worthy untuk digunakan kapanpun, apalagi pada kondisi pandemi seperti sekarang.

Pros

  • Nggak terasa lengket ataupun berat
  • Aromanya menenangkan
  • Tekstur mudah meresap tanpa kesan berminyak sama sekali
  • Melembabkan dan menghidrasi baik kulit maupun kuku
  • Membuat tangan dan kuku terasa lembut dan halus
  • Affordable dan easy-to-find
  • Kemasan handy dan praktis

Cons

  • Belum bisa memastikan bisa menguatkan kuku atau tidak, bila digunakan lebih lama mungkin akan terasa hasilnya

Selain Hand & Nail Cream, saya juga pernah me-review beberapa produk Viva lainnya lho seperti Perfect Cover Concealer, Perfect Cleanse Make Up Remover, Air Mawar hingga Perfect Matte Lip Color. Jangan lupa baca artikel-artikel tersebut bila kamu tertarik untuk mencoba produk-produk brand legendaris ini!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram