kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover

Review Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 1 April 2021

Sebelum micellar water diperkenalkan pada publik, produk makeup remover merupakan salah satu yang jadi favorit dalam urusan menghapus makeup. Kemampuan makeup remover bahkan satu level di atas micellar water bagi saya, soalnya makeup remover lebih mudah digunakan untuk mengangkat makeup waterproof.

Kemampuan inilah yang tidak dimiliki oleh semua produk micellar water, meski sekarang sudah mulai bermunculan produk micellar water yang diklaim dapat mengangkat makeup waterproof juga. Tapi bagi saya, makeup remover tidak perlu diragukan lagi dalam urusan mengangkat longwear makeup yang waterproof.

Nah, brand legendaris Viva, pernah memperkenalkan salah satu produk makeup remover-nya yaitu Perfect Cleanse Make Up Remover. Kali ini, saya akan mengulas produk tersebut dan menguji kemampuannya secara langsung dalam menghapus makeup. Yuk, baca ulasan saya berikut!

Tentang Produk

Review makeup remover Viva

Kenyamanan adalah kunci utama dalam membersihkan wajah terutama mata dan bibir” Itulah yang ditekankan oleh Viva saat memperkenalkan Perfect Cleanse Make Up Remover pada tahun 2017 silam.

Produk ini bahkan diklaim oleh Viva dapat membersihkan area mata dan bibir yang cenderung sensitif secara lembut dan menyeluruh, serta telah teruji secara klinis. Jadi kamu tidak perlu kahwatir merasa perih saat membersihkan makeup menggunakan produk ini.

Oh iya, produk ini dirilis berdekatan dengan produk Viva Queen lainnya yaitu Perfect Matte Lip Color. Soalnya pada tahun 2017, adalah tahun dimana Viva memperkenalkan Viva Queen yang merupakan extention brand dari Viva Cosmetics yang berfokus pada lini makeup.

Klaim dan Benefit

Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover merupakan pembersih makeup 2 fase yang bisa membersihkan makeup waterproof seperti maskara, eyeliner dan lainnya. Fase yang dimaksud adalah fase minyak dan air. Kedua fase ini disebut-sebut punya komposisi tepat untuk membersihkan kotoran tanpa meninggalkan sensasi greasy pada wajah.

Produk ini juga punya formulasi yang gentle tanpa kandungan alkohol, sehingga sangat aman digunakan bahkan untuk area mata dan bibir. Selain itu, kandungan pelembab dan ekstrak mentimun di dalamnya dapat memberikan efek menyegarkan sekaligus mempertahankan kelembaban alami kulit.

Cara Pemakaian

Review makeup remover Viva_cara pemakaian

Bila ingin menggunakan Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover, kamu harus mengocok dahulu produk setiap kali akan digunakan. Setelah itu, tuangkan pada kapas dan usapkan pada wajah untuk membersihkan makeup dan kotoran pada kelopak mata, bibir, serta seluruh wajah.

Kemasan

Review makeup remover Viva_kemasan

Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover dikemas dalam botol yang simpel bermaterial plastik. Bagian cap ulir dibuat berwarna hitam pekat, sementara bagian badan dibiarkan transparan. Sehingga warna dan tekstur cairan dalam botol bisa terlihat.

Review makeup remover Viva_kemasan 2

Ketika cap dibuka, akan tampak orifice reducer yang punya lubang proporsional. Sehingga tiap kali cairan dituangkan pada kapas, jumlahnya akan cukup.

Ingredients

Review makeup remover Viva_ingredients

Jangan salah ya, walau dinamakan makeup remover, produk ini juga punya kandungan yang bermanfaat untuk kulit, lho. Kalau tidak percaya, simak yuk ingredients list lengkap dari Viva Perfect Cleanse Make Up Remover ini!

Full Ingredients

Aqua, Propylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Isohexadecane, Glycerin, Caprylyl Methicone, Sodium Chloride, Decamethylcyclopentasiloxane, Decyl Glucoside, Sodium Methylparaben, Cucumis Sativus Extract, Diazolidinyl Urea, Methylparaben, CI 61565

Key Ingredients

Masih ingat kalau Viva menyebutkan produk ini mengandung moisturizer dan bahan pelembab lain yang bermanfaat untuk menyegarkan serta menjaga kelembaban? Nah, bila di-break down dari ingredients list, bahan-bahan berikut inilah yang dimaksud oleh Viva:

  • Glycerine

Master of hydration memang tepat dianugerahkan pada gliserin. Selain mudah dan ekonomis, bahan satu ini punya kemampuan menghidrasi yang sangat baik untuk kulit sebagai humectant. Artinya, gliserin bisa menarik air dari lingkungan menuju kulit. Sehingga kandungan air dalam sel-sel kulit akan meningkat.

  • Cucumis Sativus Extract

Bahan satu ini merupakan ekstrak dari mentimun yang biasanya digunakan dalam produk kosmetik karena kemampuan soothing dan melembabkannya sebagai emollient, atau bahan yang dapat membuat kulit terasa lebih halus.

Ekstrak mentimun sudah terbukti secara ilmiah mengandung asam amino (bahan baku protein) yang berguna untuk menunjang acid mantle kulit. Bahan ini juga punya kandungan enzim di dalamnya yang punya sifat anti-inflamasi.

Impresi

Setelah tau apa saja bahan yang bermanfaat dalam makeup remover andalan Viva ini, saatnya mengenal Perfect Cleanse Make Up Remover lebih jauh lewat tekstur, aroma dan warnanya.

Tekstur dan Aplikasi

Review makeup remover Viva_tekstur

Karena terdiri dari dua fase yaitu air dan minyak, Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover punya tekstur yang sangat runny namun cukup licin ketika digunakan. Tekstur ini membuat produk sangat mudah meluncur pada wajah. Meski begitu, produk tidak meninggalkan greasy after effect sama sekali setelah digunakan. Malah wajah akan terasa lebih lembut, segar, dan lembab setelahnya.

Bila kamu punya kulit kering, kamu juga bisa menggunakan makeup remover ini karena tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Sehingga nggak akan menarik minyak alami kulitmu secara berlebihan.

Selama penggunaan, produk juga nggak membuat mata ataupun kulit saya terasa perih. Sehingga saya nggak khawatir sama sekali kala mengangkat eye makeup waterproof. Setelah selesai pemakaian, wajah saya jadi terasa bersih, lembab, lembut serta halus.

Aroma

Untuk aspek aroma, bisa saya pastikan Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover ini nggak menggunakan parfum tambahan. Bukan hanya karena nggak tertera kata ‘fragrance ‘dalam Ingredients list, tapi ketika digunakan pun saya nggak mencium wangi apapun.

Warna

Review makeup remover Viva_warna

Dari foto-foto yang sudah terpampang sebelumnya, tampak jelas kalau makeup remover Viva ini punya dua warna yang merepresentasikan tiap fase. Fesa air dibuat transparan, sementara pada bagian fasa minyak, Viva menambahkan pigmen berwarna biru.

Ketika kedua produk dikocok, kedua warna yang semulanya terpisah akan menjadi tampak menyatu. Menghasilkan warna larutan yang terlihat biru muda.

Performa

Kala menguji performa produk-produk pembersih makeup, saya biasanya membagi ke dalam tiga ketegori, yaitu kategori kompleksi, eye makeup dan lip makeup. Soalnya dengan begini, saya jadi tahu kemampuan produk tersebut dalam membersihkan produk makeup yang longevity-nya berbeda-beda.

Lantas, bagaimana kemampuan Viva Queen Perfect Cleanse Make Up dalam mengangkat ketiga kelompok tersebut? Silahkan baca penjelasan selanjutnya!

  • Kompleksi
Review makeup remover Viva_kompleksi

Saya menggunakan 3 produk kompleksi berbeda saat menguji makeup remover ini yaitu foundation yang light to medium coverage, BB cream, dan DD Cream. Hebatnya, makeup remover Viva ini bisa mengangkat ketiganya dengan mudah hanya dalam satu kali sapuan saja.

Tampaknya, produk ini juga nggak bakal terbuang banyak bila digunakan untuk menghapus foundation dengan full coverage. Jadi kamu nggak perlu khawatir Viva Queen Perfect Cleanse Make Up ini akan boros penggunaanya untuk membersihkan kompleksi.

  • Eye Makeup
Review makeup remover Viva_eye makeup 2

Sedikit berbeda dengan kompleksi, saya harus melakukan 2 kali sapuan produk untuk mengangkat eye makeup yang water-resistant. Bahkan pada eyeliner yang waterproof, Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover ini harus disapukan lebih dari 3 kali agar benar-benar terangkat.

Review makeup remover Viva_eye makeup 1

Tapi untuk produk perona seperti eyeshadow, baik itu yang powder maupun liquid, makeup remover ini bisa mengangkatnya dengan baik sejak sapuan pertama.

  • Lip Makeup
Review makeup remover Viva_lip makeup

Kalau pada lip makeup, produk ini cukup baik dalam mengangkat lip cream hanya dalam satu sapuan. Akan tetapi untuk lipstick yang pigmentasinya lumayan, saya perlu menyapukan Viva Queen Perfect Cleanse Make Up Remover sekali lagi. Begitupula untuk produk yang nge-stain seperti creamy tint.

Sehingga, menurut sata untuk produk-produk yang punya pigmentasi tinggi ataupun yang nge-stain seperti lip tint, makeup remover dari Viva ini harus disapukan lebih dari satu kali agar produk-produk tersebut terangkat dengan baik dari bibir.

Tips dan Trik

Sebenarnya, untuk meminimalisir penggunaan produk dalam mengangkat makeup yang cenderung waterproof, Viva pernah memberikan tips khusus dalam cara pemakaian produk ini sebagai berikut:

  1. Untuk makeup bagian mata, pertama tempelkan kapas yang telah dibasahi Perfect Cleanse Make Up Remover selama kurang lebih 5 detik. Lantas buat gerakan memutar satu arah pada satu bagian mata (dari sudut mata dalam ke arah luar, lalu melingkari bawah mata). Sapukan perlahan dan lembut.
  2. Untuk makeup bagian bibir, tempelkan kapas yang telah dibasahi produk. Kemudian diamkan sejenak. Setelah itu, barulah sapukan dengan lembut pada bibir bagian atas terlebih dahulu dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Lalu lanjutkan pada bagian bawah bibir.

Jadi, ketika membersihkan makeup pada mata dan bibir, lebih baik produk yang telah dituangkan ke kapas ditempelkan dan didiamkan terlebih dahulu beberapa saat pada area-area tersebut. Hal ini bertujuan agar makeup bisa ‘meleleh’ terlebih dahulu oleh kandungan minyak dalam produk. Barulah setelah itu disapukan untuk mengangkat makeup dari kulit.

Harga dan Tempat Pembelian

Review makeup remover Viva__

Viva nggak pernah mematok harga selangit untuk produk-produknya. Makanya brand kecantikan satu ini cukup disayangi wanita Indonesia.

Nah, kalau kamu penasaran dengan harga Perfect Cleanse Make Up Remover ukuran 65 ml ini, silahkan klik link yang telah Kamini sediakan ya. Kamu juga bisa sekalian membeli produk ini pada link tersebut. Selain pembelian online, kamu juga bisa kok menemukan produk-produk Viva di supermarket atau drugstore terdekat.

Kesimpulan

Review makeup remover Viva_harga

Viva Queen Perfect Make Up Remover ini cukup ampuh untuk mengangkat makeup bahkan yang waterproof sekalipun. Meski memang perlu beberapa kali sapuan bila ingin makeup waterproof benar-benar terangkat. Tapi, untuk ukuran produk lokal dengan harga yang bersahabat, saya cukup terkesan dengan produk ini.

Pros

  • Bisa mengangkat makeup dengan baik
  • Nggak mengandung alkohol dan pewangi tambahan
  • Affordable
  • Nggak bikin wajah greasy setelahnya
  • Melembabkan dan bikin wajah terasa segar
  • Nggak perih di mata
  • Nggak bikin wajah kering

Cons

  • Perlu beberapa kali pengaplikasian untuk mengangkat makeup waterproof dan produk yang nge-stain secara menyeluruh

Selain produk ini, Kamini juga pernah mengulas beberapa produk Viva lainnya seperti milk cleanser, face toner, lipstik matte hingga air mawar yang legendaris. Jadi kalau masih penasaran dengan produk-produk old-but-gold ini, silahkan mampir untuk membaca!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram