Review Viva Queen Perfect Cover Concealer, Samarkan Noda Hitam

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Sebagai orang yang punya concern dengan bekas jerawat dan lingkar hitam bawah mata, saya jarang melewatkan produk-produk yang dapat memudarkan ataupun menyamarkan masalah kulit tersebut. Dari serum, exfoliating toner dan sunscreen selalu masuk dalam list skin care regiment saya. Sementara dari lini makeup, foundation dan concealer adalah dua jagoan yang jadi andalan.

Utamanya concealer, produk mungil ini bisa dengan cepat dan mudah menyamarkan lingkar hitam bawah mata serta bekas jerawat yang saya punya. Concealer juga bisa digunakan untuk tampilan makeup apapun, dari heavy-duty makeup sampai yang paling natural.

Dengan semakin banyaknya concealer yang beredar di pasaran, brand legendaris, Viva, juga nggak mau ketinggalan merilis produk yang sama. Bahkan produk bernama Viva Perfect Cover Concealer ini adalah salah satu pilihan concealer yang affordable dan sangat mudah ditemukan.

Kalau kamu ingin tahu bagaimana kemampuan Viva Perfect Cover Concealer dalam menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, simak review berikut ini ya!

Tentang Produk

review viva perfect cover concealer

Saya sebenarnya lupa kapan tepatnya produk ini dirilis. Seingat saya, Perfect Cover Concealer sudah digaungkan oleh Viva sejak tahun 2018 dan masuk dalam jajaran Viva Queen, extension brand dari Viva yang berfokus pada lini makeup.

Selain digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, Viva juga sering menyebutkan bahwa concealer ini dapat digunakan untuk membuat kontur. Kedengarannya praktis, ya? Yang pasti, Perfect Cover Concealer adalah produk concealer pertama dan satu-satunya dari Viva yang hadir untuk meningkatkan tampilan kompleksi penggunanya.

Klaim dan Benefit

Viva Queen Perfect Cover Concealer adalah concealer stick dengan kemasan berbentuk matic yang baik dalam menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, noda hitam dan bekas jerawat.

Concealer ini punya formulasi lightweight dan memberikan tampilan wajah yang flawless dengan soft focus effect. Selain itu, concealer ini bersifat waterproof sehingga tahan lama saat digunakan. Bahkan, Viva menyebutkan kalau produk ini bisa digunakan untuk membuat kontur wajah, seperti menciptakan penampilan tulang pipi yang lebih tinggi, hidung yang lebih mancung, serta dagu yang lebih tirus.

Cara Pemakaian

Review Viva Queen Perfect Cover Concealer, Samarkan Noda Hitam 2

Viva menyebutkan langkah yang praktis dalam menggunakan Perfect Cover Concealer ini yaitu seperti berikut:

  1. Pastikan wajah sudah menggunakan pelembap
  2. Lepaskan tutup concealer dan putar bagian atas tabung concealer hingga isinya keluar
  3. Oleskan pada area wajah yang akan disamarkan
  4. Tepuk-tepuk untuk meratakan produk dengan jari yang bersih atau menggunakan beauty blender.

Kemasan

review viva perfect cover concealer_

Viva Queen nggak pernah luntur dengan kemasan yang simple dengan base color hitam. Sama seperti Perfect Matte Lipstick, concealer ini juga punya kemasan box luar berwarna hitam doff dengan nama merk yang dicetak emas.

review viva perfect cover concealer_kemasan

Ketika box dibuka, saya disambut oleh concealer berbentuk stick—lebih tepatnya krayon—dengan base color sama seperti box luarnya, meski berkarakter reflektif karena materialnya terbuat dari plastik. Concealer ini memang berjenis matic yang mana sangat mudah, dan praktis untuk diatur intensitasnya hanya dengan memutar bagian atas tabung.

Sayangnya, karena langsung menyembulkan isi produk, concealer ini perlu dijaga higienitasnya sebaik mungkin karena kamu nggak akan bisa mencucinya atau membersihkannya. Nggak seperti liquid concealer yang aplikatornya bisa dicuci berkali-kali. Jadi sebaiknya, Viva Queen Perfect Cover Concealer ini digunakan untuk personal use saja, ya!

Ingredients

review viva perfect cover concealer_ingredients list

Setelah kenalan dari tampilan luarnya, saatnya menelisik bahan apa saja yang terkandung dalam Viva Queen Perfect Cover Concealer. Akankah ada bahan yang bermanfaat untuk kulit? Yuk cari tahu dengan membaca ingredients list-nya!

Full Ingredients

Polyglyceryl-3-Diisostearate, CI77891, Caprylic/Capric Triglyceride, Ethylhexyl Palmitate, C12-15 Alkyl Benzoate, Nylon-12, Mica, CI77492, Silica, CI77491, Phenoxyethanol, CI77499, Tocopherol. Butyrospermum Parkii Butter.

Key Ingredients

Bukan berarti produk makeup nggak punya formulasi yang bermanfaat untuk kulit, lho. Kalau dicermati, Viva Queen Perfect Cover Concealer sendiri punya beberapa ingredients yang cukup esensial bagi kulit.

  • Caprylic/Capric Triglyceride

Bahan satu ini berasal dari minyak kelapa dan gliserin sehingga punya fungsi sebagai bahan pelembab sekaligus menyegarkan kulit. Kemampuannya mengisi celah-celah kulit juga menjadikan caprylic/capric triglyceride bisa membuat kulit tampak halus. Bahkan, bahan ini cenderung lembut untuk kulit, lho.

  • Tocopherol

Kalau tocopherol sudah nggak perlu ditanya lagi kemampuannya dalam mengurangi kekeringan pada kulit. Bentuk lain vitamin E ini sangat umum digunakan dalam produk kosmetik, baik pada skincare maupun makeup.

  • Butyrospermum parkii Butter

Satu lagi bahan dry skin-friendly yang terkandung dalam Viva Queen Perfect Cover Concealer adalah shea butter atau yang tertulis dalam ingredients list produk ini sebagai Butyrospermum parkii Butter. Selain melembabkan, shea butter juga dapat membuat tampilan kulit lebih terhidrasi dan plump.

Impresi

Setelah mengenal klaim sampai ingredients Viva Queen Perfect Cover Concealer, saatnya untuk berkenalan langsung dengan produk ini lewat impresinya ketika digunakan langsung pada kulit.

Tekstur

review viva perfect cover concealer_shade 2

Kebanyakan produk yang dikemas dalam bentuk stick atau krayon memang punya tekstur creamy padat yang lembut dan spreadable. Begitupula dengan Viva Queen Perfect Cover Concealer, produk ini sangat mudah dioleskan pada kulit dengan tekstur tersebut. Tekstur ini juga menjadikan produk lebih cepat nge-set dibandingkan liquid concealer biasa.

Aroma

Meski ada beberapa produk makeup yang ditambahkan pewangi dalam formulasinya, nyatanya Perfect Cover Concealer dari Viva ini nggak demikian. Dari ingredients list, Viva nggak menyantumkan keterangan kalau produk ini pake pewangi tambahan. Waktu saya cium pun, tidak ada aroma khusus.

Shade dan Swatch

review viva perfect cover concealer_shade

Viva Queen Perfect Cover Concealer diproduksi dengan 5 shade yaitu 01 Warm Ivory yang punya karakter light dengan yellow undertone, 02 Sand Beige yang berkarakter light to medium dan masih dengan undertone sama, lalu 03 Rose White untuk kulit light dengan pink undertone, 04 Rose Beige yang lebih deep tapi tetap pink undertone, dan terakhir 05 Brown Chestnut yang punya kesan coklat paling kuat.

Review Viva Queen Perfect Cover Concealer, Samarkan Noda Hitam 9

Saya sendiri memilih shade 02 karena kulit saya cenderung medium to dark tone dengan yellow undertone. Luckily, warna ini memang masuk di kulit saya. Alhasil, produk sangat baik dalam menyamarkan tampilan lingkar hitam di bawah mata, meski nggak bisa menyamarkan garis-garis halus dengan maksimal.

review viva perfect cover concealer_aplikasi 2

Concealer ini juga cukup baik dalam menyamarkan noda-noda bekas jerawat yang saya punya. Perlu diingat, noda bekas jerawat saya ini kategorinya ringan, jadi memang cuma butuh produk dengan medium coverage saja untuk disamarkan. Tapi, karena nggak mau puas begitu saja, saya memutuskan untuk menguji coverage produk ini secara terpisah.

Coverage Test

Review Viva Queen Perfect Cover Concealer, Samarkan Noda Hitam 12

Ternyata dari sisi coverage, Viva Queen Perfect Cover Concealer ini hanya ada di rentang sheer to medium. Karena titik hitam yang saya buat tidak benar-benar tertutupi oleh concealer, bahkan setelah layering sekalipun. Hasil ini juga mengantarkan saya pada kesimpulan kalau produk nggak terlalu buildable.

Waterproof Test

review viva perfect cover concealer_waterproof test

Karena Viva dengan jelas menyebut klaim produk ini yang waterproof, saya tentu nggak ketinggalan juga untuk menguji kemampuan produk ini ketika dibasuh dengan air.

Cukup mengejutkan ketika saya mendapati concealer masih menyisa pada kulit setelah dibasuh dengan air sekaligus digosok. Meski ada yang menghilang, tetap ada juga concealer yang masih menempel baik di kulit. Sehingga klaim Viva yang menyebut produk ini waterproof bisa dibilang cukup terbukti, walau menurut saya kecenderungannya lebih ke arah water-resistant dibanding waterproof.

Performa

review viva perfect cover concealer_performa 1

Setelah menggunakan produk ini selama 4-5 jam dengan beberapa kali basuhan air wudhu, saya menyadari Viva Queen Perfect Cover Concealer mulai banyak yang berkurang terutama pada lingkar hitam bawah mata. Ini juga sehubungan dengan riasan saya yang mulai luntur, jadinya pada jam-jam tersebut, area bawah mata saya tampak mulai gelap kembali.

review viva perfect cover concealer_performa 2

Akan tetapi, ketahan produk ini dalam menyamarkan noda-noda bekas jerawat yang saya punya ternyata cukup tahan lama. Sebagian besar produk masih menutupi noda-noda tersebut, walau ada yang memudar dan memperlihatkan kemerahan dari bekas jerawat pada jam ke-4.

Selama penggunaan, saya juga tidak merasa concealer pertama Viva ini membuat kulit saya menjadi kering. Produk juga terasa sangat ringan pada kulit saya. Untuk ukuran produk drugstore, menurut saya ketahan Perfect Cover Concealer cukup bagus.

Tips dan Trik

Masih ingat kalau Viva menyebutkan produk ini bisa digunakan untuk mengkontur wajah? Benar, untuk kamu yang punya warna kulit light bisa menggunakan shade 05 Brown Chesnut untuk dijadikan contour karena punya karakter coklat yang deep.

Semantara untuk kamu yang punya warna kulit cenderung medium to deep seperti saya, shade 01 Warm Ivory akan cocok dijadikan highlight area dahi, hidung, cupid’s bow, serta dagu agar riasan tampak berkilau.

Harga dan Tempat Pembelian

review viva perfect cover concealer_harga dan tempat pembelian

Viva Queen Perfect Cover Concealer ini dibanderol dengan harga sekitar 50ribuan lho untuk ukuran 1.4 g. Terhitung affordable, ya? Produk Viva juga bisa kamu temukan dengan mudah, kok.

Kesimpulan

review viva perfect cover concealer__

Untuk ukuran produk drugstore yang affordable, Viva Queen Perfect Cover Concealer cukup baik dalam meningkatkan tampilan kompleksi wajah. Produk ini bisa dicoba bila kamu punya masalah lingkar hitam di bawah mata dan noda berkas jerawat yang nggak bergitu parah seperti saya. Kesimpulan lengkapnya saya rangkum dalam pros dan cons berikut:

Pros

  • Praktis digunakan
  • Affordable
  • Bisa menyamarkan noda hitam dan lingkar hitam di bawah mata
  • Terasa ringan, cepat nge-set dan nggak bikin kering
  • Coverage light to medium
  • Cukup waterproof
  • Tahan 4-5 jam pada lingkar hitam di bawah mata, dan lebih tahan lama dalam menutupi noda pada wajah

Cons

  • Kurang bisa menutupi noda hitam yang parah
  • Kurang higienis, karena itu sebaiknya hanya digunakan untuk personal use saja
  • Nggak bisa menyamarkan garis halus
  • Kurang buildable

Begitulah pengalaman saya mengulas Viva Queen Perfect Cover Concealer. Kualitasnya yang cukup prima bikin saya semakin yakin kalau produk-produk lokal juga bisa menjadi andalan dalam menunjang penampilan kita.

Kalau kamu punya pengalaman lain selama menggunakan Viva Queen Perfect Cover Concealer, jangan ragu untuk berbagi pada sesama pembaca Kamini lewat kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram