Review Wardah C-Defense Face Mist, Kulit Segar dan Lembab

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 13 Agustus 2021

Menjaga agar kulit wajah tetap bisa sehat dan cantik tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika harus memakai makeup setiap harinya. Kulit akan makin mudah rusak dan menimbulkan banyak masalah. Tapi jangan khawatir, karena kini Wardah memiliki C-Defense Face Mist yang bisa menjaga kulit tetap sehat dan makeup tahan lama.

Pasalnya Wardah C-Defense ternyata cukup serbaguna karena bisa digunakan sebagai moisturizer atau sebagai setting spray. Selain itu, produk ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya akan antioksidan. Wardah C-Defense ini juga memiliki kemasan yang mungil, sehingga mudah dibawa-bawa.

Bila penasaran dengan kinerja dari Wardah C-Defense Face Mist ini, kamu bisa mendapatkan jawabannya dari ulasan saya berikut. Simak terus!

Tentang Produk

review wardah c defense face mist_

Face Mist ini sebenarnya salah satu produk yang ada dalam rangkaian Wardah C-Defense Series, dimana di dalamnya terdapat enam rangkaian produk. Seperti namanya, produk ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya akan antioksidan.

Vitamin C sendiri memang sangat baik untuk kesehatan kulit, apalagi untuk seseorang yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Vitamin C yang kaya antioksidan ini akan membantu menangkal pengaruh buruk dari polusi dan sinar matahari.

Produk ini juga cukup serbaguna. Pasalnya, tidak hanya dijadikan sebagai face mist biasa saja, tapi produk juga bisa jadi moisturizer dan setting spray.

Klaim dan Benefit

Wardah C-Defense Face Mist ini mungkin akan menjadi favorit banyak wanita karena akan membuat wajahmu terasa lebih segar. Pasalnya hal inilah yang di klaim oleh Wardah bahwa C-Defense Face Mist ini akan membuat kulit jadi lebih segar. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C dan natural moisturizing factor yang akan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat yang diklaim Wardah akan didapatkan oleh pengguna bila menggunakan C-Defense Face Mist:

  • Menyegarkan kulit
  • Melindungi kulit dari polusi
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Menjaga elastisitas kulit
  • Kaya antioksidan dari vitamin C
  • Mencerahkan kulit

Cara Pakai

Cara memakai Wardah C-Defense ini sebenarnya sangat mudah, karena kamu bisa memakainya sebagai moisturizer atau setting spray. Berikut caranya:

  1. Bukalah tutup botol Wardah C-Defense Face Mist.
  2. Semprotkan Wardah C-Defense Face Mist dari jarak 30 cm dengan keadaan mata tertutup.
  3. Diamkan untuk beberapa saat, hingga meresap pada kulit.
  4. Gunakan Wardah C-Defense setelah memakai serum sebagai moisturizer atau setelah bermakeup sebagai setting spray.

Kemasan

review wardah c defense face mist_kemasan

Wardah C-Defense Face Mist ini mungkin cukup mencolok bagi para wanita. Pasalnya warna dari botol yang digunakan adalah kuning terang. Mungkin produk ini ingin mengambil warna kuning dari jeruk yang dikenal kaya akan vitamin C. Sayangnya, botol plastik berwarna kuning dan transparan ini tidak memiliki dus sebagai kemasan luarnya.

Meski produk ini dikemas dalam botol plastik, ternyata botolnya cukup kokoh dan tidak mudah pecah. Ukuran Botol yang digunakan juga cukup mungil yakni hanya berukuran 55 ml. Jadi produk ini memang sangat travel friendly, karena mudah untuk dibawa-bawa kemana saja.

Ingredient List

Sebelum mengenal produk ini lebih jauh lewat sensasinya saat digunakan, kita kenalan dulu dengan kandungan bahan dalam formulasi produknya. Adakah bahan yang bermanfaat untuk kulit sesuai dengan klaim Wardah? Yuk, kita ungkap!

Full Ingredients

review wardah c defense face mist_ingredients

Aqua, Propanediol, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Sodium PCA, Allantoin, Disodium EDTA, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Trideceth-9, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil*, Glycerin, Fragrance, Polysorbate 20*, Citric Acid

Key Ingredients

  • 3-O-Ethyl Ascorbic Acid

3-O-Ethyl Ascorbic Acid adalah bahan yang berasal dari turunan vitamin C, dimana bahan ini memberikan efek whitening. Selain itu, bahan ini juga digunakan sebagai anti aging yang dapat meningkatkan kolagen dan melindungi kulit dari kerusakanan DNA.

Bahkan 3-O-Ethyl Ascorbic Acid juga dapat mengurangi bintik hitam, melawan photoaging dan radikal bebas dengan sangat baik.

  • Propanediol

Propanediol adalah bahan yang kerap dijadikan humektan (penahan kelembaban) atau sebagai pelarut dan emolien. Propanediol memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, mulai dari mengunci kelembapan, melembutkan kulit hingga perawatan jerawat. Propanediol juga dapat memberikan efek sebagai produk yang memiliki tekstur ringan mudah menyerap ke dalam kulit.

  • Allantoin

Allantoin sebenarnya bukan bahan yang asing jika kamu adalah penyuka berbagai K-beauty product. Allantoin adalah senyawa yang ditemukan secara alami dalam organisme seperti tumbuhan, hewan hingga mikroba. Allantoin bermanfaat sebagai agen anti inflamasi dan dapat menghidrasi kulit sehingga kulit tetap lembut, terutama untuk kulit sensitif.

Impresi

Setelah mengetahui apa saja kandungan dan klaim dari produk Wardah C-Defense Face Mist ini. Kini saatnya kita mencari tahu mengenai performa dari produk yang bisa bikin kulit terasa segar. Kira-kira seperti apa impresi saya memakai Wardah C-Defense Face Mist ini? Berikut penjelasannya.

Tekstur

Wardah C-Defense Face Mist ini teksturnya cair, makannya produk ini dikemas dalam botol spray. Selain itu produk ini juga sangat ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Apalagi hasil akhirnya tidak membuat kulit terasa lengket, justru kulit jadi terasa lebih segar.

Warna

Wardah C-Defense ini sebenarnya tidak berwarna, tapi dibungkus dalam botol transparan berwarna kuning. Sehingga produk ini seakan memiliki warna yang cerah, padahal Wardah C-Defense ini tidak berwarna sama sekali. Jadi tidak perlu khawatir akan membuat makeup berubah warna, karena produk ini hanya akan membuat makeup jadi glowing.

Wangi

Salah satu hal yang selalu saya sukai dari produk face mist adalah wanginya yang menyegarkan. Wardah C-Defense ini termasuk dalam salah satu produk face mist yang wanginya sangat menyegarkan.

Mendukung warna dari botolnya yang berwarna kuning, face mist ini memiliki wangi jeruk yang segar. Wanginya juga tidak kuat dan menyegar, wanginya terasa seperti jeruk yang segar dan menenangkan.

Aplikasi

review wardah c defense face mist_Aplikasi

Memakai Wardah C-Defense Face Mist ini ternyata sangat nyaman, itulah yang saya rasakan. Saya sendiri biasanya memakai Wardah C-Defense Face Mist ini sebagai moisturizer dan setting spray. Sebagai moisturizer, produk ini akan membuat kulit terasa lebih lembab dan pori-pori terasa lebih lembut dari sebelumnya.

Saya memakai produk ini setelah serum wajah dan membiarkan produknya menyerap dalam beberapa menit. Setelah itu saya baru memakai makeup seperti biasa dan tidak lupa memakai produk ini sebagai setting spray yang membuat makeup jadi lebih glowing dan tahan lama.

Tapi, jika saya sedang beraktivitas di luar ruangan, saya juga akan memakai produk ini untuk menenangkan kulit wajah. Sebab produk ini juga cukup efektif untuk membuat kulit terasa lebih segar di cuaca yang panas.

Performa

Seperti yang di klaim oleh Wardah, produk ini akan memberikan rasa segar pada kulit. Hal ini memang tidak salah. Setelah memakai Wardah C-Defense, kulit memang terasa lebih lembab. Dalam foto di atas, saya memakai Wardah C-Defense sebagai setting spray setelah saya bermakeup. Hasilnya, saya merasa bahwa wajah dan makeup saya terlihat lebih glowing, tapi tidak seperti berminyak. 

Selain itu, saya kerap memakai produk ini saat merasa kepanasan bila berada di luar ruangan. Tapi kelembaban ini tidak memberikan efek rasa lengket di kulit wajah. Justru kulit terasa seperti bernafas kembali, karena terasa lebih segar dari sebelumnya.

Apalagi jenis kulit saya ini terbilang kombinasi, di area T-zone berminyak sedangkan lainnya terasa sedikit kering.  Terkadang, saya juga menggunakan produk ini sebagai moisturizer. Hasilnya, produk ini juga terasa sangat ringan sebagai moisturizer.

Selain itu makeup juga terasa lebih tahan lama, setidaknya selama empat jam saya tidak perlu memikirkan makeup luntur. Wardah C-Defense tidak hanya memberikan kenyamanan saat digunakan di tempat yang panas, namun juga mampu menjaga makeup dengan baik.

Jika kamu beraktivitas di tempat yang ber-AC, memakai Wardah C-Defense face mist ini juga bikin kulit tidak kering. Belum lagi hasil akhirnya membuat kulit terlihat glowing alami dan jika digunakan secara teratur membuat kulit jadi lebih cerah. 

Tapi ada satu hal yang saya soroti dari produk ini, dimana jika cairannya terkena pada mata akan terasa agak perih. Jadi pastikan untuk menghindari produk ini dari mata. Bila sudah terlanjur, kamu bisa membersihkan area mata dengan tisu, barulah setelah itu kamu bisa membuka mata.

Meski terasa lembab di kulit, ternyata produk ini memiliki beberapa hal yang kurang baik untuk kulit. Pasalnya dikutip dari SkinCarisma, produk ini ternyata memiliki fungal acne trigger dan mengandung parfum. Jadi pastikan untuk membersihkan makeup hingga bersih agar kulit tidak terkena fungal acne.

Selama lebih dari dua minggu saya memakai Wardah C-Defense, saya merasa terkadang merasakan gatal di daerah hidung. Tapi hal ini terjadi jika saya memakai makeup selama lebih dari enam jam dalam sehari. Makannya saya sangat menyarankan untuk berhati-hati dalam memakai produk ini, terutama bagi kamu yang bermasalah dengan jerawat.

Tips dan Trik

Meski Wardah C-Defense Face Mist ini bisa dijadikan sebagai pengganti moisturizer, tapi saran saya tetap pakailah moisturizer terpisah yang biasa digunakan. Alasannya agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Selain itu, jangan lupa untuk memakai sunscreen agar kulit tetap terlindungi.

Harga & Tempat Membeli

review wardah c defense face mist_kemasan 2

Wardah C-Defense ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di berbagai gerai Wardah Cosmetic yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan produk ini di toko kosmetik dan mini market di sekitar rumah atau secara online. Harganya juga sangat terjangkau, Wardah C-Defense Face Mist ini hanya dibanderol dengan harga mulai 25ribu – 30ribuan saja.

Kesimpulan

review wardah c defense face mist_Cara Pakai

Sejujurnya saya sangat menyukai memakai Wardah C-Defense Face Mist ini untuk menemani aktivitas sehari-hari. Face mist ini sangat berguna untuk membuat kulit wajah kembali terhidrasi dan lembab, baik di cuaca panas atau di ruangan ber-AC. Selain itu jika digunakan secara teratur, produk ini bisa membuat kulit wajah jadi lebih cerah.

Produk ini juga sangat ringan di kulit, sehingga tidak akan memberikan kesan kulit lengket tapi jadi terlihat lebih glowing. Selain itu produk ini cukup baik sebagai setting spray, karena bisa membuat makeup cukup tahan lama. Apalagi kemasannya yang travel friendly, membuat produk ini makin nyaman buat dibawa kemana-mana.

Sayangnya, Wardah C-Defense ini memiliki kandungan yang berisiko mendatangkan fungal acne. Pasalnya, di sini ada polysorbate 20 dan PEG-40 hydrogenated castor oil yang memiliki resiko fungal acne trigger.

Selain itu, ada kandungan citric acid dan parfum yang memiliki resiko buruk untuk kulit sensitif. Makannya untuk jenis kulit berjerawat dan sensitif, sebaiknya berhati-hati jika ingin mencobanya.

Pros

  • Menyegarkan kulit
  • Melindungi kulit dari polusi
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Menjaga elastisitas kulit
  • Kaya antioksidan dari vitamin C
  • Mencerahkan kulit
  • Memberikan efek glowing pada makeup
  • Wanginya yang menyegarkan

Cons

  • Terdapat kandungan yang beresiko menimbulkan fungal acne
  • Terdapat kandungan bahan yang tidak baik untuk kulit sensitif
  • Terasa sangat perih bila terkena mata, jadi berhati-hatilah saat menyemprotkannya ke wajah.

Akhirnya kita sampai di penghujung dari review Wardah C-Defense Face Mist ini. Jika kamu ingin mencari tahu review dari produk lainnya, jangan lupa klik Kamini.id ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram