Review Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink, Bibir Nggak Kering

Ditulis oleh Sera Serinda A

Setelah kemarin saya sempat me-review produk lip cream dari seri Colorfit yaitu Last All Day Lip Paint, kini saya akan kembali berbagi pengalaman penggunaan produk pewarna bibir terbaru dari seri yang sama yaitu Fresh Matte Lip Ink. Meski keduanya ada dalam satu seri yang sama, ternyata Last All Day Lip Paint dan Fresh Matte Lip Ink memiliki perbedaan, lho.

Lantas, akankah produk terbaru Wardah ini memiliki jejak positif serupa dengan sudarinya, Last All Day Lip Paint? Yuk, simak pengalaman saya menggunakan Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink dengan membaca artikel ini sampai selesai!

Tentang Produk

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink.

Pada bulan Oktober 2021, Wardah merilis dua produk terbaru dari seri Colorfit yaitu Cream Blush dan Fresh Matte Lip Ink. Kedua produk ini tentu langsung disambut baik oleh masyarakat, mengingat seri Colorfit lebih berfokus pada produk makeup, namun belum banyak produk makeup yang dirilis dalam seri ini.

Nah, bila Last All Day Lip Paint adalah produk lip cream, Fresh Matte Lip Ink merupakan lip tint. Jadi tampak jelas bagaimana kedua produk ini akan punya perbedaan tekstur hingga ketahannya.

Soalnya setahu saya, lip tint cenderung lebih tahan lama dibandingkan produk lip cream biasa. Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink sendiri punya 8 shades yang akan freshen up your look setiap hari.

Klaim dan Benefit

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink merupakan lip tint next level yang punya tekstur cair, ringan (weightless bare lip sensation) dan nyaman saat digunakan. Lengkap dengan fresh matte finish yang akan mencerahkan tampilan.

Produk ini diperkaya dengan minyak sunflower dan jojoba untuk menghaluskan dan melembabkan bibir. Ketahanannya pun cukup mumpuni karena diklaim akan tetap menghiasi bibir pemakainya hingga 8 jam pemakaian.

Cara Pakai

Aplikasikan Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink dengan aplikator secara merata pada bibir, kemudian ratakan dengan mengatup-katupkan bibir.

Karena merupakan lip tint, cara pakai Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink sama seperti penggunaan lip tint pada umumnya. Tinggal ulaskan pada bibir menggunakan aplikator secara merata pada bibir, lalu ratakan produk dengan mengatup-katupkan bibir hingga mengering.

Baca juga: Ini Dia Cara Memakai Lip Tint yang Unik agar Tampil Beda

Kemasan

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_klaim_

Sama seperti saudarinya, Last All Day Lip Paint, Fresh Matte Lip Ink juga dikemas dalam double packaging yang terdiri dari dus luar dan tube penampung cairan lip tint.

Bedanya, Fresh Matte Ink menambahkan warna representatif shade pada bagian muka dus dengan total 4 sisi dus diwarnai sesuai warna shade-nya, sementara Last All Day Lip Paint hanya menggunakan 2 sisi dus untuk meletakkan warna shade.

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_kemasan 2_

Bagian tube dari Fresh Matte Lip Ink menggunakan material plastik doff dengan hiasan dua aksen garis yang warnanya menyerupai shade dari produk. Konsep tube yang dipakai juga masih ulir dengan aplikator doe-foot yang tertempel langsung pada bagian tutupnya. Aplikator ini nggak keras ataupun fluffy, tapi nyaman digunakan.

Ingredient List

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_Ingredients_

Dengan semua klaim dan keunggulan yang disebutkan oleh Wardah, apakah selaras dengan ingredients list Colorfit Fresh Matte Lip Ink? Adakah kandungan yang memberikan manfaat atau menunjang performa produk ini? Yuk, cari tahu!

Full Ingredients

Aqua, Octyldodecanol, Isononyl Isononanoate, Isododecane, Butylene Glycol, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Polyglyceryl-6 Polyhydroxystearate, Jojoba Esters, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Disteardimonium Hectorite, Magnesium Sulfate, Sodium Chloride, Helianthus Annus Seed Extract, Acrylates/Polytrimethyl Siloxymethacrylate Copolymer, Phenoxyethanol, Propylene Carbonate, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Aluminum Hydroxide, Isopropyl Titanium Triisostearate, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Tocopheryl Acetate, Acacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Bis-PEG-15 Dimethicone/IPDI Copolymer, Ascorbyl Palmitate, Tocopherol, PEG-2 Soyamine.

May contain: CI 77891, CI 77491, CI 77492, CI 77499. CI 45410, CI 15850.

Key Ingredients

Dari banyaknya kandungan yang tertera dalam ingredients list, ternyata saya menemukan beberapa bahan yang memang memiliki potensi manfaat untuk bibir. Bahan-bahan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jojoba Esters

Bahan yang merupakan bentuk ester dari perpaduan minyak jojoba dan minyak jojoba terhidrogenasi ini memiliki tekstur seperti wax. Tersktur tersebut menjadikannya agen oklusif dan emolien yang baik, jadinya produk terasa nyaman dan lembut pada bibir.

  • Helianthus Annus Seed Extract

Pemilik bibir kering patut berbahagia bila menemukan bahan ini dalam produk lipstik. Soalnya sunflower oil memiliki kandungan asam linoleat yang dapat melembabkan dan memperbaiki skin barrier. Bahan alami ini juga punya efek menangkan, jadinya sangat berguna untuk bibir yang iritasi sekalipun.

  • Caprylyl Glycol

Kalau caprylyl glycol punya kecenderungan sebagai humektan, artinya ia dapat membantu kulit menjaga hidrasi. Selain menahan hidrasi, bahan bersifat humektan juga bisa menjadi pendorong hidrasi sekaligus, karena sifatnya yang bisa menarik air dari lingkungan. Menghasilkan kulit yang terasa lebih kenyal dan lembut.

  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol

Kamu mungkin sudah mengenal baik kedua bentuk lain dari vitamin E ini, sebab keduanya umum ditemukan dalam produk kosmetik. Selain berfungsi sebagai agen antioksidan untuk produk, vitamin E juga menawarkan fungsi antioksidan bagi penggunanya. Antioksidan ini akan bantu mencegah bibir terasa kering.

  • Acacia Decurrens Flower Wax

Wax alami yang berasal dari bunga Mimosa ini bila dipadukan dengan sunflower dan jojoba wax dapat bekerja sebagai emolien, yang mana membuat formula produk terasa halus dan juga berperan sebagai agen pelembab yang baik. Kabar baiknya, lip tint dari Wardah ini juga mengandung kedua bahan yang dimaksud, lho!

  • Polyglycerin-3

Merupakan humektan yang sangat baik, karena terdiri dari tiga molekul gliserin. As we know, gliserin adalah salah satu superstar ingredient karena efek hidrasinya yang jempolan. Bedanya, polyglycerin-3 punya ukuran molekul yang lebih besar dibandingkan gliserin, sehingga memberikan kelembaban yang lebih lama karena penetrasinya ke dalam kulit jadi lebih lambat.

  • Ethylhexylglycerin

Selain memperkuat fungsi antioksidan dari vitamin E, ascorbyl palmitate juga memiliki kemampuan menghidrasi yang diperhitungkan. Sebab bahan ini merupakan kombinasi antara asam askorbat dan asam palmitat. Bagian palmitat inilah yang membuat ascorbyl palmitate punya sifat menghidrasi.

Impresi

Setelah mengetahui apa saja klaim, manfaat, hingga kandungan dari Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink, saatnya berkenalan langsung dengan produk ini lewat uji impresi. Apakah lip tint ini memberikan sensasi seperti bare lips sesuai dengan klaimnya? Yuk, kita selidiki!

Tekstur

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_tekstur_

Bila lip tint biasanya memiliki tekstur cair yang mudah mengering, Fresh Matte Lip Ink tetap memiliki feels sedikit creamy. Namun memang, bila dibandingkan dengan Last All Day Lip Paint, produk ini jauh lebih encer. Ia sangat mudah menyebar pada permukaan kulit layaknya lip tint tanpa meninggalkan sensasi cepat kering.

Saya bahkan awalnya bingung kapan waktu yang tepat bagi produk ini untuk set. Sebab setelah menunggu 5 menit pun bibir masih terasa lembab, dan lip tint nggak sepenuhnya mengering. Tapi yang pasti, produk ini memang super ringan saat digunakan.

Aroma

Ada aroma vanilla yang dilepaskan Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink. Sebenarnya saya nggak kaget, karena pada ingredients list produk tertera kata ‘fragrance’. Jadi bisa saya simpulan Wardah masih membubuhkan pewangi tambahan beraroma vanilla pada lip tint dari seri Colorfit ini.

Shade dan Swatch

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_Shade_

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink memiliki 8 shades warna yang punya rona orange, peach, merah dan brick. Shade yang saya review ini adalah 06 Hyped Up. Karakter warnanya merupakan perpaduan cokelat dan oranye dengan nuansa deep yang hangat.

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_Swatch 2_

Bila memilih tampilan full lips dengan warna ini, maka akan tercipta kesan bold yang hangat. Shade 06 Hyped Up juga sangat cocok dipilih untuk tampilan gradient lips yang terlihat muda, sehingga penggunaannya fleksibel sesuai kebutuhanmu. Pada tampilan full lips, shade ini bisa menutupi warna asli bibir dengan baik. Garis halus pada bibir juga bisa sedikit dikaburkan.

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_Swatch 1_

Akan tetapi, saya nggak merasa Fresh Matte Lip Ink ini memberikan tampilan bibir matte. Bisa dilihat dari foto kalau bibir saya masih bisa memantulkan cahaya, yang artinya produk ini cenderung memberikan tampilan satin finish. Mungkin ini juga yang jadi alasan kenapa produk terus terasa lembab pada bibir saya.

Performa dan Ketahanan

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_ketahanan_

So it is not completely matte finish. Nggak heran ketahannya pun berada di bawah level lip cream matte. Soalnya saat saya coba minum, ada residu produk yang menempel pada bibir gelas. Kala saya coba pakai masker kesehatan, lip tint juga ada yang transfer pada masker meski kuantitasnya sedikit. Artinya, formulasi produk ini nggak transferproof.

Meski begitu, lip tint meninggalkan stain yang cukup bertahan lama pada bibir, stain yang bikin bibir terlihat berwarna pink alami. Stain ini juga sangat long lasting dan tahan banting.

Soalnya ia nggak terusik sama sekali dengan gangguan air dan usapan jari tangan. Makanan berminyak pun nggak bikin stain ini bergeser. Stain ini juga bikin wajah selalu tampak segar karena tampilan bibir nggak jadi terlihat pucat.

Selama pemakaian Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink, saya nggak merasa bibir jadi kering dan pecah-pecah. Produk ini bisa memberikan sekaligus menjaga kelembaban bibir dengan baik, bahkan setelah terekspos makanan berminyak sekalipun. Bibir tetap tampak lebih pink alami, sehat dan nggak kering.

Tips dan Trik

Saya sudah perlihatkan sebelumnya kalau Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink ini bisa digunakan untuk membuat gradient lips. Untuk mendapatkan gradient lips yang sempurna, kamu bisa membubuhkan foundation terlebih dahulu sebelum mengoleskan lip tint.

Hal ini juga dimaksudkan untuk menyamarkan ketidakmerataan warna bibir, seperti yang saya lakukan. Pengaplikasian foundation ini juga akan membuat warna lip tint semakin nyata.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Wardah Fresh Matte Lip Ink_kesimpulan_

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 48ribuan. Untuk mendapatkan lip tint berukuran 4 gram ini, kamu bisa menekan button yang telah tersedia.

Kesimpulan

Produk ini adalah lip tint Wardah pertama yang saya coba, dan saya cukup terkesan dengan performanya. Selain nggak bikin bibir kering, Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink juga meninggalkan stain yang tahan lama di bibir. Membuat bibir tampak pink alami dan membuat wajah tampak lebih segar hingga akhir pemakaian.

Pros

  • Tekstur sangat ringan
  • Melembabkan dan nggak bikin bibir kering
  • Stain yang ditinggalkan cukup tahan lama, transferproof, waterproof, smudgeproof dan bikin bibir tampak pink alami
  • Shade 04 Hyped Up punya pigmentasi warna yang bagus
  • Cukup menyamarkan garis halus pada bibir
  • Hasil akhir satin finish, bukan matte
  • Cocok digunakan untuk tampilan full lips maupun gradient lips

Cons

Cairan lip tint utama mudah transfer

Seperti itulah pengalaman saya menggunakan Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink. Sudahkah kamu mencoba produk ini juga? Atau baru mau membeli karena jadi tertarik setelah membaca ulasan saya ini? Share jawabanmu lewat kolom komentar, ya!

Bila masih mencari produk lip tint lain yang tak kalah dengan Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink, kamu bisa menemukannya dengan membaca merk lip tint yang bagus.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram