kamini.id

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint, Tahan Lama

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 Juni 2021

Siapa yang nggak mau punya produk pewarna bibir long lasting, transferproof, dan ringan? Saya sendiri menjadikan ketiga aspek tersebut sebagai tolak ukur produk pewarna bibir yang diidamkan. Apalagi bila produk pewarna bibir yang dimaksud juga nggak menjadikan bibir kering, sekalipun formula dan teksturnya matte.

Soalnya, bibir saya sendiri termasuk yang berjenis kering. Makanya sebisa mungkin saya menghindari penggunaan produk yang bisa memperparah kondisi bibir. Nah, pada bulan Maret tahun ini, saya mendengar kalau Wardah merilis lip cream yang klaimnya memenuhi produk pewarna bibir impian saya, namanya adalah Colorfit Last All Day Lip Paint.

Saya pun berkesempatan untuk memulas produk ini secara langsung. Bagaimana pengalaman saya mencoba langsung Last All Day Lip Paint dari seri Colorfit milik Wardah ini? Berikut ulasannya.

Tentang Produk

Saat pertama kali diluncurkan, seri Colorfit dari Wardah punya campaign yang cukup menarik yaitu ‘memaksimalkan first moment’. Dalam hidup, kita pasti dihadapkan dalam berbagai first moment, contohnya hari pertama duduk di bangku kuliah, melamar pekerjaan, bertemu orang baru dan masih banyak lagi.

Dalam perilisan seri ini, Wardah mengajak konsumen untuk bisa tampil lebih siap saat menghadapi berbagai first moment tersebut. Salah satu persiapan yang dimaksud adalah menggunakan riasan yang menyatu dengan skintone serta tahan lama. Nah, Wardah Colorfit Series disebut bisa membantumu meraih tampilan riasan tersebut.

Wardah Colorfit Series sendiri terdiri dari produk penunjang kompleksi dan bibir. Ada Wardah Colorfit Matte Foundation, Velvet Powder Foundation, Mattifying Powder, Ultralight Matte Lipstick dan Last All Day Lip Paint—produk yang akan saya review kali ini.

Tiap-tiap produk punya keunggulan masing-masing. Pada Colorfit Last All Day Lip Paint sendiri, Wardah mengunggulkan formulasinya one-swipe coverage yang tahan lama. Bahkan ketahannya disebut-sebut bisa sampai 12 jam, lho. Lip Paint versi Wardah ini juga sudah punya 12 shade yang cocok digunakan semua jenis kulit.

Klaim dan Benefit

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_klaim dan benefit

Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint adalah pewarna bibir dengan formula yang lightweight, non-sticky, non-transfer dan long lasting. Produk ini siap menemani first moment maupun keseharianmu hanya dengan satu pulasan (one-swipe coverage) yang tahan hingga 12 jam.

Cara Pemakaian

Karena Wardah nggak punya instruksi khusus dalam penggunaannya, jadi bisa dibilang cara pakai Colorfit Last All Day Lip Paint sama seperti penggunaan produk liquid lipstick pada umumnya. Kamu hanya perlu mengulaskan produk pada bibir dan tunggu hingga nge-set.

Fun Fact

Ketika pertama kali mendengar produk ini disebut ‘Lip Paint’ oleh Wardah, sebenarnya saya sedikit bingung. Setahu saya, lip paint merupakan produk hybrid antara liquid lipstick dan lip gloss, yang mana seharusnya punya tekstur agak sticky dan hasil akhir dewy. Produk lip paint juga biasanya nggak akan membuat bibir kering atau pun dehidrasi dengan kemampuan melembapkannya.

Sedangkan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint disebut punya hasil akhir yang matte. Jadi tampaknya, Wardah menggunakan istilah ‘Lip Paint’ pada produk ini bukan karena tekstur, formulasi ataupun kemampuan produk dalam melembapkan bibir. Melainkan karena kemampuannya yang long-wearing.

Kemasan

Dari sekian banyak seri kosmetik yang sudah dirilis Wardah, Colorfit punya sejarah yang cukup panjang. Seri Colorfit sebenarnya sudah diperkenalkan Wardah sejak tahun 2019, lewat produk Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse. Tak lama setelahnya, Wardah kembali merilis produk dalam seri yang sama yakni Colorfit Ultralight Matte Lipstick.

Kedua produk seri awal Colorfit tersebut hanya menggunakan color theme yang merepresentasikan tiap shade produk pada kemasannya, nggak ada desain atau tema khusus dari seri secara keseluruhan. Tapi, karena Wardah kembali memperbaharui shades dalam Ultralight Matte Lipstick yang punya nuansa khas musim gugur, akhirnya seri Colorfit pun rampung punya color theme tersendiri, yakni warna krim.

Nah, untuk Last All Day Lip Paint, Wardah memadukan color theme seri Colorfit dengan warna yang merepresentasikan shade produk pada dus kemasannya. Sementara pada botol plastik tempat produk ditampung, warna krim lebih mendominasi lengkap dengan desain yang simple dan modern.

Aplikator

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_aplikator

Pada bagian aplikator, lagi-lagi Wardah mempertahankan ciri khas liquid lipstick yang kental dengan aplikator berjenis doe-foot. Meski nggak terlalu pluffy, aplikator doe-foot ini tetap nyaman dan presisi digunakan tanpa ada bagian yang terasa keras.

Ingredients List

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_ingredients

Kira-kira bagaimana formulasi Colorfit Last All Day Lip Paint yang diklaim oleh Wardah punya ketahanan sampai 12 jam ini? Yuk cari tahu dengan membaca ingredients list-nya!

Full Ingredients

Isododecane, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Cyclopentasiloxane, Trisiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Diisostearyl Malate, Hydrated Silica, Silica Dimethyl Silylate, Disteardimonium Hectorite, Cyclohexasiloxane, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Aluminum Hydroxide, Tocopheryl Acetate, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Cyclotetrasiloxane, Tocopherol.

Key Ingredients

Nah, dari banyaknya kandungan bahan dalam formulasi Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint, saya menemukan beberapa bahan yang punya manfaat khusus untuk bibir:

  • Diisostearyl Malate

Adalah salah satu ingredient yang sering dijumpai dalam produk lipstik. Bahan yang terbuat dari malic acid dan isostearyl alcohol ini punya manfaat sebagai emolien, yakni bahan yang berperan memberikan sensasi lembut pada permukaan kulit. Bahan ini berkontribusi pada sensasi lembut lipstik yang menempel pada bibir.

  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol

Sama halnya dengan area kulit wajah lain, bibir juga sering terekspos sinar matahari. Padahal bibir nggak punya melanin yang berperan sebagai pelindung alami kulit. Inilah kenapa memilih produk bibir yang bisa melindungi dari paparan sinar matahari dinilai cukup penting, dan salah satu kandungan yang bisa diandalkan dalam fungsi ini adalah vitamin E.

Kebetulan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint memiliki kandungan vitamin E dalam bentuk tocopheryl acetate dan tocopherol. Walau tocopheryl acetate merupakan vitamin E sintetis, namun bahan ini tetap menawarkan manfaat vitamin E dalam melindungi bibir dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baik tocopheryl acetate dan tocopherol juga bisa membantu mempertahankan tekstur bibir yang lembut dengan mengurangi tanda-tanda penuaan.

  • Ethylhexylglycerin

Dalam produk kosmetik, ethylhexylglycerin memiliki sifat antibakteri dan bekerja menunjang kekuatan pengawet (preservative) dalam formulasi. Bahan ini juga disebut-sebut punya kemampuan untuk mengurangi tampilan bibir kering dan rusak dengan mengurangi pengelupasan serta mengembalikan kekenyalannya.

Impresi

Selain penasaran dengan performanya, saya juga tentu nggak mau melewatkan perkenalan pertama dengan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint. Dimulai tekstur, aroma, shade, hingga pengaplikasian (swatch), beginilah impresi pertama saya terhadap Lip Paint milik Wardah ini:

Tekstur

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_tekstur

Karena kebetulan saya pernah mengulas Wardah Exclusive Matte Lip Cream, saya pun mencoba membandingkan tekstur dari Colorfit Last All Day Lip Paint dengan saudaranya tersebut. Ternyata Last All Day Lip Paint punya tekstur yang satu level lebih creamy dibandingkan Exclusive Matte Lip Cream. Meski begitu, keduanya sama-sama spreadable kok pada bibir. Jadi jangan khawatir akan sulit mengaplikasikannya ya.

Aroma

Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint juga punya kandungan fragrance yang aromanya terasa seperti vanilla sintetis saat tercium hidung. Wangi ini sebenarnya typical ditemukan pada produk-produk sejenis, dan karena saya nggak punya concern sama wewangian seperti ini, saya nggak mendapati efek buruk apapun. Malah aroma ini terasa lembut bagi saya.

Shade

Sebelumnya sempat saya sebutkan kalau Last All Day Lip Paint dari seri Colorfit milik Wardah ini punya 12 shades in total. Meski perilisannya berangsur, nyatanya 12 shade tersebut cukup beragam dengan nuansa merah, pink, nude dan orange yang jadi favorit para perempuan.

Sebagai pemilik kulit sawo matang alias medium to dark skintone, saya sebenarnya dihadapkan pada beberapa pilihan shade yakni 02 Eternal Sunset, 03 Stick To Latte, 04 Brownderlast dan 07 Brick On. Dan akhirnya, pilihan saya jatuh pada shade 02.

Kalau lihat di katalog produk, shade 02 Eternal Sunset punya karakteristik warna pink, coklat dan hint of orange. Perpaduan warna ini punya kesan yang hangat dan natural, makanya akan cocok digunakan oleh pemilik kulit medium to dark skintone seperti saya.

Anehnya ketika diaplikasikan, hint of orange dari shade 02 Eternal Sunset ternyata nggak terlalu muncul pada bibir saya. Warna yang pop up hanya seperti perpaduan coklat dan pink saja. Tapi karena warnanya masih terkesan kalem dan hangat, saya tetap suka kok dengan shade ini. Shade 02 Eternal Sunset akan cocok digunakan daily, karena nggak punya kesan mengintimidasi sama sekali.

Swatch

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_aplikasi 1

Pengaplikasian Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint cukup mudah dilakukan dengan teksturnya yang creamy. Hanya saja, produk ini ternyata cukup cepat nge-set. Kurang dari 30 detik pengaplikasian, produk akan menempel dan locked pada bibir.

Oleh karenanya, saat mengaplikasikan lip paint ini sebaiknya kamu berhati-hati demi meminimalisir kesalahan. Tapi bila sudah terlanjur, kamu tetap bisa memperbaikinya dengan bantuan makeup remover, kok.

Saat nge-set, Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint akan langsung berubah karakteristik menjadi matte dan non-sticky. Tapi jangan khawatir, matte yang ditawarkan produk ini nggak akan tight apalagi bikin bibir kering. Bahkan sebagai pemilik bibir kering, saya merasa Last All Day Lip Paint nggak memperparah kondisi bibir. Produk malah cenderung ringan meski nggak memberikan kelembapan ekstra.

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_aplikasi

Kalau dari sisi coverage, Wardah memang nggak main-main dengan klaimnya. Cukup satu pulasan, tanpa perlu mencelupkan lagi aplikator ke dalam tube, produk bisa menutupi hampir semua ketidaksempurnaan bibir. Pigmentasinya yang cukup tinggi juga ditunjang dengan lightweight feels dari produk, sehingga kamu tetap bisa layering tanpa perlu takut produk terasa berat.

Daya Tahan dan Performa

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_ketahanan

Part ini sebenarnya yang paling saya tunggu-tunggu. Dengan klaimnya yang tahan hingga 12 jam, tentu saya mencoba membuktikannya sendiri dengan pemakaian produk selama setengah hari penuh, yakni dari pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Selama 12 jam tersebut, Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint telah menemani saya di banyak aktivitas seperti makan, minum, berwudhu, hingga ngobrol sambil menggunakan masker.

Selain punya kecenderungan non-transfer pada gelas dan alat makan, produk juga nggak meninggalkan jejak pada masker kesehatan yang saya gunakan. Lip Paint juga smudge-proof terhadap jari tangan saya yang sesekali nakal meraba bibir. Saat terkena air wudhu pun, produk nggak menunjukan perubahan signifikan.

Karena itulah pada jam ke-8, masih banyak produk yang stay pada bibir, terutama pada bibir bagian atas. Padahal selama 8 jam tersebut saya sudah 2 kali makan, 2 kali berwudhu, mengobrol dan beberapa kali minum. Bibir bagian bawah pun masih tetap tampak berwarna meski produk mulai luntur pada jam-jam tersebut.

Nah, barulah setelah saya makan malam—yakni pada jam ke-10 dan melewati 2 kali wudhu lagi, banyak produk yang mulai menghilang dari bibir. Kalau dilihat dari jauh sebenarnya bibir saya tetap tampak berwarna, namun bila dari dekat, tampak jelas kalau bibir bagian bawah saya sudah memperlihatkan warna asilnya.

Secara keseluruhan ketahanan produk ini memang unggul. Biasanya produk-produk lipstik yang saya pakai hanya bisa bertahan rata-rata 6-7 jam saja pada bibir, sementara Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint ini dengan tangguh mempertahankan bibir saya tetap berwarna bahkan hingga jam ke-10.

Selama penggunaan juga saya nggak menemukan keluhan apapun. Bibir saya nggak terasa kering ataupun jadi chapped. Produk selalu terasa ringan, non-transfer, dan membuat bibir lembut ketika disentuh. Thumbs up!

Tips dan Trik

Ketika menggunakan produk pewarna bibir yang punya matte finish, saya selalu mempersiapkan bibir sejak malam sebelumnya. Saya pasti melakukan eksfoliasi dengan lip scrub atau menggunakan lip mask agar sel-sel kulit mati pada bibir bisa terangkat. Saat bagun pagi pun, saya langsung mengaplikasikan lip balm untuk memberikan kelembapan pada bibir.

Jadinya pada saat mengaplikasikan matte finish lip product, bibir saya sudah dalam keadaan lembap dan halus tanpa kondisi yang chapped sama sekali. Nah, kamu bisa mencontoh tips dan trik tersebut bila punya concern bibir yang kering seperti saya. Semoga berhasil!

Harga dan Tempat Pembelian

Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint dikemas dalam ukuran 4.2 g dan dibanderol dengan harga 50ribuan. Bagi kamu yang ingin mencoba sendiri produk ini, bisa langsung membelinya melalui button yang telah Kamini sediakan, ya!

Kesimpulan

Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_kesimpulan

Harus saya katakan kalau Last All Day Lip Paint dari seri Colorfit milik Wardah ini memang punya ketahanan yang sangat baik. Dengan performanya seperti ini, saya bisa mengurangi frekuensi touch up tanpa perlu khawatir riasan bibir akan banyak luntur. Well done, Wardah!

Pros

  • Mudah diaplikasikan
  • Desain kemasan simple namun modern dengan aplikator yang presisi
  • Pigmentasi warna tinggi
  • Membuat bibir terasa lembut
  • Ringan, non-sticky, smudge-proof, maskproof dan transferproof
  • Katahanan 10-11 jam pada bibir saya, yang mana termasuk long lasting
  • Nggak bikin bibir semakin kering meskipun nggak melembapkan juga

Cons

Cepat nge-set, sehingga perlu hati-hati dalam mengaplikasikannya demi menghindari kesalahan

Punya pengalaman serupa seperti saya dalam menggunakan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint? Jangan ragu untuk berbagi dengan pembaca Kamini lain melalui kolom komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram