Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 September 2021

Sudah coba lini Instaperfect dari Wardah? Koleksi dari lini ini punya kualitas beyond average yang menjadikannya salah satu produk premium. Karena kualitas ini, siapapun penggunanya bisa enhance penampilan secara instan.

Dari beberapa deret produk yang masuk dalam lini Instaperfect, salah satu yang jadi favorit adalah lip makeup-nya. Nah, dalam artikel kali ini, Kamini akan mengulas salah satu produk lip makeup dari Instaperfect yaitu Everlast Intense Matte Liquid. Kira-kira seperti apakah kualitas dari produk ini? Yuk simak penjabaran saya berikut.

Tentang Produk

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid__

Diperkenalkan pada Juni tahun 2020, Everlast Intense Matte Liquid merupakan lip cream dari lini Instaperfect dengan formulasi yang digadang-gadang tahan lama hingga 12 jam. Sehingga siapapun penggunanya, nggak perlu ribet touch up di tengah aktivitas.

Kalau kamu bingung apa bedanya seri ini dengan seri Mattesetter Lip Matte Paint, yang jadi highlight adalah kemampuannya dalam staining bibir. Mattesetter punya warna fading yang natural, sementara Evelast Intense Matte Liquid lebih mengunggulkan aspek ketahanan warnanya yang vivid. Jadinya produk ini akan menutupi bibir dengan warna yang cantik dan hasil matte yang tahan lama.

Klaim dan Benefit

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_klaim_

Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid menawarkan tampilan bibir cantik yang tahan lama hingga 12 jam hanya dengan one dip, alias satu celupan dari produk. Teksturnya yang smooth dan ringan juga nggak akan bikin bibir terasa kering apalagi crack. Jadinya kamu bisa say goodbye sama touch up di tengah aktivitas.

Cara Pakai

Untuk menggunakan Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid ini, bisa seperti penggunaan produk lip cream pada umumnya. Yaitu seperti berikut:

  1. Ambil produk secukupnya dari dalam tube
  2. Pulaskan pada bibir dengan hati-hati agar tidak bleeding
  3. Tunggu hingga produk settle. Selesai, deh!

Fun Fact

Pada tahun 2021 ini, Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid mengeluarkan shades limited edition yang terinspirasi dari Frech Quotes yang dinamakan La Femme. Selain warnanya cocok digunakan untuk semua tone kulit, nama-nama dari tiap shade-nya pun menarik dengan menggunakan bahasa Perancis. Ada La Vie En Rose, Joie de Vivre, Veni Vidi Amavi dan Que Sera Sera. Yup! Shade terakhir punya nama mirip seperti nama saya.

Kemasan

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_kemasan_

Salah satu signature dari Instaperfect adalah penggunaan warna rose gold dan sentuhan holografik pada kemasannya. Desain ini memang terkesan mewah dan menjadi representasi yang tepat dalam mendefinisikan Instaperfect yang premium.

Box luar produk ini punya sentuhan hologram yang penuh dengan warna dasar rose gold. Kesan mewahnya juga cukup pekat. Sayangnya, karena Wardah menggunakan warna putih pada sebagian font tulisannya, saya jadi kurang nyaman saat membaca klaim dari produk. Tapi box luar ini tetap memuat informasi yang cukup lengkap, kok, dimulai dari klaim, ingredients list, nama pabrikan, nomor BPOM, label green dot dan label halal.

Warna rose gold juga diterapkan pada cap plastik produk dengan sentuhan metalik di mulut botol. Sementara body tube terbuat dari kaca tebal yang transparan.

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_aplikator_

Wardah juga masih menggunakan aplikator berbentuk doe foot pada Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid. Feels-nya cukup nyaman, presisi dan nggak ada area yang terasa keras. Produk juga terambil dalam jumlah yang cukup dengan aplikator ini.

Ingredients List

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_ingredients_

Dengan semakin maraknya produk cosmeceutical, kita perlu tetap kritis pada ingredients dari suatu produk kecantikan, nggak terkecuali makeup. Oleh karena itu, cukup penting untuk tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid. Adakah yang bermanfaat untuk kulit? Yuk kita ungkap!

Full Ingredients

Isododecane, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Dimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Hydrated Silica, Diisostearyl Malate, Disteardimonium Hectorite, Cyclopentasiloxane, Alumina, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Cyclotetrasiloxane, Fragrance, Tocopherol.

Key Ingredients

Selain mengandung fragrance, ternyata produk ini juga punya ingredients yang bermanfaat untuk menunjang Kesehatan bibir, lho. Berikut daftarnya:

  • Tocopheryl Acetate

Bentuk lain dari vitamin E ini memang umum dipakai dalam produk kosmetik. Selain affordable, bahan ini punya kemampuan antioksidan yang sama seperti bentuk murni vitamin E. Selain menghalau bahaya radikal bebas, tocopheryl acetate juga berkontribusi melembutkan bibir dengan mengurangi flaking.

  • Tocopherol

Meski sama-sama bentuk lain dari vitamin E dan menawarkan manfaat antioksidan, tocopherol berguna baik bagi bibir pengguna maupun bagi ketahanan produk itu sendiri. Maksudnya, tocopherol juga bisa berperan dalam melindungi produk agar tidak mudah teroksidasi oleh udara, juga menghindarkan produk mudah rusak karena sinar UVB.

Impresi

Saya sebenarnya nggak sabar untuk merasakan langsung sensasi penggunaan Wardah Everlast Intense Matte Liquid karena klaimnya yang cukup menarik. Kalau kamu penasaran juga, jangan sampai lewatkan uraian saya berikut ini!

Tekstur

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_tekstur_

Meski disebut lip cream, saya merasa tekstur creamy dari produk ini sangat ringan. Bahkan cenderung mirip dengan tekstur mousse. Tekstur ini tentu spreadable dan easy to swipe di bibir. Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid juga terasa ringan dan nggak kering setelah nge-set dengan waktu yang dihabiskan produk untuk nge-set sekitar 1 menit.

Aroma

Wardah Instaperfect Everlast Intese Matte Liquid punya aroma typical lip cream kebanyakan, sedikit ada aroma fake vanilla. Tapi aromanya nggak kuat, kok. Kalau saat lip cream dipakaikan ke bibir, aroma ini malah cenderung nggak tercium.

Shade

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_shade_

In total, Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid punya 8 shade dengan tambahan 4 shade limited edition. Warna-warna ini punya nuansa brown, nude, pink, peach, dan merah yang wearable. Tone-nya cukup warm, yang mana cocok untuk kulit orang Indonesia. Lebih lengkapnya adalah seperti berikut:

  • 01 Exceptional: light brownish pink
  • 02 Timeless: nude brownish pink
  • 03 Surreal: warm light pink
  • 04 Grande: medium orangish brown
  • 05 Splendid: warm mauve
  • 06 Authentic: warm pinkish coral
  • 07 Effortless: medium warm brown
  • 08 Dashing: bright yellowish red
  • 09 Que Sera Sera: medium warm brown
  • 10 La Vie en Rose: warm red
  • 11 Joie de Vivre: warm neutral pink
  • 12 Veni Vidi Amavi: neutral pink

Shade yang saya review sendiri adalah 04 Grande. Warna ini memang punya karakter oranye dibalik base-nya yang coklat. Kesannya yang kalem, deep, dengan karakter vivid dan high opacity juga sangat baik dalam menutupi warna bibir yang tidak merata. Dan tentu saja, undertone warm-nya cukup kuat, makanya masuk dengan warna kulit saya.

Swatch

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_aplikasi_

Ketika diaplikasikan, tekstur produk ini terasa lembut. Hasil akhirnya luxurious matte, dengan feels yang nggak kering dan tight setelah nge-set. Pokoknya, cukup nyaman di bibir dan tetap ringan. Shade 04 Grande sendiri bisa dengan baik menutupi ketidakmerataan warna bibir. And, yes, just one dip, bibir saya bisa sepenuhnya tertutupi tanpa perlu menambahkan layer.

Dan sebagai informasi tambahan, saya nggak pake lip balm sebelumnya. Makanya garis-garis pada bibir nggak bisa tersamarkan sepenuhnya. Tapi untuk fine lines bisa dikaburkan dengan baik oleh Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid ini.

Performa dan Ketahanan

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_ketahanan_

Klaimnya yang bilang kalau Wardah Instaperfect Everlast Intesne Matte Liquid memang terdengar menjanjikan. Saya pun cukup penasaran untuk menguji langsung ketahanan produk ini selama rentang waktu tersebut.

Hasilnya, produk ini memang masih stick di bibir sampai pemakaian jam ke-12, meski nggak tahan sepenuhnya. Soalnya kalau dilihat dari dekat, pada jam ke-9 bibir saya sudah nggak tertutupi sempurna, nggak seperti awal pemakaian. Tapi kalau dari jauh, bibir tetap tampak colored. Area kehitaman pada bibir juga masih tampak samar.

Selama 9 jam ini saya sudah banyak melakukan berbagai aktivitas, dimulai makan dan minum, ngemil, mengobrol, memakai masker sampai berwudhu. Sisa kuantitas lip cream yang masih membuat bibir tampak berwarna, menandakan bahwa ketahanan produk memang bagus. Tapi di saat yang sama, semakin lama bibir saya semakin menampung minyak, sehingga kesan matte-nya berkurang.

Secara keseluruan produk ini juga waterproof, less smudge dan nggak bikin kering. Selama pemakaian masker juga hanya sedikit saja residu yang transfer. Walau nggak staining, tapi ketahanan produk terhitung long-lasting.

Tips dan Trik

Beranilah untuk mengaplikasikan produk lip makeup melebihi garis bibir. Selain tampak lebih menyatu dengan kulit, warna produk yang keluar juga akan lebih nyata. Teknik pengaplikasian lip makeup melebihi garis bibir akan sangat membantu terutama bagi para pemilik bibir hitam seperti saya. Jadi, jangan takut lagi, ya!

Harga dan Tempat Pembelian

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_harga_

Meski terhitung premium, produk-produk Wardah Instaperfect tetap mudah untuk ditemukan. Baik online maupun offline. Lip cream dengan berat 4.2 g ini sendiri dibanderol sekitar 80 ribuan.

Kesimpulan

Review Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid_kesimpulan_

Untuk ukuran produk premium, klaim-klaim Wardah Instaperfect Everlast Intese Matte Liquid memang terbukti adanya. Meski nggak beneran bertahan 12 jam, ia masih tetap unggul dibandingkan produk lip cream drugstore, utamanya dalam sisi ketahanan.

Produk ini juga nggak bikin bibir kering ataupun crack. Malah, selama saya pakai, formulanya terasa ringan dan bisa menutupi ketidakmerataan warna bibir hanya dengan satu celupan saja. No layer, no touch up!

Pro

  • High coverage just by one dip
  • Warnanya vivid dengan opasiti tinggi
  • Mudah diaplikasikan dan ringan. Sehingga bisa di-layer.
  • Ketahanan bagus dengan meninggalkan bibir tetap tampak berwarna pada jam-jam terakhir pemakaian
  • Nggak terasa kering, crack, atau flaky
  • Waterproof, less smudge dan less transfer. Cocok banget dengan klaimnya yang tahan lama
  • Bisa menyamarkan fine lines
  • Pilihan warnanya cocok untuk skintone Indonesia dan bisa digunakan di berbagai acara

Cons

  • Masih ada kandungan fragrance, meski aromanya samar saat lip cream dipulaskan
  • Nggak menyamarkan garis-garis pada bibir sepenuhnya, tapi fine lines berhasil dikaburkan
  • Sedikit pricey, tapi worth the money!

Setelah membaca review saya tentang Wardah Instaperfect Everlast Intense Matte Liquid, apakah membuatmu jadi tertarik untuk mencoba produk ini? Atau kamu malah sudah punya pengalaman menarik tentang lip cream ini? Silahkan jawab di kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram