kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation

Review Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 19 April 2021

Wardah, merk lokal yang terkenal dengan jargon halal ini merupakan fan favorite banyak orang. Setiap produknya selalu best seller dan 'berumur panjang' di pasaran. Dalam artian, produk-produk lamanya pun masih banyak yang mencari dan menggunakan, makanya Wardah masih terus memproduksinya.

Seperti seri Wardah Instaperfect misalnya. Produk ini dirilis pada Oktober 2018 silam, dan sekarang sudah ada series lainya dari Wardah, tapi itu tidak membuat lini Instaperfect jadi tenggelam. Sampai sekarang, orang-orang masih banyak yang memburu dan mencari-cari Wardah Instaperfect, terutama eyeliner dan bedaknya.

Nah, untuk bedaknya Wardah Instaperfect ternyata bukan sekedar bedak biasa, melainkan powder foundation. Sekarang, Kamini mau mengulas bedaknya yang memiliki nama lengkap Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation itu.

Produk ini merupakan bedak yang packaging-nya paling cantik yang pernah Wardah buat, kalau menurut saya. Lini Instaperfect memang tidak menggunakan warna 'hijau Wardah' seperti biasanya, melainkan baby pink dan pink neon.

Cantik dan elegan. Kabarnya, Instaperfect Matte Fit Powder Foundation ini cocok banget buat yang kulitnya berminyak. Lalu, bagaimana performanya jika diaplikasikan di kulit kering, ya?

Tentang Produk

Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation adalah foundation yang berbentuk bedak padat. Produk ini diciptakan dengan teknologi pintar, di mana coverage-nya buildable dengan hasil natural dan tahan lama.

Formula Superfine Minerals-nya membuat bedak ini bisa bekerja secara spesifik di lapisan kulit epidermis kita untuk menyamarkan pori, flek hitam, garis halus, dan membuat wajah kita jadi matte. Bedaknya juga mudah dibaurkan dan lembut banget partikelnya.

Klaim & Benefit

Kekuatan yang paling menonjol dari Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation adalah mampu menyerap sebum. Bedak ini memang diformulasikan khusus untuk orang-orang yang kulitnya cenderung berminyak.

Kandungan Superfine Minerals-nya akan menyerap kelebihan minyak dari kulit sekaligus membuat wajah lebih mulus tanpa pori-pori dengan efek Soft Focus-nya. Terus, memiliki coverage yang tinggi, bedak ini juga mampu menutupi kekurangan di wajah seperti flek hitam dan kerutan, loh.

Kemasan

Lantas secantik apa sih kemasan dari produk Wardah satu ini? Kalau dilihat-lihat, sih, cukup menarik. Untuk tahu detail-nya, bisa cek ulasan dari Kamini di bawah ini, ya.

Box

Nuansa lini Instaperfect tuh memang girly dan elegan. Warna hijau Wardah kita dapatkan di tulisan Instaperfect, sedangkan sisa box-nya berwarna pink neon seperti warna kemasan bedaknya seharusnya. Namun, karena milik saya ini ukuran refill, jadi kemasannya terbuat dari plastik yang warna pinknya 'biasa', bukan neon.

Ada keterangan shade, cara pemakaian, perusahaan pembuat produk, dan sebagainya informasi yang lengkap di setiap sisi box-nya. Tapi, tetap saja namanya juga dus luar pasti bakal kita buang, iya, tidak? Tapi, di bagian belakang packaging bedaknya sudah ada informasi yang paling penting, yaitu shade dan tanggal kadaluwarsa, jadi sudah cukup, sih.

Packaging

Nah, ini bentuk kemasannya. Kalau yang kemasan full kan terlihat lebih elegan dengan tutup cembung dan warna pink neon yang ada efek mirror-nya.

Kalau yang kemasan isi ulang ini mirip seperti bedak Wardah isi ulang yang biasanya (yang warna hijau), perbedaannya hanya pada warna saja. Tapi, entah kenapa (mungkin karena warnanya pink), Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation ini walaupun kemasan refill tapi kelihatan lebih cantik dan tidak terlihat murah.

Bedak ini berbentuk compact yang simpel banget karena begitu lah kemasan refill biasanya. Ukurannya lebih kecil dan langsing dibandingkan bedak full, jadi lebih enak untuk dibawa-bawa saat touch up.

Diantara bedak dan spons ada lapisan plastik penghalang supaya sponsnya tidak cepat kotor. Tapi, saya akui plastik tipis ini bakal cepat hilang, apalagi jika kamu orangnya ceroboh.

Spons Bawaan

Saya ingin menyoroti spons bawaannya lebih dalam karena cukup unik. Jika diperhatikan, spons ini memiliki dua sisi, bagian atas berwarna putih susu dan teksturnya sangat lembut seperti beludru.

Sedangkan sisi bawahnya itu lebih tebal dan mirip seperti spons bedak kebanyakan. Warnanya putih gading dan cukup lembut juga untuk ukuran spons bawaan dari bedak compact.

Saya cukup bingung dengan konsep dua sisi spons seperti ini, soalnya saya baru menemukannya sekarang. Jadi saya bertanya-tanya, sisi mana yang harus saya gunakan? Untuk perbandingannya, foto kiri adalah sisi putih beludru sedangkan foto kanan adalah sisi spons biasanya.

Kalau untuk pengaplikasiannya sebenarnya dua-duanya sama-sama enak nyaman lembut, bedanya yang beludru lebih banyak mengambil produk (dan tertinggal di spons-nya) sedangkan spons yang biasa tidak terlalu banyak mengambil produk. Padahal itu saya pemakaiannya adil, loh, banyaknya sama.

Tips: Baik menggunakan sisi spons yang manapun, hasilnya sama-sama pigmented banget. Jadi, kalau kamu mau hasil yang lebih lembut, sebaiknya gunakan powder brush saja. Tapi, kalau kamu memang menginginkan hasil yang full coverage, maka gunakan lah spons bawaan dari Wardah.

Ingredient List

Setelah mengetahui bagian kemasan dan klaim dari produk ini, sekarang kita beralih ke bahan-bahan. Secara garis besar, ada dua kategori yang perlu diketahui, yaitu full ingredients serta key ingredients. Berikut penjelasan lengkap mengenai bahan-bahannya.

  • Full Ingredients

Talc, ethylhexyl methoxycinnamate, silica, isopropyl myristate, nylon-12, titanium dioxide, octyldodecanol, dipentaerythrityl hexahydroxystearate/hexastearate/hexarosinate, zinc oxide, PCA dimethicone, phenoxyethanol, HDI/trimethylol hexyllactone crosspolymer, polymethyl methacrylate, hydrogen dimethicone, dimethicone, ethylhexylglycerin, triethoxycaprylysilane, aluminium hydroxide, methicone, tocopheryl acetate, fragrance, glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, tocopherol, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 42090, CI 77499.

  • Key ingredients
  1. Ethylhexyl Methoxycinnamate

Agak familiar dengan namanya? Kandungan Ethylhexyl Methoxycinnamate memang sering dimasukkan sebagai sunscreen di dalam suatu produk kecantikan.

Zat ini bekerja dengan cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Nanti, cahaya matahari kan diserap, dipantulkan, dan disebarkan kembali. Sayangnya, ada orang yang sensitif dengan kandungan ini. Apa kamu salah satunya?

2. Silica

Lebih terkenal lagi dari Ethylhexyl Methoxycinnamate, Silica adalah adalah salah satu mineral paling umum di muka bumi ini. Silica biasanya ditemukan dalam batu pasir, tanah liat, granit, di bagian tumbuhan dan juga hewan. Silica juga bisa dibuat (alias silika sintetis).

Silica itu multitasker. Kandungan ini banyak digunakan dalam produk perawatan dan kecantikan kulit karena berbagai alasan.

Zat ini mampu menyerap minyak dan keringat, sehingga makeup bisa bertahan lebih lama dan wajah tidak terlihat seperti wajan yang baru dipakai sepanjang hari. Ya, Silica adalah teman terbaik kulit berminyak. Sayangnya, untuk kulit kering, tentu sebaliknya.

3. Isopropyl Myristate

Selanjutnya ada Isopropyl Myristate. Zat ini merupakan emolien polar yang sebenarnya memiliki banyak fungsi. Kandungan ini bisa membuat produk jadi lebih menyerap dengan baik ke dalam kulit, dan juga bisa bekerja sebagai pembunuh bakteri.

Terus, Isopropyl Myristate memiliki pengaruh juga terhadap pH produk dan menjaga keseimbangan sebum. Fungsinya lebih kepada 'obat', sih. Sayangnya, kandungan ini memiliki efek samping, yaitu clogging pores dan bisa memicu iritasi.

Impresi

Oke, pembahasan bahan sudah selesai sekarang Kamini mau membahas tentang impresinya. Untuk pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai tekstur, wangi, dan swatch produknya.

Tekstur

Bedak ini powdery banget, tapi halus dan lembut. Walaupun powdery, bedaknya tidak berhamburan kok, tenang! Begitu pula setelah diaplikasikan ke kulit, bedaknya lembut banget, membuat wajah terasa mulus seperti kulit bayi.

Wangi

Saya tidak mencium aroma apapun dari bedak ini.

Swatch

Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation tidak memiliki shade yang banyak, hanya empat saja, tapi kata Wardah, cocok untuk tone mayoritas orang Indonesia. Diantaranya ada shade 11 Fair (cocok untuk kulit putih undertone cool) dan 12 Ivory (cocok untuk kulit putih undertone neutral dan warm).

Lalu ada 13 Beige (cocok untuk kulit kuning langsat undertone medium), dan terakhir 14 Crème (cocok untuk kulit sawo matang undertone warm - ini agak oranye sih warnanya). Saya sekarang pakai shade 12 Ivory. Pas banget dengan skintone alami saya warnanya.

Daya Tahan dan Performa

Apakah produk Wardah ini cukup bagus? Worth untuk dibeli? Untuk menjawab semua rasa penasaran itu, akan saya bahas secara detail di bawah ini.

Cara Pemakaian

Seperti cara pakai bedak padat pada umumnya, pat-pat spons bawaan ke bedak lalu tap-tap ke seluruh wajah dan leher. Tapi, kalau mau hasilnya lebih natural, gunakan brush bedak, ya. Disapukan saja dengan rapi ke seluruh area kulit yang diinginkan, sama-sama pigmented, kok.

Hasil

Untuk mengetes tingkat coverage Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation, saya pakai di wajahnya sebelah-sebelah, ya. Sisi kiri wajah saya pakaikan foundation, sedangkan sisi kanan saya biarkan dengan moisturizer saja.

Untuk hasilnya lebih full coverage yang pakai foundation tentunya. Jerawat di dahi saya agak lebih tertutup lagi dan mata panda saya juga lebih saru. TAPIIII, keren banget nih Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation.

Soalnya, sisi wajah saya yang pakai pelembab doang juga cukup ter-cover dengan baik, loh. Perbedaan yang cukup terlihat pada mata panda saja, sisanya kayak sama semua rata, kan?

Tapi, memang ada kurangnya juga kalau produk yang full coverage tuh.. Kalau dari jauh kelihatan bagus, ya, makeup-nya. Padahal, kalau di-zoom, produk ini tuh dempul banget.

Kalau buat ke undangan gitu sih cocok, tapi buat sehari-hari kayaknya tidak , deh.. Uniknya, walaupun sangat 'menutupi' kulit, foundation powder ini tetap terasa ringan.

Kalau di foto tidak terlalu kelihatan, ya. Tapi, area mata saya kering banget. Terutama yang cuma pakai pelembab doang tanpa foundation. Kalau pakai eyeshadow pasti crack, sih.

Terus, kelihatan banget gitu bedaknya. Kayak bikin wajah saya seperti bertepung karena memang membayang, tidak nge-blend banget sama kulit asli. Jadi supaya hasilnya seperti ini lain kali saya akan aplikasikan menggunakan brush saja.

Kesimpulan

Saya pikir foundation- bedak ini tidak kuat dengan humidity (kelembaban). Saat itu cuaca cukup panas padahal saya di ruangan ber-AC dan tidak melakukan kegiatan yang berat, tapi kacamata saya 'merosot' terus karena wajah saya licin. Ya, bedaknya luntur. Bisa dilihat di sudut tulang hidung kacamata saya, ada cukup banyak bedak yang tertinggal.

Terutama untuk sisi wajah yang tanpa foundation. Jadi, penggunaan foundation cair sebelum Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation ini sangat membantu ketahanannya. Sisi positifnya, bedak ini bagus banget dalam artian coverage-nya sangat tinggi, jadi cocok dipakai sama MUA atau untuk keperluan profesional lainnya.

Kemasannya juga cantik, teksturnya lembut, dan mudah dibaurkan. Akan tetapi tentu produk ini memiliki beberapa kekurangan juga yang akan saya poin di bawah ini.

Pros (+)

  • Coverage tinggi tingkat dewa!!
  • Harga terjangkau
  • Produk lokal yang sudah dikenal halal dan mudah ditemukan
  • Kemasan cantik dan kecil, cocok buat dibawa traveling
  • Spons bawaan yang unik, double sided yang dua-duanya berfungsi, sih.. saya masih belum mengerti apa tujuannya sebenarnya kenapa ada dua sisi yang berbeda (haha)
  • Kalau mau lebih hemat bisa beli kemasan yang refill, sama-sama cantik kok kemasannya!
  • Saya telah membaca review pada kulit berminyak, dan katanya tidak cakey sama sekali juga bisa menahan minyak dari wajah mereka dengan cukup baik (up to 5 jam)

Cons (-)

  • Tidak ada cermin karena ini kemasan refill
  • Hasil pemakaian terlalu kelihatan 'bedakan', tidak natural
  • Tidak waterproof, bedak luntur dan geser saat terkena air (lihat foto di atas, bagian tengah alis saya ada jalur airnya, kan? Memperlihatkan warna kulit alami saya yang agak kuning jadinya. Saya tidak tahu ini bisa diperbaiki dengan touch up atau tidak, karena saya tidak mencoba)
  • Drypatch (kulit kering) bermunculan setelah pemakaian di atas 6 jam (lihat gambar di atas, ada kulit kering di sekitar bibir saya)
  • Kulit harus benar-benar terhidrasi agar tidak kelihatan cakey
  • Karena tidak waterproof, harus menghindari kegiatan yang berjibaku dengan air & keringat (padahal saya itu wudhu doang tapi bedak ini lunturnya parah banget kayak habis berenang)
  • Mungkin dengan bantuan setting spray bisa lebih kuat bedaknya, mungkin

Harga & Tempat Membeli

Untuk harganya yang cukup terjangkau, kualitas powder foundation ini udah bagus banget, sih. Tidak sampai out of this world juga, tapi sudah 80% lah terbaiknya.

Minusnya dia cuma kurang smooth (kelihatan banget 'dempul'nya), tidak anti air, sama kelamaan dipakai membuat kulit kering (atau lebih tepatnya membuat kulit yang sudah kering jadi terlihat kering, gitu).

Di sisi lain, packagingnya yang cantik (terutama yang full size, warnanya pink metalik gitu mewah), coverage-nya buildable dan tinggi banget, itu keren dan tidak menyangka Wardah berani mengeluarkan produk yang sebagus itu dengan harga 100 ribuan saja.

Apa kamu pernah menggunakan bedak ini juga? Bagaimana pendapatmu mengenainya? Jangan lupa baca ulasan Kamini lainnya untuk produk Wardah lainnya, seperti Wardah Sunscreen Gel dan Wardah DD Cream, ya.

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram