Kamini.id / Lipstik Matte / Review Wardah Intens Matte Lipstick, Lipstik yang Melembabkan

Review Wardah Intens Matte Lipstick, Lipstik yang Melembabkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lipstik merupakan salah satu favorite item para wanita. Karenanya industri lipistik menjadi sangat berkembang pesat saat ini. Setiap tahun, kamu pasti akan menjumpai produk-produk lipstik terbaru yang diproduksi berbagai brand kecantikan, baik lokal maupun Internasional.

Brand pengusung kosmetik halal di Indonesia, yaitu Wardah, juga tidak mau ketinggalan dalam memikat hati para wanita lewat line dekoratifnya. Kebetulan, lipstik merupakan line yang paling banyak memiliki seri dibandingkan dengan line dekoratif lain.

Kali ini, Kamini akan mengulas salah satu lipstik dari seri Matte Intens Lipstick milik Wardah. Lipstik ini disebut-sebut sebagai improvement dari seri Long Lasting Lipstick pendahulunya.

Seri Long Lasting Lipstick memang dirilis lebih awal dibandingkan seri Matte Intens Lipstick. Keduanya diklaim memiliki matte finish result. Namun kabarnya ada yang menjadikan Matte Intens Lipstick lebih menarik dibandingkan Long Lasting Lipstick. Mari kita cari sisi menarik dari Matte Intens Lipstick ini!

Tentang Produk

Review Wardah Intense Matte Lipstick_1

Sejak perilisannya pada bulan September tahun 2016, Wardah Matte Intens Lipstick tidak luput dari perhatian para wanita. Produk ini terdiri dari 16 shades dengan warna-warna yang menggemaskan, natural, hingga warna bold yang beragam. Tentu saja Wardah juga sudah mindful membuat warna-warna lipstik pada seri ini agar cocok di kulit orang Indonesia.

Wardah Intense Matte Lipstick hadir dalam kemasan yang klasik yang serupa dengan seri Long Lasting Lipstick. Akan tetapi, seri Matte Intense Lipstick digadang-gadang memiliki improvement formula dibandingkan pendahulunya tersebut.

  • Klaim dan Benefit

Wardah Intense Matte Lipstick diklaim memiliki kemampuan melembabkan sekaligus menyuguhkan tampilan akhir matte pada bibir penggunanya. Lipstik ini juga telah diformulasikan dengan Smooth Creamy Texture, Supreme Moisture Charge, serta kombinasi dari Highly Pigmented Colors di dalamnya. Produk ini akan menjadikan tampilan bibir menjadi cantik dan lembab dalam satu olesan. Ketahanan warna yang ditawarkan pun maksimal.

  • Cara Pemakaian

Saya mengira, cara penggunaan Wardah Intense Matte Lipstik ini tidak berbeda dengan pemakaian lipstick pada umumnya. Namun ternyata ada sedikit hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan Wardah Intens Matte Lipstick ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Putar lipstik maksimal ¼ bagian, jangan sampai lipstik menyembul terlalu tinggi
  2. Pulaskan lipstick dari bagian tengah bibir atas lalu mengikuti kontur bibir menuju arah kanan dan kiri
  3. Setelah itu, pulaskan lipstik ke seluruh permukaan bibir bagian bawah

Bagaimana? Adakah yang unik dari cara pemakaian tersebut? Cara pemakaian ini saya kutip dari website resmi Wardah, lho. Kalau boleh jujur, saya cukup terkejut dengan langkah pertama.

Saya yakin Wardah menganjurkan untuk memutar lipstick hanya sampai ¼ bagian saja bukan tanpa alasan, melainkan menghindari pengguna berpeluang mematahkan batangan lipstik bila meyembul terlalu tinggi. Jadi, sebaiknya kamu tidak menyembulkan lipstik terlalu tinggi saat mengaplikasikannya.

  • Fun Fact

Bisa menebak salah satu shade dari 16 shade Wardah Intense Matte Lipstick yang bisa menciptakan tampilan full lips yang bold namun juga bisa digunakan untuk membuat gradient-lips? Terdengar praktis, bukan?

Nah, ternyata ada salah satu shade yang bisa memberikan dua hasil yang kontradiksi tersebut, yaitu shade Lady Burgundy. Kamu bisa menciptakan tampilan gradient-lips yang manis dan menggemaskan ataupun mempertegas tampilan bold-look saat pergi ke pesta. Coba, deh!

Kemasan

Review Wardah Intense Matte Lipstick_2

Sebelumnya sudah saya singgung tadi bahwa Wardah Intense Matte Lipstick memiliki kemasan serupa dengan pendahulunya yaitu Long Lasting Lipstick. Perbedaanya hanya pada box luar lipstik yang memiliki desain dan warna berbeda.

Wardah Intense Matte Lipstik dikemas dalam tube roll-up berwarna silver yang materialnya terbuat dari plastik opaque. Sementara bagian tabung tempat batang lipstik dibenamkan terbuat dari material aluminium yang ringan. Produk ini hadir dalam bentuk tube yang ramping dengan panjang 9 cm serta berat bersih 2.3 g.

Pada bagian cap terdapat nama Wardah yang dicetak dengan warna silver reflektif. Sedangkan pada bagian dasar tabung, telah tertempel nomer produksi dan nomer shade dari lipstik.

Ingredients

Review Wardah Intense Matte Lipstick_ingredients

Full Ingredients

Octyldodecyl Strearyl Stearate, Cyclomethicone, Beeswax, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Octyldodecanol, Candellila (Euphorbia Cerifera) Wax, mica, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Ozokerite, BHT, Propylparaben, Squalane, Tocopheryl Acetate, Hydrogen Dimethicone, Fragrance, Talc, Isononyl Isononanoate, Isopropyl Myristate, Strearalkonium Hectocrite, Isopropyl Titanium Triisostearate, Propylene Carbonate, Polyhydroxystearic Acid.

Key Ingredients

  • Besswax, Candelilla Wax, Carnauba Wax

Baik Beeswax, Candellia Wax, maupun Carnauba Wax adalah bahan dasar yang biasa digunakan dalam lipstik. Perpaduan ketiga jenis wax ini dapat memberikan tekstur produk yang creamy dan terasa lembut ketika diaplikasikan.

Kandungan wax yang tinggi dalam formulasi lipstik biasanya menghasilkan hint of gloss pada akhir pemakaian. Padahal, seperti yang kita tahu, Wardah Intense Matte Lipstick sendiri diklaim memiliki finishing result yang matte.

  • Talc dan Mica

Kedua bahan inilah yang esensial dalam membuat tampilan akhir matte. Baik mica maupun talc merupakan mineral yang dapat menyerap minyak dengan baik. Kedua bahan ini sering digunakan oleh produk kosmetik yang memiliki kandungan oil-absorber ataupun yang memiliki klaim ‘matte’.

  • Tocopheryl Acetate

Wardah Intense Matte Lipstick ternyata memiliki kandungan tocofeil asetat atau yang populer disebut sebagai vitamin E. Bahan ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, tokoferil asetat juga bisa mencegah terjadinya flaking pada kulit kering, menjadikan bahan ini dapat membantu menjaga kelembaban bibir.

Impresi

Memang harus saya katakan bila Wardah Intense Matte Lipstick ini memiliki keunikan tersendiri sejak pertama kali saya pulaskan pada bibir. Kalau kamu penasaran, jangan dulu berhenti di sini, ya!

  • Tekstur

Review Wardah Intense Matte Lipstick_ tekstur

Saya tidak menyangka matte lipstick dari Wardah ini memiliki tekstur yang cenderung creamy dan lembut. Lipstik ini meluncur dengan mudah memenuhi bibir saya. Tekstur yang ditawarkan memang tidak sehalus tekstur lipstik glossy, namun untuk ukuran lipstik matte, tekstur ini cukup impressive.

Lipstik sama sekali tidak menggumpal bahkan pada pengaplikasian pertama. Warnanya merata hingga pada tiap ujung bibir. Pokoknya, produk ini sangat mudah dan nyaman ketika diaplikasikan.

  • Aroma

Sedangkan dari aspek aroma, sebenarnya saya tidak mencium aroma apapun saat mengaplikasikan lipstik pada bibir. Akan tetapi, bila saya sengaja mencium aroma batang lipstik, saya bisa merasakan aroma vanila dan cokelat yang samar. Mungkin fragrance yang digunakan dalam produk ini tidak terlalu banyak. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan merasa terganggu dengan aroma lipstik.

  • Swatch

Review Wardah Intense Matte Lipstick_Swatch

Shade Wardah Matte Intense Lipstick yang saya pilih adalah nomor 11 alias Choco Town. Saya memilih shade ini karena katanya sangat cocok digunakan pemilik kulit sawo matang. Shade ini juga disebut-sebut sebagai shade yang paling banyak diincar di Indonesia.

Selain Choco Town, pemilik kulit sawo matang juga bisa menggunakan shade Mauve Mellow, Retro Red, Active Cerise, Lady Burgundry, Out of Red, Yummy Brownie, Easy Brownie dan Pecan Pie.

Warna Choco Town ini sangat deep pada bibir saya. Perpaduan antara coklat tua dengan sedikit hint merah menjadikannya cocok untuk menutupi ketidakmerataan warna bibir. And yes, it’s a highly pigmented color. Pigmentasinya sangat tinggi sampai-sampai saya tidak perlu layering untuk full coverage.

Finishing result dari lipstik ini adalah matte dengan slightly glossy hint atau sedikit satin. Bukan dead matte yang sama sekali tidak ada hint of gloss apapun. Tampilan ini menjadikannya terlihat opaque pada bibir. Saya sendiri merasa lipstik ini tetap natural ketika digunakan dan sangat cocok digunakan oleh pemilik bibir yang kering.

Pasalnya, biasanya saya selalu menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Tapi kali ini saya tidak lagi memerlukan lip balm. Wardah Intense Matte Lipstick cukup melembabkan bibir saya selama digunakan.

Performa dan Daya Tahan

Review Wardah Intense Matte Lipstick_Performa

Ketahanan produk ini juga cukup baik yaitu 5-6 jam dengan sisa stain pada bibir dan benar-benar bersih pada sekitar jam ke-7. Ketika dipakai makan dan minum, lipstick memang mulai memudar terutama pada bagian tengah bibir bawah. Akan tetapi masih banyak sisa lipstik yang tertinggal.

Jadi, tanpa perlu touch-up pun saya terlihat seperti masih menggunakan lipstick dengan sheer coverage. Meskipun demikian, saya merasa lipstik mulai kehilangan kelembaban pada jam-jam terakhir. Jadi kamu sebaiknya touch-up atau menggunakan lip balm pada jam-jam tersebut.

Wardah Intense Matte Lipstick ini sedikit transfer di bibir saya, tapi cukup smudge-proof. Lipstik ini juga memiliki kekuatan water-resistant yang lumayan. Saya mendapati bibir tetap on-point walau sudah membasuhnya beberapa kali dengan air.

Tips dan Trik

Kalau kamu ingin membuat Wardah Intense Matte Lipstick tahan lama tanpa kehilangan kelembabanya, hindari menempelkan tisu atau blotting paper pada bibir. Sebab keduanya dapat menarik kelembaban yang dimiliki lipstik dan membuat lipstik menjadi mudah kering pada bibir.

Akan tetapi, kalau kamu sudah terlanjur melakukannya, sebaiknya kamu mengulaskan kembali lipstik atau menambahkan lipbalm agar bibir terasa lembab kembali.

Harga dan Tempat Pembelian

merk lipstik yang bagus_Wardah Intense Matte Lipstick (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Karena bukan brand new product, Wardah Intense Matte Lipstick ini sudah banyak bertebaran baik over-the-counter maupun online. Harga lipstik ini adalah sekitar Rp. 37.000-Rp. 49.000 bergantung toko tempat kamu membelinya. Cukup ekonomis, bukan?

Kesimpulan

Review Wardah Intense Matte Lipstick_produk

Produk ini almost-magical bagi saya yang penyuka lipstik matte sekaligus pemilik bibir kering. Kemampuannya dalam melembabkan dengan tampilan akhir matte yang cantik, sangatlah baik bagi bibir kering saya. Kalau kamu memiliki keadaan bibir seperti saya, saya sangat merekomendasikan Wardah Intense Matte Lipstick untuk kamu coba.

Pros

  • Sangat mudah untuk diaplikasikan
  • Pigmentasi warna tinggi
  • Melembabkan bibir
  • Ketahanan hingga 7 jam dengan makan dan minum
  • Smudge-proof dan water-resistant
  • Wanginya tidak menyengat

Cons

  • Sedikit transfer namun masih banyak stain yang tersisa
  • Ada kemungkinan mudah patah, yang terpenting adalah tidak ‘meyembulkan’ lipstick terlalu tinggi pada saat akan digunakan

Itulah tadi pengalaman saya menggunakan Wardah Intense Matte Lipstick. Produk ini ternyata memang menarik dengan hampir semua klaimnya yang terbukti. Apakah kamu pernah mencoba produk yang satu ini? Kalau iya, jangan ragu untuk share pengalamanmu dengan Kamini melalui kolom komentar!

Kamini juga memiliki rekomendasi lipstik lain yang bisa kamu coba, lho. Untuk pemilik bibir kering seperti saya, kamu bisa membaca artikel merk lipstik untuk bibir kering ini. Atau, kalau kamu membutuhkan rekomendasi lipstik yang bagus, silahkan kunjungi artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020