Review Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 13 November 2021

Y.O.U Colorland adalah lini terbaru dari brand lokal tersebut. Series Colorland terdiri dari produk kompleksi bibir (Soft Stroke Lip Clay & Powder Mousse Lip Stain) dan produk perona mata (Focus On Me Eyeshadow, Aurora Muse Eyeshadow, Wander Nature Eyeshadow Palette, dan Eyeshadow Brush).

Kemudian ada produk kompleksi wajah (Focus On Me Highlighter & Painting Filter BB Cream), produk perona pipi (Focus On Me Blush), serta produk alis (Art Shaping Brow Pomade). Untuk saat ini, Kamini akan membahas salah satu produk Y.O.U Colorland, yaitu Wander Nature Eyeshadow Palette.

Ingin tahu lengkapnya seperti apa kemasan, swatch, warna yang tersedia, hingga performa Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Tentang Produk

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-6

Dalam satu palet terdiri 15 pilihan warna yang alami. Dari tekstur matte, shimmer, dan glitter, semuanya ada untuk dipadupadankan sesuai keinginanmu. Eyeshadow palette ini cocok untuk melengkapi makeup siang maupun malammu. Berpigmentasi tinggi, mau itu pertemuan virtual maupun offline, pastikan matamu bersinar walau wajah tertutup masker dengan Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette.

Fun Fact!

Tahukah kamu?

Y.O.U nggak cuma dikenal dalam negeri, tapi hingga Filipina juga, loh!

Klaim & Benefit

  • Hadir dalam 15 warna yang terinspirasi dari alam
  • Warna eyeshadow cocok untuk semua skintone
  • Eyeshadow terdiri dari 3 tekstur berbeda: matte, shimmer, dan glitter
  • Sudah include cermin besar di dalam palet
  • Eyeshadow berpigmentasi tinggi
  • Karena menggunakan formula velvety, eyeshadow terasa lembut dan mudah dibaurkan
  • Tahan lama sepanjang hari, nggak mudah luntur

Kemasan

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette_

Konsep Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette bisa terlihat jelas dari desain paletnya, nature banget, kan? Soalnya saya melihat ada gambar gunung, tapi ada pohon kelapa sawit, dan gelombang-gelombang yang mungkin menggambarkan air walaupun berwarna kuning-peach.

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette_-1

Kalau bagian belakangnya seperti ini. Saya suka part yang dibikin translucent, jadi bagian belakang tetap sama desainnya seperti cover depan. Terus, untuk tulisan informasi dan visualisasi palet ada di dalam kotak semi transparan.

Informasi yang diberikan Y.O.U sudah lengkap kalau menurut saya, bahkan ada PAO-nya juga. Walau sayang, cetakan tanggal kadaluwarsanya sudah terhapus. Padahal saya belum lama punya produk ini, dan seingat saya pun nggak pernah kena air.

Yang perlu di-shoutout itu gambar tray eyeshadow-nya karena dibuat mirip sekali dengan produk di dalamnya. Bukan cuma warna dan nama shade saja, tapi benar-benar hingga teksturnya juga kelihatan dari gambar. Jadi kalau orang-orang beli produk secara offline itu nggak menerka-nerka lagi bagian dalam paletnya seperti apa.

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-3_

Di bagian dalam kemasan ada cermin yang cukup besar, walau nggak memenuhi lebar kemasan. Ada tulisan Wander Nature dan slogan dari Y.O.U untuk produk ini pada bagian tersebut. Sampai bagian dalam kemasan pun diberi gambar yang sama dengan cover depan/belakang palet. Cantik sekali, ya?

Sedangkan untuk tempat tray eyeshadow-nya dibikin polos. Saya pikir ini sengaja karena warna-warni eyeshadow-nya saja sudah ramai. Dan, benar dugaan saya, visualisasi eyeshadow di bagian belakang kemasan ternyata 100% sama seperti yang kita dapatkan.

Kalau dilihat sekilas begini saya penasaran banget sama shade light&shadow. Kalau shade purely saya suka karena dicetak sesuai dengan gambar palet, gunung/alam gitu.

Ingredient List

Ingin tahu ada apa saja kandungan pembentuk Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette? Yuk, langsung saja simak pembahasannya di sini!

Full Ingredients

Talc, Mica, Synthetic Fluorphlogopite, Dimethicone, Silica, Caprylic/Capric Triglyceride, Magnesium Stearate, Boron Nitride, Ethylhexyl Palmitate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin. May Contain: CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499, CI 15850, CI 77007, CI 77742, CI 19140, CI 15985, CI 16035, CI 42090.

Key ingredients

  • Synthetic Fluorphlogopite

Zat ini lebih sering disebut sebagai mika sintetis. Ini adalah komponen pigmen mengkilap yang bebas plastik. Tiruan sintetis ini terbuat dari mineral alami. Di dalam kosmetik, ia berfungsi sebagai zat penambah viskositas.

  • Dimethicone

Dimethicone adalah bahan berbasis silikon yang biasa digunakan dalam kosmetik dan perawatan kulit. Di antaranya primer, produk kompleksi, pelembab, sampo & kondisioner, dan tentunya eyeshadow!

Kandungan ini berfungsi untuk memberikan tekstur yang terasa sangat halus, membantu mempertahankan kelembaban, dan mengisi garis dan kerutan kulit agar riasan terlihat merata.

  • Caprylic/Capric Triglyceride

Bukan cuma konsep eyeshadow yang natural, tapi Y.O.U juga menggunakan bahan dari alam. Trigliserida kaprilat dibuat dari kombinasi minyak kelapa dan gliserin. Zat ini telah digunakan selama lebih dari 50 tahun, loh. Fungsinya adalah untuk menghaluskan kulit dan bekerja sebagai antioksidan.

Impresi

Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette bakal seperti apa, ya? Jujur saya nggak mau berharap terlalu tinggi karena pernah mencoba beberapa eyeshadow dari merk lokal dan kualitasnya terasa biasa saja. But, we'll see, ya!

Tekstur

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-7_

Cantik-cantik sekali, bukan? Sewaktu saya masih remaja, saya lebih suka warna-warna eyeshadow yang berani. Biru metalik, merah darah, neon, apapun itu yang bold. Tapi, seiring bertambah usia, saya lebih condong pada warna-warna eyeshadow yang natural seperti ini.

Karena menurut saya, warna earth tone begini lebih masuk ke setiap occasion. Mau itu untuk pergi ke acara penting, hangout, sampai ngantor juga cocok. Sedangkan warna-warna bold biasanya lebih cocok untuk party atau makeup malam. Tapi, semua kembali ke selera, ya.

Untuk tekstur eyeshadow ini sudah saya mention sedikit di atas, yaitu matte, shimmer, dan glitter. Warna matte-nya ada 6 dengan range warna nude, cokelat, hingga yang paling terang adalah oranye. Sedangkan untuk tekstur shimmer ada 3 dengan warna nude dan kemerahan. Kemudian yang glitter ada 6 dengan warna kecoklatan, hijau, dan kemerahan.

Walaupun ada eyeshadow yang mengandung shimmer dan glitter, tapi teksturnya tetap lembut di kulit. Jadi, nggak bakal nyakitin mata. Terus, nggak banyak fallout juga, bahkan yang glittery sekalipun.

Dari palet eyeshadow ini, warna yang paling menarik menurut saya adalah mossy, light&shadow, cruise, dan rampancy. Seperti apa swatch semua warnanya? Lihat di bawah ini, ya.

Swatch

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-5_

Saya nggak menggunakan eyeshadow base, primer, maupun produk kompleksi apapun saat swatch produk ini. Tapi, lihatlah, betapa tinggi pigmentasinya! Jujur, saya nggak nyangka kalau produknya bakal se-pigmented ini. Terutama yang bertekstur matte, sangat teramat smooth dan pigmented.

Dan, benar saja, warna favorit saya dalam palet ini yaitu rampancy dan mossy terlihat sangat cantik saat di-swatch. Tapi, untuk warna-warna glitter entah kenapa saat dioleskan ke kulit nggak kelihatan glitter-nya, melainkan seperti shimmer saja.

Shade light&shadow yang terlihat cantik di tray palette pun nampak boring setelah dioles. nggak ada spesial-spesialnya. Saya justru kaget sekali ketika swatch warna arouse. Eyeshadow yang saya terima dalam keadaan pecah di-tray itu malah memiliki warna paling "waw." Oranyenya nggak lebay, mirip seperti oranye bunga krisan, marigold, dan lainnya.

Untuk semua tekstur glitter dan shimmer, base warnanya itu terlalu mirip satu sama lain. Jadi variasi warnanya kurang banyak, ya. Untuk pop warnanya, palet ini hanya bisa mengandalkan 4 warna saja, yaitu rampancy, mossy, warm, dan arouse.

Sayang banget, sih. Walaupun tema palet ini warna-warna natural, tapi saya mengharapkan ada warna lainnya yang bisa bikin warna alam ini lebih stand out.

Misalnya dengan menambahkan warna biru muda untuk menggambarkan sungai atau langit, pink atau ungu untuk bunga-bunga merah muda, atau menambahkan hijau lagi juga bisa dengan perbedaan intensitas warna atau tekstur. Jadinya lebih banyak pilihan untuk berkreasi dengan warna hanya dalam satu palet saja.

Wangi

Eyeshadow palette ini nggak mengandung parfum.

Daya Tahan dan Performa

Cek performa dan ketahanan Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette, yuk!

Cara Pemakaian

Prepare makeup-mu terlebih dulu. Mau itu base di area mata saja ataupun setelah riasan seluruh wajah selesai. Kemudian, aplikasikan eyeshadow dengan kuas. Bermainlah dengan kuas-kuasmu untuk memberikan hasil sapuan eyeshadow yang berbeda-beda. Kamu juga bisa mengaplikasikan eyeshadow-nya pakai jari, loh!

Tips & Trik

Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette_
  • Pakai eyeshadow primer sebelum mengaplikasikan produk untuk membuat warna eyeshadow lebih enhance dan lebih tahan lama. Kebetulan, Kamini punya list merk eyeshadow primer yang bagus.
  • Kamu bisa pakai teknik wet brush (kuas yang dibasahkan) untuk menciptakan warna yang lebih intens
  • Beberapa warna bisa kamu jadikan shading, eyebrow, eyeliner, dll. Dengan catatan, harus berhati-hati dan blending-nya harus maksimal! Soalnya warna eyeshadow ini sangat pigmented dan cepat set.

Hasil

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-3_

Ini dia hasil pemakaian Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette. Saya bikin natural look aja, ya, karena saya yakin eyeshadow ini bisa banget dibikin makeup character. Dari swatch-nya aja udah mantul banget soalnya.

Saya nggak pakai eyeshadow primer, dasar makeup hanya CC cream sama bedak tabur aja. Walau dipakai tipis-tipis, eyeshadow ini warnanya sudah nendang kalau menurut saya. Nggak perlu berulang kali aplikasi untuk mendapatkan warna yang saya inginkan.

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-1_

Akan tetapi, karena saya nggak pakai primer, lipatan kelopak mata saya kelihatan banget. Jadinya hasil eye makeup ini agak kurang smooth. Mungkin sebaiknya memang harus pakai primer saja bagi pemilik kulit kering seperti saya.

Ada yang bisa menebak saya pakai shade eyeshadow yang mana saja? Yang jelas saya menggunakan base oranye, bagian dalam kelopak matanya pakai glittery oranye dengan hint hijau, cokelat untuk eyeliner, cokelat muda untuk kelopak mata bawah, dan untuk inner corner pakai shimmer hijau.

Kesimpulan

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-4_

Ini adalah foto setelah kurang lebih 5 jam penggunaan. Saya nggak melihat adanya pengurangan eyeshadow (seperti luntur, smudge, dan lainnya). Hanya intensitas warnanya saja sedikit berkurang, dan itu pun benar-benar hanya sedikit.

Mungkin karena saya nggak wudhu ataupun beraktivitas yang membuat saya berkeringat, sehingga eyeshadow ini tetap di tempat. Atau, mungkin juga memang produknya sebagus itu.

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-5_

Pros

  • Palet yang cukup lengkap, sudah ada cermin besarnya
  • Pilihan warnanya banyak (ada 15 warna)
  • Tekstur eyeshadow semuanya lembut walau yang ada glitter-nya sekalipun
  • Super pigmented! Nggak perlu eyeshadow primer
  • Harganya tergolong affordable untuk kualitas sebagus ini!

Cons

  • Nggak ada brush bawaan, tapi gak masalah karena produk eyeshadow palette yang kotak seperti ini memang nggak selalu ada kuasnya
  • Pilihan warna yang tersedia kurang variatif
  • Ada 1 eyeshadow yang pecah saat paket datang pada saya, padahal packaging-nya sudah aman (dengan bubble wrap yang sudah 'canggih' dan kardus)

Harga & Tempat Membeli

Y.O.U-Colorland-Wander-Nature-Eyeshadow-Palette-9_

Y.O.U Colorland Wander Nature Eyeshadow Palette merupakan produk perona mata yang sangat baik. Desain kemasan, konsep, warna, hingga pigmentasi, semuanya dibuat secara seksama hingga nggak mengecewakan.

Apa kamu akan membelinya sekarang juga setelah membaca review dari saya? Baca juga ulasan Kamini untuk ESQA Goddess Eyeshadow Palette dan Madame Gie Beauty Blink Fame Liquid Eyeshadow, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram