15 Merk Sabun Muka untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

Teman Kamini, tahu nggak? Kulit wajah berminyak merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu penampilan, terutama buat kamu yang memiliki banyak aktivitas. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan sabun muka khusus untuk kulit berminyak tersebut. Makanya, kali ini Kamini akan mengulas beberapa merk sabun muka untuk kulit berminyak terbaik yang bisa kamu pilih.

Cara Menggunakan Sabun Muka dengan Benar

Jangan buru-buru memilih merk sabun mukanya, karena kamu juga perlu tahu tata cara menggunakan sabun muka yang benar. Nah, untuk mengetahuinya maka simak ulasan berikut ini ya!

1. Bersihkan Makeup

Sebelum mencuci muka, sebaiknya bersihkan makeup yang menempel di wajah. Pasalnya, makeup yang kamu pakai di wajah tidak akan bisa bersih secara sempurna hanya dengan mencucinya menggunakan sabun muka. Makanya, agar wajahmu benar-benar bersih sebaiknya hapus dulu makeup-nya.

2. Atur Temperatur Air

Nah, sebelum mencuci muka, coba atur suhu air yang akan kamu gunakan. Suhu air yang baik untuk mencuci muka adalah air suam-suam kuku, alias air hangat. Jika Anda menggunakan air panas maka ada kemungkinan kulit menjadi kering. Sedangkan penggunaan air dingin tidak cukup efektif untuk merontokan kotoran di wajah.

3. Buat Busa

Langkah selanjutnya, kamu bisa membuat busa dulu di tangan sebelum mengaplikasikan sabun muka ke wajah. Tapi, sebelum diusapkan ke wajah, pastikan kamu sudah membasahi wajah terlebih dahulu, ya.

4. Massage

Saat mencuci muka, kamu juga boleh melakukan massage secara perlahan di muka. Lakukan dengan gerakan memutar menggunakan jari mulai dari hidung, pipi, dagu, dahi, hingga garis rambut. Lakukan hal seperti ini sekitar setengah menit saja.

5. Pakai Alat

Selain mengandalkan jari, kamu juga bisa menggunakan alat khusus untuk mencuci muka. Nah, salah satu alat yang bisa kamu pakai adalah facial spa massager. Alat ini mampu mengangkat kotoran di wajah lebih bersih dibandingkan menggunakan jari saja.

6. Bilas dan Keringkan

Sama seperti saat mau mencuci muka, gunakan air dengan suhu suam-suam kuku yang tidak terlalu panas atau dingin. Setelah membilasnya, kamu bisa mengeringkan wajah menggunakan handuk bersih bertekstur lembut dengan cara menepuk-nepuk pelan. Jangan menggosok wajahnya, ya.

Itulah tadi seputar cara mencuci wajah yang benar. Sebenarnya, kami masih punya tips lainnya saat membersihkan muka, tapi semua tips tersebut telah kami bahas dalam artikel Cara Mencuci Muka yang Benar ini.

Merk Sabun Muka Bagus untuk Kulit Berminyak

Nah, setelah mengetahui tata cara yang benar menggunakan sabun muka, saatnya memilih merk sabun muka yang bagus dan cocok untuk kulit berminyak. Yuk disimak selengkapnya!

1. Erha Acneact Witch Hazel & BHA Gentle Acne Facial Wash

erha-witch hazel-bha-gentle-facial-wash_

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu kandungan yang bagus untuk mengatasi minyak berlebih di kulit adalah Witch Hazel dan Salicylic Acid (BHA). Untungnya, kedua kandungan ini bisa kamu temukan di Erha Acneact Witch Hazel & BHA Gentle Acne Facial Wash. Sabun muka ini berbentuk gel ringan yang berbusa dan ada scrub di dalamnya. Scrub tersebut berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Seperti namanya, sabun muka ini mengandung Witch Hazel. Kandungan ini dapat membantu meredakan peradangan, menenangkan kulit, dan merawat kulit yang terbakar sinar matahari. Sedangkan, kandungan Salicylic Acid (BHA) berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum. Jangan khawatir, sabun muka ini nggak akan bikin kulit kering karena ada kandungan Allantoin dan Panthenol juga di dalamnya.

2. Avoskin Miraculous Acne Solution Gentle Bubble-Serum Infused Cleanser

avoskin-miraculosu-acne-solution-bubble-cleanser_

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk ini sangat unik dan beda dengan sabun muka lainnya lho! Pasalnya, sabun muka ini punya tekstur gel yang bisa berubah menjadi busa tanpa perlu kita gosok-gosok terlebih dahulu. Avoskin Miraculous Acne Solution Gentle Bubble Serum Infused Cleanser ini hadir dalam bentuk botol pump yang agak bulky, namun ukurannya nggak terlalu besar.

Di dalamnya, ada berbagai kandungan yang dapat membantu meredakan jerawat dan mengurangi minyak di wajah diantaranya adalah Salicylic Acid, Zinc PCA serta Green Tea. Kombinasi ketiga bahan tersebut dapat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menekan produksi minyak di wajah, membunuh bakteri penyebab jerawat, serta sebagai antioksidan.

3. Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

wardah acnederm-pure-foaming-cleanser_

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wardah memang selalu punya berbagai varian sabun muka untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. Salah satunya adalah Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser yang ditujukan khusus untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Sabun muka ini mengkombinasikan Derma Cleanser Actives dan Salicylic Acid.

Kombinasi tersebut menghasilkan sabun wajah yang dapat membersihkan wajah sampai ke pori-pori serta mengangkat minyak berlebih di wajah. Sabun muka ini nggak akan bikin kulitmu kering teriritasi, karena ada kandungan Allantoin yang bersifat anti irritant. Kulit juga bisa tetap terasa terhidrasi dengan kandungan tersebut.

4. Haple Lacroix Face Wash

haple-Lacroix-gentle-scrub-face-wash_

Cek Harga di Lazada

Nggak ketinggalan, brand lokal Haple juga punya sabun wajah yang cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Sama dengan sabun wajah sebelumnya, produk ini juga mengandung Salicylic Acid sebagai bahan utamanya. Tapi, Haple Lacroix Face Wash ini semakin lengkap dengan berbagai kandungan lainnya.

Kandungan tersebut diantaranya adalah Tea Tree Oil yang berguna sebagai anti peradangan. Selain itu, ada kandungan Rice Bran Oil dan Inositol yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah jerawat, serta meringankan kemerahan pada kulit. Tekstur sabun wajah ini gel bening yang ringan dan bebas SLS, SLES, alkohol, maupun sulfat sehingga sabun wajah ini bisa nyaman digunakan.

5. Emina Bright Stuff Face Wash For Acne Prone Skin

emina bright stuff-for-acne-prone-skin-face-wash_

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meskipun judulnya sabun muka untuk kulit berjerawat alias Acne Prone Skin, sabun muka ini juga cocok digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Pasalnya, sabun muka ini dilengkapi dengan kandungan Cinnamon Bark yang dikenal sebagai sebum regulator yang dapat menekan produksi minyak di wajah.

Sabun muka ini juga dapat mencerahkan wajah dengan kandungan ekstrak summer plum-nya yang merupakan sumber vitamin C yang bagus sehingga nggak hanya cerah, noda hitam di wajah juga bisa teratasi. Dengan harga yang terjangkau, sabun muka ini juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang lagi berhemat nih, teman Kamini!

6. Skinfood Egg White Pore Foam

sabun muka untuk kulit berminyak Skinfood Egg White Pore Foam

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Skinfood Egg White Pore Foam merupakan sebuah pembersih wajah yang dilengkapi dengan ekstrak putih telur. Sebagaimana telah diketahui umum kalau manfaat putih telur itu untuk penyempurnaan pori-pori kulit, mulai dari membersihkan hingga mengecilkan tampilan pori.

Semua itu didukung oleh kandungan albumin yang akan membuat kulit jadi lebih kencang. Yuk, yang mau masalah kulit berminyaknya tuntas, dan ingin tampilan pori-pori besar lenyap, langsung beli Skinfood Egg White Pore Foam. Harga sabun ini cuma Rp 100 ribuan saja.

7. Eau Thermale Avene Cleansing Foam

Eau Thermale Avene Cleansing Foam

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukan hanya sekedar menghilangkan kelebihan minyak di wajah, merk sabun muka untuk kulit berminyak  yang satu ini juga dapat membersihkan sisa make up. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan cleanser dan toner untuk membersihkan make up. Langsung saja cuci muka Anda dengan Eau Thermale Avene Cleansing Foam.

Sabun ini diformulasikan dengan busa yang ringan dan lembut. Kandungan Glutamic Acid di dalam produk ini bertugas untuk mengontrol kadar minyak berlebih. Ada juga kandungan Avene Thermal Spring Water yang bermanfaat untuk menenangkan kulit.

8. No7 Beautiful Skin Foaming Cleanser

No7 Beautiful Skin Foaming Cleanser

Cek Harga di Lazada

No7 Beautiful Skin Foaming Cleanser ideal untuk kulit normal, berminyak, dan sensitif. Formula non-iritasi pada sabun muka ini didapatkan dari witch hazel yang akan memerangi minyak dan bakteri penyebab jerawat. Harga sabun ini cukup terjangkau, yaitu Rp 130 ribuan.

9. Sebamed Clear Face Foam

Sebamed Clear Face Foam

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Punya kulit berjerawat dan berminyak, tetapi jenis kulit Anda termasuk sensitif? Itu artinya Anda tidak bisa sembarang menggunakan sabun pencuci wajah. Anda perlu mencoba Sebamed Clear Face Foam, sabun untuk membersihkan kulit berminyak yang cenderung berminyak dan berkomedo serta berjerawat. Sabun ini memiliki kandungan anti bakteri dan panthenol untuk meregenerasi kulit yang meradang akibat jerawat.

Sabun wajah Sebamed ini seratus persen bebas alkali dan soda. Jadi, ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Harga jual Sebamed Clear Face Foam ini adalah Rp 150.300. Sedikit lebih mahal, tetapi sabun ini cukup ampuh untuk menuntaskan masalah kulit berminyak dan berjerawat.

10. Clinique Liquid Facial Soap Oily Skin Formula

Clinique Liquid Facial Soap Oily Skin Formula

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kesal dengan sabun wajah yang dapat mengelupas kulit? Membersihkan wajah tidak harus dengan exfoliating, lho. Jika Anda ingin mencari sabun muka yang kompatibel untuk kulit berminyak dan tidak menyebabkan pengelupasan, Anda dapat menggunakan Clinique Liquid Facial Soap Oily Skin Formula.

Sabun ini juga bisa langsung membersihkan sisa make up di wajah. Selain itu, Clinique Liquid Facial Soap Oily Skin Formula juga akan menyerap minyak di wajah tanpa membuat kulit terasa tegang dan kering. Ini adalah produk yang cukup laris di pasaran.

Rekomendasi Sabun Muka Lainnya

Apakah Anda merasa bahwa rekomendasi merk sabun muka untuk kulit berminyak yang Kamini berikan di atas masih kurang? Tenang saja, Kamini akan menambahkan beberapa produk rekomendasi lainnya khusus untuk Anda.

11. Origins Zero Oil Deep Pore Cleanser

Origins Zero Oil™ Deep Pore Cleanser

Cek Harga di Lazada

Kelebihan minyak di wajah memang bisa membuat wajah tampak mengkilap. Selain itu, wajah jadi terlihat berminyak dan kusam, sehingga wajah pun kehilangan kesegarannya. Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mengandalkan Origins Zero Oil Deep Pore Cleanser. Ini adalah sabun muka yang dapat mengurangi minyak dan mengangkat kotoran yang ada di pori-pori kulit wajah.

Sabun ini akan memberikan efek dingin yang menyegarkan di kulit Anda. Selain dapat mengurangi minyak, Origins Zero Oil Deep Pore Cleanser juga dapat mencegah jerawat dan komedo. Produk ini juga aman untuk pemilik kulit sensitif karena tidak mengandung pewarna, pengharum, paraben, dan petrokimia.

12. Yes To Tomatoes Daily Clarifying Cleanser

Yes To Tomatoes Daily Clarifying Cleanser

Cek Harga di Shopee

Yes To seri Tomatoes Daily Clarifying Cleanser sangat bagus buat yang bermusuhan dengan minyak di wajah. Sabun muka ini akan membersihkan kotoran, debu, polusi, dan tentunya minyak berlebih dari wajah sekaligus menjaga pH kulit.

Seperti yang tertera di namanya, sabun wajah ini mengandung tomat. Tapi, sabun ini juga mengandung ekstrak semangka, loh. Kedua bahan alami ini akan memurnikan wajah dari segala kotoran.

13. Nivea Make Up Clear 2in1 White Oil Control Foam

Nivea Face Make Up Cleanser 2in1 Oil Control Foam

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk sabun muka untuk kulit berminyak ini juga mampu membersihkan sisa riasan wajah secara bersih dan efektif, lho. Tahukah Anda bahwa menggunakan cleanser dan toner saat membersihkan make up saja tidak cukup. Anda masih perlu mencuci wajah untuk mengangkat sisa make up di pori-pori.

Nivea mengembangkan sabun pencuci wajah dengan cara kerja 2in1, yakni mengontrol minyak pada wajah serta mengangkat sisa make up secara sempurna. Bahkan, sabun wajah dari Nivea ini dapat mengangkat minyak dan sisa riasan hingga ke pori-pori yang terdalam. Anda bisa membelinya secara online.

14. Himalaya Neem Face Wash

Himalaya Neem Face Wash

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kulit yang berminyak umumnya juga disertai dengan jerawat. Ya, jerawat memang bisa timbul karena adanya sebum (kelebihan minyak) di wajah. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengganti sabun muka yang biasa Anda pakai dengan Himalaya Neem Face Wash.

Ini adalah produk perawatan wajah yang bebas paraben, SLS, dan pthalates. Kombinasi antara daun imba dan akar kunyit dapat berperan sebagai anti-bakteri dan anti-jamur untuk mencegah jerawat datang kembali. Himalaya Neem Face Wash bisa dibeli mulai harga 17 ribuan.

15. Olay Combination/Oily Foaming Face Wash

Olay Combination/Oily Foaming Face Wash

Banyak orang mengeluh bahwa beberapa merk sabun muka untuk kulit berminyak dapat membuat kulit menjadi kering. Produk tersebut memang benar menyerap minyak di wajah, tetapi juga menghilangkan kelembaban alami wajah. Oleh karena itu, Olay Combination/Oily Foaming Face Wash hadir sebagai sabun muka yang menyerap minyak tanpa membuat kulit menjadi kering.

Tidak hanya membersihkan minyak di wajah, produk ini juga diklaim dapat membersihkan kotoran dan sisa make up dengan sangat baik. Tekstur sabun ini sedikit creamy dan kental. Sementara itu, aroma dari sabun ini cukup pekat, sehingga bagi beberapa orang tertentu aroma harum sabun ini terlalu menyengat.

Manfaat Sabun Muka untuk Kecantikan

Kalau Anda masih ogah-ogahan menggunakan sabun muka, sebaiknya Anda perlu tahu beberapa manfaat jika Anda rutin menggunakan sabun muka. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Membersihkan

Ini adalah manfaat paling utama jika Anda rutin menggunakan sabun muka, membersihkan. Ya, sabun muka mampu menghilangkan segala macam kotoran, mulai dari debu, minyak, polusi, bahkan makeup sekali pun.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Pemakaian sabun muka secara rutin juga bisa mengangkat sel kulit mati. Nah, jika sel kulit mati Anda terangkat maka wajah Anda bisa terlihat lebih cerah dan lebih halus lho.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Kalau Anda punya masalah pori-pori yang besar di wajah maka Anda bisa mengatasinya dengan sabun muka. Salah satu cara ini ternyata cukup ampuh mengingat sabun muka bisa membersihkan hingga ke pori-pori. Setelah itu, sabun muka juga akan bekerja secara otomatis untuk menormalkan bentuk pori-pori Anda.

4. Mengurangi Minyak Berlebih

Selain mengatasi masalah pori-pori di wajah, ternyata sabun muka juga mampu menangani minyak berlebih di wajah lho. Untuk Anda yang punya kulit wajah berminyak maka pilihlah beberapa sabun cuci muka yang sudah kami sebutkan di atas, ya.

5. Menghidrasi Wajah

Jika Anda punya masalah kulit wajah kasar, kusam, dan muncul tanda-tanda penuaan dini maka artinya wajah Anda kurang terhidrasi dengan baik. Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka Anda butuh menyeimbangkan pH di wajah dan salah satu caranya adalah dengan mencuci muka secara rutin, ya.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya soal menggunakan sabun cuci muka. Tapi, kalau Anda mau tahu lebih lengkapnya maka bisa kunjungi artikel 10 Manfaat Sabun Muka ini, ya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi merk sabun muka untuk kulit berminyak terbaik versi Kamini. Kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan minyak berlebih saat beraktivitas. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan pelembab khusus untuk kulit berminyak yang pernah kami ulas di sini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram