10 Rekomendasi Jenis Sepatu yang Cocok untuk Kebaya Wisuda

Ditulis oleh Dhini Oktavianti

Kebaya menjadi pilihan tepat saat menghadiri wisuda, karena wisuda merupakan salah satu acara formal yang dinantikan. Ada berbagai jenis kebaya wisuda yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan selera. Bisa kutu baru, kebaya modern, atau kebaya klasik. Warnanya pun cukup banyak. Selain itu, bahan kebaya wisuda juga tak kalah beragam.

Bila mencari referensi, kamu bisa melirik model kebaya cantik untuk wisuda. Nah, kebaya sudah didapat, saatnya memilih sepatu! Tak semua jenis sepatu wanita cocok dipadukan dengan kebaya. Agar penampilan saat wisuda menjadi lebih maksimal, kamu bisa melihat rekomendasi 10 sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda dari Kamini berikut.

1. Peep Toe Heels

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Peep Toe Heels_

Jenis sepatu pertama yang bisa kamu pilih untuk kebaya wisuda adalah peep toe heels. Peep toe adalah jenis sepatu yang bagian ujungnya terbuka, seakan mengintip. Sepatu ini memang dibuat untuk memperlihatkan jempol. Kalau kamu tak percaya diri menggunakan sepatu atau sandal tinggi dengan model terbuka tetapi ingin sedikit mengintip, bisa memilih jenis sepatu ini. 

Warnanya bisa disesuaikan dengan kebaya pilihan. Namun, bila tak ingin terlalu seragam, bisa memilih warna nude atau cokelat agar lebih netral. Desain peep toe heel yang simpel membuat kamu bisa memilih kain kebaya yang lebih ramai atau warna kebaya yang lebih bold

2. Mules

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Mules_

Mules bisa menjadi pilihan sepatu kebaya untuk kamu yang tak ingin menggunakan sepatu hak tinggi. Jenis sepatu ini memiliki ciri khas bagian belakang yang terbuka. Namun, di sekitar punggung kaki atau jari kaki bisa diperlihatkan atau tertutup. Mules juga dikenal dengan istilah selop. 

Walau menggunaan mules saat berkebaya, penampilanmu akan tetap terlihat berkelas. Apalagi bila kamu memilih mules dengan motif cantik dalam warna sama. Kebaya wisuda warna bold atau pastel pun semakin chic dengan mules. 

3. Wedges

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Wedges_

Mau menggunakan sepatu hak tinggi yang lebih nyaman? Kamu bisa memilih jenis sepatu wedges. Wedges adalah sepatu dengan alas seperti balok dari sol bagian depan sampai tumit. Alasnya rata, sehingga tidak bertumpu pada satu titik kaki saja. 

Model sepatu wedges rata-rata berkesan kasual. Namun kamu tetap bisa menggunakan wedges kasual asalkan warnanya netral seperti nude, cokelat, atau hitam. Kamu pun bisa memilih wedges formal dengan beberapa aksesoris di atasnya. 

Menariknya, wedges memiliki berbagai pilihan seperti pump wedges, peep toe, maupun ankle strap. Trik saat kamu menggunakan wedges dengan kebaya adalah membuat bagian kain kebaya sepanjang betis saja, sehingga tidak membuat penampilanmu terlihat ‘penuh’. 

4. Ankle Strap

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Ankle Strap_Sumber: lulus.com

Kalau kamu ingin memberikan kesan elegan pada penampilan kebaya wisuda, bisa memilih ankle strap. Ankle strap adalah jenis sepatu atau sandal yang memiliki tali untuk memeluk bagian pergelangan kaki. 

Ada berbagai jenis model yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kesukaan. Misalnya kebaya wisudamu termasuk plain, bisa memilih ankle heels sebagai statement. Ditambah lagi strap atau tali di sini bisa membantumu lebih stabil saat memakainya. 

5. Block Heels

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Block Heels_

Tak menyukai wedges tapi tetap ingin berpenampilan menggunakan hak tinggi? Pilihanmu bisa jatuh ke block heels. Block heels adalah jenis sepatu yang memiliki hak tebal di bagian belakang seperti balok. Kamu pun akan lebih nyaman dan stabil saat memakainya dibanding menggunakan stiletto

Ada berbagai model sepatu yang bisa dipilih untuk block heels. Ankle strap dan mules adalah model yang paling sering menggunakan block heels. Bahkan, block heels dengan sandal bertali biasa pun akan tetap cocok dipasangkan dengan kebaya. 

Baca juga: Macam Sandal Wanita

6. Strappy Heels

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Strappy Heels_Sumber: instagram.com/monikh

Bila perhatianmu tertuju pada detail dan ingin memberikan statement untuk kebaya wisuda, strappy heels bisa dijadikan opsi. Strappy heels adalah sandal atau sepatu wanita yang memiliki detail berupa tali. Tali yang diberikan tak hanya satu garis tapi bisa beberapa tingkat.

Bila kamu menjatuhkan pilihan pada strappy untuk kebaya wisuda, coba cek dulu kebayamu. Bila kebayamu sudah cukup memberikan statement, bisa memilih strappy heels simpel. 

Namun, kalau kebaya wisuda yang dikenakan cukup polos dengan bagian kain dibuat sampai betis, bisa memilih strappy heels dengan detail tali yang panjang sampai pergelangan kaki. Untuk warna, bisa disesuaikan dengan warna kebaya wisuda yang akan kamu pakai.

7. Kitten Heels

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Kitten Heels_Sumber: talbots.com

Ada beberapa alasan perempuan tidak ingin menggunakan sepatu hak tinggi. Keamanan, kenyamanan, dan juga tinggi badan bisa menjadi faktor. Kalau kamu ingin menggunakan sepatu hak tinggi tapi tak ingin setinggi itu, bisa menggunakan kitten heels.

Kitten heels adalah sepatu wanita dengan hak setinggi 3-5 cm saja. Jenis sepatu ini bisa kamu pilih untuk belajar menggunakan sepatu hak. Ada berbagai model yang bisa digunakan untuk kitten heels, mulai dari T-strap, ankle strap, peep toe, pump, sampai strappy. 

8. Sling Back Shoes

Wisuda memang acara formal, tetapi kamu bisa membuat tampilan kebaya wisuda lebih santai tapi tak mengurangi keeleganannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan sling back shoes.

Sling back shoes merupakan sepatu yang memiliki detail tali terletak di bagian belakang tumit dan pergelangan kaki. Kalau kamu tak suka menyukai sepatu terlalu tertutup untuk dipadankan dengan kebaya wisuda, sepatu jenis ini bisa dijadikan opsi. 

Kamu bisa memilih kitten heels, block heels, maupun wedges untuk kebaya wisuda. Jangan lupa gunakan warna yang selaras dengan kebaya. Kalau ingin netral, bisa memilih warna krem, cokelat muda, nude, ataupun putih tulang. 

9. T-Strap

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_T-Strap_

Ingin membuat statement penampilan kebaya wisudamu lebih vintage? Kamu cukup menggunakan sepatu T-strap. T-strap adalah sandal dengan detail huruf T di bagian punggung kaki. Biasanya model sepatu T-strap adalah pump shoes untuk membuat tampilan vintage.

Suasana vintage pun akan terasa maksimal saat kamu mengenakannya. Namun, kalau kamu ingin vintage tapi tetap modern, bisa memilih sepatu model runcing di bagian depan. Tetap pilih warna hitam agar klasik vintage tetap terasa.

10. Pump Shoes

sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda_Pump Shoes_

Ada satu sepatu wanita yang paling aman untuk digunakan berkebaya, termasuk kebaya wisuda, namanya adalah pump shoes. Pump shoes adalah sepatu yang memiliki hak dengan model tertutup. 

Bagian hak nya bisa block, kitten, atau stiletto. Ornamen bagian atas pun bisa polos selayaknya pump shoes atau ditambah dengan strap. Beberapa ujungnya pun ada yang bulat, ada pula yang runcing. Benar-benar bisa disesuaikan dengan gayamu. 

Untuk kebaya wisuda, kamu bisa memilih pump shoes polos satu warna. Dengan begitu, sepatu ini bisa membuat penampilanmu lebih keluar. Warna yang dipilih sebaiknya warna netral seperti nude atau cokelat. 

Kalau kamu memang ingin membuat statement sehingga kebaya wisuda yang polos lebih stand out, jangan ragu untuk memilih warna bold seperti merah, biru, atau hijau. Selain bold, kamu bisa memilih pump shoes bermotif yang tetap oke untuk dipakai.

Namun, sepatu warna netral pun bisa lebih ‘wah’ bila memilih aksesoris seperti manik-manik, pita, atau mungkin memilih bahan sepatu berupa bahan lace maupun beludru.

Dari 10 sepatu yang cocok untuk kebaya wisuda, mana yang paling menarik perhatianmu? Jangan lupa sesuaikan juga dengan tas tangan yang akan kamu pakai untuk menghadiri wisuda, agar penampilan lebih wah, selaras, dan elegan. Bila masih mencari referensi soal kebaya wisuda lainnya, silahkan baca model kebaya jaman sekarang.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram