kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / 10 Serum Centella Asiatica Lokal untuk Kulit Sehat dan Cantik

10 Serum Centella Asiatica Lokal untuk Kulit Sehat dan Cantik

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 5 Juni 2021

Centella asiatica atau dalam pegagan dalam bahasa Indonesia merupakan tumbuhan yang beberapa tahun belakangan ini populer digunakan sebagai bahan utama produk skincare. Banyak orang menggemari pegagan karena khasiatnya yang mampu mempercepat pemulihan kulit yang bermasalah, mulai dari merah-merah, iritasi, hingga jerawat yang meradang.

Beruntung, pegagan tumbuh subur di tanah Indonesia. Bahkan sebelum produk pegagan asal Korea mulai populer di sini, Sariayu juga pernah mengeluarkan skincare dengan bahan pegagan. Dan sekarang sudah semakin banyak produsen skincare lokal yang memformulasikan berbagai macam produk dengan pegagan sebagai bintangnya, terutama serum.

Nah, untuk yang sedang mencari produk serum berbahan pegagan dari brand lokal, kalian berada di artikel yang tepat. Kali ini Kamini akan membagikan rekomendasi serum pegagan lokal yang pastinya mampu membantu mengatasi kulit kalian yang sedang bermasalah. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. N’Pure Silky Face Primer Serum Centella Asiatica

Rekomendasi serum pegagan lokal pertama hadir dari brand N’Pure yang dikenal karena produknya yang dikemas dengan beragam macam kandungan natural. N’Pure Silky Face Primer Serum Centella Asiatica merupakan serum yang mengkombinasikan pegagan bersama dengan ekstrak teh hijau, kunyit, dan juga vitamin C.

Melihat dari kandungannya, kita sudah bisa menebak bahwa serum ini bagus untuk merawat kulit berjerawat. Kombinasi pegagan, teh hijau, dan kunyit akan berperan dalam menekan peradangan pada jerawat serta meregulasi produksi minyak. Sedangkan vitamin C bersama dengan kunyit akan membantu membuat kulit menjadi glowing tanpa noda.

Selain berfungsi sebagai serum yang menutrisi wajah, serum ini juga bisa digunakan sebagai primer yang mampu membuat riasan menjadi lebih tahan lama dan menghaluskan penampakan pori-pori yang terlihat besar. Bagi yang tertarik, setiap botol serum pegagan dari N’Pure berisi 15ml ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp 120 ribuan.

2. Everwhite Cica Soothing Serum

Cica Soothing dari Everwhite ini merupakan jenis serum yang masuk dalam Acne Series. Agar dapat memberikan manfaat merawat kulit berjerawat, serum ini mengandalkan pegagan, hyaluronate, glyzirrhinate, dan hexamidine.

Anti-inflamasi dari pegagan dan glyzirrhinate yang berasal dari ekstrak akar manis akan mengempeskan jerawat meradang. Lalu, hexamidine bekerja dengan membunuh bakteri yang dapat menumbuhkan jerawat tanpa menimbulkan kekeringan sekaligus meredakan peradangan dan kemerahan.

Di dalam daftar bahan terdapat pula sodium hyaluronate akan memberikan hidrasi yang cukup tanpa membuat kulit menjadi berminyak. Bagi yang ingin mencoba, Everwhite Cica Soothing Serum bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 120 ribuan untuk isi 30 ml.

3. ElsheSkin Smoothing Serum

ElsheSkin Smoothing Serum merupakan pilihan tepat bagi yang sedang memburu serum pegagan lokal yang berfokus dalam mengatasi permasalahan tekstur dan noda yang ditinggalkan oleh luka bekas jerawat. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut selain mengandalkan pegagan, Smoothing Serum dari ElsheSkin ini juga menggunakan asam salisilat.

Pegagan dikenal juga karena kemampuannya dalam menstimulasi produksi kolagen untuk regenerasi sel kulit, sehingga ia bagus dalam membantu proses pemulihan sel kulit yang rusak ataupun bekas luka. Di samping itu, asam salisilat bekerja dengan mengikis sel kulit mati dan mendorong pergantian sel kulit, yang artinya ia dapat berkontribusi dalam menghaluskan tekstur dan mengatasi luka jerawat.

ElsheSkin Smoothing Serum ini berbeda dengan serum-serum di atas, karena ia tidak disarankan untuk digunakan pada jerawat aktif yang meradang. Nah, untuk bisa membuktikan manfaat dari serum pegagan dari ElsheSkin ini kalian perlu mempersiapkan budget sekitar Rp 180 ribuan.

4. The Aubree Centella Herb Serum

Serum pegagan dari brand lokal The Aubree ini bisa menjadi solusi untuk yang ingin memiliki serum yang dapat merawat kulit berjerawat sekaligus memberikan efek cerah bersinar pada kulit. Selain pegagan, serum ini juga mengandung niacinamide dan asam salisilat. Ketiganya merupakan kandungan anti-inflamasi yang akan membantu meredakan jerawat yang meradang.

Di samping itu, niacinamide dan asam salisilat juga dapat mengatasi kulit yang kusam dan mengurangi noda-noda yang ada pada wajah. Mereka pun bagus untuk mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit.

The Aubree Centellae Herb Serum hadir dalam versi yang mengandung wewangian dan juga yang tidak mengandung pewangi. Serum tersebut baik yang scented maupun unscented bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 90 ribuan untuk isi 30 ml.

5. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Seri perawatan terbaru dari Avoskin yakni Your Skin Bae juga turut menghadirkan serum yang juga mengandung pegagan. Tidak hanya itu, serum ini juga dibekali dengan niacinamide berkonsentrasi tinggi 12%. Keduanya akan saling bersinergi untuk membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Lalu, pegagan juga akan membantu mempercepat proses pemulihan kulit.

Sedangkan niacinamide akan secara signifikan membuat kulit tampak lebih glowing bebas dari bekas jerawat dan noda hitam. Lalu, ia juga akan memberikan kelembaban yang cukup pada kulit sembari membantu mengontrol produksi minyak. Selain itu, ia juga bagus dalam menjaga keremajaan kulit. Nah, bagi yang ingin merasakan setiap manfaatnya, serum Avoskin ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 130 ribuan.

6. Azarine Anti Acne & Brightening Serum

Budget sempit tapi ingin merasakan manfaat centella asiatica dalam serum? Tak perlu khawatir, brand yang diambasadori oleh Prilly ini bisa menjadi jawaban yang tepat untuk permasalahan kalian. Seperti namanya, Azarine Anti Acne & Brightening Serum ini dikemas dengan kandungan yang bagus untuk jerawat seperti asam salisilat, niacinamide, kayu manis, pepaya, dan tentunya pegagan.

Selain bagus untuk meredakan jerawat yang meradang, serum Azarine juga mampu mengatasi bruntusan, memperapat penampilan pori-pori yang terlihat besar, dan mengendalikan produksi minyak. Di samping itu, ia juga dapat memudarkan bekas-bekas jerawat pada wajah dan membuat kulit secara keseluruhan tampak cerah bersinar.

Untuk bisa merasakan masing-masing manfaat tersebut kalian tak perlu mempersiapkan budget yang besar, karena setiap kemasan Azarine Anti Acne & Brightening Serum ini hanya ditawarkan dengan harga sekitar Rp 30 ribuan saja, lho!

7. Whitelab Acne Calming Serum

Varian serum dari Whitelab satu ini diformulasikan untuk membantu mengatasi permasalahan kulit berjerawat dengan tea tree, pegagan, dan hexamidine sebagai bahan utamanya. Sesuai dengan namanya, kandungan tea tree dan pegagan akan membantu menenangkan kemerahan dan peradangan pada kulit. Lalu, mereka juga mampu mengakselerasi proses penyembuhan pada jerawat.

Antimikroba dari tea tree juga akan bekerja sama dengan hexamidine untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit. Jadi, selain mampu membantu mengobati jerawat, serum ini juga bagus untuk mencegah jerawat muncul.

Tidak hanya kaya akan manfaat, harga dari serum ini juga cukup terjangkau, lho! Setiap botol Whitelab Acne Calming Serum ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 70 ribuan.

8. Natur Miracle Calming Serum

Merk yang terkenal dengan produk perawatan rambut yaitu Natur belum lama ini merambah ke dunia skincare dengan menghadirkan berbagai macam produk kesehatan kulit salah satunya, Natur Miracle Calming Serum.

Sesuai dengan namanya, serum ini menjanjikan efek calming pada kulit yang mengalami inflamasi. Di samping itu, ia juga mampu membantu menyamarkan bekas jerawat. Sedangkan witch hazel yang ada di dalamnya akan meminimalisir penampakan pori-pori yang besar.

Natur Miracle Calming Serum ini bebas dari pengharum sintetik maupun alkohol. Jadi bagi yang tidak cocok dengan kedua kandungan tersebut tentu bisa menggunakan serum ini. Jika tertarik, setiap satu botol Natur Miracle Calming Serum bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 170 ribuan untuk isi 30 ml.

9. Kleveru Glass Skin Overnight Serum

Glass Skin Overnight Serum merupakan jenis exfoliating serum dengan tambahan bahan pegagan yang dikeluarkan oleh brand lokal Kleveru. Dengan AHA dan BHA di dalamnya, serum ini akan dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk serta mendorong proses pergantian sel kulit. Dengan begini, kulit akan terlihat glowing dan permukaan kulit pun akan menjadi lebih halus.

Selain itu, serum ini juga dibekali dengan pegagan, vitamin B5, serta ceramide, yang akan memberikan efek smoothing pada kulit sekaligus membantu menjaga fungsi skin barrier agar dapat bekerja secara optimal. Sedangkan, ekstrak akar manis dan bunga daisy akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan bebas dari noda. Untuk harga, Glass Skin Overnight Serum ini dibanderol sekitar Rp 140 ribuan.

10. Humphrey AHA BHA PHA + Centella Peeling Solution

Untuk yang mencari peeling serum lokal yang sekaligus mampu menawarkan kebaikan pegagan, Humphrey AHA BHA PHA + Centella Peeling Solution ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Serum ini mengandung kolaborasi dari 3 peeling agent AHA 6%, BHA 2%, dan PHA 1% yang akan dengan efektif mengikis sel-sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru, sehingga tekstur menjadi lebih halus dan permukaan kulit terlihat lebih glowing.

Di samping itu, terdapat juga kandungan pegagan sebesar 2% yang dapat membantu meredakan peradangan jerawat, memberikan sensasi calming, menjaga kelembaban, serta menyeimbangkan hidrasi serta minyak di kulit. Jika serum ini sesuai dengan kebutuhan, Humphrey AHA BHA PHA + Centella Peeling Solution bisa dibeli dengan harga berkisar Rp 170 ribuan.

Itu dia 10 pilihan serum dengan pegagan yang berasal dari brand kecantikan dalam negeri. Seluruh serum di atas sudah diformulasikan untuk mengakselerasi pemulihan kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat dan cantik.
Setiap serum di atas juga ditemani dengan berbagai macam kandungan pendukung lainnya. Jadi, sesuaikan dengan kondisi kulit dan hasil yang diinginkan, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram