10 Rekomendasi Serum Lokal dengan Kandungan Ceramide

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Kandungan Ceramide di dunia kecantikan memang udah enggak asing lagi, ya. Ceramide biasa digunakan untuk kamu yang punya masalah dengan kulit kering. Sebenarnya, tubuh kita sudah menghasilkan Ceramide secara alami. Ceramide ada pada permukaan terluar kulit dan berfungsi menahan air, memproteksi kulit dari gangguan luar atau bakteri buruk, serta mempertahankan kelembaban kulit.

Sayangnya, penambahan usia, penggunaan skincare yang mengikis kulit, dan faktor eksternal lainnya, membuat kualitas Ceramide di kulit kita menurun. Kurangnya Ceramide dalam kulit bisa melemahkan skin barrier sehingga bakteri mudah masuk dan kulit jadi rentan jerawatan.

Kenapa Kita Butuh Ceramide?

Ada beberapa alasan kenapa kamu butuh menambahkan Ceramide ke dalam rangkaian perawatan wajah mulai sekarang. Di antaranya adalah:

1. Ceramide Dapat Memperkuat Skin Barrier

Punya masalah dengan jerawat terus-menerus? Itu tandanya kulitmu sedang dalam kondisi enggak sehat. Skin barrier yang biasanya menjadi ‘tameng’ kulit kita terkikis dan rusak sehingga bakteri dengan mudahnya masuk ke kulit. Karena itu, untuk mengatasi jerawat, kita harus memastikan skin barrier kita kuat. Jangan sampai ada celah bakteri untuk bisa masuk ke kulit.

Karena 50% komposisi lapisan terluar kulit kita adalah Ceramide, kamu akan sangat butuh kandungan ini untuk memperkuat skin barrier-mu. Celah-celah yang tadinya hilang atau rusak karena jerawat bisa dikembalikan dengan menambahkan Ceramide dalam skincare routine kamu.

2. Ceramide Menjaga Kelembaban dan Hidrasi di Kulit

Ceramide memiliki sifat mengikat air dan juga menahan air. Kalau kulit kita terasa kering, artinya kulit kita kurang lembab dan kurang hidrasi. Dengan kualitas dan kuantitas Ceramide yang cukup, kulit kita jadi enggak mudah kering.

3. Ceramide Dapat Memaksimalkan Penggunaan Skincare Lainnya

Bahan-bahan aktif seperti Niacinamide, Alpha Arbutin, Vitamin C, AHA-BHA, memang bisa membantu bikin kulit kita lebih cerah dan glowing. Tapi, semua bahan aktif yang kita tambahkan itu bisa bekerja maksimal kalau kondisi kulit kita sehat, punya skin barrier yang kuat, dan enggak berjerawat.

Jadi sebelum memasukan bahan aktif yang strong ke kulit, pastikan kulit kamu memiliki cukup Ceramide. Hal ini dilakukan agar penggunaan bahan aktif tadi lebih efektif.

Serum Lokal dengan Kandungan Ceramide

Saat ini udah banyak banget brand lokal yang punya serum dengan kandungan Ceramide di dalamnya. Ada juga yang mengkombinasikan Ceramide dengan kandungan aktif lainnya, lho. Kamini sudah pilihkan 10 serum dengan kandungan Ceramide yang mungkin bisa kamu coba.

1. Mineral Botanica Ceramide Serum

Mineral botanica ceramide serum_

Salah satu serum yang sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang sedang berjuang melawan jerawat adalah Mineral Botanica Ceramide Serum. Meskipun enggak ada embel-embel anti acne, serum ini nyatanya mampu membantu mengatasi permasalahan kulit berjerawat, lho!

Kandungan di dalam serum ini enggak neko-neko. Key ingredients yang ditawarkan hanya Ceramide dan Centella asiatica. Tapi, justru kandungan tersebut terbukti sangat aman digunakan pemilik kulit berjerawat. Tekstur serumnya juga sangat ringan dan mudah meresap, sehingga nyaman untuk dilapis dengan produk skincare lainnya.

2. Purivera Sea Ceramide Serum

purivera sea ceramide_

Awalnya, Purivera terkenal dengan produk face oil-nya yang sangat affordable. Tapi ternyata Purivera sekarang lebih inovatif dengan mengeluarkan berbagai serum yang memiliki kandungan ‘dewa’ salah satunya adalah Purivera Sea Ceramide Serum. Produk ini punya kemasan yang sangat unik karena bentuknya berupa botol yang ramping dan lebih tinggi.

Warna serumnya pun menarik karena berwarna kuning yang berasal dari Sea Buckthorn. Kandungan lainnya yang juga mendukung Ceramide di dalam serum ini adalah bakuchiol. Kombinasi kandungan yang ada dalam serum ini bisa dibilang oke banget, lho, karena manfaatnya yang enggak hanya melembabkan kulit, tetapi juga melembutkan dan menjaga skin barrier.

3. Trueve Brightening Serum

trueve vit c ceramide_

Ingin pakai serum pencerah tapi takut kulit iritasi? Kamu bisa coba Trueve Brightening Serum ini. Pasalnya, serum ini enggak hanya mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Trueve Brightening Serum juga mengkombinasikan Ceramide di dalam serum ini sehingga diharapkan kulit enggak iritasi dan kering.

4. Kleveru Overnight Serum

kleveru overnight serum_

Kandungan dalam Kleveru Glass Skin Overnight Serum ini bisa dibilang lengkap banget, lho! Hanya dalam satu botol ini, kamu bisa mendapat berbagai manfaat sekaligus yakni, mencerahkan, melembabkan, menenangkan kulit, serta mengobati jerawat. Ini karena ada kandungan Licorice Extract, Salicylic acid, Panthenol, Centella Asiatica, dan juga Ceramide.

Serum ini punya tesktur yang ringan sehingga aman di-layer dengan produk skincare lainnya. Jangan lupa lakukan patch test dulu sebelum mencobanya, ya!

5. Avoskin Miraculous Refining Serum

avoskin miraculous refining serum_

Kalau kamu ngerasa takut kulit akan kaget atau sensitized karena eksfoliasi, kamu bisa coba menggunakan produk eksfoliasi dalam bentuk serum seperti Avoskin Miraculous Refining Serum.

Meskipun kandungan AHA-BHA-PHA dalam serum ini tergolong lebih tinggi daripada tonernya, tapi kandungan Ceramide dan Hyaluronic Acid bisa menyeimbangkan dan meringankan efek eksfoliasinya. Serum ini bisa membantumu mengatasi permasalahan bekas jerawat dan tetap terasa melembabkan karena tekstur serumnya yang kental.

6. Skingame Skin Barricade Serum

skingame skin baricade_

Skingame sepertinya memang konsisten menggunakan Ceramide di dalam produk-produk mereka, ya! Salah satunya adalah Skingame Skin Baricade Serum. Nama serum ini seakan menggambarkan fungsi utamanya yaitu menjaga skin barrier kulit.

Hal ini terbukti juga dengan kandungan-kandungan yang mengusung produk ini, lho! Diantaranya adalah Squalane, Ceramide, Cholesterol, dan Rosehip Oil.Wah, dengan kandungan-kandungan tersebut, kulit kita bisa jadi super lembab dan tekstur kulit membaik.

7. Dear Me Face Serum 5% Inoceramide + Pomegranate Extract

Dear Me Face Serum

Serum dengan kemasan botol yang unik banget ini mengkombinasikan kandungan Inoceramide dan Pomegranate. Inoceramide mempunyai fungsi yang sama dengan Ceramide lainnya, yakni memberi kelembaban pada kulit dan memperkuat skin barrier.

Yang menarik adalah, kandungan dalam serum yang menggunakan teknologi enkapsulasi atau encapsulated technology. Teknologi ini memungkinkan pelepasan bahan aktif terjadi secara perlahan dan meresap sampai ke lapisan kulit paling dalam. Serum ini bisa kamu barengi penggunaannya dengan serum lain juga. Tapi, selalu coba single-use dulu ya untuk menghindari break out.

8. Datglow Ceramide + Ginseng Skinbar Serum

datglow_skinbar

Serum ini punya komposisi kandungan yang unik karena memadukan Ceramide dengan Ginseng. Fungsi utamanya adalah membantu menutrisi dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Kandungan ginsengnya juga bisa membantu menyamarkan kerutan-kerutan halus di wajah.

Tekstur serum yang cair memudahkan penyerapan sehingga kamu enggak perlu menunggu produknya meresap terlalu lama. Serum ini juga affordable banget karena harganya enggak sampai 100 ribu, lho!

9. Seca Ceramide Solution 3% Serum

seca ceramide solution_

Kalau kamu lagi pengin fokus sama skin barrier dan butuh perawatan wajah yang simple, kamu mungkin akan suka Seca Ceramide Solution 3% ini. Serum ini punya 3 hero ingredients yaitu Ceramide, Aloe Vera, dan Glycerin. Ketiga kandungan tersebut merupakan kandungan yang aman banget untuk semua jenis kulit, sehingga bisa kamu lapis dengan produk skincare lainnya.

Serum ini bakalan memberi kulitmu kelembaban dan hidrasi yang cukup. Selain itu, serum ini juga bisa menenangkan kulit sehingga bisa dipakai untuk kamu yang kulitnya sedang berjerawat. Enggak perlu khawatir, serum ini juga bisa kamu pakai di pagi maupun malam hari, lho!

10. Somethinc Niacinamide Barrier Serum

somethinc niacinamide barrier serum_

Brand satu ini memang aktif dan up to date banget soal skincare. Salah satu serum terbaru mereka adalah Somethinc Niacinamide Barrier Serum. Serum ini merupakan versi ‘kalem’ dari serum Niacinamide andalan mereka, karena serum ini mengandung 3 jenis Ceramide yaitu (Ceramide NP, Ceramide AP, dan Ceramide EOP).

Selain itu, penambahan 48% Rosa Damascena water di dalamnya bisa menenangkan kulit. Jadi buat kamu yang belum terbiasa dengan Niacinamide, kandungan Ceramide dan Rosa Damascena Water ini bisa membantu menyeimbangkannya.

Bisa dibilang, Ceramide adalah kandungan skincare yang basic banget. Kandungan ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kalau kamu mau coba menambahkan Ceramide ke skincare routine, kamu bisa mulai dengan menggunakan serumnya.

Meskipun mengandung Ceramide, tapi serum-serum ini punya target yang berbeda-beda. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu. Ada salah satu serum yang kamu pakai juga?

Bila belum puas, Kamini juga punya list produk pelembab dari brand lokal yang punya kandungan Ceramide, lho. Mampir juga, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram