Kamini.id / Serum Wajah / 10 Rekomendasi Serum Retinol untuk Atasi Kulit Bermasalah

10 Rekomendasi Serum Retinol untuk Atasi Kulit Bermasalah

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Retinol merupakan jenis vitamin A yang dikenal akan keampuhannya dalam mengatasi sekaligus mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Namun, sebenarnya manfaat yang dapat ditawarkan oleh retinol lebih dari sekedar sebagai anti-aging saja.

Retinol juga mampu membantu meratakan warna kulit, mengatasi hiperpigmentasi, memuluskan permukaan kulit bahkan hingga membantu mengatasi permasalahan jerawat. Maka dari itu, retinol merupakan ace bagi yang mencari bahan aktif multitasker yang efektif.

Bagi yang ingin merasakan setiap manfaat yang ditawarkan oleh retinol, kali ini kami sudah mempersiapkan 10 rekomendasi serum retinol terbaik mulai dari produk lokal, drugstore hingga high-end. Penasaran? Baca terus artikel ini ya!

1. Somethinc Level 1% Retinol

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi serum retinol pertama datang dari produsen kosmetik lokal yang sedang naik daun, yakni Somethinc. Serum retinol ini diperkaya dengan encapsulated retinol dengan kadar sebesar 1%. Encapsulated retinol sendiri merupakan retinol yang sudah melalui proses enkapsulisasi agar kandungannya menjadi relatif lebih stabil, lebih efektif dan mengurangi resiko iritasi.

Tidak hanya retinol saja, serum Somethinc ini juga dilengkapi dengan ceramide3 dan hyaluronic acid. Keduanya merupakan kandungan yang efektif dalam mengembalikan kelembapan kulit serta mampu membuat kulit akan menjadi lebih lembut, supple dan plump.

Somethinc juga mengklaim bahwa perubahan akan mulai terasa setelah menggunakan serum ini selama lebih dari 2 minggu.
Untuk kalian yang tertarik, Somethinc Level 1% Retinol bisa dibawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 155.000.

2. For Skin Sake Retinol Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi serum retinol lainnya masih dari brand lokal, yaitu For Skin Sake Retinol Serum. Konsentrasi retinol 0,1% pada serum akan bekerja dengan mendorong proses pembaharuan kulit, melawan penuaan, membuat warna kulit menjadi lebih rata dan menghaluskan tekstur kulit.

Selain retinol, di dalam serum ini juga terdapat hydrating properties dari hyaluronic acid, glycerin dan panthenol. Ketiganya akan dengan ampuh mengisi kebutuhan hidrasi pada kulit dan membantu agar skin barrier menjadi lebih kuat. Selain itu, terkandung juga vitamin E yang akan memberikan perlindungan pada kulit dari serangan radikal bebas.

Kandungan-kandungan tersebut tentunya mampu membuat serum retinol ini tidak membuat kulit terasa kering. Selain itu, kadar retinolnya yang tergolong rendah membuatnya bisa menjadi opsi untuk yang baru mencoba retinol. Bagi yang penasaran dengan performa serum retinol For Skin Sake, setiap botol serumnya bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 270.000.

3. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule diformulasikan dengan kandungan actosome retinol dengan kadar sebesar 3% dan di dalam bahan tersebut sudah terkandung 0,09% retinol. Maka dari itu, serum retinol ini bisa menjadi pilihan untuk para pemula.

Selain retinol, serum ini dikemas dengan berbagai macam sumber antioksidan seperti pomegranate, vitamin E, raspberry extract dan grean tea. Mereka akan mendukung kinerja retinol dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sedangkan untuk mengatasi penuaan, retinol dibantu dengan kandungan peptide. Keduanya akan membantu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang ada pada wajah serta membuat kulit tetap kencang dan elastis.

Lalu, kandungan raspberry extract akan membantu retinol dalam membuat kulit tampak cerah dan menyamarkan noda-noda di wajah. Bagi yang ingin mencoba, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule sendiri ditawarkan dengan harga sekitar Rp 249.000.

4. ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Active Rejuvenating Night Serum merupakan serum perawatan dengan fungsi untuk merevitalisasi kulit dengan retinol sebagai kandungan utamanya. Sama seperti Somethinc, serum ini menggunakan retinol yang sudah melalui proses enkapsulasi dengan kadar 1%. Untuk mendukung kinerja retinol, serum ini juga dikemas dengan multi-peptide, hyaluronic acid, niacinamide, PHA dan licorice extract.

Berkat kandungan niacinamide, hyaluronic acid dan PHA, selain dapat mengatasi penuaan serum ini juga memiliki kemampuan untuk memperkuat skin barrier agar dapat berfungsi lebih optimal. Mereka juga akan menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik. ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 240.000.

5. Ertos Retinol Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Di dalam Ertos Retinol Serum ini terkandung retinol dengan kadar 0,5% yang akan dengan efektif membantu mengatasi dan memperlambat proses penuaan, mencerahkan serta memperbaiki tekstur kulit.

Serum ini juga didukung dengan kandungan kaya antioksidan soybean oil yang mampu menawarkan perlindungan pada kulit akan radikal bebas yang dapat menimbulkan penuaan pada kulit. Lalu, soybean oil bersama dengan ekstrak aloe vera juga akan membantu memberikan kelembapan pada kulit.

Hal menarik lainnya adalah harga yang dipatok untuk satu botol serum retinol dari Ertos ini tergolong bersahabat yakni sekitar Rp 120.000 untuk isi 20 ml.

6. Olay Regenerist Retinol24 Night Serum

Olay Regenerist Retinol24 Night Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Beralih dari merk lokal, rekomendasi serum retinol selanjutnya hadir dari brand drugstore, ternama yakni Olay. Serum dari rangkaian Regenerist Retinol24 ini dikemas dengan formulasi retinoid complex yang diklaim mampu mengatasi permasalahan seputar penuaan.

Selain retinol, di dalam serum ini juga terdapat kandungan andalan Olay yakni niacinamide. Kandungan ini akan memberikan hidrasi dan merevitalisasi skin barrier. Sama seperti retinol, niacinamide juga diduga mampu mendorong cell turnover, sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan tekstur kulit pun membaik.

Lalu, terkandung juga amino peptide yang akan mendukung kinerja retinol dalam mengencangkan kulit. Serum retinol milik Olay ini bebas dari pewangi sintetik, sehingga ia bisa digunakan pada kulit yang sensitif dengan fragrance. Jika Olay Regenerist Retinol24 Night Serum sesuai dengan kebutuhan kalian, setiap botolnya bisa dibeli dengan harga berkisar Rp 299.000.

7. L’Oreal Paris Revitalift Intensive Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Brand drugstore populer L’Oreal juga turut menghadirkan serum dengan bahan aktif retinol yaitu L’Oreal Paris Revitalift Intensive Serum. Serum ini diperkaya dengan Pro-Retinol A yang bekerja dengan mendorong proses regenerasi kulit, sehingga penampakan garis halus dan kerutan akan tersamarkan.

Untuk memperkuat efek anti-aging dari retinol, serum ini juga dikemas dengan kandungan centella asiatica dan teknologi dermalift dari L’Oreal. Centella asiatica sendiri akan bekerja dengan menstimulasi produksi kolagen, sehingga ia akan merawat kekenyalan dan keelastisan kulit.

Sedangkan, teknologi dermalift bertugas untuk membuat kulit menjadi lebih kencang. L’Oreal Paris Revitalift Intensive Serum ini dikemas dengan botol pipet berisi 30 ml yang ditawarkan dengan harga berkisar Rp 240.000.

8. The Ordinary Retinol in Squalane

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Brand drugstore The Ordinary yang dikenal dengan produk serumnya sudah pasti menyediakan serum dengan bahan aktif retinol. Serum retinol yang mereka tawarkan bahkan hadir dalam 3 konsentrasi berbeda mulai dari 0,2%, 0,5% hingga yang tertinggi 1%.

Setiap serumnya menggunakan pure retinol dengan stabilitas tinggi yang pastinya mampu memberikan manfaat terbaiknya dalam mengatasi kulit bermasalah. Botol serumnya pun sudah mengunakan UV protective packaging, sehingga kualitas bahan aktif dari serumnya tetap terjaga.

Bagi yang tertarik, masing-masing serum dari The Ordinary Retinol in Squalane ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp 200.000-an.

9. Peter Thomas Roth Retinol Fusion PM Night Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Setelah membahas produk lokal dan drugstore, rekomendasi serum retinol lainnya datang dari brand high-end, yaitu Peter Thomas Roth Retinol Fusion PM Night Serum. Serum ini diperkaya dengan bahan aktif 1,5% microencapsulated retinol yang gentle di kulit namun mampu memberikan hasil maksimal dalam mengatasi masalah penuan, tekstur dan hiperpigmentasi.

Bukan hanya retinol, serum ini juga diperkaya dengan antioksidan powerful dari vitamin C dan E. Keduanya akan bekerja dengan optimal dalam merevitalisasi sel kulit yang rusak akibat paparan radikal bebas. Namun, untuk mendapatkan serum dengan formula advance ini, kalian harus menyiapkan budget yang cukup besar yakni sekitar Rp 1 juta.

10. Sunday Riley A+ High-Dose Retinoid Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Untuk para pengguna retinol advance yang sudah kebal dengan serum berkonsentrasi rendah dan ingin splurge serum high-end, ini saatnya untuk ‘step your game’ dengan menggunakan serum retinol poten dari Sunday Riley.

Serum ini mengandung bahan aktif retinoid blends 6,5%, yang terdiri dari 5% retinoid ester, 1% liposomal-encapsulated retinol dan 0,5% blue-green algae yang secara natural mengandung retinoid. Dengan kandungan vitamin A yang poten, serum ini akan lebih efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan serta memperbaiki penampakan kulit yang rusak agar terlihat lebih bening.

Selain itu, terdapat juga CoQ10 yang juga akan memberikan manfaat antioksidan dan anti-aging pada kulit. Sedangkan, Hawaiian white honey, bisabolol, ekstrak kaktus dan jahe berperan untuk memberikan efek soothing pada kulit.

Untuk dapat membawa pulang serum dengan kandungan poten ini tentunya ada harga yang harus dibayar. Sunday Riley A+ High-Dose Retinoid Serum ditawarkan dengan harga yang tidak murah, yakni sekitar Rp 1,4 juta untuk setiap botolnya.

Retinol memang kandungan superstar yang memiliki banyak manfaat, namun di sisi lain retinol juga kandungan yang berpotensi membuat kulit kering dan iritasi. Maka dari itu, untuk pemula sebaiknya mulai dari konsentrasi yang rendah dan jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk.

Itu dia 10 rekomendasi serum retinol mulai dari produk lokal, drugstore hingga high-end. Kalian hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan, kesensitifan kulit dan tentunya budget. Jadi, serum retinol mana yang akan kalian masukan ke dalam daftar belanja?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!