10 Merk Serum yang Bagus untuk Wajah Berminyak

Ketika memilih serum untuk kulit berminyak, jangan sampai kamu memilih formula yang mengeringkan atau yang mengandung alkohol. Inilah yang sering orang salah mengerti. Justru dengan melucuti kelembaban kulit, hanya akan mendorong pori-pori untuk meningkatkan produksi sebum yang menyebabkan lebih banyak minyak, jerawat, dan komedo.

Bahan-bahan yang perlu ada pada serum untuk kulit berminyak adalah asam glikolat dan retinol. Jika digunakan pada malam hari, kandungan-kandungan itu akan membantu membuka pori-pori, mengelupas sel kulit mati dan mencerahkan kulit dengan meningkatkan pergantian sel. Ini adalah list serum yang bagus untuk wajah berminyak dari Kamini.

1. Somethinc Level 1% Retinol

serum yang bagus untuk wajah berminyak_Somethinc Level 1% Retinol_

Ingin mulai berkenalan dengan keajaiban retinol tapi ragu karena bisa mengiritasi? Tak perlu khawatir, Somethinc menjawab permasalahan ini dengan Level 1% Retinol. Produk ini punya formulasi super mild dengan pH yang sudah disesuaikan dengan pH alami kulit. Jadinya kasus iritasi karena penggunaan retinol bisa diminimalkan.

Serum dengan kemasan berwarna hijau ini juga dibekali dengan Ceramide 3 serta hyaluronic acid yang bukan cuma bisa melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas, tapi juga mempertahankan kelembaban dalam kulit. Formulasi produk ini juga sudah menggunakan teknologi khusus untuk menjaga kestabilan produknya, sehingga manfaatnya tetap terjaga dalam periode yang lama.

Somethinc Level 1% Retinol punya tekstur yang cepat menyerap dan tidak lengket, sehingga nyaman untuk digunakan. Meski begitu, kamu tetap harus melakukan patch test terlebih dahulu bila baru pertama kali berkenalan dengan produk retinol. Hal ini dilakukan demi menghindari terjadinya reaksi alergi pada kulit.

2. ElsheSkin Sebum Reducer Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_ElsheSkin Sebum Reducer Serum_

Dari namanya saja kamu pasti bisa menebak kalau fungsi utama serum milik Elsheskin ini adalah mengontrol produksi minyak berlebih. Makanya Elsheskin Sebum Reducer Serum sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak maupun berjerawat, mengingat salah satu penyebab kulit berjerawat adalah produksi minyak berlebih.

Tekstur serum ini juga sangat ringan tanpa ada wewangian apapun yang tercium hidung. Kandungan niacinamide, glucose oxidase lactoferrin, glucose pentaacetate, lactoperoxidase dan potassium thiocyanate dalam formulanya akan bekerja menjaga kelembaban hingga lapisan dalam kulit. Jadi tak perlu khawatir serum ini akan menyebabkan wajah kering.

Untuk menggunakannya, cukup teteskan 5-6 tetes serum pada telapak tangan. Lalu usapkan secara merata pada seluruh wajah dan leher. Setelahnya, pijat dan tepuk wajah dengan lembut hingga serum meresap sempurna. Elsheskin Sebum Reducer Serum ini bisa digunakan pada pagi dan malam hari.

3. Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Liquid Perfector Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Liquid Perfector Serum_

Kalau concern kulit berminyakmu disertai dengan jerawat, Somethinc juga punya jalan keluar untuk mengatasinya, yaitu lewat 2% BHA Salicylic Acid Liquid Perfector. Serum ini memang khusus diformulasikan untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat dan berminyak. Soalnya kandungan utama salicylic acid dalam serum ini dapat membersihkan dan mengeksfoliasi pori-pori yang tersumbat dengan optimal.

Tak perlu khawatir produk akan kering, sebab produk ini juga disempurnakan dengan kandungan Natural Shoother yang tetap menjaga kulit terhidrasi. Ada juga kandungan Conchichinensis Leaf Prenylflavonoids yang dapat meminimalkan minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat. Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Liquid Perfector juga sudah diuji secara dermatologi dan punya formulasi yang vegan..

4. Wardah Purifying Witch Hazel Serum

10 Merk Serum yang Bagus untuk Wajah Berminyak 4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Serum dari Wardah ini juga memiliki kemampuan mengontrol minyak cukup baik karena kandungan Witch Hazel di dalamnya. Bukan itu saja, serum ini juga diklaim dapat meminimalisir penampilan pori-pori wajah. Untuk masalah harga, produk ini memiliki harga yang sangat nyaman di kantong dibandingkan dengan produk serum lain yang ada di list.

Serum ini juga termasuk yang mudah dicari karena sudah beredar banyak di pasaran. Anda bisa membeli serum ini secara offline maupun online sekarang juga.

5. Everwhite Cica Soothing Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_Everwhite Cica Soothing Serum_

Kulitmu merupakan jenis berminyak namun selalu terasa dehidrasi? Bila iya, sebaiknya kamu segera menjadi serum yang dapat mengihdrasi tanpa memperparah kondisi kulit berminyak. Untungnya, lewat Cica Soothing Serum, Everwhite dapat mengatasi permasalahan kulit ini. Sebenarnya, serum ini punya manfaat utama menenangkan dan merawat kulit berjerawat, makanya produk ini sangat direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak sekaligus berjerawat.

Everwhite Cica Soothing Serum juga bisa diandalkan untuk menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan, mengurangi iritasi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Tekstur serum ini ringan dan mudah meresap, jadi akan tetap terasa nyaman saat digunakan. Kamu yang punya kulit cenderung sensitif juga bisa, lho, mengandalkan serum ini untuk mengatasi permasalah kulit yang sudah disebutkan tadi.

6. TRUEVE Niacinamide 10% + Ceramide Brightening Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_TRUEVE Niacinamide 10% + Ceramide Brightening Serum_

Sesuai dengan namanya kandungan utama dalam serum milik Trueve ini adalah niacinamide dan ceramide. Persentase niacinamide ini memang terbulang cukup tinggi yakni 10%, sehingga akan optimal dalam mencerahkan, menyamarkan noda hiperpigmentasi, mengontrol kelebihan minyak hingga meningkatkan produksi kolagen dan ceramide alami kulit.

Sementara penambahan ceramide dalam serum ini dimaksudkan oleh Trueve agar pada kulit pengguna dapat terbentuk lapisan pelindung kulit yang dapat menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari bakteri, polusi maupun agresor lainnya. Trueve Niacinamide 10% & Ceramide ini bisa digunakan dua kali setiap hari bila kulitmu kompatibel dengan niacinamide. 

7. Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

serum yang bagus untuk wajah berminyak_Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc_

Kalau bicara tentang serum lokal, sepertinya kurng afdal kalau melewatkan seri Your Skin Bae dari Avoskin. Selain fenomenal karena menghadirkan berbagai jenis serum sesuai kebutuhan dan permasalahan kulit, banyak yang mengatakan kalay serum-serum Your Skin Bae punya performa yang bagus. Kebetulan Kamini sendiri pernah mencobanya, lho, di review Avoskin Your Skin Bare Vitamin C + NIacinamide Serum.

Nah, kalau untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak, varian yang bisa dipilih adalah Salicylic Acid 2% + Zinc. Serum ini bakal membantumu mengangkat sel-sel kulit mati hingga ke dalam pori, mencerahkan, hingga menjaga kadar minyak pada wajah agar tidak overproduced.

Kamu tak perlu khawatir produk ini akan terasa kering. Bahkan kombinasi salicylic acid dan zinc ini cukup berperan juga, lho, dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Varian Avoskin Your Skin Bae Ini

8. Avoskin Miraculous Refining Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_Avoskin Miraculous Refining Serum_

Tak kalah hype dengan tonernya, Avoskin Miraculous Refining Serum bisa bantu wujudkan wajah bersih, cerah, halus dan bebas jerawat, lho. Chemical peeling serum ini punya kandungan AHA, BHA, ceramide dan niacinamide yang bisa bantu mengeksfoliasi kulit secara optimal. Produk ini juga sudah teruji secara klinis sehingga aman dipakai rmaja usia 15 tahun sekalipun.

Meski begitu, tetap perlu kehati-hatian juga bila kulitmu sensitif. Sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasukan serum ini pada rejimen skincare rutin. Bahkan, Avoskin juga menyarankan untuk menggunakan produk ini maksimal 3 kali saja dalam seminggu pada awal pemakaian. Jadi, hati-hati ya. Sebab cara penggunaan yang keliru akan menghantarkan pada hasil yang kurang optimal.

9. BIYU Gentle AHA Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_BIYU Skincare AHA Gentle Serum_

Mencari serum AHA dengan formulasi yang minim iritasi? Mungkin BIYU AHA Gentle Serum bisa menjadi salah satu jawabannya. Yang membedakan serum ini dari produk serum AHA lainnya adalah penggunaan safe acid seperti asam glikolat, asam sitrat dan asam laktat, yang mana asam-asam ini bersifat minim iritasi.

Selain karena penggunaan safe acid, BIYU AHA Gentle Serum juga dibekali centella asiatica yang akan menambah kemampuan anti iritasinya, sebab bahan ini dapat menenangkan kemerahan, melembabkan dan menutrisi kulit. Sangat gentle, ya? Kamu yang ingin berkenalan dengan AHA namun ragu akan mengiritasi, bisa mencoba produk ini.

10. For Skin’s Sake Vitamin C Serum

serum yang bagus untuk wajah berminyak_For Skin’s Sake Vitamin C Serum_

Masalah kulit berminyak terkadang kompleks diikuti masalah kulit lainnya seperti berjerawat ataupun kulit kusam. Tapi jangan khawatir, bila kulitmu berminyak dan kusam, For Skin’s Sake Vitamin C Serum hadir untukmu karena produk ini diformulasikan non-greasy. Jadinya wajahmu tidak akan semakin tampak seperti kilang minyak.

Tekstur serum ini memang kental, namun mudah menyerap. Serum andalan FSS ini juga diperkaya dengan hyaluronic acid dan vitamin E yang dapat memberikan hidrasi sekaligus mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari. For Skin’s Sake Vitamin C serum juga diklaim vegan, bebas paraben, bebas alkohol dan bebas pewangi.

Apa pun serum yang kamu pilih, pastikan itu non-komedogenik karena concern utamamu adalah kulit berminyak. Cari juga yang formula-nya mattifying kalau bisa, karena dapat bekerja sangat baik untuk mengurangi kilau dan meminimalkan ukuran pori-pori. Kamu tidak akan menyesal memasukkan salah satu serum di atas untuk kulit berminyak ke dalam rutinitas perawatan kulit. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram