Kamini.id / Lamaran / Seserahan Adat Sunda yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Seserahan Adat Sunda yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Maret 2020

Menikah adalah fitrah bagi setiap insan manusia yang ada di dunia. Kegiatan sakral yang melibatkan dua anak manusia ini memang cukup dinanti-nanti oleh setiap pasangan. Berbicara mengenai pernikahan, tak lengkap rasanya bila kita tidak membahas tentang seserahan.

Prosesi yang kerap dilakukan menjelang pernikahan tersebut memang menjadi bagian penting sebelum proses pernikahan. Setiap suku yang ada di Indonesia sendiri memang memiliki adat yang berbeda beda pada saat proses seserahan. Kali ini kita akan membahas seserahan dalam adat Sunda yang menarik untuk diketahui.

Nah, bila kamu berencana melakukan pernikahan dalam waktu dekat. Kamu wajib tahu proses seserahan yang nantinya akan dijalani. Untuk itu Kamini telah merangkum informasi mengenai seserahan adat Sunda yang harus dipersiapkan sebelum naik pelaminan. Apa saja itu?

Seserahan Adat Sunda

Seserahan Adat Sunda

Seserahan adat Sunda merupakan sebuah tradisi yang diwariskan turun temurun dari leluhur. Prosesi tersebut memang bagian dari ritual yang biasa dilakukan menjelang pernikahan. Proses seserahan sendiri biasanya dilakukan beberapa waktu sebelum melaksanakan pernikahan. Dalam adat Sunda sendiri prosesi seserahan biasanya dilakukan tiga hari atau seminggu sebelum menjelang pernikahan.

Dalam prosesi ini calon pengantin pria akan membawa berbagai macam seserahan yang akan diberikan pada calon pengantin wanita. Calon pengantin pria biasanya akan didampingi oleh pihak keluarga beserta sanak saudara untuk menyampaikan keinginannya meminang calon pengantin wanita.

Biasanya saat proses penyampaian hal tersebut diwakili oleh pihak keluarga yang dianggap lebih dewasa. Seserahan sendiri dilakukan sebagai simbol pengikat antara pihak calon pengantin pria dan wanita. Jika dalam proses ini pihak wanita menerima. Maka acara pernikahan pun bisa dilaksanakan setelahnya.

Prosesinya sendiri biasanya berlangsung sebentar. Setelah prosesi seserahan selesai. Acara akan diakhiri doa bersama oleh kedua belah pihak. Kemudian dilanjutkan dengan  makan bersama sebelum akhirnya pihak keluarga pamit meninggalkan kediaman calon pengantin wanita.

Setelah menjalani proses seserahan biasanya kedua calon pengantin tidak boleh bertemu sampai pada hari pernikahan. Hal tersebut untuk menjaga diri calon pengantin dari hal-hal yang buruk sampai pada hari pernikahan kelak.

Seserahan yang Perlu Dipersiapkan untuk Calon Perempuan

Seserahan yang Perlu Dipersiapkan untuk Calon Perempuan

Seserahan sendiri biasanya berisi segala kebutuhan bagi sang calon pengantin wanita. Jenisnya pun beragam sesuai dengan kemampuan dari calon pria yang akan meminang. Berbeda dengan zaman dahulu. Pada zaman sekarang beberapa pasangan bahkan biasanya melakukan diskusi mengenai jenis barang yang akan diberikan pada saat proses seserahan.

Hal itu dilakukan agar barang yang menjadi seserahan sepenuhnya bermanfaat bagi calon pengantin wanita. Mengenai jumlah barang yang dibawa biasanya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dan tidak memberatkan pihak pria. Meskipun demikian pihak pria wajib memberikan yang terbaik untuk calon wanita.

Barang-barang yang dijadikan seserahan pun memiliki makna dan harapan bagi kedua calon pengantin agar bisa menjalani pernikahan dengan bahagia sampai akhir hayat. Seserahan juga sebagai bukti keseriusan calon pengantin pria untuk mempersunting calon wanita yang disayanginya.

Nah, biar kamu tahu lebih jelas mengenai barang-barang yang biasa dibawa saat proses seserahan dengan menggunakan adat Sunda. Berikut adalah jenis barangnya:

1. Perlengkapan untuk Ibadah

Perlengkapan untuk Ibadah

Hal yang harus disiapkan saat proses seserahan pertama adalah perlengkapan ibadah. Bagian seorang muslim benda yang biasa diserahkan berupa mukena, sajadah, Al-Quran dan Tasbih. Pernikahan adalah bentuk ibadah manusia pada sang pencipta.

Oleh karena sebagai manusia wajib bersyukur atas segala kenikmatan yang telah Tuhan berikan. Perlengkapan ibadah sendiri bertujuan agar pasangan kelak bisa lebih mendekatkan diri pada sang pencipta dan mensyukuri atas pertemuan yang telah Tuhan karuniakan pada keduanya.

2. Sinjang (Kain Lilit Panjang Bercorak Batik) dan Brukat

Sinjang (Kain Lilit Panjang Bercorak Batik) dan Brukat

Pada prosesi seserahan. Kedua jenis pakaian tradisional ini memang selalu ada saat prosesi seserahan yang dilakukan memakai adat Sunda. Sinjang sendiri merupakan kain lilit berbentuk panjang dengan corak batik yang indah. Sementara kebaya yang biasa diserahkan diserahkan berbentuk brukat. Pakaian ini merupakan identitas diri yang harus tetap dijaga oleh kedua pasangan.

3‌. Pakaian dan Alas Kaki

Pakaian dan Alas Kaki

Sebagai pelengkap. Pakaian lengkap beserta alas kaki seperti sendal dan sepatu untuk calon wanita juga diramaikan dalam kotak seserahan. Pada bagian ini biasanya kedua pihak harus berunding agar ukuran serta pakaiannya sesuai dengan calon wanita. Seserahan ini memiliki makna supaya pasangan dapat melangkah menjalani kehidupan berumah tangga bersama tanpa ragu-ragu.

4‌. Perlengkapan untuk Mandi

Perlengkaapan untuk Mandi

Barang lain yang diserahkan selanjutnya berupa perlengkapan mandi lengkap. Mulai dari sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, lulur, pembersih wajah, baju mandi dan juga handuk. Perlengkapan mandi ini mempunyai makna agar calon mempelai perempuan dapat menjaga kebersihan diri dan keluarganya setelah menjalani rumah tangga.

5‌. Perlengkapan Rias

Perlengkapan Rias

Selanjutnya yang juga penting dan biasa diberikan saat proses seserahan adalah perlengkapan untuk merias diri bagi calon pengantin perempuan. Barang-barang yang diberikan berupa bedak, lipstik, pensil alis, pembersih wajah, foundation, maskara dan berbagai macam yang biasa digunakan oleh calon pengantin perempuan untuk mempercantik diri.

Seserahan ini diberikan agar wanita yang menjadi pasangannya kelak menjaga kecantikannya untuk sang calon suami. Hal itu juga bermakna agar keduanya tetap saling mencintai dan teguh pendirian.

6‌. Pakaian Dalam dan Baju Tidur

Pakaian Dalam dan Baju Tidur

Selanjutnya adalah perlengkapan pakaian dalam dan baju. Biasanya berisi celana dalam, lingerie, bra dan baju tidur. Hal tersebut konon melambangkan bahwa kelak keduanya akan mengarungi hidup bersama tanpa rahasia serta menjaga kehidupan keluarga satu sama lain.

7‌. Kue Tradisional dan Buah-buahan Segar

Kue Tradisional dan Buah-buahan Segar

Barang yang biasa diberikan kemudian adalah berbagai jenis kue tradisional dan juga buah-buahan. Kedua jenis makan tersebut biasanya ikut mengisi kota seserahan. Makanan tradisional dan buah-buahan melambangkan harapan agar pasangan yang akan menikah nanti dapat menghasilkan kebahagian bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Kue tradisional yang dibawa biasanya makanan ciri khas dari daerah asal daerah calon mempelai pria. Sementara buah-buahan biasanya terdiri dari anggur, pisang, jeruk, apel, salak dan buah pir.

8‌. Perhiasan

Perhiasan

Dan yang tak kalah penting saat proses seserahan adalah perhiasan bagi calon pengantin perempuan. Perhiasan yang diberikan bisa bermacam-macam tergantung kemampuan dari sang pria. Bentuknya pun biasanya berupa kalung, cincin, gelang, anting dan liontin.

Jenis perhiasannya pun beragam bisa berupa emas putih, emas kuning atau berlian. Seserahan ini juga berlambang sebagai pengikat kedua pasangan agar selalu hidup bersama sampai maut memisahkan.

Nah, itulah seserahan adat Sunda yang harus dipersiapkan sebelum naik pelaminan yang berhasil Kamini rangkum. Semoga informasi yang dibahas di atas menambah informasi bagi kamu yang berencana melakukan prosesi lamaran atau pernikahan. Baca juga artikel hal yang harus dipersiapkan untuk pernikahan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *