10 Skincare Bakuchiol Untuk Yang Sensitif Dengan Retinol

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian

Retinol merupakan ingredient yang memang banyak dicintai oleh para skincare enthusiast. Kandungan satu ini dikenal akan keampuhannya dalam membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari meredakan jerawat sampai dengan memperlambat dan mengatasi permasalahan penuaan dini. Sayangnya, retinol bisa menimbulkan iritasi pada sebagian orang dan biasanya terasa kering di kulit.

Nah, untuk kamu yang punya kulit sensitif, tetapi ingin juga mencicipi manfaat yang ditawarkan oleh retinol, sekarang sudah hadir alternatifnya. Dia adalah bakuchiol, kandungan yang diekstrak dari tanaman babchi. Kandungan ini digadang-gadang mampu memberikan manfaat yang serupa dengan retinol, tetapi efek sampingnya lebih minim dan aman digunakan oleh kulit sensitif maupun ibu hamil.

Dengan keunggulan yang ditawarkan oleh bakuchiol, para produsen skincare berlomba-lomba menciptakan produk yang menggunakan alternatif retinol ini sebagai bahan utamanya. Nah, untuk yang penasaran brand mana saja yang mempunyai produk skincare yang mengandung bakuchiol, simak terus artikelnya ya!

1. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

somethinc-bakuchiol_

Brand lokal yang terus berinovasi ini tentu tidak ketinggalan tren untuk menghadirkan produk skincare yang mengandung bakuchiol. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum tidak hanya mengandalkan kandungan bakuchiol saja, setiap botolnya juga dikemas dengan kandungan minyak biji bunga matahari, ekstrak apel, minyak tamanu, dan juga asam salisilat.

Dengan formulasi tersebut, produk Somethinc ini diklaim mampu meningkatkan elastisitas sekaligus kekencangan kulit, dan mengurangi kerutan maupun hiperpigmentasi selama 12 minggu pemakaian. Untuk yang memiliki kulit acne prone tentunya bisa mendapatkan manfaat dari facial oil ini. Karena selain bakuchiol, produk ini juga mengandung asam salisilat yang bisa menangkal bakteri penyebab jerawat.

Tidak seperti retinol, Somethinc Bakuchiol Skinpair ini bisa digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam hari. Lalu, dia juga bisa di-layer dengan kandungan aktif lainnya. Menariknya lagi, Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar 89.000 untuk isi 20 ml.

2. Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil

indoganic-bakuchiol_

Skincare dengan kandungan bakuchiol dari brand skincare organik lokal ini, hadir juga dalam bentuk face oil. Produk bakuchiol milik Indoganic ini diberi nama intensif, karena persentase kandungan bakuchiol-nya cukup tinggi, yakni sekitar 4%. Dengan begini, produk akan semakin maksimal dalam membantu mengurangi peradangan pada jerawat serta menyamarkan tampilan garis halus maupun kerutan.

Selain bakuchiol, Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil ini juga dibekali dengan tocopherol alias vitamin E dan juga squalene. Mereka adalah antioksidan poten yang mampu memperbaiki maupun melindungi kulit dari kerusakan yang bisa diakibatkan oleh radikal bebas. Lalu, keduanya juga bisa memberikan kelembaban, hingga permukaan kulit terasa halus dan lembut.

Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil ini termasuk jenis dry oil yang ringan dan tidak meninggalkan rasa greasy berlebih maupun lengket. Face oil ini bisa digunakan dengan berbagai cara, mulai dari dipakai sendiri, hingga teknik scramble egg yang belakangan sedang populer. Kalau kamu tertarik, Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil bisa dibeli dengan harga sekitar 129.000 untuk ukuran 15 ml.

3. BLOOMKA Bakuchiol Facial Oil

bloomka-anti facial-acneoil_

Sister brand dari The Bath Box ini menghadirkan 3 jenis facial oil dengan bakuchiol sebagai bahan utamanya. Masing-masing ketiga facial oil tersebut dikemas dengan kandungan utama lain yang beragam, sehingga manfaat yang diberikan untuk kulit berbeda pula.

Bagi yang sudah mulai peduli dengan permasalahan penuaan pada kulit, Bloomka Bakuchiol + Almond merupakan pilihan bagus untuk kalian. Almond akan bertindak sebagai emolien yang mengunci kelembapan dan membuat kulit tampak lebih dewy.  Antioksidannya pun akan membantu bakuchiol dalam memperlambat permasalahan penuaan dini pada kulit.

Lalu untuk kulit berjerawat, Bloomka menawarkan 2 pilihan yakni, Bakuchiol + Grapeseed dan Bakuchiol + Tamanu. Minyak yang diekstraksi dari biji anggur ini tergolong non-comedogenic dan mengandung anti-mikroba di dalamnya, sehingga diklaim bagus untuk kulit berjerawat.

Jika Bakuchiol + Grapeseed adalah jenis facial oil yang ditujukan untuk seluruh wajah, Bakuchiol + Tamanu adalah jenis spot oil. Artinya, produk ini hanya digunakan pada area yang bermasalah, seperti jerawat, bekas jerawat, dan juga bopeng. Bloomka Bakuchiol + Grapeseed dan Bakuchiol + Almond dibanderol dengan harga berkisar 92.000 dengan isi 20 ml. Sedangkan Bakuchiol + Tamanu Spot Oil ditawarkan sekitar 109.000 untuk isi yang lebih sedikit, yakni 10 ml.

4. BLOOMKA Bakuchiol+Vitamin B3

bloomka-bakuchiol-vit b3_

Produk skincare dengan kandungan bakuchiol selanjutnya masih datang dari brand Bloomka. Jika ketiga produk di atas merupakan facial oil, Bakuchiol+Vitamin B3 ini hadir dalam bentuk serum. Konsentrasi bakuchiol di sini lebih tinggi dari 3 produk sebelumnya, yakni sebesar 2%. Jadi, serum akan bekerja lebih intens dalam memberikan manfaat bakuchiol.

Hadirnya vitamin B3 atau niacinamide 5% akan membantu bakuchiol dalam mengatasi permasalahan jerawat karena niacinamide sendiri dikenal mampu mengontrol kelebihan minyak dan memiliki sifat anti-inflamasi. Produk ini juga ampuh dalam menyamarkan bekas-bekas jerawat dan menjadikan kompleksi lebih cerah.

Jika manfaat yang ditawarkan oleh BLOOMKA Bakuchiol+Vitamin B3 ini sesuai dengan kebutuhan kulit kalian, setiap botol serum ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar 115.000.

5. Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract Face Serum

dear me-bakuchiol_

1% Bakuchiol + Blueberry Extract Face Serum merupakan satu dari koleksi serum yang baru saja diluncurkan oleh Dear Me Beauty. Serum bakuchiol ini dibantu dengan kandungan ekstrak bluberi. Buah tersebut merupakan superfood yang kaya akan antioksidan, sehingga kandungan ini mampu melindungi sel kulit dari ganasnya radikal bebas, termasuk munculnya tanda penuaan pada kulit.

Tidak hanya melindungi, bluberi juga disebut-sebut bisa mendukung bakuchiol dalam mendorong produksi kolagen, sehingga mampu membantu menghaluskan penampilan kerutan maupun garis halus. Menariknya lagi, bluberi juga bagus dalam mengurangi penampilan noda-noda dan menjadikan kulit tampak cerah bersinar.

Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract Face Serum hadir dalam dua ukuran 12 ml dan 32 ml. Untuk yang baru ingin mencoba kecocokan produk, kemasan mini isi 12 ml bisa didapatkan dengan harga berkisar 89.000. Untuk yang sudah mantap, ukuran full-size dapat dibeli sekitar 159.000.

6. Skin Game Focus Acne Combat

skingame-focus-anti combat_

Untuk kalian yang memiliki permasalahan jerawat dan juga ingin memperkuat skin barrier, Skin Game Focus Acne Combat ini patut untuk dipertimbangkan. Supaya bisa memberikan manfaat tersebut, serum milik Skin Game ini mengandalkan kandungan 1% bakuchiol, 5% vitamin B3, ceramide, dan kolesterol.

Kolesterol memang melekat dengan konotasi buruk untuk makanan. Namun, kolesterol sebenarnya memiliki peran penting dalam epidermis kulit. Bersama dengan ceramide, kolesterol akan bertindak sebagai “semen” yang melekatkan sel-sel kulit. Dengan begini, fondasi dari skin barrier akan lebih kuat dalam melindungi kulit dari agresor eksternal dan kelembapan kulit pun terjaga.

Semantara itu, bakuchiol dan vitamin B3 berperan sebagai anti-inflamasi yang membantu meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu, keduanya juga bagus dalam mengatasi noda yang ditinggalkan oleh jerawat. Apabila serum ini sesuai dengan kondisi kulit kalian, setiap botol serumnya bisa dibeli sekitar 149.000 untuk isi 30ml.

7. Bhumi Bakuchiol Night Oil

bhumi-bakuchiol_

Untuk pengguna skincare advance dan mencari skincare bakuchiol lokal dengan konsentrasi agak tinggi, Bhumi Bakuchiol Night Oil ini bisa jadi jawaban yang tepat untuk kalian. Di dalam setiap kemasan facial oil Bhumi ini terkandung bakuchiol dengan konsentrasi 5%.

Selain itu, produk ini juga diperkuat dengan kandungan eksfoliasi dari PHA 1%, yang akan dengan lembut mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit. Lalu, untuk memperkuat fungsi anti-aging, facial oil ini ditemani juga oleh pomegranate oil 35% dan sea buckthorn oil. Keduanya adalah kandungan antioksidan yang bisa membantu menetralkan efek buruk radikal bebas, tak terkecuali untuk penuaan dini.

Ditambah lagi, sea buckthorn oil juga disebut mampu menstimulasi produksi kolagen. Sehingga, bahan ini mampu membantu kinerja bakuchiol dalam mengencangkan dan menyamarkan kerutan sekaligus garis halus.

Berbeda dengan skincare bakuchiol sebelumnya yang bisa digunakan pagi dan malam hari, Bhumi Bakuchiol Night Oil lebih disarankan untuk penggunaan pada malam hari, di tahap akhir pemakaian skincare. Dengan adanya beragam kandungan berkonsentrasi tinggi, harga yang ditawarkan agak lebih tinggi. Untuk bisa mendapatkan facial oil Bhumi ini, kalian perlu merogoh kocek sekitar 259.000.

8. True to Skin Bakuchiol

true-to-skin-bakuchiol_

Produk skincare bakuchiol dari brand lokal anyar, True to Skin ini hadir dalam bentuk serum. Selain bakuchiol 1%, serum ini diperkaya juga dengan PHA, probiotik, serta 7 ekstrak biji dan kacang-kacangan. PHA bersama dengan bakuchiol memiliki manfaat untuk mendorong proses regenerasi kulit agar sel kulit yang lebih sehat dan segar muncul ke permukaan. 

Sementara itu, probiotik berperan untuk mendukung pemulihan kulit. Dia akan memproteksi kulit dari bakteri buruk, menekan inflamasi pada kulit, dan membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Lalu, biji dan kacang-kacanganjuga akan mendorong proses penguatan skin barrier serta berperan sebagai antioksidan.

9. Aizen Bakuchiol 10% Ultra Ampoule

aizen-bakuchiol_

Jika konsentrasi bakuchiol dari produk di atas masih kurang untuk kalian, produk dari brand lokal Aizen ini bisa menjadi pilihan ideal. Sesuai dengan nama produknya, ampoule milik Aizen ini diperkaya dengan bakuchiol kadar 10%. Persentasenya yang tinggi membuat Aizen mengklaim bahwa ampoule ini mampu mengurangi penampakan tanda-tanda penuaan dini selama 4 minggu pemakaian.

Tidak hanya bakuchiol, ampoule ini diformulasikan juga dengan ceramide dan sodium hyaluronate. Kedua memiliki fungsi utama dalam memenuhi kebutuhan kelembaban kulit dan menguncinya. Lalu, ceramide juga memiliki peranan penting dalam menjaga skin barrier agar dapat berfungsi dengan optimal.

Kandungan-kandungan penuh manfaat tersebut, lalu diformulasikan oleh teknologi mutakhir dari Jepang yang akan meningkatkan keefektifan ampoule. Meskipun mampu menawarkan banyak keunggulan, Aizen Bakuchiol 10% Ultra Ampoule masih ditawarkan dengan harga yang lumayan terjangkau, yakni sekitar 139.000.

10. Erha Age Corrector Skin Renew Booster

erha-age-corrector_

Klinik kecantikan Erha juga turut meluncurkan produk skincare dengan kandungan bakuchiol, yaitu Age Corrector Skin Renew Booster. Kadar dari bakuchiol yang terkandung dalam produk ini adalah 1% dan dikombinasikan dengan 10% AHA. Booster ini memiliki fungsi utama untuk membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan juga flek hitam.

Karena antioksidan yang terdapat padanya, booster ini juga mampu menjaga kulit dari munculnya tanda penuaan dini. Berkat kandungan AHA, produk ini juga bisa membantu mengikis sel-sel kulit mati dan mendorong proses regenerasi kulit sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus dan bersinar.

Produk ini merupakan booster, yang artinya produk ini diformulasikan untuk meningkatkan efektivitas serum ataupun pelembab. Jadi, produk ini diaplikasikan sebelum serum ataupun pelembab. Lalu, dia juga bisa dijadikan campuran serum atau pelembab. Jika tertarik, Erha Age Corrector Skin Renew Booster bisa dibeli sekitar 200.000 dengan isi 15 ml.

Itulah 10 referensi skincare dengan kandungan bakuchiol. Produk-produk tersebut cocok untuk para pemula, pemilik kulit sensitif, remaja, ataupun ibu hamil yang ingin mencicipi segala manfaat yang bisa disampaikan oleh retinol tanpa harus merasakan efek sampingnya.

Masing-masing pilihan di atas hadir dalam bentuk, persentase, kandungan pendukung, dan harga yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan kondisi kulit dan juga budget sebelum membeli ya! Nah, dari 10 pilihan produk skincare bakuchiol di atas, kira-kira manakah yang paling membuat kalian tertarik? Yuk, bagikan jawaban di kolom komentar! Kamu juga bisa lihat rekomendasi produk dengan kandungan retinol di Kamini.id ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram