kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 8 Langkah Skincare Malam Agar Kulit Terhidrasi Selama Puasa

8 Langkah Skincare Malam Agar Kulit Terhidrasi Selama Puasa

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 31 Maret 2021

Perawatan kulit tidak hanya di lakukan di pagi hari saja, di malam hari juga sama pentingnya. Apalagi jika di pagi hari kita memakai berbagai produk makeup yang berat dan terpapar sinar matahari. Hasilnya kulit bisa menjadi kering, kusam dan mulai timbul bruntusan hingga jerawat. Tentu saja tidak ada yang mau jika wajahnya menjadi mengalami kerusakan di atas dong?

Apalagi selama berpuasa salah satu masalah yang muncul adalah mudahnya tubuh kehilangan cairan yang mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi tentu tidak baik, pasalnya dehidrasi bisa menjadi salah satu pemicu datangnya masalah kulit diatas. Maka dari itu perawatan di malam hari yang benar sangat dibutuhkan karena akan mengembalikan kesehatan kulit seperti semula.

Lalu skincare routine seperti apa sih yang harus dilakukan di malam hari agar kulit tetap sehat keesokan harinya? Jangan sampai ketinggalan, informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

1. Bersihkan Bekas Makeup

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja membersihkan makeup yang menempel di wajah. Pasalnya jika makeup tidak dibersihkan dengan benar, bisa-bisa sisa makeup yang menempel di kulit akan berubah menjadi komedo atau jerawat. Belum lagi kurang tidur karena harus bangun sahur setiap hari membuat resiko berjerawat dan komedo makin tinggi.

Maka dari itu pastikan kamu membersihkan makeup yang menempel di kulit dengan hati-hati dan bersih tentunya. Kamu bisa memakai micellar water untuk membersihkan sisa foundation, concealer dan bedak yang ada di wajah. Untuk bagian mata dan bibir yang produknya anti air, kamu bisa memakai makeup remover waterproof agar bisa terangkat sempurna.

2. Cuci Wajah dengan Facial Wash

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water atau makeup remover waterproof apakah wajah sudah bersih? Jawabannya tentu saja belum, maka dari itu double cleanser sangat disarankan untuk membersihkan kulit. kamu bisa memilih facial wash yang tidak hanya membersihkan kulit tapi dapat menghidrasi dan menyegarkan kulit.

Jika kulitmu cenderung kering pastikan menghindari pencuci wajah yang terasa lembut di kulit. lalu pastikan terdapat kandungan vitamin E, glycerin dan hyaluronic acid yang dapat menghidrasi kulit. lebih baik lagi jika ada kandungan bahan natural seperti ekstrak chamomile atau ekstrak minyak alpukat. Terakhir hindari mencuci wajah dengan air hangat, bisa-bisa kulit akan semakin kering selama berpuasa akibat skin barrier yang rusak.

3. Toner

Toner adalah produk wajib untuk digunakan dua kali sehari untuk membersihkan dan menghidrasi kulit. Toner memang produk yang tidak boleh di skip, karena toner akan membuat setiap skincare yang digunakan meresap lebih baik lagi. Seperti yang diketahui bahwa kulit yang dehidrasi biasanya cenderung kering, maka kamu membutuhkan toner yang ringan dan menghidrasi kulit. Toner akan membuat kulit yang dehidrasi dan stres selama berpuasa terasa lebih tenang dan segar.

Karena kulit sudah stres terkena paparan sinar UV belum lagi kekurangan cairan karena sedang berpuasa, kamu perlu menenangkannya. Maka dari itu kamu bisa memilih toner dengan bahan penenang seperti bambu, mentimun dan chamomile. Selain itu kamu juga bisa memakai produk yang bebas comedogenic, alkohol dan parfum di dalamnya agar tidak menimbulkan resiko iritasi.

4. Serum Wajah

Serum wajah menjadi produk yang dapat memberikan fungsi skin booster selama kamu tidur. Pasalnya kandungan dalam serum wajah lebih kuat dan membantu regenerasi kulit selama tidur lebih optimal. Salah satu kandungan yang paling penting untuk mengatasi efek dehidrasi selama berpuasa, kamu membutuh hyaluronic acid.  

Hyaluronic acid ini memang populer, alasannya humektan ini akan menarik air dari udara ke kulit agar tetap bisa menjaga kelembapan. Selain itu, hyaluronic acid ini tidak hanya cocok untuk kulit kering tapi cocok untuk kulit berminyak juga. Alasannya kulit dehidrasi tidak hanya menyerang kulit kering saja, tapi kulit yang berminyak pun dapat terkena dehidrasi kulit.

Baca juga: Skincare Pagi Agar Kulit Cantik dan Sehat Selama Puasa

5. Eye Cream

Ingat dong salah satu efek dari dehidrasi kulit tidak hanya membuat kulit kering, kusam dan timbulnya jerawat saja. Dehidrasi kulit selama berpuasa juga akan mengakibatkan datangnya dark circle atau yang lebih dikenal mata panda. Belum lagi selama berpuasa waktu tidur biasanya jadi lebih singkat karena harus sahur dan ini bisa membuat dark circle makin mudah muncul.

Makannya setiap malam kamu disarankan untuk memakai eye cream sebelum tidur secara rutin. Eye cream baik di pagi maupun malam hari sama pentingnya untuk menghindari dark circle dan kerutan. Tapi eye cream untuk malam hari kandungannya harus lebih berat untuk membantu proses regenerasi. Kamu bisa memilih eye cream berkandungan asam hialuronat serta retinol agar kulit bebas kerutan dan membuat kulit area mata tetap terhidrasi.

6. Obat Jerawat

Jika kamu sudah terlanjur memiliki jerawat, tenang saja kamu bisa mengatasi hal ini dengan rutin memakai obat jerawat. Sama halnya dengan pemakaian serum wajah, memakai krim jerawat dua kali sehari di pagi dan malam hari itu penting. Karena dehidrasi selama berpuasa dapat membuat kulit mudah terkena bruntusan dan jerawat.

Kamu bisa memilih obat jerawat yang teksturnya sesuai dengan kondisi kulit yang dialami dan penyebab jerawat. Biasanya obat jerawat berbentuk gel direkomendasikan untuk kulit kering dengan kandungan sulfur yang bisa mengurangi minyak berlebih. Obat jerawat berbentuk krim digunakan untuk kulit kering dan biasanya mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida untuk melawan komedo dan kuman.

7. Krim Malam

Selanjutnya ada krim malam atau moisturizer adalah salah satu produk yang akan membuat wajah bebas dari dehidrasi. Kamu bisa mencari moisturizer malam yang mengandung ceramide, karena bahan ini disebut-sebut sebagai pelembab alami kulit. Karena ceramide akan melindungi epidermis dari berbagai kerusakan yang berasal dari luar tubuh.

Sedikit tips untuk mencari krim malam yang baik untuk kulit, pastikan tekstur dari krim malam tersebut ringan dan lembut di kulit. karena jika terlalu pekat, pori-pori kulit akan tersumbat sehingga kulit tidak dapat bernafas. Lalu pilih krim malam dengan kandungan anti-aging agar bisa terhindar dari kerutan di wajah dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Jadi kulit akan tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari efek buruk dehidrasi selama berpuasa.

8. Face Oil

Memakai face oil dikalangan masyarakat Indonesia memang kurang terdengar familiar. Apalagi untuk yang memiliki kondisi kulit berminyak, memakai face oil pasti menjadi hal yang paling dihindari. Memang kulit yang mengalami dehidrasi cenderung memproduksi sebum secara berlebih. Tapi dikutip dari Kiehls, menurut penelitian terbaru ada beberapa minyak non-comedogenic yang dapat mengatur sebum.

Contohnya seperti minyak Jojoba, squalane dan tea tree sangat cocok untuk kulit rentan berjerawat dan berminyak. Alasannya karena minyak di atas non-comedogenic yang ringan dan dapat membunuh bakteri. Selain itu minyak non-comedogenic lainnya seperti argan, buckthorn, kukui dan rosehip juga aman untuk kulit berminyak.

Lalu minyak marula, minyak kelapa, squalane dan kandungan asam hialuronat akan baik untuk melembabkan dan mengencangkan kulit kering. Memakai face oil selama berpuasa akan membantu agar kulit bisa mejaga berbagai kandungan air dan terbebas dari dehidrasi.

Pada dasarnya face oil memang baik untuk semua jenis kulit, karena formula di dalamnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Face oil dirancang sebagai produk yang bekerja dengan minyak alami untuk menjaga keseimbangan kulit. Tentu saja dengan penggunaan yang benar, cukup gunakan dua hingga tiga tetes minyak ke wajah setiap malam.

Dalam kondisi kulit dehidrasi yang kering atau berminyak, hal utama yang harus diperhatikan adalah kandungan produknya. Pastikan produk yang kamu gunakan bebas dari bahan berbahaya seperti silikon, alkohol, paraben dan parfum. Karena bahan-bahan ini memiliki resiko terjadinya iritasi dan sangat sensitif untuk kulit.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram