kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 8 Skincare Pagi Agar Kulit Cantik dan Sehat Selama Puasa

8 Skincare Pagi Agar Kulit Cantik dan Sehat Selama Puasa

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 31 Maret 2021

Meski berpuasa, kita masih harus tetap menjalankan semua aktivitas bekerja atau sekolah seperti biasanya. Apalagi di musim pandemic seperti sekarang, memakai masker selama beraktivitas adalah hal yang wajib dilakukan. Sayangnya memakai masker terlalu lama beresiko iritasi karena gesekan masker ke kulit dan dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh selama puasa.

Agar bisa terhindar dari masalah diatas, sepertinya kamu harus lebih ekstra menjaga kesehatan kulit terutama di pagi hari. Makannya kamu mungkin harus merubah skincare routine di pagi hari selama menjalankan ibadah puasa. Karena skincare di pagi hari menjadi modal untuk menjaga kesehatan kulit selama beraktivitas di luar ruangan.  

Kali ini kita akan membahas mengenai skincare routine di pagi hari agar kulit tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Mau tahu apa saja? Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Pencuci Wajah

Berpuasa di saat seperti sekarang ini memang terasa lebih berat dibanding berpuasa sebelum adanya pandemic. Apalagi resiko kulit yang mudah terkena dehidrasi dan berjerawat lebih tinggi karena selalu memakai masker setiap hari. Untuk mencegah semua hal ini terjadi, kamu harus rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari.

Kamu harus memiliki pencuci wajah yang memiliki formula non-comedogenic dan anti-bacterial. Selain itu pastikan produk tersebut bebas dari silikon, paraben, alkohol dan parfum yang buruk untuk kulit. Pastikan produk pencuci wajah memiliki kandungan pelembab seperti gliserin, hyaluronic acid lalu oil control seperti retinol dan hypoallergenic.

2. Toner dan Essence

Toner dikenal sebagai produk yang dapat membersihkan kulit hingga kedalam pori-pori. Memakai toner setiap pagi tentu menjadi hal yang penting, apalagi jika kulitmu berminyak. Pasalnya toner akan mengencangkan pori-pori dan membuat minyak yang ada di kulit berkurang. Toner juga dapat menghilangkan racun dan dapat mencegah datangnya jerawat akibat kekurangan cairan selama berpuasa.

Tak beda jauh, essence juga dapat menghaluskan dan memberikan kelembaban pada kulit. Tapi fungsi utama essence ini sebenarnya membantu untuk menyerap produk lainnya ke dalam kulit. Memakai kedua produk ini di pagi hari sangat disarankan jika ingin kulit wajah tetap lembab dan bebas dehidrasi kulit. Jadi meski sedang berpuasa, kamu tidak perlu khawatir kulit kering karena kekurungan cairan tubuh.

3. Obat Jerawat

Salah satu masalah yang sering terjadi saat sedang berpuasa adalah datangnya jerawat di wajah. Jerawat biasanya akan lebih mudah datang jika kulit sedang dehidrasi karena berpuasa dan terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu kamu membutuhkan obat jerawat untuk di oleskan hanya pada area yang berjerawat saja. Agar area kulit yang lainnya tidak terkena kandungan obat jerawat yang biasanya lebih keras.

Sekarang ini banyak sekali obat jerawat yang mulai dijual secara bebas di berbagai toko. Hal yang perlu kamu ingat adalah, pilihlah obat jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit dan penyebabnya. Kamu bisa memakai obat gel jika berminyak dan obat krim jika keadaan kulit kering. Penggunaan obat jerawat di posisi ketiga ini untuk membuat obat masuk kedalam pori-pori dan langsung merawat jerawat.

4. Krim Mata

Memakai krim mata sebelum beraktifitas sangatlah penting, pasalnya krim ini akan membantu menghidrasi kulit. Apalagi salah satu kerusakan kulit selama berpuasa adalah munculnya mata panda karena selama puasa jadi kurang tidur dan mudah dehidrasi. Tapi bukan berarti kamu hanya asal saja memakai krim mata yang ada atau sudah dibeli sebelumnya.

Dikutip dari lifestyle.kompas.com, krim mata yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan kulit. jika kulitmu cenderung kusam, pilihlah krim mata berkandungan pencerah seperti vitamin C dan SPF. Selain itu pastikan juga krim mata tersebut memiliki kandungan asam hialuronat dan ceramides. Kedua bahan ini berfungsi untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dan polusi.

5. Serum Wajah

Dehidrasi kulit tidak hanya akan membuat kulit normal jadi kering, tapi kulit berminyak pun dapat terasa kering lho. Makanya produk satu ini tidak boleh dilewatkan jika ingin kulit bebas kering dan kusam karena dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Serum wajah adalah produk yang akan membantu untuk merawat kulit tetap terhidrasi dan melawan efek buruk matahari.

Kamu bisa mencari serum wajah yang mengandung hyaluronic acid, dimana bahan aktif ini memang dikenal dapat melembabkan kulit. selain itu kamu juga bisa mencari serum wajah yang memiliki kandungan vitamin C dan E untuk mencerahkan kulit kusam. Ingat kamu hanya perlu memakai dua hingga tiga tetes serum untuk mendapatkan manfaat tersebut.

6. Moisturizer

Produk favorit banyak makeup artist, karena pada dasarnya setiap kulit memang membutuhkan moisturizer setiap harinya. Alasannya karena moisturizer akan mengembalikan protein keratin di wajah yang dapat melembabkan, menyehatkan dan menghaluskan kulit. Makannya memakai moisturizer saat berpuasa sangat baik untuk mencegah kulit dehidrasi dan meningkatkan pH kulit.

Karena selama berpuasa kulit harus tetap terjaga kelembabannya, maka pilihlah moisturizer dengan kandungan asam hialuronat, hyaluronic acid, niacinamide dan gliserin. Tapi kamu juga harus memastikan kandungan tersebut cocok dengan kondisi kulit. hal lainnya adalah pastikan moisturizer tidak mengandung bahan berbahaya seperti parfum, alkohol, paraben dan silikon.

Moisturizer yang digunakan juga harus bebas dari bahan comedogenic dan memiliki kandungan alkohol. Karena jika tidak, kulit yang dehidrasi selama puasa makin mudah memunculkan sebum dan jerawat. Tidak mau dong terganggu dengan jerawat selama berpuasa yang bisa membuat unmood seketika.

7. Sunscreen

Jika kamu masih harus beraktivitas diluar ruangan berpanas-panasan meski sedang berpuasa. Kamu sangat di wajibkan untuk memakai sunscreen sebelum memulai aktivitas setiap hari. Pasalnya sinar matahari akan membuat cairan dalam tubuh lebih mudah berkurang selama berpuasa. Agar tidak menimbulkan banyak kerusakan pada kulit wajah, kamu bisa melawannya dengan sunscreen.

Sunscreen tidak hanya dapat melawan paparan sinar matahari dan memantulkannya kembali. Beberapa sunscreen juga dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu merawat kesehatan kulit. pastikan kamu memakai sunscreen setidaknya 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas. Pastikan juga sunscreen yang kamu pakai sebagainya dua jari, agar sunscreen dapat melindungi kulit secara maksimal.

8. Face Mist

Hal yang paling terasa setiap kali kamu menyentuh wajah adalah kulit yang terasa kering. Apalagi jika kamu sering terkena sinar matahari, tidak hanya kering kadang juga terasa agak bersisik. Daripada banyak mencuci muka yang sebenarnya makin membuat kulit kering, lebih baik gunakan face mist. Kenapa harus face mist? Karena pada dasarnya manfaat utamanya adalah mengembalikan kesegaran kulit.

Selama puasa kita tidak bisa minum untuk menambah cairan tubuh, setidaknya bisa memberikan kelembaban pada kulit wajah agar kembali segar. Kamu bisa memilih face mist dengan kandungan UV Protection, vitamin C, B3 hingga kolagen. Dimana face mist tersebut tidak hanya melembabkan tapi dapat mencerahkan kulit kusam dan mengontrol minyak dan jerawat. Apalagi kemasan face mist ini cukup fleksibel untuk dibawa-bawa setiap hari dan harganya pun cukup bersahabat dengan kantong.

Sebenarnya skincare routine yang diperlukan selama berpuasa tidaklah merepotkan. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah memilih skincare yang dapat mengatasi masalah kulit dehidrasi. Karena dehidrasi kulit tidak hanya membuat kering, kusam dan lesu tapi bisa mendatangkan jerawat juga. Jadi perlu perawatan ekstra agar selama berpuasa kamu tidak terganggu dengan masalah kulit di atas.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram