kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Beginilah Tahapan Skincare Routine untuk Atasi Kulit Berminyak

Beginilah Tahapan Skincare Routine untuk Atasi Kulit Berminyak

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Februari 2021

Mengurus kulit berminyak terbilang susah-susah gampang, apalagi jenis kulit ini terbilang paling sering ditemukan dimanapun. Salah satu yang paling menantang dari jenis kulit satu ini adalah mudah mengalami acne breakout dan mudah mengkilap.

Akibatnya, dari kelebihan minyak pada wajah selain mudah berjerawat, tentunya kulit mudah terlihat kusam. Untuk merawat kulit berminyak pun sebenarnya tidak perlu ribet. Hanya butuh 4 langkah skincare routine untuk mendapatkan wajah sehat bebas kilap.

4 Langkah Skincare Routine untuk Kulit Berminyak

Bagi yang baru saja memasuki ranah perawatan wajah dan kulit, sebenarnya treatment wajah tidak begitu sulit. Bahkan, hanya butuh 4 langkah saja untuk merawat wajah. Tahapan tersebut di antaranya cleansing, toning, treatment, dan moisturising. 

1. Lakukan Tahap Cleansing Pagi dan Malam

skincare routine untuk kulit berminyak_cleansing

Tahap ini sudah jelas penting bagi pemilik kulit berminyak, kulit bersih pada kulit berminyak adalah kunci pencegahan tersumbatnya pori-pori yang menjadi akar penyebab jerawat. Jadi, lakukan tahap cleansing atau membersihkan wajah pagi dan malam.

Membersihkan wajah menggunakan sabun setidaknya dilakukan sehari dua kali. Melakukan cleansing pada malam hari berfungsi untuk menghilangkan kotoran, makeup, atau debu yang menempel selama seharian beraktivitas. 

Sementara membersihkan wajah pada pagi hari berguna untuk membersihkan residu pada wajah. Pasalnya, saat tubuh beristirahat, kulit tidak berhenti beraktivitas – yakni sibuk mengikis sel kulit dan memproduksi sebum.

Cleanser yang digunakan bisa beragam, bisa gunakan facial foam yang mengandung salicylic acid atau BHA. Bisa juga menggunakan cleanser yang mampu melembutkan dan menenangkan kulit wajah – lalu gunakan salicylic acid pada langkah perawatan selanjutnya.

2. Lakukan Toning Setelahnya

skincare routine untuk kulit berminyak_toning

Walaupun kulit tampak bersih bebas kotoran, bukan berarti bebas dari sisa-sisa kotoran lainnya – termasuk sisa sel kulit mati. Untuk itu, kulit masih butuh toner sebagai produk perawatan wajah lainnya yang perlu dimiliki. 

Untuk pemilik kulit berminyak, setidaknya gunakan acid toner atau exfoliating toner setelah membersihkan wajah sebagai tahap eksfoliasi. Pasalnya, kulit berminyak rentan berjerawat dan salah satu penyebabnya adalah menumpuknya sel kulit mati dan mengendap pada pori-pori.

Selain berguna untuk membersihkan sisa sel kulit mati pada wajah, acid toner ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori dari sisa kotoran dan makeup yang sulit terangkat oleh sabun.

Terlebih, dengan acid toner, kadar minyak pada kulit lebih terkontrol. Sehingga kulit tetap terjaga kelembapannya dan bebas minyak. Jika bingung mencari jenis acid toner yang cocok, bisa coba gunakan toner dengan kandungan salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid.

3. Gunakan Treatment Tambahan Sesuai Kebutuhan 

skincare routine untuk kulit berminyak_treatment tambahan

Dalam hal ini, perawatan tambahannya bisa beragam – yakni bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Misalnya, kondisi kulit sedang berminyak dan berjerawat dapat menggunakan benzoyl peroxide sebagai obat totol jerawat.

Benzoyl Peroxide tergolong bahan aktif yang keras, maka setelahnya bisa menggunakan serum dengan bahan menenangkan, seperti niacinamide atau bisabolol. Kedua bahan aktif tersebut berfungsi untuk menenangkan kulit dari efek kering akibat benzoyl peroxide.

Namun pastinya konsentrasi perawatan kulit berminyak tentu tidak melulu soal jerawat dan minyak berlebih. Jika ingin mencoba perawatan lainnya selain pengobatan jerawat, bisa juga coba menggunakan produk retinol

Bahan aktif retinol ini tidak hanya mampu bekerja untuk mengontrol sebum dan menyembuhkan jerawat dengan cepat, namun juga mampu menangkal tanda-tanda penuaan, membersihkan pori-pori, dan membuat kulit lebih cerah. 

Walaupun retinol mampu bekerja untuk menangkal tanda-tanda penuaan, namun sebenarnya pemilik kulit berminyak sendiri terbilang beruntung. Pasalnya, kadar berminyak berlebih pada wajah mampu menyamarkan tanda penuaan secara alami.

4. Gunakan Moisturizer Setelah Perawatan Selesai

skincare routine untuk kulit berminyak_Gunakan Moisturizer Setelah Perawatan Selesai

Jangan sampai salah kaprah, walaupun kulit kelebihan minyak, namun jenis kulit apapun perlu menggunakan pelembap – termasuk kulit berminyak. Apalagi setelah menggunakan berbagai produk perawatan wajah yang berlapis-lapis. 

Fungsi dari pelembap sendiri sebagai kunci dari berbagai produk yang sudah menempel pada kulit – termasuk mengunci kadar air yang sudah menyerap pada kulit. Jika tidak mengaplikasikan pelembap, kulit akan mudah mengalami dehidrasi. 

Jika sulit menemukan pelembap yang cocok bagi kulit berminyak, ada beberapa kriteria yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli produk pelembap. Di antaranya tekstur ringan, bebas bahan minyak – seperti mineral oil, menggunakan bahan dasar air. Atau bila tidak mau pusing, Kamini sudah punya rekomendasi pelembab kulit berminyak yang bisa dijadikan referensi.

Perawatan di Luar Skincare Routine

Selain melakukan 4 langkah skincare routine di atas, pertimbangkan juga untuk melakukan perawatan tambahan lain, agar kadar minyak pada kulit terjaga serta menjaga kulit tetap tampak sehat.

1. Gunakan Blotting Paper

skincare routine untuk kulit berminyak_Gunakan Blotting Paper

Walaupun rasanya sudah melakukan perawatan dengan tepat, bukan berarti kulit bebas dari kilang minyak. Jika rasanya kulit tampak tidak segar dan mulai terlihat kusam, selalu sedia blotting paper kemana-mana untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Untuk menggunakannya pun tidak perlu digosok pada wajah. Cukup tekan perlahan dan tunggu beberapa detik sebelum dipindahkan ke area lainnya. Lakukan lagi dengan blotting paper baru, bila perlu.

2. Wajib Gunakan Tabir Surya

skincare routine untuk kulit berminyak_tabir surya

Tabir surya adalah produk yang wajib digunakan setiap hari, tepatnya pada skincare routine pagi. Walaupun tidak keluar rumah, sinar matahari masih bisa terpapar pada wajah lewat jendela rumah.  Jadi penting sekali menggunakan tabir surya walaupun berada di rumah.

Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari cahaya matahari yang memberikan efek buruk pada kulit seperti bintik hitam, keriput, hingga kanker kulit. Untuk itu, gunakan tabir surya setiap hari setidaknya dengan nilai SPF 30. 

Pemilik kulit berminyak, pasti sulit rasanya mencari tabir surya yang cocok dan bebas minyak. Untuk itu, bisa gunakan tabir surya yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide yang mampu mencegah pertumbuhan jerawat pada wajah. Selain itu, bisa juga mencari tabir surya yang diformulasi gel-based, sehingga terasa nyaman di kulit dan bebas minyak.

3. Jangan Tunda Mencuci Wajah Setelah Olahraga

skincare routine untuk kulit berminyak_Jangan Tunda Mencuci Wajah Setelah Olahraga

Jika kamu rutin berolahraga, jangan sampai kamu menunda cuci muka. Apalagi bagi pemilik kulit berminyak dengan pori-pori besar. Pasalnya, saat melakukan olahraga baik di dalam maupun di luar ruangan, wajah pun berpotensi terpapar kotoran, keringat dan minyak.

Efeknya kulit dapat berubah menjadi kusam, bahkan memicu bruntusan hingga berjerawat. Jadi, jangan sampai menunda dan segera mandi serta cuci wajah setelah berolahraga. Karena bisa berpotensi menutup pori-pori dan menjadi jerawat baru.

Namun, jika pada pagi hari sudah melakukan 4 langkah skincare routine, maka tidak perlu lagi mengulangi treatment tersebut. Cukup cuci muka dengan facial wash atau cleanser lainnya, kemudian diikuti dengan pelembap wajah.

Bila berolahraga di siang hari atau sore hari, lengkapi juga pelembap yang digunakan dengan tabir surya setelahnya. Lalu skincare routine berikutnya bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

Itulah langkah-langkah perawatan wajah yang tepat untuk kulit berminyak. Jadi, pemilik kulit berminyak pun bisa juga merawat kulit dengan langkah sederhana dan tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?  Karena yang penting dari merawat kulit berminyak adalah kelembapan wajah dan kebersihan wajah selalu terjaga. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram