kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Kenali dan Ikuti Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi Ini

Kenali dan Ikuti Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi Ini

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 5 Agustus 2019

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa beberapa bagian kulit Anda kering dan bagian lain berminyak? Jika itu masalahnya, kemungkinan besar Anda memiliki kulit kombinasi. Mungkin sulit untuk mengetahui cara merawat kulit kombinasi dengan benar, karena berbagai area wajah Anda memiliki kebutuhan yang berbeda.

Bantu kulit Anda menemukan keseimbangan sempurna dengan mempelajari apa itu kulit kombinasi, melakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk kulit kombinasi, dan mengetahui produk perawatan kulit terbaik untuk kulit kombinasi. Semua akan Kamini bahas di sini. Tapi, sebelum menggali lebih jauh, ketahui terlebih dahulu sebenarnya kulit kombinasi itu apa, sih?

Apa Itu Kulit Kombinasi?

* sumber: lifestylemonster.com

Untuk mempelajari cara merawat kulit kombinasi, pertama-tama Anda harus tahu apa dulu dengan seksama kondisi kulit Anda sendiri. Jika beberapa bagian pada wajah Anda kering, sementara bagian lain berminyak, berarti Anda memiliki kulit kombinasi. Itu penjelasan sederhananya.

Selebihnya, perhatikanlah T-zone Anda, yaitu bagian tengah wajah (dahi, hidung, dagu). Area tersebut lebih berminyak dibandingkan area lainnya karena kelenjar penghasil minyak kulit memang lebih terkonsentrasi di sana. Sementara itu, hidung dan dagu Anda mungkin terlihat kusam dan kasar karena penumpukan sel kulit mati. Lalu, pipi dan kulit di sekitar mata Anda mungkin lebih kering daripada bagian wajah lainnya. Terdengar akrab? Berarti Anda memiliki kulit kombinasi.

Catatan: kulit Anda tidak harus selalu kombinasi antara berminyak dan kering. Bisa saja beberapa bagian di wajah Anda tergolong normal. Lalu, kulit Anda bisa berubah tabiatnya sesuai musim. Intinya memiliki kulit kombinasi sangat merepotkan dan tidak menyenangkan. Anda membutuhkan rutinitas khusus yang akan melembabkan di area kulit yang kering dan menyerap minyak di area yang menghasilkan sebum berlebih.

Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi

Sekarang setelah tahu cara mengidentifikasi kulit kombinasi, Anda dapat menyusun rutinitas perawatan kulit yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Anda. Ikuti tips ini untuk kulit yang bahagia!

1. Bersihkan Wajah

* sumber: sniperhorizon.wordpress.com

Ketika datang ke kulit kombinasi, yang ingin dicapai adalah keseimbangan. Anda ingin memastikan ara T-zone tetap matte tapi tidak mengeringkan area lainnya yang memang memiliki kulit kering. Tips dari Kamini, gunakanlah pembersih wajah yang mengandung clay. Beberapa produk yang recommended ada L’Oréal Paris Pure-Clay Detox & Brighten Cleanser, Freeman Deep Clearing Manuka Honey Tea Tree Oil Clay Mask + Cleanser, serta Neutrogena Deep Clea Purifying Clay Face Mask & Cleanser.

Rata-rata cleanser seperti ini cocok untuk semua jenis kulit dan juga tidak akan mengeringkan kulit secara berlebihan. Gunakan pembersih ini satu kali sehari, tuang sedikit pembersih wajah ke tangan Anda dan tambahkan air untuk mengubah teksturnya dari "tanah liat" menjadi "mousse". Pijat lembut pembersih wajahnya ke kulit Anda, lalu bilas wajah hingga bersih dengan air hangat. Keringkan wajah menggunakan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuknya ke kulit.

2. Gunakan Pembersih Muka yang Lembut

Pembersih muka dengan clay memang bagus tapi tidak disarankan untuk digunakan sebagai pembersih sehari-hari karena kandungan clay-nya dapat mengeringkan kulit. Padahal setiap harinya Anda beraktivitas—baik di luar maupun dalam ruangan—tetap akan membuat kulit tertutup kotoran, minyak berlebih, polusi, bahkan sisa makeup.

Bantu bersihkan kulit Anda dengan pembersih wajah yang lembut. Jenis pembersih seperti ini bisa digunakan dua kali sehari, sekali pada pagi hari dan sekali pada malam hari. Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah pembersih wajah Anda mampu mengeringkan (membuat matte) zona-T Anda yang berminyak tanpa terlalu mengeringkan pipi dan area lainnya yang memang lebih kering Anda.

Anda bisa mencari produk cleanser yang lembut. Diantaranya ada Cetaphil Gentle Skin Cleanser, Neutrogena Extra Gentle Cleanser, Clean & Clear Morning Burst Facial Cleanser. Biasanya jenis-jenis cleanser ini tidak berbusa dan formulanya cocok untuk kulit sensitif. Selain cleanser yang berbentuk seperti ini, Anda bisa juga menggunakan cleanser tanpa bilas seperti micellar water. Ketahui merk pembersih muka untuk kulit kombinasi yang bagus di sini.

3. Exfoliate

Exfoliate

Penumpukan sel kulit mati dapat membuat kulit Anda terlihat kusam. Lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu untuk mengelupas sel kulit mati dari permukaan kulit Anda. Tetapi pada saat yang sama, Anda tidak ingin terlalu mengelupas kulit, karena kulit yang terlalu tipis pun kurang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Terutama jika Anda memiliki kulit kombinasi. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, pilih scrub wajah yang cocok untuk semua jenis kulit, karena Anda berurusan dengan dua jenis kulit. Anda bisa mencari tahu merk exfoliator terbaik di sini. Jika Anda khawatir terlalu mengikis kulit, gunakan saja face wash yang ada scrubnya.

4. Gunakan Pelembab

* sumber: www.rd.com

Mungkin Anda merasa kulit Anda berminyak, sehingga tidak perlu dilembabkan lagi. Padahal, minyak di kulit tidak sama dengan kelembaban. Setiap jenis kulit, termasuk kulit kombinasi, membutuhkan kelembaban, jadi jangan lewatkan langkah ini. Coba pelembab bebas minyak sehingga Anda tidak menambahkan tampilan "licin" ke area T-Zone Anda yang sudah berminyak. Pelembab tidak harus melulu yang berbentuk krim, ada gel, oil, lotion, bahkan spray.

5. Hilangkan Minyak dengan Blot Paper

wajah muka berminyak kertas blotting paper

* sumber: www.stylecraze.com

Anda merasa area T-zone berkilau secara berlebihan setelah melalui setengah hari? Tidak perlu bete, kesal, cuci muka sambil marah-marah. Tinggal ambil selembar blotting paper untuk menyerap kelebihan minyak di wajah Anda!

Kertas minyak, blotting paper, merupakan produk yang harus dimiliki orang dengan jenis kulit oily dan combination. Ukurannya compact dan tipis sehingga mudah dibawa, tidak memakan tempat. Tekan-tekan dengan lembut pada area yang diinginkan untuk menghilangkan minyak berlebih tanpa merusak makeup Anda. Psst, Anda bisa pakai blotting powder atau finishing powder langsung setelah mengaplikasikan makeup supaya wajah tidak terlalu berminyak!

6. Rutin Maskeran

* sumber: lifestylemonster.com

Menggunakan masker wajah adalah cara yang paling baik untuk merawat kulit kombinasi. Cara yang lebih baik lagi adalah mengaplikasikan banyak macam masker untuk merawat area yang berbeda. Kita sebut itu sebagai multi-masking! Hihi. Menggunakan macam-macam masker wajah pada area wajah yang berbeda bertujuan untuk mengatasi masalah yang berbeda secara bersamaan.

7. Beri Perhatian pada Area Mata Juga

* sumber: www.byrdie.com

Anda mungkin fokus pada T-zone yang berminyak dan area lainnya yang kering. Padahal ada bagian lain dari wajah yang perlu dirawat juga. Coba tebak di mana? Yup, area di bawah mata Anda harus diberi perhatian lebih. Setidaknya gunakan eye cream pada pagi dan malam hari. Kalau ada waktu luang, gunakan masker mata juga!

8. Pakai Primer

* sumber: wakeup2makeuponline.com

Suka makeup-an? Mulai makeup Anda dengan primer! Tanpa primer, makeup tidak akan bertahan lama pada kulit kombinasi. Area berminyak membuat makeup berlarian ke mana-mana dan area kering membuat foundation Anda nampak tidak rata (dan lama kelamaan terlihat cakey) Anda bisa menggunakan dua jenis primer secara bersamaan, yaitu mattifying primer untuk area T-zone yang berminyak dan hydrating primer untuk area kulit yang kering.

9. Pakai Sunscreen Broad-Spectrum

* sumber: www.allure.com

Sebenarnya ini bukan skincare khusus kulit kombinasi, tapi untuk semua jenis kulit. Gunakanlah sunscreen broad-spectrum (spektrum luas—SPF 15 ke atas) walaupun Anda beraktivitas di dalam ruangan. Kenapa? Simpel, karena cahaya matahari dapat menembus kaca! Salah satu cara terbaik untuk merawat kulit adalah dengan mengaplikasikan tabir surya spektrum luas setiap harinya. Dengan begitu, kulit Anda akan terjaga dari bahaya sinar matahari. Hasilnya? Kulit lebih sehat dan cantik!

Jika Anda tak punya waktu banyak, atau tak punya budget lebih. gunakan pelembab yang sudah ada SPF-nya saja. Selain lebih praktis karena Anda tidak perlu mengaplikasikan pelembab dan tabir surya secara terpisah, Anda bisa jadi lebih hemat juga. Selain pelembab, biasanya alas bedak, bahkan bedaknya sendiri, sudah banyak yang dilengkapi dengan SPF tinggi juga. Pakai saja semuanya kalau ada, semakin tinggi SPF semakin baik.

10. Jangan Sentuh Wajah!

* sumber: www.1stdibs.com

Apakah Anda punya kebiasaan menyentuh wajah? Jika iya, hentikan sekarang juga! Memang rasanya pasti sulit, apalagi kalau Anda sudah terbiasa melakukannya tanpa sadar. Tetapi, penting untuk menjauhkan tangan dari wajah jika memiliki kulit kombinasi.

Tangan membawa banyak kotoran yang tak terlihat, Anda tidak ingin memindahkannya ke wajah Anda, kan? Kotoran dapat menyumbat pori-pori, membuat kulit yang iritasi jadi tambah parah dan masih banyak lagi. So, stop touching your face, ok?!

Setelah mengetahui cara mengenali kulit kombinasi dan cara melakukan perawatan kulit untuk jenis kulit ini, sekarang saatnya Anda mencari tahu produk perawatan kulit mana yang harus Anda gunakan. Berikut adalah produk perawatan kulit terbaik versi Kamini untuk kulit kombinasi.

Perawatan kulit di atas, yang jika dilakukan dengan benar, akan membuat kulit kombinasi jadi lebih terkontrol. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram