Rangkaian Skincare untuk Remaja dengan Kulit Kombinasi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Mei 2021

Memiliki kulit kombinasi memang cukup menantang. Tantangannya berkaitan dengan memilih produk skincare yang tepat. Pasalnya kita harus menyesuaikan produk skincare yang kita gunakan dengan kondisi kulit yang kering dan berminyak di bagian-bagian tertentu. Hal ini tidaklah mudah, sebab produk skincare untuk kulit kombinasi tidak sebanyak produk skincare untuk tipe kulit lainnya.

Nah, selain mengenali ciri-ciri kulit kombinasi, akan lebih afdol jika kamu mengenali pula jenis kandungan skincare yang cocok untuk kulit kombinasi. Pasalnya, kulit kombinasi mempunyai kondisi yang unik, di satu bagian wajah terasa kering, di bagian lainnya terasa berminyak.

Nah, sekarang kita kenalan yuk dengan kandungan skincare yang cocok untuk kulit kombinasi! Nanti, Kamini tambahkan pula dengan rekomendasi produknya. 

Skincare yang Cocok untuk Kulit Kombinasi

Kendati produk skincare untuk kulit kombinasi tidak sebanyak produk skincare untuk tipe kulit lain, kamu tidak perlu cemas akan kesulitan menemukan produk yang tepat. Kamu hanya perlu mengetahui jenis kandungan skincare yang cocok untuk tipe kulit tersebut.  

Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli produk dengan harga selangit untuk merawat kulit kombinasimu. Yang penting kenali jenis kulitmu dan kondisinya, lalu sesuaikan kebutuhan nutrisinya. Nah, jika kulitmu termasuk kulit kombinasi, gunakan skincare dengan kandungan seperti di bawah ini. 

1. Sabun Cuci Muka Berbahan Dasar Air

Untuk kulit kombinasi, disarankan kamu memilih sabun pembersih muka berbahan dasar air. Pasalnya sabun pencuci muka berbahan dasar air lebih efektif menghapus kotoran dan mencegah penyumbatan minyak di dalam pori-pori. 

Selain itu, pilih sabun cuci muka dengan tekstur lembut, misalnya gel atau yang berbentuk krim. Area kulit yang kering bisa jadi akan lebih sensitif terhadap scrub dan bahan tersebut mungkin akan mengikis permukaan kulit. Jadi, usahakan pilih produk yang lembut di kulitmu. 

2. Gunakan Toner yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kombinasi_Gunakan Toner yang Sesuai dengan Kondisi KulitSumber: skincare.com

Kita tahu bahwa toner terdiri dari dua jenis, yakni hydrating toner dan exfoliating toner. Kandungannya pun beragam. Namun, banyak sekali toner yang mengandung alkohol sebagai bahan utamanya. Alkohol adalah jenis kandungan skincare yang dapat menghilangkan minyak di kulit wajah. 

Namun, kamu perlu berhati-hati sebab alkohol dapat mengikat air sehingga bagian kulit yang kering akan semakin kehilangan kelembapannya. Berbeda dengan pemilik kulit kombinasi normal dan berminyak masih bisa mentoleransi alkohol di dalam skincare

Akan tetapi, untuk kulit kering kombinasi sebaiknya hindari saja. Alih-alih menggunakan toner berbahan alkohol, sebaiknya gunakan toner dengan kandungan air sebagai bahan dasarnya. 

3. Gunakan Eksfoliator Kimia

Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kombinasi_Gunakan Eksfoliator KimiaSumber: pexels.com

Semua tipe kulit perlu eksfoliasi, tapi tentu saja sesuai dengan aturan. Termasuk kulit tipe kombinasi. Untuk kamu dengan kulit kombinasi sebaiknya tidak melewatkan eksfoliasi kulit. Pasalnya kulit kombinasi rentan mengalami masalah jerawat yang disebabkan penumpukan sel kulit mati di wajah. 

Terutama di bagian T zone yang cenderung berminyak. Untuk kulit kombinasi, jangan gunakan eksfoliator berbentuk scrub dengan butiran kasar yang mengandung bahan kimia. Scrub kasar dapat membuat kulit iritasi dan kering dan juga dapat merangsang produksi minyak di daerah T-zone. 

Kulit kombinasi lebih baik dieksfoliasi dengan menggunakan eksfoliator yang mengandung AHA/BHA (Alpha Hydroxy Acid/ Beta Hydroxy Acid). Dua kandungan ini lebih ramah pada kulit kombinasi. Cukup lakukan eksfoliasi sebanyak 1-3 kali dalam satu minggu agar pori-pori terbebas dari kotoran. 

4. Gunakan Beberapa Masker Sekaligus

Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kombinasi_Gunakan Beberapa Masker SekaligusSumber: pexels.com

Di masa kini, sudah banyak jenis masker dengan kecanggihan teknologi dan kekayaan nutrisi yang dikandungnya. Masker pun sering kali ditujukan untuk jenis kulit tertentu. Bagi kamu pemilik kulit kombinasi, kamu bisa gunakan masker tipe clay

Masker clay dapat menyerap minyak di daerah dahi, hidung dan dagu. Oleskan pula moisturizer yang mengandung hyaluronic acid pada area yang kering. 

5. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya 

Satu produk yang tidak boleh dilewatkan dalam rangkain perawatan kulit adalah pelembap. Untuk semua jenis kulit, pelembap harus selalu digunakan. Tapi mungkin bagi pemilik kulit kombinasi pelembap yang harus digunakan haruslah lebih diperhatikan kandungannya. 

Hindari menggunakan pelembap yang mengandung minyak. Pilih pelembap yang mengandung glycerin, niacinamide, hyaluronic acid dan beberapa vitamin. Bahan-bahan tersebut dapat mengurangi radang, meningkatkan kolagen di kulit dan menjaga kelembapan kulit. 

Dan, yang tak kalah penting dari rangkaian perawatan kulit adalah produk pelindung matahari alias sunscreen. Setelah kulit dirawat, jangan lupa untuk memberikan perlindungan agar kulit tidak terkena paparan sinar UV jahat yang dapat merusak kulit. 

Apalagi jika kamu adalah remaja aktif yang sering berkegiatan di luar rumah sehingga sering terkena sinar matahari langsung. Sunscreen adalah benda yang wajib kamu gunakan.

Bagi kulit kombinasi, sebaiknya gunakan sunscreen yang terbuat dari bahan mineral. Jenis sunscreen ini tidak akan membuat pori-pori tersumbat sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya jerawat pada area kulit wajah yang berminyak. 

Rekomendasi Skincare yang Cocok Untuk Kulit Kombinasi Remaja

Berbicara tentang skincare, banyak yang menyarankan untuk mulai memperhatikan perawatan kulit sejak dini, yakni di usia remaja. Sebab di usia tersebut remaja mengalami pergolakan hormon yang membuat kulit rentan mengalami masalah, terutama jerawat, komedo dan kulit berminyak. 

Kulit yang mengalami masalah tentu tidak boleh dibiarkan. Di samping mengganggu penampilan, tentu saja membuat tidak nyaman. Nah, sebagai referensi, Kamini punya beberapa produk skincare yang cocok bagi remaja bertipe kulit kombinasi. 

1. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

skincare untuk kulit kombinasi remaja_Garnier Micellar Water Oil-Infused Cleansing Water

Produk dari Garnier satu ini dikenal ampuh mengangkat makeup dan membersihkan sisa kotoran di wajah, bahkan untuk makeup waterproof sekalipun. Garnier Micellar Oil-Infused dilengkapi dengan minyak argan yang akan menutrisi kulitmu. 

Produk dari lini makeup remover Garnier ini terasa ringan, serta aman bagi kulit sensitif karena terasa lembut dan segar. Produk ini tidak akan membuat kulit kering atau pun berminyak setelah pemakaian. 

2. Himalaya Purifying Neem Facial Wash 

skincare untuk kulit kombinasi remaja_Himalaya Purifying Neem Facial Wash

Produk pembersih wajah dari Himalaya ini merupakan pembersih berbentuk gel yang mampu mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Di dalam produk yang dikemas pada kemasan tube berisi 150 ml ini terdapat kandungan kunyit dan tanaman nimba dari India yang punya segudang manfaat. 

Kandungan dari face wash ini diperuntukan bagi kulit kombinasi yang tidak akan membuat kulit kering. Aromanya pun wangi dan lembut di kulit. Himalaya purifying Neem dijual dengan kisaran harga Rp27.000. produk dari Himalaya sudah tersedia di toko offline dan online.

3. Emina Witch Power Face Toner 

skincare untuk kulit kombinasi remaja_Emina Witch Power Hazel

Setelah kamu membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash, gunakan toner untuk mengembalikan pH wajah agar tetap lembap dan halus. Untuk kulit kombinasi, kamu bisa gunakan Emina Witch Power Toner.  

Emina adalah produk yang sudah terpercaya sebagai produsen kosmetik dan skincare bagi remaja. Dan produk satu ini adalah salah satu yang diciptakan bagi kulit kombinasi. Emina mengemas produknya dengan kemasan tube kecil berisi 50 ml yang aman ketika dibawa travelling

Untuk remaja, toner seharga Rp25.000 ini tidak akan membuat uang jajanmu habis, bukan? Kamu bisa dapatkan produk yang mengandung zinc gluconate dan witch hazel yang mampu mengontrol sebum dan minyak berlebih pada wajah di online store dan toko kosmetik lainnya. 

4. Pigeon Moisturizer

skincare untuk kulit kombinasi remaja_Pigeon MoisturizerSumber: ratnasaripevensie.com

Di Indonesia, Pigeon sudah dikenal sebagai merk yang memproduksi produk-produk bayi seperti bedak, sabun, shampoo dan lain-lainnya. Namun ternyata perusahaan asal Jepang ini pun melebarkan jangkauannya pada pasar remaja dengan membuat produk khusus untuk remaja, salah satunya adalah pelembap.

Pigeon Moisturizer bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit pada tahapan skincare setelah membersihkan wajah. Tekstur dari pelembap ini terasa ringan di wajah. Ada kandungan jojoba oil dan chamomile yang membuat kulit lembap dan terlindungi dari iritasi. 

Dalam kemasan Pigeon Moisturizer yang dilepas ke pasaran dengan harga Rp19.000 ini juga dilengkapi hydroviton 24 yang dapat menghidrasi kulit 24 jam. Kemasan Pigeon Moisturizer cukup kecil, hanya 50 gr.

5. L’Oreal UV Defender Matte & Fresh

Rangkaian Skincare untuk Remaja dengan Kulit Kombinasi 10

Ingat! Sunscreen adalah wajib. Perlindungan terhadap sinar UV adalah wajib hukumnya agar kulitmu tidak mengalami penuaan dini akibat sering terpapar sinar UV. L’Oreal menghadirkan sunscreen yang bisa melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV dalam kemasan 30 ml. 

SPF-nya terbilang tinggi. Selain itu, bagi kulitmu yang berminyak kombinasi, sunscreen ini tidak akan menimbulkan white cast. Bahkan ada efek segar ketika kamu mengaplikasikan pada kulit. Kabar baiknya lagi, sunscreen ini mudah kamu temukan di berbagai drugstore dan minimarket yang tersebar di kota-kotamu.

Itulah rangkain skincare bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi. Skincare ini adalah produk yang paling dasar. Namun, kamu bisa melengkapi produk skincare-mu dengan serum, essence atau masker untuk perawatan yang lebih menyeluruh. 

Tetap perhatikan kandungan pada produk skincare-mu ya. Sehingga hasil dari perawatan yang kamu lakukan benar-benar terasa optimal. Plus, lakukan dengan konsisten ya sebab kulit yang sehat tidak bisa kamu dapatkan secara instan. Kulit sehat perlu dirawat secara berkelanjutan dan telaten. 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram