10 Skincare Mengandung Propolis untuk Kulit Sebening Madu

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 23 November 2021

Madu bukanlah satu-satunya produk lebah yang memiliki segudang manfaat. Propolis yang dihasilkan oleh lebah juga tak kalah bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sebagai kandungan skincare, propolis dipercaya mampu membantu mengatasi jerawat berkat antibakteri dan anti-inflamasi yang secara alami ada di dalamnya.

Menariknya lagi, di dalam propolis juga terdapat anti jamur. Maka dari itu, kandungan ini digadang-gadang mampu membantu kondisi malassezia folliculitis atau yang populer disebut sebagai fungal acne. Tidak seperti kandungan anti jerawat lainnya, propolis tidak akan menyebabkan kulit kering. Bahan ini mampu memberikan kelembaban cukup, tetapi tetap menjaga produksi minyak.

Melihat segala manfaat yang ditawarkan oleh kandungan ini, tentu membuat banyak beauty enthusiast yang memburu produk skincare yang mengandung propolis. Nah, kalau kalian adalah salah satunya, yuk kita simak daftar skincare berbahan propolis terbaik di bawah ini!

1. Hanasui Intense Treatment Serum Propolis

Hanasui Intense Treatment Serum Propolis

Mencari skincare yang mengandung propolis dengan harga super miring? Serum Hanasui inilah jawabannya. Hanasui Intense Treatment Serum Propolis ini diformulasikan untuk membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak, mengatasi jerawat, dan juga bekas yang ditinggalkannya.

Kemudian, serum ini juga akan memberikan kelembapan yang cukup pada kulit, karena di dalamnya juga terkandung sodium hyaluronate yang ampuh dalam menghidrasi kulit.

Kelembaban yang diberikan oleh serum ini tidaklah begitu intens, sehingga ideal untuk kulit normal hingga berminyak dan tentunya acne-prone. Ditambah lagi, ia memiliki tekstur yang terasa ringan dan mudah meresap ke dalam kulit.

Selain itu, serum ini juga diperkaya dengan vitamin E dan B6 yang akan memberikan perlindungan terhadap dampak buruk dari radikal bebas pada kulit. Nah, jika serum propolis milik Hanasui ini sesuai dengan kebutuhan kalian, segera beli melalui link di atas, ya!

2. Missha Mascure Nutrition Solution Sheet Mask Propolis

Missha Mascure Nutrition Solution Sheet Mask Propolis

Varian sheet mask Missha dari seri Mascure ini diformulasikan supaya dapat memberikan perawatan intens pada kulit yang bermasalah dengan propolis sebagai kandungan utamanya. Masker propolis ini memiliki khasiat untuk memproteksi dan membuat kulit menjadi lebih kuat.

Di samping itu, ia juga akan menyuplai nutrisi yang berguna untuk kulit dan mendorong regenerasi sel kulit. Kandungan aktif yang kuat, lalu didukung dengan Mascure PT cell sheet yang mampu menyimpan essence dalam jumlah yang besar dan menghantarkan kandungan aktif dengan lebih efektif.

Lembaran maskernya yang lembut, akan membuat masker nyaman untuk digunakan dan dapat menempel dengan sempurna pada kulit. Missha Mascure Nutrition Solution Sheet Mask Propolis bisa menjadi pilihan yang ideal bagi kalian yang baru ingin mencoba produk skincare yang mengandung propolis.

3. Benton Aloe Propolis Soothing Gel

Benton Aloe Propolis Soothing Gel

Dengan mengandalkan kandungan lidah buaya dan propolis, gel dari Benton ini mampu memberikan efek soothing dua kali lebih maksimal. Kedua bahan utama tersebut juga akan memberikan suplai nutrisi dan kelembapan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit.

Tidak seperti soothing gel lainnya yang cenderung lengket di kulit, soothing gel milik Benton ini mampu meresap ke dalam kulit dengan mudah dan meninggalkan rasa segar setelah diaplikasikan. Benton Aloe Propolis Soothing Gel juga sudah diformulasikan dengan pH yang seimbang dan terasa ringan di kulit.

Lalu, di dalamnya juga bebas dari pewangi maupun pewarna artifisial, sehingga bagi yang kulitnya sensitif dengan bahan tersebut diklaim bisa menggunakan produk ini. Jika tertarik, satu tube Benton Aloe Propolis Soothing Gel dengan isi 100 ml ini bisa dibawa pulang dengan kisaran harga 170 ribuan.

4. COSRX Propolis Synergy Toner

COSRX Propolis Synergy Toner

Rekomendasi skincare yang mengandung propolis selanjutnya hadir dari brand kenamaan Korea Selatan, COSRX. Di dalam Propolis Synergy Toner ini terkandung 76.2% propolis dari madu hitam, persentase yang tergolong tinggi untuk produk toner. Maka dari itu, toner propolis COSRX menjanjikan mampu memberikan manfaat propolis dengan maksimal.

Toner ini tidak hanya diperkaya dengan propolis saja, di dalamnya juga terkandung ekstrak madu dengan konten 10%. Melihat kandungan utamanya yang memiliki konsentrasi cukup poten, toner ini pastinya mampu bekerja secara efektif dalam meningkatkan kekuatan kulit dan memberikan kelembapan, sehingga kulit menjadi lebih glowing, bening, dan tentunya sehat.

Walaupun kandungannya poten, COSRX Propolis Synergy Toner terasa ringan ketika diaplikasikan dan mampu menyerap dengan sempurna di kulit. Selain itu, ia juga tidak meninggalkan rasa lengket, greasy, maupun residu pada kulit.

5. Nature Republic Good Skin Propolis Ampoule Cream

Nature Republic Good Skin Propolis Ampoule Cream

Rangkaian skincare seri Good Skin dari Nature Republic akhirnya bisa dinikmati oleh pegiat skincare di Indonesia. Lini seri ini hadir dalam beragam bentuk produk mulai dari, pads, serum sampai krim yang dibekali satu kandungan utama yang berbeda-beda. Dan salah satu produk diantaranya adalah krim pelembap dengan bahan utama propolis.

Good Skin Propolis Ampoule Cream ini diformulasikan untuk memberikan hasil glossy yang sehat pada kulit. Kolaborasi baik dari propolis dan madu membuat krim dapat bekerja untuk menenangkan iritasi pada kulit dan membantu kondisi kulit berjerawat.

Lalu, ia juga akan memberikan kelembapan yang intens dan memberikan nutrisi, sehingga kulit terlihat glowing, sehat, halus dan bening seperti madu.

6. Skinfood Royal Honey Propolis Enrich Essence

Skinfood Royal Honey Propolis Enrich Essence

Essence dari Skinfood ini sudah cukup lama menjadi holy grail banyak orang, bahkan sebelum skincare propolis se-booming sekarang. Dengan 63% ekstrak propolis lebah hitam, 10% royal jelly, dan 10% ekstrak madu hitam, essence ini mengklaim mampu mengantarkan khasiat dari beragam produk lebah dengan baik.

Skinfood Royal Honey Propolis Enrich Essence ini mampu membantu proses perbaikan skin barrier, menjadikan kulit tampak lebih lembap, glowing, dan lembut. Di samping melembapkan, ketiga kandungan tersebut juga merupakan bahan antibakteri yang pastinya sangat berguna untuk pemulihan kulit berjerawat.

Lalu, mereka juga anti-aging alami yang bisa membantu mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dini, memperbaiki tekstur, dan membantu mengurangi kerut maupun garis-garis halus.

Ditambah lagi, di dalamnya terkandung saccharomyces ferment yang bagus untuk kulit. Sayangnya, bahan tersebut adalah kandungan fermentasi yang berpotensi untuk memicu kondisi fungal acne.

7. Beauty of Joseon Glow Serum

Beauty of Joseon Glow Serum

Ingin memiliki kulit glowing dan bercahaya? Serum dari Beauty of Joseon ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan keinginan kalian. Supaya dapat memberikan manfaat tersebut, Beauty of Joseon memformulasikan serumnya dengan 60% propolis bersama dengan 2% niacinamide. Melihat kandungan utamanya, tentu serum dapat bekerja dengan baik untuk kulit acne-prone.

Niacinamide yang juga memiliki sifat anti-inflamasi akan mendorong kinerja propolis dalam meredakan peradangan jerawat dan memulihkan sel kulit yang bermasalah. Di samping itu, niacinamide juga bagus untuk membuat kompleksi tampak lebih cerah dan membantu memuluskan penampakan pori.

Selain kedua kandungan utama tersebut, serum ini juga diperkaya dengan BHA yang bekerja untuk mengikis sel-sel kulit mati yang terjebak dalam pori dan membantu memulihkan jerawat. Lalu, seperti namanya tentu serum ini akan menjadikan kulit tampak bening sehat.

8. iUNIK Propolis Vitamin Sleeping Mask

iUNIK Propolis Vitamin Sleeping Mask

Produk skincare dengan kandungan propolis selanjutnya masih dalam kategori masker. Namun, yang ini hadir dalam bentuk sleeping mask.

Diperkaya oleh 16% ekstrak propolis yang dikombinasikan dengan 8% sea buckthorn, dan 5% air daun pegagan, iUNIK Propolis Vitamin Sleeping Mask menjanjikan mampu memberikan kelembapan dan suntikan nutrisi secara intens ketika kita sedang terlelap.

Sea buckthorn yang ada di dalamnya akan bekerja secara aktif untuk memulihkan kulit yang lelah dan membantu mencerahkannya. Sementara air daun pegagan, bertugas untuk mendorong kinerja sleeping mask dalam menenangkan kulit.

Di samping itu, sleeping mask iUNIK ini juga mengklaim mampu memberikan efek anti-aging dengan menjaga kekenyalan kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

9. Dr. Ceuracle Royal Vita Propolis 33 Ampoule

Dr. Ceuracle Royal Vita Propolis 33 Ampoule

Berbicara mengenai skincare propolis, rasanya tidak akan lengkap tanpa membahas produk terlaris dari Dr. Ceuracle ini. Sesuai dengan namanya, di setiap kemasan ampoule ini terkandung 33% ekstrak propolis dan juga royal jelly bersama dengan multivitamin yang berasal dari vitamin C, B3, dan B5.

Kandungan menjanjikan tersebut, lalu disempurnakan dengan bahan natural dari sea buckthorn dan juga air mawar. Menilik dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, sudah dipastikan ampoule Dr. Ceuracle ini mampu menawarkan banyak khasiat.

Ampoule ini akan bekerja dengan merevitalisasi sel kulit yang terpapar radikal bebas, serta memberikan nutrisi supaya kulit menjadi sehat dan kuat. Di samping itu, produk ini juga bagus untuk membuat kulit menjadi cerah bersinar dan menjaga keremajaan kulit. Lalu, ampoule ini tentunya akan memenuhi kebutuhan kelembapan kulit, hingga terlihat glossy dan bening layaknya madu.

10. PureHeals Propolis Foam Cleanser

PureHeals Propolis Foam Cleanser

Busa dari pembersih wajah PureHeals ini akan membersihkan wajah secara menyeluruh dari minyak-minyak berlebih, kotoran, dan residu makeup maupun sunscreen. Meskipun mampu membersihkan kulit dengan efektif, pembersih ini terasa lembut di kulit dan tidak menimbulkan kesan ketarik maupun kering.

Dengan kandungan propolis di dalamnya, pembersih ini akan memberikan kelembapan sekaligus menyeimbangkan kadar air dan minyak pada kulit. Lalu, propolis juga akan membantu menenangkan kulit dan membentuk semacam lapisan pelindung pada kulit.

Dengan bantuan ekstrak teh hijau, pembersih ini juga akan membantu mengikis dampak buruk radikal bebas dan mendorong manfaat mengontrol minyak. Di samping itu, PureHeals Propolis Foam Cleanser juga diklaim sudah lolos uji iritasi kulit.

Itu dia 10 pilihan produk skincare yang mengandung propolis. Setiap produk di atas akan membantu kalian merasakan setiap manfaat dari propolis mulai dari memulihkan jerawat, menenangkan kulit, hingga membuat kulit tampak bening.

Rata-rata produk di atas memang masih didominasi dengan produk asal Korea Selatan. Semoga kedepannya produk kecantikan lokal juga bisa memformulasikan skincare propolis dengan kualitas yang tak kalah baik dari mereka ya!

Bagaimana? Dari kesepuluh produk skincare propolis di atas, kira-kira mana yang paling membuat kalian tertarik untuk memasukkannya dalam troli belanja? Atau adakah produk skincare yang mengandung propolis di atas yang pernah kalian coba? Yuk, sharing pengalaman kalian kepada Kamini di kolom komentar!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram