5 Skincare Pembasmi Jerawat yang Mengandung Salicylic acid

Ditulis oleh Siti Hasanah

Untuk kamu si skincare junkie, harusnya familiar banget sama bahan aktif satu ini. Asam salisilat atau salicylic acid, yang sampai sekarang eksistensinya masih diperhitungkan dan disukai banyak orang – termasuk bagi kamu pemilik kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Sudah ada banyak orang membuktikan jika salicylic acid ini adalah bahan aktif yang berfungsi sebagai eksfoliator terbaik bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Selain sebagai eksfoliator, salicylic acid juga punya manfaat lain, lho! Apa saja? Simak selengkapnya di pembahasan berikut!

Manfaat Salicylic Acid

Manfaat Salicylic Acid_

Salicylic acid juga dikenal sebagai beta hydroxy acid atau akrab disebut BHA. Biasanya bahan aktif ini digunakan sebagai eksfoliator kulit yang mengalami penebalan, sehingga tekstur kulit menjadi lebih rata, halus, dan terbebas dari sel-sel kulit mati. 

Biasanya penebalan dan kerasnya area kulit ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang tidak terangkat. Tidak hanya itu, jika sel-sel kulit mati tidak terangkat – selain menebal, kulit pun jadi rawan berjerawat karena mengalami penyumbatan pori-pori.

Di sinilah BHA bekerja. Selain mengikis sel-sel kulit mati, BHA juga bekerja untuk membersihkan pori-pori hingga ke sela-sela terdalam. Jadi, bahan aktif ini sudah pasti baik juga untuk menangkal bakteri dan kelebihan minyak penyebab jerawat.

BHA mampu membersihkan pori-pori secara mendalam dan inilah yang menjadi kelebihan utamanya. Karena biasanya eksfoliator sejenis hanya mampu membersihkan pada area luar kulit saja.

Rekomendasi Salicylic Acid Dalam Berbagai Macam Produk

Produk salicylic acid atau BHA tidak melulu tersedia sebagai satu macam produk lho! Kamu bisa mendapatkan produk BHA dalam berbagai macam produk yang bisa dicoba. Misalnya produk-produk di bawah ini:

1. Facial Wash: COSRX Salicylic acid Daily Gentle Cleanser

skincare yang mengandung salicylic acid_Facial Wash

Kulit berjerawat biasanya cenderung memiliki kadar minyak berlebih. Untuk itu kamu sangat perlu menggunakan pembersih wajah yang mampu menangkis minyak berlebih dan bakteri yang mengendap pada pori-pori. 

Kalau kamu baru mau mencoba produk salicylic acid namun ragu, kamu bisa mulai coba dari menggunakan facial wash terlebih dahulu. Karena efeknya akan tetap terasa walaupun cenderung ringan. Pasalnya, produk facial wash hanya menempel dalam hitungan detik saja pada wajah, sebelum akhirnya dibilas.

Facial wash dari COSRX ini terbilang cukup ringan dan bebas dari rasa ketarik setelah dibilas. Facial wash ini bebas dari sodium lauryl sulfate (SLS) atau bahan sulfate lainnya yang dapat menjadi pengikis kelembapan kulit. 

2. Physical Exfoliator: Neutrogena Deep Clean Blackhead Eliminating Daily Scrub

skincare yang mengandung salicylic acid_Physical Exfoliator

Kulit berjerawat dengan minyak berlebihan tentu perlu melakukan eksfoliasi. Langkah ini setidaknya dilakukan sebanyak 2 kali seminggu. Dan bagi sebagian orang, menggunakan physical exfoliator menjadi solusi terbaik dibandingkan menggunakan chemical exfoliator.

Neutrogena pun punya solusi untuk bisa merasakan manfaat dari bahan aktif BHA namun dalam bentuk physical exfoliator. Lewat Neutrogena Deep Clean Blackhead Eliminating Daily Scrub yang mengandung BHA Blackhead Fighting Complex, pori-pori pada wajah bisa dibersihkan secara mendalam.

Selain itu, microbeads pada eksfoliator ini mengandung skin-conditioning Cedrus Atlantica Bark Extract yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori. Jadi jangan takut kulit menjadi kering kerontang setelah melakukan eksfoliasi.

3. Chemical Exfoliator: Benton Aloe BHA Skin Toner

toner untuk kulit sensitif_Benton Aloe BHA Skin Toner (Copy)

Takut pakai chemical exfoliator? Berarti kamu butuh toner BHA dengan konsistensi ringan. Nah, Benton Aloe BHA Skin Toner bisa jadi pilihan. Pasalnya, kandungan BHA pada chemical exfoliator ini hanya 0,5%. Konsentrasi tersebut terbilang ringan, makanya produk ini bisa digunakan setiap hari.

Selain konsentrasi BHA yang ringan, chemical exfoliator ini tidak akan membuat kulit kering. Malah produk bisa membuat kulit lebih terhidrasi dari biasanya. Ini karena Benton Aloe BHA Skin Toner mengandung sodium hyaluronate, aloe vera, dan glycerin yang efektif melembapkan kulit.

Eksfoliasi kulit memang baik, namun efek yang diberi pasca eksfoliasi seringnya membuat kulit menjadi lebih kering. Bagi kamu yang tidak mau repot menggunakan banyak produk namun ingin melakukan eksfoliasi, toner ini bisa membantu kamu untuk mengatasinya.

4. Serum: Whitelab Peeling Serum

Manfaat Salicylic Acid_Serum

Peeling serum bisa menjadi solusi kamu untuk yang mager menggunakan masker atau peeling dengan cara biasa, namun butuh eksfoliasi yang powerful. Kamu bisa gunakan Whitelab Peeling Serum pada rangkaian skincare sehari-hari.

Serum terbaru dari Whitelab ini tidak hanya mengandung BHA sebanyak 2%, namun juga mengandung AHA sebanyak 5% dan PHA sebanyak 2%. Ketiganya mampu bekerja untuk membersihkan kotoran dan pori-pori dari permukaan hingga lapisan terdalam kulit. 

Selain efektif membersihkan pori-pori, peeling serum ini pun mengandung niacinamide sebanyak 2%. Kandungan bahan aktif ini tentunya efektif untuk mencerahkan, melembapkan, serta menjaga elastisitas kulit dari resiko tanda-tanda penuaan dini.

Kandungan AHA yang digunakan pun tidak main-main, yakni menggunakan madelic acid yang bisa mengurangi resiko iritasi pada kulit. Sementara itu, PHA yang digunakan adalah lactobionic acid yang efektif untuk memperbaiki tekstur kulit.

Selain untuk melakukan eksfoliasi, tentunya serum ini mampu memberi efek baik lainnya untuk kulit. Sehingga sangat cocok digunakan untuk kamu yang praktis dan malas untuk ribet-ribet menggunakan banyak produk. 

5. Chemical Peeling: Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

5 Skincare Pembasmi Jerawat yang Mengandung Salicylic acid 6

Pernah coba peeling mask? Mungkin dahulu kamu akan familiar dengan The Ordinary AHA 10% BHA 2%. Sayangnya kandungan bahan aktifnya yang tinggi membuat orang yang awalnya ingin mencoba malah menjadi ketakutan. 

Akan tetapi, bila ingin mencoba peeling mask dengan kandungan yang jauh lebih ringan, kamu bisa mencoba Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution. Peeling mask ini mengandung konsentrasi AHA sebanyak 3%, BHA sebanyak 1%, dan PHA sebanyak 2%.

Kamu juga tidak perlu waswas kulit menjadi kering, karena masker ini sudah dilengkapi dengan kandungan niacinamide, panthenol, sodium hyaluronate dan glycerin yang baik untuk melembapkan serta mencerahkan kulit.

Untuk menggunakan masker ini, cukup ratakan produk pada wajah dan tunggu kurang lebih 10 menit. Setelahnya bilas hingga bersih, dan lanjutkan dengan rangkaian produk skincare lainnya.

Tips Lainnya Selama Menggunakan BHA

Tips Lainnya Selama Menggunakan BHA

Setelah kamu mulai rajin menggunakan salicylic acid, sebaiknya kamu cek juga beberapa tips ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Tidak perlu menunggu lama untuk melakukan layering produk setelah menggunakan BHA. Pasalnya, BHA tetap bekerja maksimal walaupun produk sebelumnya belum terserap sempurna oleh kulit. 
  2. Jangan sedih kalau tidak punya krim mata, kamu bisa gunakan BHA untuk digunakan di bawah area matamu. 
  3. Setiap orang punya kebutuhan eksfoliasi yang berbeda, jadi jangan ragu untuk eksperimen dengan memulai kebiasaan eksfoliasi dari 2 kali seminggu dan menaikkan intensitas perlahan.

Itulah rekomendasi produk serta tips efektif menggunakan produk yang menggunakan salicylic acid atau BHA. Tersedia produk lokal maupun dari luar. Kamu tinggal memilih mana produk yang cocok dengan kulitmu.

Perlu diingat, terkadang satu produk skincare cocok untuk orang lain tapi belum tentu cocok untuk kamu. Perhatikan tanda-tanda pada kulitmu ketika memakainya, ya. Yuk, mulai rajin-rajin melakukan eksfoliasi agar terbebas dari jerawat dan kulit yang bertekstur! 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram