Kamini.id / Softlens / Ladies, Inilah Warna Softlens yang Sesuai dengan Tone Kulit!

Ladies, Inilah Warna Softlens yang Sesuai dengan Tone Kulit!

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 April 2019

Jika kamu bingung untuk memilih warna softlens yang sesuai dengan warna kulit kamu, kamini akan membagikan informasinya secara eksklusif, nih.

Secara umum, warna kulit di Indonesia sendiri terdiri dari kulit sawo matang, kulit putih, kuning langsat dan kulit gelap. Nah, untuk mengetahui softlens yang sesuai dengan warna kulit kamu, simak pembahasan dari kamini berikut ini.

Softlens yang Sesuai dengan Warna Kulit

Berbeda warna kulit, beda pula warna softlens yang digunakan. Nah, simak pembahasan berikut untuk mengetahui warna softlens seperti apa yang cocok buat kamu, sesuai dengan tone kulit kamu.

1. Kulit Sawo Matang

ombre pada sawo matang

Untuk kamu yang punya kulit berwarna sawo matang, kamu bisa memilih warna softlens yang cenderung gelap seperti cokelat atau warna hazel. Warna abu-abu juga pas untuk digunakan olehmu yang memiliki kulit warna sawo matang. Oh ya, warna cokelat madu dan hijau zamrud juga bisa kamu pilih, lho.

Penggunaan softlens dengan warna-warna di atas dapat memperindah tampilan mata kamu tanpa meninggalkan kesan lebay dan tetap terlihat natural. So, Ladies, untuk kamu yang berkulit sawo matang, pilihlah softlens dengan warna-warna di atas.

2. Kulit Kuning Langsat

Pilihan Warna Rambut Yang Cocok Untuk Kulit Kuning Langsat

Buat kamu yang memiliki kulit berwarna kuning langsat, softlens dengan warna cokelat juga bisa kamu jadikan pilihan. Selain warna cokelat, kamu juga bisa memilih warna softlens yang natural, serta warna abu gelap. Dijamin, penampilan kamu akan semakin mempesona.

Warna biru yang lebih muda juga bisa kamu pakai untuk memperindah tampilan mata dan wajah kamu yang punya kulit berwarna kuning langsat, nih, Ladies.

3. Kulit Gelap

softlens sesuai warna kulit

* sumber: www.blackenterprise.com

Nah, kamu yang berkulit gelap bisa memilih softlens dengan warna gelap juga. Misalnya warna biru tua, ungu dan hijau tua. Ladies, jika kamu memiliki kulit berwarna gelap, usahakan agar kamu tidak memakai softlens dengan warna yang cenderung terang karena itu akan membuat penampilan kamu tampak tidak natural.

Oh ya, menurut cewekbanget, jika kamu ingin tampil lebih menggoda, kamu bisa gunakan softlens dengan warna abu-abu, cokelat hingga merah bata.

4. Kulit Putih

ombre pada kulit putih

Nah, jika kamu punya kulit berwarna putih, kamu nggak perlu galau dalam memilih warna softlens yang cocok. Mengapa? Karena kamu bisa memilih softlens dengan warna apapun, mulai dari yang terang sampai yang gelap. Ya, kamu bisa memilih softlens warna pink, biru muda, cokelat, hazel, hijau, ungu hingga warna oranye.

Cara Memakai Softlens yang Benar

Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan softlens perih ketika dipakai. Apa sajakah itu? Simak langsung dalam pembahasan dari kamini berikut, ya.

1. Menggunakan Alat

Lepaskan Softlens Sebelum Tidur

Cara memasang softlens menggunakan alat pasangnya tidaklah sulit. Pertama-tama, siapkanlah softlens, beserta kaca, alat pencapit dan alat untuk memasangnya. Sebelum memasang softlens, pastikan tanganmu sudah dalam keadaan bersih, ya.

Setelahnya, ambil softlens dengan menggunakan pencapit, lalu tempelkan ke alat pasang. Jika sudah, pasangkan softlens ke bola mata, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Mudah, bukan? Kamu juga bisa menggunakan alat tadi untuk melepas softlens yang kamu kenakan, ya, Ladies.

2. Menggunakan Tangan

cara merawat softlens

Memasang softlens dengan menggunakan tangan juga nggak sulit, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan softlens yang akan dipakai, kaca, alat pencapit dan tangan yang bersih. Nah, kamu tinggal memasangkan softlensnya dengan menggunakan jari tanganmu tadi.

Tips Memilih Softlens

Nah, selain membahas tentang warna softlens yang cocok sesuai dengan jenis kulit, serta cara memasang softlens dengan benar, kamini juga akan memberikan tips seputar memilih softlens, nih. Penasaran? Berikut tipsnya.

1. Tentukan Merknya

Pilih produk softlens yang terpercayaDi pasaran, ada banyak merk softlens yang beredar. Di antaranya, tentu saja ada softlens yang abal-abal. Nah, jangan sampai kamu tergiur harga murah, akhirnya memilih softlens yang tidak berkualitas. Pilihlah produk softlens yang sudah terkenal aman dan memiliki kualitas yang bagus.

Salah satu produk softlens terkenal adalah dari merk Acuvue. Selain Acuvue, kamu bisa cek merk softlens terbaik lainnya dalam artikel kamini yang berjudul 10 Merk Softlens yang Bagus ini.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Perhatikan ukuran diameter softlens

Nah, ini juga penting banget, Ladies. Pilihlah ukuran softlens yang sesuai dengan besaran bola matamu, ya. Jangan sampai kamu salah memilih ukuran softlens, sehingga timbul ketidaknyamanan saat dikenakan di mata.

3. Masa Pakai

Catat Tanggal Kadaluarsa

* sumber: www.opsm.com.au

Tentukanlah masa pakai dari softlens yang akan kamu kenakan. Apakah kamu ingin menggunakan softlens untuk jangka yang panjang? Maka pilihlah softlens dengan masa pakai lebih dari satu bulan.

Atau, kamu hanya ingin menggunakan softlens selama satu hari saja, misal untuk acara kondangan hingga wisuda, kamu bisa pilih softlens sekali pakai. Eits, tapi ingat, jangan menggunakan softlens sekali pakai untuk jangka panjang, ya.

Resiko Penggunaan Softlens

Perlu diketahui, jika ingin menggunakan softlens, maka ada resiko yang sulit dihindari, nih. Apa sajakah resiko dari penggunaan softlens? Simak ulasan berikut.

1. Muncul Reaksi Alergi

mata merah dan gatal

Penggunaan softlens ternyata bisa menimbulkan reaksi alergi pada mata. Salah satu penyebabnya adalah karena bahan softlens tidak cocok, sehingga timbul reaksi alergi yang menimbulkan ketidaknyamanan.

2. Uveitis

gejala sakit mata

Penggunaan softlens juga bisa menimbulkan resiko mata kamu mengalami peradangan. Menurut alodokter, peradangan pada mata adalah kondisi dimana mata kamu mengalami pembengkakan pada lapisan tengah jaringan dinding mata. Peradangan mata ini bisa disebut juga dengan uveitis.

3. Konjungtivitis

cara mengobati sakit mata

Konjungtivitis juga adalah resiko yang bisa dialami oleh kamu yang menggunakan softlens. Kondisi ini biasanya diakibatkan karena infeksi akibat virus atau bakteri. Pada pengguna softlens, konjungtivitis dapat terjadi jika softlens tidak dijaga kebersihannya.

Jadi, buat kamu yang menggunakan atau baru mau menggunakan softlens, usahakan agar selalu menjaga kebersihan softlens dan alat pasang atau tanganmu, hingga tempat menyimpan softlensnya.

4. Kebutaan

Penyebab Mata Kedutan

Resiko paling buruk dari penggunaan softlens adalah kebutaan. Ya, kebutaan pada penderita softlens bisa diakibatkan karena berbagai hal. Termasuk kurangnya kedisiplinan dan ketelitian pengguna. Jadi, jika ingin menggunakan softlens, usahakan mematuhi aturannya.

Selain menjaga kebersihan softlens beserta alatnya, lepaslah softlens ketika sudah tidak diperlukan, misalnya saat menjelang tidur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara agar Terhindar dari Bahaya Penggunaan Softlens

Nah, selain cara memilih softlens dan cara memakainya dengan benar, kami juga punya tips agar kamu terhindar dari resiko atau bahaya penggunaan softlens. Untuk mengetahuinya, simak pembahasan berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Softlens

Jaga Kebersihan Totak Softlens

* sumber: makeupandbeauty.com

Kalau kamu ingin terhindar dari resiko penggunaan softlens, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dari softlens yang kamu gunakan. Bersihkan tempat penyimpanan dan gantilah cairan softlens secara berkala.

2. Jangan Gunakan Softlens yang Sudah Lewat Masa Pakai

Nah, ini juga penting. Jangan menggunakan softlens yang sudah lewat masa pakainya, atau yang sudah kedaluwarsa. Sebaiknya kenali ciri-ciri softlens kedaluwarsa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Batas Waktu Penggunaan

Waktu

* sumber: unsplash.com

Jangan gunakan softlens melebihi batas waktu penggunaan setiap harinya. Hindarilah pemakaian softlens selama lebih dari delapan jam untuk meminimalisir resiko bahaya penggunaan softlens. Jangan lupa, lepaslah softlens ketika hendak tidur, ya.

Itulah pembahasan mengenai warna softlens yang sesuai dengan jenis kulit beserta informasi seputar softlens lainnya dari kamini. Jika kamu memiliki pendapat mengenai warna softlens yang pas untuk beragam jenis kulit atau kamu punya informasi lain mengenai softlens, sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang ada di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar