Kamini.id / Rambut Smoothing / 8 Solusi Mudah dan Aman untuk Rambut Gagal Smoothing

8 Solusi Mudah dan Aman untuk Rambut Gagal Smoothing

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Mei 2019

Orang yang rambutnya kering, kasar, mengembang, dan sulit diatur biasanya yang paling banyak tergoda untuk melakukan smoothing rambut. Dengan harapan rambut jadi lebih lembut dan gampang diatur, orang pun berbondong-bondong datang ke salon untuk melakukan smoothing.

Tidak hanya yang rambutnya susah diatur saja, karena ada juga orang yang ingin di-smoothing karena rambutnya rusak atau cuma ingin ikut-ikutan trend saja. Sebelumnya, Anda sudah tahu bedanya smoothing dan rebonding?

Ada yang berbeda dari smoothing dan rebonding. Kalau smoothing, hasil akhirnya itu lurus lembut, hasilnya tidak permanen (lebih cepat hilang efeknya dibandingkan rebonding), harganya pun agak lebih mahal. Namun, smoothing lebih tidak merusak rambut dibandingkan rebonding.

Kalau rebonding, hasil akhirnya lurus kaku, hasil lebih permanen, tingkat kerusakan rambut lebih tinggi, namun harganya lebih murah. Rebonding diperuntukkan buat orang yang rambutnya sangat keriting, sedangkan smoothing untuk yang rambutnya sudah lurus atau hanya ikal-ikal saja.

Anda bisa saja telah memilih salon terbaik, akan tetapi, tidak luput kemungkinan kalau smoothing Anda bisa gagal. Berikut adalah beberapa faktor penyebab gagal smoothing.

Penyebab Smoothing Gagal

Penyebab Smoothing Gagal

Pertama, Anda memilih salon yang reputasinya masih diragukan. Terkadang tingkat ketenaran salon sangat penting untuk dijadikan acuan apakah salon tersebut bagus atau tidak. Soalnya, kalau salon tersebut tidak memuaskan, tentunya tidak akan terkenal dan memiliki banyak pelanggan, bukan? Jadi, sebelum berangkat, cari tahu terlebih dahulu review salon tersebut seperti apa.

Kedua, terjebak promo. Banyak salon, apalagi yang baru berdiri, mengadakan promo besar-besaran. Biasanya pelayanan yang ditawarkan dalam harga promo adalah creambath, masker, extension, rebonding, dan smoothing.

Kadang, harga promonya sampai tidak masuk akal, yaitu melebihi setengah harga normal. Nah, Anda patut mencurigai kenapa harganya bisa jadi sangat murah, karena siapa tahu obat yang digunakan tidak bagus, atau cara melakukan smoothingnya asal-asalan, who knows.

Ketiga, bukan ditangani oleh mbak-mbak langganan. Kadang, walaupun mengunjungi salon yang sudah menjadi langganan, tapi di sana tidak ditangani oleh mbak yang biasa pegang Anda, bisa jadi hasilnya berbeda. Soalnya siapa tahu ada pegawai baru yang belum terlalu pandai untuk melakukan smoothing, karena smoothing ada tata caranya, tidak boleh asal-asalan.

Ciri-ciri Smoothing Gagal

Ciri-cirinya rambut rusak

* sumber: www.impeccableimagellc.com

Bagaimana Anda mengetahui kalau smoothingan Anda gagal? Sebenarnya sangat mudah mengetahuinya. Ciri-ciri gagal smoothing adalah ketika rambut Anda tidak lembut lagi setelah keramas pertama. Setelah dismoothing Anda harus menunggu selama 3 – 4 hari sebelum keramas.

Nah, saat pertama kali Anda keramas lagi, jika smoothingan gagal maka akan langsung terlihat. Rambut Anda akan terlihat keriting-keriting kecil, terasa kering dan kasar.

Rambut Anda pun akan terlihat mengembang, bahkan bisa jadi lebih parah dari sebelum Anda melakukan smoothing. Rambut pun akan terlihat jelas ter-split di ujungnya, ketika diraba rambut terasa krispi. Dan, jika smoothing gagalnya sangat parah, rambut bisa sampai patah-patah dan rontok.

Solusi

Solusi rambut lurus

Tapi, jangan dulu menangis bombai karena smoothingan yang tidak berhasil. Pasalnya, Kamini akan memberi tahu Anda solusi  untuk memperbaiki rambut yang gagal smoothing. Masih ada harapan supaya rambut Anda bisa kembali lembut dan lurus!

1. Masker

Masker Rambut

Masker rambut Anda! Gagal smoothing berarti rambut Anda jadi rusak. Nah, cara terbaik untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan menggunakan masker. Ingin tahu masker rambut yang bagus? Baca di artikel Merk Masker yang Bagus ini untuk menemukan masker yang tepat untuk jenis rambut Anda.

Tapi kalau Anda belum tahu cara maskeran di rumah dan bingung mau memulainya dari mana, silakan langsung kunjungi artikel Cara Menggunakan Masker Rambut yang Benar ini.

2. Hair Spa

Hair Spa

* sumber: www.amazing-beauty-salon.com

Apa itu hair spa? Jadi, perawatan rambut itu tidak cuma creambath dan masker saja, tapi ada juga yang namanya hair spa. Sebenarnya perawatan ini tidak berbeda jauh dengan creambath. Bedanya terletak pada krim, alat, dan teknik yang dipakai. Krim hair spa jauh lebih rich dan dapat meresap lebih dalam hingga ke folikel rambut. Hasilnya pun terlihat lebih cepat dan nyata dibandingkan Anda melakukan creambath.

Hair spa diaplikasikan menggunakan tangan dan brush. Sedangkan creambath diaplikasikan pakai tangan saja. Hair spa sangat bagus untuk “menyembuhkan” rambut kering, rontok, dan mengembang. Cocok banget buat yang gagal smoothing, kan?

Perlu diperhatikan, yang boleh Anda lakukan hanya masker dan hair spa saja, creambath sangat tidak boleh dilakukan. Soalnya creambath ada gerakan menarik-narik rambutnya. Ketika kondisi rambut Anda sedang rapuh-rapuhnya karena gagal smoothing, menarik rambut tentu bukanlah hal yang bijaksana untuk dilakukan.

3. Smoothing Ulang

Smoothing

*

Cara menanggulangi rambut gagal smoothing yang paling ampuh ya memang dengan smoothing ulang. Tunggu sekiranya satu minggu sebelum Anda melakukan smoothing yang selanjutnya.

Supaya smoothing yang kedua ini tidak gagal lagi, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana tahap-tahap smoothing yang benar. Jadi, kalau ada yang mencurigakan Anda bisa protes, hehe.

4. Perawatan Bahan Alami

Perawatan Bahan Alami

* sumber: boulderlocavore.com

Kalau Anda lebih suka yang serba nature, ada juga, kok, cara-cara memperbaiki rambut gagal smoothing pakai bahan alami. Beberapa material yang bisa Anda gunakan adalah:

  • Madu

Madu Murni

Bahan alami yang sangat bagus untuk memperbaiki rambut gagal smoothing adalah madu. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam madu akan membuat rambut jadi halus. Kulit kepala Anda juga akan ternutrisi dengan baik, sehingga rambut pun otomatis jadi lebih sehat.

  • Yogurt

Yogurt

Yang unik dari yogurt adalah, Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut dan juga mengonsumsinya langsung untuk mendapatkan manfaat yang baik pada rambut Anda. Seru banget, kan? Aneka vitamin dan kandungan anti bakteri dalam yogurt sangat baik untuk memperbaiki rambut rusak.

  • Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Punya aneka minyak di rumah seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak esensial lainnya? Anda bisa banget mengaplikasikannya langsung ke rambut Anda. Atau, Anda bisa membuat racikan seperti dengan menambahkan minyak dengan yogurt dan buah pisang atau buah alpukat, lalu aplikasikan adonan masker tersebut ke rambut Anda.

5. Jangan Sering Keramas

Teknik Keramas

Jika rambut berhijab harus sering dikeramas agar selalu bersih, rambut yang sudah dismoothing (terutama ketika pernah gagal) harus jarang dikeramas. Smoothing menggunakan obat kimia yang membuat rambut jadi lurus dan halus. Semakin sering Anda keramas, maka obat smoothing pun akan semakin cepat terkikis.

6. Kondisioner

Tambahkan Penggunaan Conditioner

Jangan lupa pakai conditioner setiap sehabis keramas supaya rambut Anda tidak krispi, ya! Ingin tahu merk-merk kondisioner yang bagus untuk rambut yang gagal dismoothing? Baca selengkapnya di artikel Merk Conditioner yang Bagus ini.

7. Vitamin

Tips Menggunakan Vitamin Rambut yang Aman

* sumber: m.wintersjason.abatasa.co.id

Setelah selesai keramas, jangan langsung mengeringkan rambut, ya. Apalagi kalau Anda hobi pakai hairdryer dan catokan. Selalu bubuhkan vitamin rambut kesayangan Anda sehabis keramas, supaya rambut Anda jadi lebih sehat dari hari ke hari. Baca artikel Vitamin untuk Rambut Smoothing untuk mengetahui merk vitamin yang bagus buat kondisi rambut Anda.

8. Jangan Ikat Rambut

Ikat Rambut dengan Karet

Ada pantangan buat orang yang rambutnya dismoothing, yaitu membengkokkan dan mengikat rambut. Baik itu menggunakan karet, ikat rambut, jepitan, bando, ataupun headpiece, semuanya dilarang keras. Soalnya rambut yang dismoothing rentan bengkok. Sekali saja Anda menggunakan jepit atau ikat rambut bisa berbekas selamanya.

Ya, itu dia solusi mengatasi rambut yang gagal smoothing. Supaya tidak terjadi lagi hal yang tidak mengenakan ini, pastikan salon yang Anda kunjungi terpercaya. Jika Anda smoothing sendiri di rumah, pastikan krim smoothing yang Anda pakai telah terdaftar BPOM dan berkualitas baik. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar