Unik dan Tak Biasa, Intip 10 Souvenir untuk Hari Pernikahanmu

Ditulis oleh Winda Widyaningsih

Pernikahan adalah salah satu momen penting dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, para calon pengantin akan berusaha memberikan yang terbaik di acara pernikahan tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan agar momen sekali seumur hidup ini menjadi terkesan dan tidak terlupakan.  Baik oleh kedua pasangan pengantin maupun bagi para tamu undangan.

Selain pemilihan konsep pernikahan dan tempat berlangsungnya pernikahan, buah tangan ataupun souvenir untuk para tamu undangan juga menjadi salah satu hal yang harus dipilih dengan  benar. Pemilihan souvenir yang unik dan cantik, tentunya akan memberi kesan tersendiri bagi para tamu undangan yang hadir.

Agar tidak bingung memilih souvenir apa yang bisa jadi referensi di hari pernikahanmu, berikut beberapa ide yang Kamini berikan untukmu. Bahkan beberapa souvenir juga bisa kamu bikin sendiri loh.

1. Bibit Tanaman

Bibit Tanaman

Pilihan pertama sebagai souvenir yang unik adalah bibit tanaman. Ada beragam bibit tanaman yang bisa dijadikan souvenir pernikahanmu. Mulai dari bibit kangkung, buncis, bayam hingga bunga matahari.  Pemilihan bibit tanaman sebagai souvenir cocok untuk kamu para pecinta lingkungan.

Jika kamu ingin membuat sendiri souvenir pernikahanmu dari bibit tanaman ini tidaklah sulit. Yang perlu kamu lakukan hanya mempersiapkan bibit tanaman yang sudah dikeringkan, botol atau jar kecil, tali rotan, batu warna warni dan kartu ucapan terimakasih.

Selanjutnya, kamu hanya perlu memasukkan batu warna warni dan bibit tanaman ke dalam botol, kemudian tutup dengan kertas dan ikat menggunakan tali rotan. Tidak lupa selipkan kartu ucapan terimakasih di souvenir buatanmu ini. Simple dan unik kan.

2. Pouch atau Tas Kanvas

Pouch atau Tas Kanvas

* sumber: www.souvenirpernikahan.co.id

Pemilihan pouch atau tas kanvas sebagai kenang-kenangan di hari pernikahanmu adalah langkah yang tepat untuk saat ini. Selain tidak ribet dan berguna, souvenirmu ini nantinya bisa membantu gerakan go green. Mengingat saat ini masyarakat diminta untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Dengan pilihan model yang unik dan beragam, pouch dan tas kanvas yang kamu pilih untuk souvenir hari pernikahanmu ini tentunya akan memberi kesan tersendiri bagi para tamu undangan. Kamu bisa menyiapkan budget mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 30.000 jika ingin memilih souvenir ini. Pastinya harga sesuai dengan ukuran dan motif yang kamu pilih.

3. Sukulen

Sukulen

Sukulen atau tanaman semacam kaktus mini ini cocok untuk dijadikan souvenir pernikahanmu. selain tampilannya yang cantik untuk memperindah ruangan, sukulen juga dipercaya mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Misalnya saja baik untuk pernapasan dan bisa membersihkan udara di ruangan dimana sukulen ini diletakkan.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh sukulen ini, maka tidak salah jika kamu memilihnya menjadi souvenir untuk pernikahanmu. Keunikan bentuk dari sukulen ini akan membuat tamu undangan senang menerima souvenir di hari pernikahanmu. Budget yang perlu kamu siapkan untuk sukulen ini antara Rp.3.500 hingga Rp.15.000. Tertarik?

4. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

* sumber: www.souvenir-karet.com

Jika kamu ingin mencari souvenir yang unik dan simple, gantungan kunci bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu hanya perlu menentukan bentuk dari gantungan kunci yang akan kamu jadikan souvenir. Gantungan kunci ini juga bisa menjadi salah satu alternatif souvenir dengan biaya yang murah.

Jika kamu ingin memilih gantungan kunci sebagai souvenir pernikahanmu, kamu perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000. Harga ini tentunya disesuaikan dengan material yang digunakan dan tingkat kerumitan pembuatannya ya.

5. Alat Makan Kayu

Alat Makan Kayu

* sumber: kuka.co.id

Pilihan selanjutnya adalah peralatan makan dengan bahan dasar kayu. Pemilihan kayu sebagai material dari pembuatan alat makan untuk souvenir pernikahanmu inilah yang memberi kesan berbeda dari yang lain. Karena selama ini, sebagian besar alat makan yang sering kita temui berbahan dasar stainless atau besi.

Beberapa alat makan yang bisa kamu pilih antara lain sendok, sumpit dan garpu. Dengan menghias alat makan kayu ini dengan menggunakan pita, maka jadilah souvenir yang unik dan cantik.

Baca juga: 10 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah di Bawah 10 Ribu

6. Talenan Kayu

Talenan Kayu

* sumber: bintoro-craft.net

Selain alat makan dengan bahan dasar kayu, talenan yang juga terbuat dari kayu ini bisa menjadi opsi lain untuk souvenir pernikahanmu. Dengan hiasan ukiran atau gambar untuk menghias talenan tersebut, talenan ini bisa menjadi pajangan dirumah untuk mempercantik ruangan.

Biasanya telanan kayu sebagai souvenir memiliki ukuran yang lebih kecil daripada talenan untuk memasak pada umumnya. Maka dari itu, souvenirmu pasti akan memberikan kesan unik dan menggemaskan. Budget yang kamu butuhkan jika memilih talenan kayu sebagai souvenir mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 7.000.

7. Gelas

Gelas

* sumber: tokobaru.net

Jika kamu ingin memberikan buah tangan yang unik dan bermanfaat, gelas bisa menjadi salah satu pilihan yang wajib kamu pertimbangkan. Dengan desain dan model yang beragam, kamu bisa menghias gelas agar menjadi lebih unik dan berkesan.

Kamu bisa memilih motif hiasan yang kamu inginkan untuk menghias gelas gelas tersebut. Dengan kisaran harga mulai Rp 2.000 hingga Rp 5.000, kamu sudah bisa memberikan souvenir unik yang berkesan bagi para tamu undangan.

8. Kopi atau Teh dalam Jar

Kopi atau Teh dalam Jar

Maraknya kebiasaan minum kopi pada saat ini, membuatmu tidak salah jika kamu mencoba memberikan kopi dan teh sebagai souvenir di hari pernikahanmu. agar memberi kesan unik dan tidak biasa, kamu hanya perlu mengemas bubuk atau biji kopi dan teh dengan cara yang lain.

Misalnya saja dengan menggunakan jar kecil. Kamu cukup memasukkan kopi atau teh ke dalamnya. Jika sudah, beri tutup yang rapat dan ikat menggunakan tali rotan agar estetik. Voila, jadilah souvenir yang unik dan tidak biasa.

9. Dompet Kartu

Dompet Kartu

* sumber: www.bridestory.com

Era digital saat ini membuat masyarakat menginginkan hal-hal yang simple dan tidak ribet. Maka kamu bisa memilih dompet kartu sebagai buah tangan pada hari pernikahanmu. dengan berbagai pilihan motif dan material, kamu bisa memilih dompet kartu yang paling pas dengan karaktermu.

Meskipun kamu harus menyiapkan budget lebih jika memilih dompet kartu sebagai souvenir pernikahanmu, namun itu akan sebanding dengan kesan yang para tamu dapatkan. Kisaran harga dompet kartu ini mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 7.000 per buah.

10. Tasbih Digital

Tasbih Digital

Pilihan terakhir yang tidak kalah unik adalah tasbih digital. Bentuknya yang mini dengan warna yang beragam, membuat tasbih digital cocok untuk dijadikan tanda mata di hari pernikahanmu. dengan kisaran harga mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 10.000, kamu sudah bisa mengemas tasbih digital ini sebagai souvenir yang unik dan bermanfaat.

Jadi, itulah 10 ide souvenir unik yang bisa kamu pertimbangkan untuk souvenir di hari pernikahanmu. Pilihlah souvenir yang memiliki manfaat ya, jangan sampai nantinya souvenir yang kamu berikan malah hanya akan terbuang sia-sia. Dan yang paling penting, sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya. Bagaimana, adakah dari souvenir-souvenir unik diatas yang menjadi pilihanmu? Tulis di komentar ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram