Kamini.id / Tips Fashion / Style Baju Hamil untuk Kerja yang Nyaman dan Fashionable

Style Baju Hamil untuk Kerja yang Nyaman dan Fashionable

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memiliki momongan adalah salah satu hal yang banyak diharapkan sebuah keluarga. Kehangatan keluarga akan semakin terasa bila si kecil lahir ke dunia untuk melengkapi harimu. Meski sangat membahagiakan, cukup banyak persiapan yang perlu dilakukan untuk menyambut kelahiran anak. Dimulai dari mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang kesehatan bayi hingga memenuhi kebutuhan untuk sang ibu.

Tak sedikit para ibu yang rela untuk tetap pulang pergi kerja demi membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga meski dalam keadaan mengandung. Akan tetapi, perubahan yang terjadi pada bagian perut karena kehadiran buah hati ini membuat para ibu harus mempersiapkan pakaian yang tepat untuk mereka kenakan baik sehari-hari maupun untuk bekerja.

Tips Berpakaian untuk Kerja selama Masa Kehamilan

Tanda Keputihan Karena Kehamilan

* sumber: parenting.orami.co.id

Mempersiapkan pakaian yang tepat untuk dikenakan selama masa kehamilan bukan berarti kamu harus terus menerus membeli pakaian baru dan meninggalkan pakaian lamamu. Kali ini Kamini akan memberikan tips pakaian kerja yang dapat digunakan selama masa kehamilan

1. Hindari Pakaian Ketat

Aturan paling utama yang perlu dilakukan kala memilih pakaian yang tepat digunakan selama masa kehamilan adalah menghindari pakaian yang terasa ketat. Sebisa mungkin, hindari pakaian yang tak berbahan elastis, apalagi bila pakaian tersebut membentuk lekuk tubuhmu. Sebaliknya, gunakan baju-baju yang cenderung longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh. Kamu juga dapat menggunakan pakaian berbahan elastis yang dapat kamu layer dengan outerwear.

2. Lebih Baik Gunakan Pakaian dengan Warna Gelap

Warna-warna gelap akan mengelabui pandangan orang-orang mengenai perutmu yang membesar. Terutama bila kamu lebih cerdik dengan menambahkan oversized outer dengan pattern dan warna lebih terang. Dijamin orang-orang tidak akan menyadari apa yang terjadi pada bagian perutmu.

3. Tak Perlu Membeli Pakaian Khusus Kehamilan (dulu)

Bila kehamilanmu masih menginjak trimester awal, kamu tetap bisa menggunakan pakaian yang sudah kamu miliki sebelumnya. Terutama yang agak longgar seperti maxi dress, asymmetric tops, ataupun oversized top. Bahkan atasan ini juga mungkin dapat kamu gunakan hingga trimester selanjutnya.

4. Pemilihan Celana

Kenyamanan adalah poin utama yang perlu dipertimbangkan para ibu yang tengah mengandung dalam memilih pakaian. Pemilihan bawahan seperti celana ataupun rok tentu saja tidak boleh lepas dari aspek ini. Baik jogger, legging, jeans, hingga kulot, apapun dapat kamu gunakan asalkan bagian pinggang bawahan tersebut merupakan elastic waistband alias terbuat dari karet yang elastis.

Tapi, apabila sebelumnya kamu tidak memiliki bawahan yang elastis pada bagian pinggangnya, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk membeli bawahan seperti ini. Selain mudah melar mengikuti lingkar perut, elastic waistband juga dapat kamu kecilkan kembali pasca melahirkan. Praktis bukan?

5. Ikat Pinggang Ibu Hamil adalah Sahabatmu

Tak peduli pakaian apa yang kamu kenakan, menggunakan ikat pinggang ibu hamil sebaiknya harus selalu dilakukan. Selain membuat kamu nyaman kala menggunakan pakaian apapun, belly band dapat menunjang postur yang tepat saat kehamilan. Bahkan ikat pinggang ini dapat mengurangi rasa sakit pada punggung dan sendi, lho.

6. Memilih Alas Kaki

Pemilihan alas kaki yang tepat juga tidak boleh terlewatkan saat kehamilan. Hindari penggunaan alas kaki yang akan mengganggu keseimbangan tubuhmu. Cukup kenakan alas kaki dengan hak rendah yang kuat atau bahkan tanpa hak sama sekali. Tips ini bertujuan untuk menjaga terhindarnya ibu dari nyeri punggung dan resiko terjatuh. Apalagi kala bekerja yang biasanya menuntut mobilitas tinggi.

Nah, itulah beberapa tips esensial dalam memilih pakaian yang tepat digunakan untuk bekerja selama masa kehamilan. Intinya, yang perlu dipertimbangkan ibu hamil adalah kenyamanan dari pakaian yang digunakan, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk buah hati yang masih ada dalam perut.

Inspirasi Style Baju Hamil untuk Bekerja

Nah, sekarang mari kita lihat bagaimana sih style yang keren dan nyaman untuk wanita yang sedang hamil? Untuk mengetahuinya, yuk intip beberapa style berikut ini!

1. Atasan Panjang dengan Boots

Style wanita hamil untuk kerja

* sumber: joannagoddard.blogspot.com

Memadukan atas yang panjangnya melewati pinggang dapat mengaburkan ilusi perut yang membesar. Apalagi bila atasan yang dipilih memiliki warna dasar yang gelap. Bila ingin tampak fashionable, kamu dapat menggunakan knee-high boots untuk kesan kaki yang tampak lebih panjang dan postur yang tetap terlihat ramping. Tapi, sebaiknya hindari menggunakan boots dengan hak tinggi apalagi bila kehamilan mulai menginjak trimester kedua.

2. Pakaian Corak Garis

Style wanita hamil untuk kerja 1

* sumber: 9to5chic.com

Menggunakan pakaian dengan corak garis (stripes pattern) juga merupakan style yang tepat digunakan kala tengah mengandung. Corak garis pada pakaian umumnya terdiri dari dua jenis yaitu corak vertikal dan horizontal. Banyak yang percaya bahwa corak horizontal pada pakaian akan membuat tubuh tampak lebih ramping dibandingkan dengan corak vertikal. Namun nyatanya persepsi ini tidaklah benar.

Sebuah penelitian pernah dilakukan pada tahun 2008 silam oleh seorang ahli persepsi bernama Peter Thompson mengenai efek visual dari corak garis vertikal dan horizontal pada volunteer wanita.

Seperti yang dilansir dari The Guardian, Peter melakukan penelitiannya dengan menyuruh para wanita tersebut untuk mengenakan dress corak garis vertikal dan juga horizontal. Dari penelitian tersebut, ternyata para wanita terlihat tampak lebih ramping ketika menggunakan dress bercorak horizontal.

Penelitian ini seolah mematahkan keyakinan banyak orang mengenai corak garis horizontal. Berangkat dari hasil penelitian inilah para wanita mulai banyak menggunakan pakaian dengan corak garis horizontal dibandingkan vertikal, tak terkecuali para ibu hamil.

Kamu tentu dapat menggunakan taktik ini saat memilih pakaian yang tepat digunakan kala hamil untuk bekerja. Pilihlah dress dengan model corak garis vertikal untuk ilusi tampilan tubuh yang lebih ramping. Tambahkan pula outerwear seperti coat polos dengan warna netral untuk melengkapi tampilan tersebut.

3. Skater Dress

Style wanita hamil untuk kerja 2

* sumber: www.dailymail.co.uk

Dress dengan bagian rok bergaya skater akan benar-benar menutupi lingkar perut siapapun yang menggunakannya. Apalagi bila dress tersebut berwarna gelap seperti yang dikenakan oleh aktris hollywood Keira Knightley. Aktris asal Inggris ini melengkapi tampilan formal yang simple dan elegan dengan suede heels berwarna serupa serta clutch bag abu-abu.

Kamu juga dapat menambahkan blazer untuk menutupi bagian lengan yang membesar karena kehamilan. Tampilan ini juga sangat formal dan tentu cocok digunakan saat bekerja.

4. Strips, Blazer dan Jeans

Style wanita hamil untuk kerja 3

* sumber: www.mujerde10.com

Bila kamu sangat suka menggunakan blazer saat ngantor, kamu tidak perlu meninggalkan style andalanmu ini kala mengandung. Tinggal ubah saja dalaman yang kamu kenakan dengan pakaian bercorak garis horizontal. Kamu juga bisa tetap menggunakan celana jeans untuk melengkapi tampilan semi-formal ini. Tapi ingat, usahakan jeans yang kamu kenakan merupakan elastic waistband jeans atau celana jeans khusus kehamilan.

5. Tampil Basic? Siapa takut!

Style wanita hamil untuk kerja 4

* sumber: stylecaster.com

Tampilan semi-formal yang sangat basic adalah perpaduan antara atasan kemeja atau bahan non-kaos berwarna putih yang dilengkapi dengan celana jeans. Bila kamu memiliki tunik apalagi dengan gaya peplum pada bagian bawah dada, kamu dapat menggunakannya untuk bekerja, lho. Untuk tampilan semi-formal tentu kamu dapat memadukannya dengan celana jeans. Tapi bila ingin lebih formal, kamu dapat menggunakan celana bahan.

6. Tunik adalah Penyelamat

Style wanita hamil untuk kerja 5

* sumber: www.modavina.com

Menggunakan tunik untuk bekerja adalah cara paling aman yang dapat digunakan terutama bila kamu sedang mengandung. Kebanyakan tunik tidak akan menonjolkan bentuk tubuh penggunanya yang mana sangat baik dalam menutupi pembesaran pada bagian perutmu.

Kamu bisa memilih jenis tunik apapun, contohnya tunik asimetris ini. Bila ingin tampak lebih fashionable, lengkapi tampilan unik dari tunik asimetris dengan bawahan yang tak kalan unik. Celana bergaya flare misalnya.

7. Maxi Dress Floral bukan Hanya untuk Summer Outfit

Style wanita hamil untuk kerja 6

* sumber: stylecaster.com

Memiliki flowy dress dengan floral pattern? Jangan ragu dipakai untuk bekerja. Bila kamu ingin mengurangi kesan musim panas yang terlalu kuat, tinggal tambahkan saja short blazer dan boots dengan warna netral seperti putih atau hitam. Dijamin tampilanmu akan tampak formal, nyaman dan sangat chic.

Itulah inspirasi style baju hamil yang dapat digunakan untuk bekerja. Tampilan-tampilan tersebut tak hanya tampak sangat modis dan formal namun juga membuat para wanita yang tengah mengandung tetap merasakan kenyamanan. Bila kamu memiliki inspirasi style baju hamil lain untuk bekerja, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *