Kamini.id / Model Baju Pria / 10 Rekomendasi Style Kondangan Pria Untuk Tampil Lebih PD

10 Rekomendasi Style Kondangan Pria Untuk Tampil Lebih PD

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Desember 2019

Ketika kita bicara tentang fashion, harus diakui bahwa wanita memiliki lebih banyak pilihan menarik dibandingkan dengan pria. Kaum wanita bisa menggunakan sepatu hak tinggi atau flats, juga pakaian yang beragam mulai dari rok mini, celana pendek, celana panjang, gaun, dst.

Untuk gaya dan warna rambut, kaum wanita bisa pilih pendek atau panjang, lurus atau keriting, warna blonde atau warna gelap. Ada banyak pilihan yang bisa dibuat. Begitu pula dengan penggunaaan aksesoris. Kalung, gelang, dan anting pun hadir dengan beragam model. Hal itu mungkin yang membuat acara berdandan menjadi sangat menyenangkan bagi kaum wanita.

Bila kita bandingkan, kaum pria tidak memiliki banyak pilihan. Untuk item pakaian jenis atasan, pria hanya memiliki kaos, kemeja, jaket, dan sweater. Hanya celana pendek dan celana panjang yang bisa dipilih untuk bawahan. Begitu pula untuk aksesoris, pria hanya bisa mengandalkan jam tangan dan cincin jika memang sangat diperlukan.

Mungkin kebanyakan dari Anda sempat kebingungan mengenai pakaian apa atau gaya seperti apa yang sebaiknya digunakan saat menghadiri acara tertentu. Nah, berikut ini kami uraikan 10 gaya yang bisa Anda terapkan terutama saat akan menghadiri acara kondangan. Yuk simak uraiannya!

1. Kemeja Batik

Kemeja Batik

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang cocok digunakan pada acara formal, termasuk untuk ke acara kondangan. Bagi pria, kemeja batik merupakan atasan yang paling sering dijadikan outfit untuk menghadiri pesta. Selain merupakan ciri khas masyarakat Indonesia, kemeja batik juga mudah dipadukan dengan berbagai jenis bawahan.

Semua tergantung dari look apa yang ingin Anda tampilkan. Untuk terlihat lebih santai, padukan kemeja batik lengan pendek dengan celana jeans dan sneaker. Sedangkan untuk penampilan yang lebih resmi, Anda bisa mengenakan kemeja batik lengan panjang, padukan dengan celana bahan dan sepatu kulit warna gelap.

2. Vest

Vest

Vest atau sering kita sebut dengan rompi merupakan item pakaian yang juga bisa Anda gunakan saat akan menghadiri kondangan. Walaupun tergolong vintage, item pakaian ini membuat penampilan Anda terlihat lebih keren jika digunakan dengan padanan yang benar.

Rompi paling pas dipadukan dengan kemeja lengan panjang sebagai inner. Namun Anda bisa menggulung bagian lengan untuk kesan lebih simpel. Untuk celana, Anda bisa gunakan celana bahan yang dilengkapi dengan ikat pinggang.

3. Sweater

Sweater

Jika Anda menganggap sweater sebagai pakaian essensial atau pakaian yang wajib ada di dalam lemari, Anda juga bisa menggunakan sweater untuk acara formal seperti kondangan. Namun, harus diperhatikan pula jenis dan desain sweater yang memang sesuai.

Untuk acara kondangan, gunakan kemeja sebagai inner dalam menggunakan sweater. Lebih baik lagi jika Anda juga menggunakan dasi sebagai pelengkap penampilan Anda. Untuk bawahan Anda bisa memakai apapun sesuai keinginan, baik celana bahan yang pas di kaki maupun celana jeans.

4. Setelan Jas Berdasi

Setelan Jas Berdasi

Di dalam negeri, kita tahu bahwa batik menjadi pakaian wajib untuk acara formal. Namun beda halnya dengan negara lain. Setelan jas menjadi pakaian yang sangat identik dengan acara-acara resmi. Gaya ini bisa juga menjadi pilihan bagi Anda untuk menghadiri acara kondangan.

Pakaian ini memberikan kesan penampilan yang profesional dan berwibawa. Sebagai pelengkap, Anda bisa memakai dasi biasa yang panjang terurai atau dasi kupu-kupu agar lebih simpel. Sesuaikan warna dasi dengan setelan jas yang digunakan.

5. Setelan Jas dan Sneaker

Setelan Jas dan Sneaker

Jika setelan jas dengan dasi dirasa terlalu berlebihan, Anda bisa memadukan jas dengan item lain untuk style kondangan. Sepatu sneaker bisa menjadi pengganti sepatu kulit atau pantofel yang biasa Anda gunakan. Sepatu ini bisa menjadi pilihan jika Anda tidak ingin terkesan terlalu resmi dalam berpakaian.

Selain nyaman dipakai, sepatu sneaker juga sangat cocok dipadukan dengan setelan jas, lho. Supaya tidak terlihat “aneh”, tidak disarankan untuk menggunakan jas dan dasi ketika menggunakan sneaker. Selain itu model sneaker yang digunakan juga harus dipertimbangkan dengan baik.

6. Kaos dan Blazer

Kaos dan Blazer

Tak melulu dengan kemeja, blazer juga cocok digunakan dengan hampir semua atasan. Bagi pria khususnya, blazer bisa digunakan bahkan ketika ingin terlihat simpel dan kasual. Untuk tampilan kasual, Anda juga bisa memadukan blazer dengan atasan kaos.

Kaos berwarna basik adalah pilihan yang tepat. Selain terlihat lebih kasual, paduan kaos dengan blazer juga membuat penampilan Anda terlihat keren. Padukan dengan celana bahan dengan potongan yang pas dan sneaker kesayangan Anda.

7. Kemeja Lengan Panjang dan Celana Bahan

Kemeja Lengan Panjang

Setelan outfit yang satu ini cocok untuk Anda yang anti ribet. Dengan mengenakan kemeja lengan panjang dan celana bahan, Anda juga bisa terlihat keren untuk menghadiri kondangan. Sebagai aksesoris pelengkap, Anda bisa menambahkan ikat pinggang.

Kemeja lengan panjang yang digunakan bisa berupa kemeja polos ataupun kemeja motif garis atau kotak. Keduanya sama-sama cocok dikenakan saat acara formal. Untuk alas kaki, pilihlah sepatu pantofel atau sepatu sneaker yang Anda miliki.

8. Kemeja Jeans dan Celana Bahan

Kemeja Jeans dan Celana Bahan

Siapa sangka kemeja jeans juga bisa digunakan untuk acara formal. Kemeja berbahan denim ini cocok untuk menampilkan gaya sporty. Sebagai bawahannya, Anda bisa memakai celana bahan dengan warna gelap. Akan lebih baik bila kemeja jeans yang digunakan dimasukkan ke dalam celananya.

Pemakaian ikat pinggang selalu menjadi pilihan yang baik dalam berpakaian. Gunakan ikat pinggang dengan warna yang sama dengan sepatu pantofel yang digunakan. Jika ingin lebih “ekstra” lagi, Anda bisa mengenakan dasi kupu-kupu sebagai pemanis.

9. Suspender

Suspender

Bagi Anda yang ingin terlihat berbeda saat menghadiri acara kondangan, cobalah gunakan celana dengan tambahan suspender. Suspender adalah tali yang digunakan vertikal dari area pinggang ke bahu. Biasanya hal ini digunakan sebagai pengganti ikat pinggang, karena fungsinya yang sama-sama menjadi penahan celana yang digunakan.

Untuk atasannya, padukan dengan kemeja lengan panjang atau pendek yang memiliki warna cerah. Suspender cocok dipadukan dengan sepatu kulit atau pantofel berwarna coklat. Tambahkan dari kupu-kupu dan topi sebagai pelengkap penampilan Anda.

10. Pakaian Tradisional

Pakaian Tradisional

Berpakaian formal untuk menghadiri acara kondangan memang bagus, namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba sesuatu di luar kebiasaan. Anda bisa coba bergaya tradisional dengan paduan outfit khas Melayu seperti pada gambar.

Pakaian tradisional untuk acara kondangan sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Ada bermacam pakaian tradisional yang seringkali digunakan pria, khususnya di Indonesia. Selain bergaya Melayu, Anda juga bisa coba pakaian adat lainnya.

Nah, itu dia 10 gaya pria yang bisa dijadikan opsi saat hendak menghadiri acara pernikahan kerabat atau teman. Perlu diingat bahwa yang paling penting saat berpakaian adalah kenyamanan dan rasa percaya diri saat Anda mengenakannya.

Oh iya, selain style pria, kami juga punya beberapa rekomendasi dan ide untuk style kondangan wanita. Jika penasaran dengan idenya, bisa simak artikel ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *