10 OOTD Kondangan Pria untuk Tampil Lebih Stylish

Ditulis oleh Suci Maharani R

Dalam hal berpakaian, pilihan yang tersedia bagi pria memang terbatas dibandingkan dengan wanita. Pria biasanya hanya memiliki opsi kaos, kemeja, jaket, dan sweater untuk atasan, serta celana pendek dan panjang untuk bawahan. Aksesoris pun terbatas hanya pada jam tangan dan cincin, yang digunakan hanya ketika diperlukan. 

Oleh karena itu, sering kali pria merasa bingung dalam memilih pakaian atau gaya yang tepat, terutama saat menghadiri acara formal seperti kondangan. 

Dari pada bingung, Kamini memiliki beberapa rekomendasi OOTD kondangan pria untuk tampil lebih stylish seharian. Penasaran? Yuk, simak uraiannya!

1. Kemeja Batik dan Celana Bahan

OOTD Kondangan Pria - Batik dan Celana Bahan_

Batik, sebagai warisan budaya Indonesia, sangat sesuai untuk acara-acara resmi seperti kondangan. Para pria sering memilih kemeja batik sebagai pilihan utama untuk acara tersebut. 

Mengkombinasikan baju batik sebenarnya sangat sederhana; ambil saja kemeja batik berlengan pendek untuk tampilan yang formal namun santai. Celana bahan warna hitam menjadi pilihan yang tepat untuk dipadukan dengan kemeja batik. 

Item wajib para pria seperti jam tangan dan ikat pinggang, tentu saja jangan sampai terlewatkan. Lengkapi penampilanmu dengan sepatu pantofel hitam dan clutch bag yang elegan untuk kesan yang lebih modis.

2. Blazer dan Celana Formal

OOTD Kondangan Pria - Blazer dan Celana Formal_

Blazer bisa menjadi pilihan tepat untuk OOTD kondangan para pria. Biasanya outfit model ini dipakai saat menghadiri acara pernikahan yang santai seperti garden party dan lainnya. 

Kamu bisa memakai kaos polos yang dipadukan dengan blazer navy memberikan kesan santai namun elegan. Sementara pilihan bawahan bisa beragam, dari celana formal hingga jeans hitam untuk nuansa yang lebih modern. 

Kenakan sepatu loafer hitam untuk kenyamanan dan gaya, serta clutch bag navy untuk menyimpan barang-barang penting dengan praktis. Tambahkan aksesoris seperti ikat pinggang dan jam tangan untuk melengkapi tampilan. 

3. Kemeja Polos dan Celana Chino

OOTD Kondangan Pria - Kemeja dan Celana Chino_

Untuk kamu yang lebih memilih kesederhanaan dalam berpakaian namun tetap ingin tampil bergaya, OOTD ini sangat cocok dijadikan referensi. Gaya ini menggunakan pakaian yang simpel dan pastinya kamu miliki di lemari. 

Sebagai contoh, kemeja polos berwarna soft blue ini modelnya sangat klasik. Nah, outfit ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menonjolkan kesan sederhana. Selain itu, warnanya yang lembut ini cocok untuk semua warna kulit, termasuk untuk kulit sawo matang. 

Untuk bagian bawah, celana chino berwarna hitam akan melengkapi penampilanmu. Dan untuk menambah kesan rapi, sepatu pantofel hitam serta aksesoris minimalis. Kamu bisa memakai jam tangan dan clutch atau sling bag berwarna senada.

4. Setelah Tuxedo

OOTD Kondangan Pria - Setelan Tuxedo_

Di dalam negeri, kita tahu bahwa batik menjadi pakaian wajib untuk acara formal. Namun beda halnya dengan negara lain. Setelan jas menjadi pakaian yang sangat identik dengan acara-acara resmi. Gaya ini bisa juga menjadi salah satu pilihan outfit untuk menghadiri acara kondangan formal.

Pakaian ini memberikan kesan penampilan yang profesional dan berwibawa. Sebagai pelengkap, kamu bisa memakai dasi biasa yang panjang terurai atau dasi kupu-kupu agar lebih simpel. Sesuaikan warna dasi dengan setelan jas yang digunakan.

Item fesyen pelengkap lainnya yang tidak boleh di lewatkan adalah jam tangan dan clutch bag. Dua item ini dapat menambah kesan stylish. Selanjutnya, kamu bisa memakai sepatu pantofel atau oxford yang nyaman. 

5. Vest dan Slim Fit Pants

OOTD Kondangan Pria - Vest dan Slim Fit Pants_

Jika mengenakan jas terasa terlalu merepotkan dan tidak nyaman, vest bisa menjadi alternatif yang tepat untuk acara formal. OOTD kondangan ini akan memberikan kesan cowok elegan khas Eropa. 

Cukup dengan kemeja polos berwarna putih sebagai lapisan dasar, vest abu-abu ini akan terlihat menawan baik untuk garden party maupun acara malam hari di dalam ruangan. 

Sesuaikan dengan celana bahan abu-abu yang serasi untuk menambah kesan rapi. Tambahkan dasi dan jam tangan yang bergaya untuk meningkatkan kesan stylish. Dan lengkapi penampilanmu dengan sepatu oxford serta clutch bag berwarna hitam untuk kesempurnaan OOTD kondanganmu.

6. Outer Batik dan Wide Leg Trousers

Outer Batik dan Wide Leg Trousers_

OOTD kondangan ini akan menonjolkan aura etnik dengan nuansa yang lebih kontemporer. Outer batik, yang telah kembali tren di kalangan pria, akan menambahkan sentuhan tradisional namun tetap chic

Untuk styling-nya, kaos atau kemeja polos adalah pilihan tepat sebagai inner. Kemudian, kenakanlah batik sebagai outer untuk melengkapi tampilan. Pilihlah motif dan warna yang harmonis dengan tema yang kamu inginkan, seperti monokrom, pastel, atau warna-warna cerah. 

Terakhir tinggal pakai saja jam tangan, sepatu keds, dan tas selempang hitam untuk tampilan yang lebih sempurna. Siap tampil bergaya dengan OOTD kondangan pria yang stylish?

7. Printed Shirt dan Pleated Trousers

Printed Shirt dan Pleated Trousers_

Secara tradisional, pakaian dasar pria biasanya terdiri dari kemeja dan celana panjang. Untuk memberikan kesan yang lebih segar dan tidak monoton, kamu bisa berkreasi dengan tekstur dan palet warna. 

Sebagai contoh, untuk acara semi-formal seperti kondangan, pria dapat memilih kemeja bermotif atau printed shirt sebagai fashion statement-nya. Kemeja ini akan tampak lebih menonjol jika dipadukan dengan pleated trousers berwarna khaki. 

Dan ingat, tema untuk acara ini adalah kasual, jadi kamu bisa melengkapinya dengan sepatu kets hitam atau putih yang sesuai dengan preferensi. Untuk aksesori, pertimbangkan untuk menambahkan tas selempang atau jam tangan untuk menyempurnakan gayamu.

8. Kemeja V Neck dan Pleated Pants

OOTD Kondangan Pria - Kemeja V Neck dan Pleated Pants_

Kenapa pria Korea selalu terlihat menarik dan bergaya? Ini bukan soal paras, melainkan pemilihan busana yang tepat dengan kontur tubuh serta warna kulit yang menjadi faktor utama. 

Untuk gaya OOTD kondangan ala pria Korea, cobalah beberapa pilihan outfit berikut. Sebagai atasan, kemeja berkerah V-neck bisa menjadi pilihan yang menegaskan garis lehermu yang elegan. Untuk bagian bawah, pleated pants berwarna hitam yang sederhana akan melengkapi tampilanmu. 

Ingin terlihat lebih jangkung? Coba masukkan ujung kemeja ke dalam celana dan pilihlah celana dengan potongan high waist. Akhiri ensemble casual kondanganmu dengan sepasang sepatu keds, tas selempang, dan kacamata untuk menambah kesan chic.

9. Kemeja Shanghai dan Slim-Fit Pants

OOTD Kondangan Pria - Kemeja Shanghai dan Slim-Fit Pants_

Menghadirkan kesan formal tanpa harus mengenakan jas kini bukanlah hal yang mustahil. Cara mudahnya, kamu bisa mencoba untuk memakai kemeja shanghai sebagai pilihan atasan. Kemeja shanghai dikenal dengan kerah mandarinnya yang elegan, tidak terlalu tinggi dan dilengkapi dengan aksen V-neck yang menawan di bagian depan. 

Untuk menambah kesan mewah, pilihlah kemeja shanghai dengan detail bordir pada kerahnya. Warna-warna seperti merah marun, biru navy, atau hijau emerald dapat menjadi pilihan yang menarik. 

Padukan dengan celana slim-fit berwarna hitam untuk bawahan, dan sempurnakan gayamu dengan sepasang sepatu loafers serta clutch bag berwarna senada. Dan tentu saja, sebuah jam tangan akan melengkapi penampilanmu dengan sempurna.

10. Baju Koko dan Straight Leg Jeans

OOTD Kondangan Pria - Baju Koko dan Straight Leg Jeans_

Banyak orang mungkin berpikir kalau baju koko tidak cocok untuk acara-acara formal seperti kondangan. Namun dengan memilih model yang trendi, baju koko bisa menjadi pilihan yang stylish

Contohnya, baju koko dengan kombinasi tiga warna dapat memberikan kesan modern dan menarik. Untuk tampilan monokrom yang elegan, padukanlah dengan jeans yang modelnya straight leg berwarna hitam agar terlihat lebih rapi namun tetap santai. 

Tambahkan sentuhan akhir pada penampilanmu dengan sepatu keds putih dan tas selempang hitam, serta jam tangan untuk aksesori yang menambah keanggunan. 

Nah, itu dia 10 gaya pria yang bisa dijadikan opsi saat hendak menghadiri acara pernikahan kerabat atau teman. Perlu diingat bahwa yang paling penting saat berpakaian adalah kenyamanan dan rasa percaya diri saat mengenakannya. Dari beberapa rekomendasi di atas, mana yang sesuai dengan style kamu? Bagikan jawabannya di kolom komentar.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram