kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Merk Sunscreen yang Bagus untuk Wajah Berminyak

10 Merk Sunscreen yang Bagus untuk Wajah Berminyak

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 Februari 2021

Paparan sinar matahari secara terus-menerus tidak hanya menggelapkan kulit tetapi juga sangat merusaknya. Dokter kulit merekomendasikan tabir surya itu penting, terutama untuk kulit berminyak. Sunscreen akan memberikan perlindungan dari sinar matahari dan membantu dalam memerangi tanda-tanda penuaan.

Penggunaan tabir surya secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah kulit kita dari penuaan dini, keriput, pigmentasi dan hilangnya cahaya alami. Tingkat SPF paling minimal untuk dipakai dengan kondisi iklim masa kini adalah SPF 25.

Tapi, tidak semudah itu buat yang kulitnya berminyak. Oily skin cenderung mudah berjerawat, berkomedo dan tentu saja terlalu berkilau karena banyaknya produksi minyak. Tentu memilih tingkat SPF penting, tapi ada hal yang perlu diperhatikan lagi, yaitu apakah sunscreen-nya mampu menahan minyak di wajah atau tidak.

Untungnya, Kamini telah menyusun daftar 15 tabir surya terbaik yang ideal untuk kulit berminyak. Inilah daftar sunscreen untuk wajah berminyak terbaik dan populer.

1. Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum

  • Brand: Nivea
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 30 mL
  • Varian: Instant Aura, White Repair

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sunscreen yang satu ini diklaim oleh Nivea dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari tanpa membuat wajah greasy. Bahkan Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum dapat membuat kulit tampak lebih cerah. SPF yang diklaim produk ini berada pada nilai 50 dengan grade PA +++, sangat baik dalam memblokir sinar UVA maupun UVB.

Yang cukup menarik dari chemical sunscreen ini adalah kandungan L-Carnitine. L-Carnitine merupakan senyawa kimia jenis ammonium yang terbukti secara ilmiah dapat mereduksi sekresi sebum pada kulit. Karena itulah Nivea menggunakan formulasi dengan L-Carnitine pada sunscreen yang satu ini.

L-Carnitine juga diyakini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, senyawa ini juga dapat menarik air sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik ketika diaplikasikan. Nivea menyatakan bahwa produk ini juga telah lulus uji dermatologist, sehingga cocok digunakan untuk jenis kulit apapun.

2. AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

sunscreen untuk wajah berminyak_AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen
  • Brand: AXIS-Y
  • Jenis: Physical suncreen
  • Ukuran: 50 mL
  • Varian: -

Akhir-akhir ini Mugwort sering kali dibicarakan di banyak forum kecantikan. Bukan itu saja, spesifiknya produk yang mengandung mugwort dari brand AXIS-Y bahkan sempat viral di TikTok dan membuat banyak beauty junkies mulai melirik brand satu ini. Tak heran, akhirnya nama AXIS-Y mulai banyak dicari dan dikenal oleh masyarakat sekarang.

Tak hanya pada maskernya, AXIS-Y juga menjagokan mugwort pada produk sunscreennya, lho yaitu Complete No-Stress Physical Sunscreen dengan proteksi SPF 50+ dan PA+++. Tabir surya ini diklaim ringan, dapat melembabkan, dan tidak akan menyebabkan clogged pores pada wajah.

Bukan Cuma mugwort, sunscreen yang cukup fenomenal ini juga sudah diformulasikan dengan bahan-bahan alami esensial seperti calendula, squalane, anggur, chamomile, allantoin, dan teh hijau. Ditambah lagi AXIS-Y meperkaya physical sunscreen ini dengan teknologi bernama SYN-COL yang berperan dalam menjaga kulit tetap muda.

3. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

  • Brand: Biore
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 50 mL
  • Varian: Watery Gel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk holy grail banyak orang ini memang pantas disebut sebagai sunscreen terbaik saat ini. Tak hanya cukup cocok digunakan kulit berminyak, produk ini ternyata diklaim cocok untuk semua jenis kulit, lho. Benar, dari nama produknya saja kita dapat mengetahui bahwa sunscreen ini kaya akan kandungan air yang membuat teskturnya ringan dan sangat mudah menyerap pada kulit.

Dilengkapi dengan hyaluronic acid dan citrus essence menjadikan produk ini dapat menjaga kelembapan kulit tanpa meninggalkan kesan lengket. Cukup banyak pemilik kulit berminyak yang memberikan rating baik pada sunscreen dari Biore ini. Berani, coba?

4. Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen

Review Sunscreen Garnier_performa 2 (Copy)
  • Brand: Garnier
  • Jenis: Hydrid sunscreen
  • Ukuran: 30ml
  • Varian: Natural Finish, Matte Finish

Review Garnier Super UV Spot Proof

Sunscreen pertama sekaligus terbaru dari Garnier juga wajib masuk list kala bicara soal sunscreen untuk kulit berminyak terutama yang varian Matte Finish. Kebetulan, Kamini pernah mengulas Garnier Super UV Spot-Proof varian Matte Finish ini, lho.

Sunscreen ringan dengan tekstur yang mudah meresap ini memiliki grade proteksi SPF50+ dan PA+++ dan hanya sedikit saja meninggalkan white cast. Vitamin C yang melengkapinya juga dapat mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan noda hitam. Jadi, selain melindungi, produk ini juga bisa membantu mencerahkan bila digunakan secara rutin.

5. L'Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh

  • Brand: L'Oreal Paris
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 30 mL
  • Varian: Instant White, Super Aqua Essence, Transparent, Asti-Dullness

Review L'Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sunscreen ini memberikan hasil akhir matte, sesuai dengan klaimnya. Memang salah satu trik untuk memilih produk kosmetik yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang memiliki klaim matte finish. Ini berarti terdapat bahan pada kosmetik yang dapat bekerja mengontrol minyak sehingga dapat menghentikan atau mengurangi laju produksi minyak pada wajah.

Sunscreen dari L’Oreal ini selain diperkaya dengan Long UVA Filters, juga dilengkapi dengan metroxyl yang juga merupakan UV Filters. Metroxyl sudah banyak digunakan sunscreen terbaik di dunia karena dapat memfilter UVA1 yang memiliki panjang gelombang besar dan dapat menyebabkan penuaan kulit. Produk ini juga dapat mencegah terbentuknya noda, penggelapan kulit, bahkan dapat menghadang polusi.

6. Skin Aqua UV Moisture Gel

*
  • Brand: Skin Aqua
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 40 gr
  • Varian: UV Mild Milk, UV Moisture Milk, UV Whitening Milk

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain mencari klaim produk matte finish, salah satu tips dan trik dalam memilih produk kosmetik yang tepat untuk kulit berminyak adalah produk dengan tekstur gel. Biasanya produk bertekstur gel memiliki kandungan air lebih banyak dibandingkan dengan kandungan minyak didalamnya. Berbeda dengan tekstur krim.

Disamping melindungi kulit karena kandungan SPF 30 dan PA++, sunscreen dari Skin Aqua ini juga dapat membuat kulit tetap lembab dan ternutrisi, lho. Komposisi yang sangat bermanfaat dari produk ini diantaranya adalah improved hyaluronic acid, kolagen, vitamin, B, C dan E. Tak heran kan produk ini diklaim dapat menutrisi kulit?

7. Bioderma Photoderm AKN Mat

sunscreen untuk wajah berminyak_Bioderma Photoderm AKN Mat
  • Brand: Bioderma
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 40 ml
  • Varian: -

Rekomendasi sunscreen untuk wajah berminyak lainnya dengan finishing result matte datang dari Bioderma. Melalui Photoderm AKN Mat SPF 30, Bioderma menawarkan produk tabir surya tanpa greasy effect sama sekali. Malah tampilan akhirnya yang matte bikin doi sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit kombinasi berminyak.

Bahkan pemiliki kulit acne-prone juga bisa banget buat pakai sunscreen dari Bioderma ini karena formulasinya yang non-comedogenic sehingga tidak akan menjadi akar penyebab wajahmu jerawatan. Ketahanan produk ini juga cukup jempolan karena kemampuannya yang water-resistant, walau kamu tetap harus re-apply sunscreen bila ingin performanya always to the max.

8. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel

sunscreen untuk wajah berminyak_Wardah UV Shield Essensial Sunscreen Gel
  • Brand: Wardah
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 40ml
  • Varian: Active Protection Serum, Aqua Fresh Essence

Tahun 2020 sepertinya bisa disebut sebagai tahun tabir surya di Indonesia, pasalnya eksistensi sunscreen mulai meruak kembali terutama setelah beberapa brand mulai memproduksi tabir surya terbaru, salah satunya adalah Wardah.

Mengeluarkan 2 produk sunscreen sekaligus dan satu re-branding produk, Wardah benar-benar menyuguhkan penggemarnya dengan tabir surya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit yang berbeda. Untuk kulit berminyak sendiri, Wardah UV Shield Essensial Sunscreen Gel bisa jadi pilihan.

Tekstur gel lembut yang tidak lengket apalagi greasy menjadikannya patut ada digenggaman pemilik kulit berminyak. Bukan Cuma itu, proteksinya yang diklaim ‘broad spectrum’ jarang sekali lho ditemukan pada produk-produk sunscreen yang beredar di Indonesia. Klaim ini berarti proteksi terhadap sinar UVB dari sunscreen sama kuatnya dengan proteksi terhadap UVA.

Hebatnya lagi sunscreen ini diformulasikan bebas alkohol dan dilengkapi dengan kombinasi antara vitamin E dan pro vitamin B5 yang menawarkan manfaat antioksidan serta mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Kamini juga pernah mengulas saudara dari produk ini lho yaitu Wardah UV Shield Active Protection Serum.

9. Erha Acne Care Lab Sun Friendly

  • Brand: Erha
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 30 gr
  • Varian: -

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Buat kamu yang memiliki jenis kulit paket lengkap, alias berminyak juga berjerawat, saatnya untuk melirik produk dari salah satu klinik kecantikan terbaik di Indonesia ini. Erha telah memformulasikan produk ini non-comedogenic dan non-acnegenic.

Sunscreen ini mengandung SPF 30 yang dapat melindungi dari penetrasi sinar UVB dengan baik. Sementara kemampuan oil control dari produk ini didapat karena terdapat sebum regulator yang juga dapat menyerap kelebihan minyak. Sunscreen ini juga memiliki kandungan antibakteri karena itu tak akan membuat jerawat tumbuh kembali.

10. Etude House Sunprise Mild Airy Finish

  • Brand: Etude House
  • Jenis: Physical sunscreen
  • Ukuran: 55 mL
  • Varian: -

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Karena menggunakan 100% mineral filters, produk ini dapat dikategorikan sebagai physical sunscreen yang mana sangat hebat dalam memblokir sinar UV. Walaupun begitu, Etude House tetap memformulasikan produk ini dalam kategori lightweight. Dan sesuai dengan namanya, produk ini memiliki tenstur seperti susu.

Tapi jangan khawatir, pengaplikasian Etude House Sunprise Mild Airy Finih sangat mudah dan tak bakal meninggalkan white cast. Produk ini sangat cocok digunakan kulit berminyak karena oil free dan tidak greasy. Bagaimana dengan kandungan SPF dan PA-nya? Cek langsung saja pada kemasan depan produk, kamu pasti bakal mengetahuinya.

Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari meningkatkan kemungkinan kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Untuk mengurangi risiko ini, gunakan tabir surya setidaknya dengan nilai SPF 30 yang broad spectrum atau lebih tinggi lagi lebih baik.

Lakukan juga tindakan perlindungan matahari lainnya, seperti batasi waktu di bawah sinar matahari, terutama dari jam 10 pagi – 2 siang. Kenakan kemeja lengan panjang, celana, topi dan kacamata hitam. Jangan lupa bawa sunscreenmu ke mana-mana juga, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram