10 Merk Sunscreen yang Bagus untuk Wajah Berminyak

Paparan sinar matahari secara terus-menerus tidak hanya menggelapkan kulit tetapi juga sangat merusaknya. Dokter kulit merekomendasikan tabir surya itu penting, terutama untuk kulit berminyak. Sunscreen akan memberikan perlindungan dari sinar matahari dan membantu dalam memerangi tanda-tanda penuaan.

Penggunaan tabir surya secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah kulit kita dari penuaan dini, keriput, pigmentasi dan hilangnya cahaya alami. Tingkat SPF paling minimal untuk dipakai dengan kondisi iklim masa kini adalah SPF 25.

Tapi, tidak semudah itu buat yang kulitnya berminyak. Oily skin cenderung mudah berjerawat, berkomedo dan tentu saja terlalu berkilau karena banyaknya produksi minyak. Tentu memilih tingkat SPF penting, tapi ada hal yang perlu diperhatikan lagi, yaitu apakah sunscreen-nya mampu menahan minyak di wajah atau tidak.

Untungnya, Kamini telah menyusun daftar tabir surya terbaik yang ideal untuk kulit berminyak. Inilah daftar sunscreen untuk wajah berminyak terbaik dan populer.

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

review azarine hydrasoothe sunscreen gel
  • Brand: Azarine
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 50ml
  • Varian: -

Review Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Susncreen yang sempat jadi perbincangan banyak orang ini memang punya sensasi yang nyaman ketika diaplikasikan pada kulit. Bukan hanya cepat menyerap, ringan, dan tidak meninggalkan white cast, produk ini bahkan dapat memberikan kelembaban. Tak heran Azarine mengklaim bahwa sunscreen ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak dan acne-prone.

Kandungan yang digunakan Azarine dalam formulasinya juga mayoritas merupakan bahan alami, tanpa ada alkohol, silikon dan carrier oils. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel juga menawarkan kemampuan menenangkan disamping melindungi kulit dari sinar UV dengan nilai proteksi SPF 45 dan PA++++.

2. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum

Review somethinc sunscreen corrector serum__
  • Brand: Somethinc
  • Jenis: Physical/ Mineral sunscreen
  • Ukuran: 15ml, 50ml
  • Varian: -

Review Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum

Somethinc menyebut produk ini sebagai multitask sunscreen. Soalnya, selain punya fungsi utama dalam melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, sunscreen ini juga bisa bantu menjadikan warna kulit tampak lebih merata dan cerah, lho. Tak heran, produk ini dinamakan Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum.

Selain fungsinya sebagai sunscreen dan color corrector, sunscreen bertekstur lotion ini juga memiliki kandungan alfa bisabolol alami, multi vitamin dan horse chesnut seed extract yang bermanfaat serta bisa menutrisi kulit. Tekstur sunscreen ini juga ringan, mudah menyerap dan tidak lengket dengan satin skin-like finish yang mampu imbangi kelembaban alami kulit. Jadi pemilik kulit berminyak pun, tak perlu khawatir sunscreen ini bakal bikin wajah jadi greasy.

3. For Skin's Sake Weightless Sunscreen

sunscreen untuk wajah berminyak_For Skin's Sake Weightless Sunscreen_
  • Brand: For Skin's Sake
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 7ml, 45ml
  • Varian: -

Sesuai namanya, For Skin’s Sake atau yang ramah disapa FSS ini punya sunscreen yang bisa jadi pilihan membahagiakan bagi pemilik kulit berminyak. Lewat Weighless Sunscreen, FSS menawarkan sunscreen yang tekstur ultra ringan, anti-greasy dan white cast, mudah menyerap, namun tetap optimal lindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Tak kalah dengan teksturnya, formulasi sunscreen juga dibuat ringan oleh FSS tanpa adanya tambahan silikon, alkohol, pewarna buatan, pewangi dan paraben. Formulasinya juga terhitung low irritant, sehingga pemilik kulit sensitif juga bisa memakai For Skin’s Sake Weightless Sunscreen.

4. Base Ultra Matte Natural Sunscreen

sunscreen untuk wajah berminyak_Base Ultra Matte Natural Sunscreen_
  • Brand: Base
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 45 g
  • Varian: -

Sunscreen dari Base ini cukup populer eksistensinya di Indonesia. Selain datang dengan kemasan yang cantik, Ultra Matte Natural Sunscreen adalah tabir surya yang 100% vegan. Kandungan hero di dalam formulasinya saja ada Carotolino® (ekstrak akar wortel dan minyak biji wortel), Seboxyl® yang merupakan ekstrak raspberry dan daun blackcurrant, asam amino Ectoin® dan bisabolol dari ekstrak bunga chamomile.

Tak hanya lindungi dari sinar UVA, UVB, dan blue light, Base Ultra Matte Natural Sunscreen juga bisa cegah kerusakan kulit dari radikal bebas, mengontrol produksi minyak, mencegah pembentukan komedo, hingga redakan peradangan pada jerawat. Makanya sunscreen ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, tak terkecuali kulit berminyak.

5. Erha Acneact Acne Sun Friendly

sunscreen untuk wajah berminyak_Erha Acneact Acne Sun Friendly_
  • Brand: Erha
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 30 g
  • Varian: -

Selain diklaim non-acnegenic dan non-comedogenic, Erha Acneact Acne Sun Friendly juga dibekali dengan oil absorben yang bakal bantu kurangi produksi minyak di wajah. Erha juga telah memformulasikan sunscreen ini agar broad spectrum, yang punya proteksi terhadap sinar UVA sama kuat dengan proteksi terhadap sinar UVB-nya.

Suscreen berukuran 30 gram ini juga bisa bantu lawan P. acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Ia juga punya sifat anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk kulit yang teriritasi.

6. Elsheskin Daily Protection for Oily Skin

sunscreen untuk wajah berminyak_Elsheskin Daily Protection for Oily Skin_
  • Brand: Elsheskin
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 15 g
  • Varian: Daily Protection Gel for Acne Skin

Yes, this is suitable for oily skin. Elsheskin memang cukup mindful memformulasikan produk-produknya sesuai dengan kondisi dan concern kulit yang berbeda. Seri sunscreen SPF 30-nya saja diformulasikan berbeda-beda, ada yang untuk kulit kering, berjerawat, normal, anti aging dan kulit berminyak.

Yang membedakan Daily Protection for Oily Skin dengan saudari-saudarinya tentu saja adalah manfaat sebum control yang ditawarkan. Ia juga diperkaya dengan kandungan sulfur dan vitamin E dengan tekstur yang terasa ringan serta tidak lengket.

7. Rose All Day Don't Forget Sunscreen

Rose-All-Day-Dont-Forget-Sunscreen-18_
  • Brand: Rose All Day Cosemetics
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 50 g
  • Varian: -

Review Rose All Day Don't Forget Sunscreen

Produk dari Rose All Day ini juga bia dijadikan refrensi saat bicara tentang sunscreen untuk kulit berminyak. Soalnya, Don’t Forget Sunscreen punya formulasi non-greasy yang akan mencegah tampilan wajah tampak kilap. Tak lupa, RDAC (paggilan populer Rose All Day Cosmetics) juga menambahkan fungsi hidrasi pada sunscreen ini.

Fungsi hidrasi ini datang dari kandungan gliserin. Selain gliserin, ada juga kandungan ekstrak chamomile dan feverfew yang bermanfaat dalam melembabkan dan menenangkan kulit. Ada pula vitamin C yang akan menetralisir radikal bebas, alantoin yang bersifat anti iritasi, reservatrol yang melindungi permukaan kulit, serta ekstrak apel sebagai sumber antioksidan. Lengkap, ya?

Selain formulasinya yang mupuni, Rose All Day Don’t Forget Sunscreen juga punya nilai proteksi cukup tinggi yakni SPF 50 dan PA++++. Kemasan produk ini juga unik karena berbentuk bulat seperti telur. Kebetulan, Kamini pernah mengulas Rose All Day Don’t Forget Sunscreen ini, lho.

8. Avoskin The Great Shield Sunscreen

Avoskin The Great Shield poster_
  • Brand: Avoskin
  • Jenis: Hybrid sunscreen
  • Ukuran: 5ml, 40ml
  • Varian: -

Review Avoskin The Great Shield Sunscreen

Kalau kulitmu yang berminyak kebetulan tengah mengalami peradangan, Avokin The Great Shield Sunscreen bisa jadi jawaban atas permasalahan tersebut, lho. Suncreen dengan proteksi SPF 50 PA++++ ini dijejali dengan kandungan Centella asiatica yang bakal bantu tenangkan peradangan dan iritasi.

Tak hanya itu, ada juga kandungan niacinamide dan vitamin c yang bakal minimalisir timbulnya hiperpigmentasi serta kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Avoskin juga mengklaim kalau sunscreen ini menggunakan kandungan yang minimal, hypoallergenic, bebas parfum dan bebas kandungan paraben. Kamu bisa membaca review lengkap Avoskin The Great Shield Sunscreen bila masih penasaran dengan performanya.

9. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel

sunscreen untuk wajah berminyak_Wardah UV Shield Essensial Sunscreen Gel

Tahun 2020 sepertinya bisa disebut sebagai tahun tabir surya di Indonesia. Pasalnya eksistensi sunscreen mulai meruak kembali terutama setelah beberapa brand mulai memproduksi tabir surya terbaru, salah satunya adalah Wardah.

Mengeluarkan 2 produk sunscreen sekaligus dan satu re-branding produk, Wardah benar-benar menyuguhkan penggemarnya dengan tabir surya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit yang berbeda. Untuk kulit berminyak sendiri, Wardah UV Shield Essensial Sunscreen Gel bisa jadi pilihan.

Tekstur gel lembut yang tidak lengket apalagi greasy menjadikannya patut ada digenggaman pemilik kulit berminyak. Bukan Cuma itu, proteksinya yang diklaim ‘broad spectrum’ jarang sekali lho ditemukan pada produk-produk sunscreen yang beredar di Indonesia. Klaim ini berarti proteksi terhadap sinar UVB dari sunscreen sama kuatnya dengan proteksi terhadap UVA.

Hebatnya lagi sunscreen ini diformulasikan bebas alkohol dan dilengkapi dengan kombinasi antara vitamin E dan pro vitamin B5 yang menawarkan manfaat antioksidan serta mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Kamini juga pernah mengulas saudara dari produk ini lho yaitu Wardah UV Shield Active Protection Serum.

10. Erto’s Sunscreen Gel

sunscreen untuk wajah berminyak_Erto’s Sunscreen Gel_
  • Brand: Erto's
  • Jenis: Chemical sunscreen
  • Ukuran: 20 g
  • Varian: -

Salah satu trik tercepat yang bisa dilakukan pemilik kulit berminyak saat memilih produk skincare seperti pelembab maupun sunscreen adalah mencari tekstur gel. Soalnya, gel-based product memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit dibadingkan cream-based. Sehingga produk bertekstur gel tidak akan meninggalkan kesan wajah yang greasy.

Kabar baiknya, Erto’s punya produk tabir surya dengan tekstur gel ini. Erto’s Sunscreen Gel akan memberikan sensasi dingin ketika diaplikasikan. Teksturnya juga mudah menyerap tanpa meninggalkan white cast. Pokoknya dengan sunscreen ini wajahmu akan terhindar dari kusam, noda hitam, dan kekeringan.

Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari meningkatkan kemungkinan kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Untuk mengurangi risiko ini, gunakan tabir surya setidaknya dengan nilai SPF 30 yang broad spectrum atau lebih tinggi lagi lebih baik.

Lakukan juga tindakan perlindungan matahari lainnya, seperti batasi waktu di bawah sinar matahari, terutama dari jam 10 pagi – 2 siang. Kenakan kemeja lengan panjang, celana, topi dan kacamata hitam. Jangan lupa bawa sunscreenmu ke mana-mana juga, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram